Translate

29 Mei 2014

Ibadah Hari Kenaikan Tuhan Yesus ke Sorga. 29 Mei 2014.



Ibadah Hari Kenaikan Tuhan Yesus ke Sorga. 29 Mei 2014.

Kenaikan Tuhan ke Sorga.
Kenaikan-Nya ke Sorga membuktikan bahwa Yesus bena-benar Anak Allah, sebab:
Yoh 3:13 mengatakan:
13 Tidak ada seorangpun yang telah naik ke sorga, selain dari pada Dia yang telah turun dari sorga, yaitu Anak Manusia.

Lalu bagaimana dengan Henokh juga Elia yang dikatakan Alkitab juga naik ke Sorga?
Kej 5:24 24 Dan Henokh hidup bergaul dengan Allah, lalu ia tidak ada lagi, sebab ia telah diangkat oleh Allah. Henokh telah diangkat Allah.

2 Raj 2:11
11 Sedang mereka berjalan terus sambil berkata-kata, tiba-tiba datanglah kereta berapi dengan kuda berapi memisahkan keduanya, lalu naiklah Elia ke sorga dalam angin badai. Elia naik ke Sorga dalam angin badai.

Kalau mengacu pada pengalaman Rasul Paulus, Sorga itu ada tingkatannya.
2 Kor 12:2-4
2 Aku tahu tentang seorang Kristen; empat belas tahun yang lampau — entah di dalam tubuh, aku tidak tahu, entah di luar tubuh, aku tidak tahu, Allah yang mengetahuinya — orang itu tiba-tiba diangkat ke tingkat yang ketiga dari sorga.
3 Aku juga tahu tentang orang itu, — entah di dalam tubuh entah di luar tubuh, aku tidak tahu, Allah yang mengetahuinya —
4 ia tiba-tiba diangkat ke Firdaus dan ia mendengar kata-kata yang tak terkatakan, yang tidak boleh diucapkan manusia.

Tingkat ke 3 itu yang disebut Firdaus, disanalah Rasul Paulus pernah ditunjukkan oleh Tuhan. Jadi Henokh dan Elia itu berada pada tingkatan ini, tapi Yesus naik ke tempat yang lebih tinggi dari semua langit. Itu dikatakan dalam surat
Ef 4:8-10
8 Itulah sebabnya kata nas: "Tatkala Ia naik ke tempat tinggi, Ia membawa tawanan-tawanan; Ia memberikan pemberian-pemberian kepada manusia."
9 Bukankah "Ia telah naik" berarti, bahwa Ia juga telah turun ke bagian bumi yang paling bawah?
10 Ia yang telah turun, Ia juga yang telah naik jauh lebih tinggi dari pada semua langit, untuk memenuhkan segala sesuatu.

Yesus naik ke tempat tinggi, jauh lebih tinggi dari semua langit. Keberadaan Yesus itu ditempat paling tinggi, yaitu disebelah kanan tahta Allah Bapa.
Mark 16:19
19  Sesudah Tuhan Yesus berbicara demikian kepada mereka, terangkatlah Ia ke sorga, lalu duduk di sebelah kanan Allah.

Tempat yang jauh lebih tinggi dari semua langit ini adalah tempat dimana Tuhan Yesus berasal; Dia berasal dari Sorga.
Yoh 6:62
62 Dan bagaimanakah, jikalau kamu melihat Anak Manusia naik ke tempat di mana Ia sebelumnya berada?
Yesus berasal dari Sorga; Dia datang ke dunia ini dan kembali ke Sorga.

Yoh 8:23
23 Lalu Ia berkata kepada mereka: "Kamu berasal dari bawah, Aku dari atas; kamu dari dunia ini, Aku bukan dari dunia ini.

Aku berasal dari atas!
Ini menunjuk Sorga tempat tahta Allah Bapa.
Kalau dikatakan Dia naik ketempat tinggi itulah Sorga, itu berarti Dia kembali ketempat asal-Nya. Lalu apakah Dia tetap tinggal di Sorga untuk selamanya? Tidak! Karena Dia berjanji akan datang kembali untuk menjemput orang-orang yang percaya kepada-Nya.

Dia tidak lupa akan janji-Nya. Sekalipun sekarang ini Dia ada disebelah tahta Allah Bapa yang penuh dengan kemuliaan, tapi Dia juga memperhatikan kita yang dibumi ini yang penuh dengan pergumulan,

Dia menyediakan diri-Nya untuk menolong kita, karena Dia adalah Imam Besar yang penuh belas kasihan kepada kita.
Ibr 4:14-16
14 Karena kita sekarang mempunyai Imam Besar Agung, yang telah melintasi semua langit, yaitu Yesus, Anak Allah, baiklah kita teguh berpegang pada pengakuan iman kita.
15 Sebab Imam Besar yang kita punya, bukanlah imam besar yang tidak dapat turut merasakan kelemahan-kelemahan kita, sebaliknya sama dengan kita, Ia telah dicobai, hanya tidak berbuat dosa.
16 Sebab itu marilah kita dengan penuh keberanian menghampiri takhta kasih karunia, supaya kita menerima rahmat dan menemukan kasih karunia untuk mendapat pertolongan kita pada waktunya.

Imam Besar Agung yang melintasi semua langit;
Kis 1:11
11 dan berkata kepada mereka: "Hai orang-orang Galilea, mengapakah kamu berdiri melihat ke langit? Yesus ini, yang terangkat ke sorga meninggalkan kamu, akan datang kembali dengan cara yang sama seperti kamu melihat Dia naik ke sorga."

Dengan cara yang sama: Apa yang dimaksud dengan cara yang sama? Dia akan datang kembali seperti Dia naik ke Sorga, yaitu diawan-awan.
Kis 1:9-11
9 Sesudah Ia mengatakan demikian, terangkatlah Ia disaksikan oleh mereka, dan awan menutup-Nya dari pandangan mereka.
10 Ketika mereka sedang menatap ke langit waktu Ia naik itu, tiba-tiba berdirilah dua orang yang berpakaian putih dekat mereka,
11 dan berkata kepada mereka: "Hai orang-orang Galilea, mengapakah kamu berdiri melihat ke langit? Yesus ini, yang terangkat ke sorga meninggalkan kamu, akan datang kembali dengan cara yang sama seperti kamu melihat Dia naik ke sorga."

Bandingkan dengan
Mat 24:29-31
29 "Segera sesudah siksaan pada masa itu, matahari akan menjadi gelap dan bulan tidak bercahaya dan bintang-bintang akan berjatuhan dari langit dan kuasa-kuasa langit akan goncang.
30 Pada waktu itu akan tampak tanda Anak Manusia di langit dan semua bangsa di bumi akan meratap dan mereka akan melihat Anak Manusia itu datang di atas awan-awan di langit dengan segala kekuasaan dan kemuliaan-Nya.
31 Dan Ia akan menyuruh keluar malaikat-malaikat-Nya dengan meniup sangkakala yang dahsyat bunyinya dan mereka akan mengumpulkan orang-orang pilihan-Nya dari keempat penjuru bumi, dari ujung langit yang satu ke ujung langit yang lain.

Akan tampak Anak Manusia dilangit.
Bandingkan dengan :
Why 1:7
7 Lihatlah, Ia datang dengan awan-awan dan setiap mata akan melihat Dia, juga mereka yang telah menikam Dia. Dan semua bangsa di bumi akan meratapi Dia. Ya, amin.

Ia datang dengan awan-awan dilangit. Kitab Daniel juga menubuatkan tentang kedatangan Anak Manusia. Dan 7:13-15
13 Aku terus melihat dalam penglihatan malam itu, tampak datang dengan awan-awan dari langit seorang seperti anak manusia; datanglah ia kepada Yang Lanjut Usianya itu, dan ia dibawa ke hadapan-Nya.
14 Lalu diberikan kepadanya kekuasaan dan kemuliaan dan kekuasaan sebagai raja, maka orang-orang dari segala bangsa, suku bangsa dan bahasa mengabdi kepadanya. Kekuasaannya ialah kekuasaan yang kekal, yang tidak akan lenyap, dan kerajaannya ialah kerajaan yang tidak akan musnah.
15  Maka aku, Daniel, terharu karena hal itu, dan penglihatan-penglihatan yang kulihat itu menggelisahkan aku.

Luar biasa sekali sampai PL juga menubuatkan tentang kedatangan-Nya. Tampak datang dengan awan-awan dari langit seorang seperti anak manusia; datanglah Ia kepada Yang Lanjut Usia (Allah Bapa).

Sekarang bagi kita: Apa makna kenaikan Tuhan Yesus ke Sorga?
 Ef 4:8
8 Itulah sebabnya kata nas: "Tatkala Ia naik ke tempat tinggi, Ia membawa tawanan-tawanan; Ia memberikan pemberian-pemberian kepada manusia."

Yang pertama: Ia membawa tawana-tawanan.
 Yang kedua : Ia memberikan pemberian-pemberian kepada manusia.

Tawanan yang dibawa ini bukan untuk dihukum, tapi dibebaskan. Hari kenaikan-Nya ke Sorga akan memberikan grasi (pengampunan) bagi orang-orang yang dijatuhi hukuman mati.
Siapakah yang dimaksud dengan orang-orang yang dijatuhi hukuman mati ini?
Ef 2:1, 4-5.
1  Kamu dahulu sudah mati karena pelanggaran-pelanggaran dan dosa-dosamu.
4  Tetapi Allah yang kaya dengan rahmat, oleh karena kasih-Nya yang besar, yang dilimpahkan-Nya kepada kita,
5 telah menghidupkan kita bersama-sama dengan Kristus, sekalipun kita telah mati oleh kesalahan-kesalahan kita — oleh kasih karunia kamu diselamatkan

Yang kedua: Ia memberikan pemberian-pemberian kepada manusia.
Bagian yang kedua ini bicara mengenai karunia-karunia dan jabatan yang di anugerahkan Tuhan kepada gereja-Nya untuk memperlengkapi kita dalam pembangunan Tubuh Kristus.
Ef 4:11-12
11 Dan Ialah yang memberikan baik rasul-rasul maupun nabi-nabi, baik pemberita-pemberita Injil maupun gembala-gembala dan pengajar-pengajar,
12 untuk memperlengkapi orang-orang kudus bagi pekerjaan pelayanan, bagi pembangunan tubuh Kristus,

Ada lima jabatan:
1.- Jabatan Rasul = Rasul ini karunia untuk membuka rahasia firman, ini karunia hikmat.
1 Kor 12:8a, 27-31
8 Sebab kepada yang seorang Roh memberikan karunia untuk berkata-kata dengan hikmat,
27  Kamu semua adalah tubuh Kristus dan kamu masing-masing adalah anggotanya.
28 Dan Allah telah menetapkan beberapa orang dalam Jemaat: pertama sebagai rasul, kedua sebagai nabi, ketiga sebagai pengajar. Selanjutnya mereka yang mendapat karunia untuk mengadakan mujizat, untuk menyembuhkan, untuk melayani, untuk memimpin, dan untuk berkata-kata dalam bahasa roh.
29 Adakah mereka semua rasul, atau nabi, atau pengajar? Adakah mereka semua mendapat karunia untuk mengadakan mujizat,
30 atau untuk menyembuhkan, atau untuk berkata-kata dalam bahasa roh, atau untuk menafsirkan bahasa roh?
31 Jadi berusahalah untuk memperoleh karunia-karunia yang paling utama. Dan aku menunjukkan kepadamu jalan yang lebih utama lagi.

2.- Jabatan Nabi = Ini karunia bernubuat.
1 Kor 14:1-5
 1  Kejarlah kasih itu dan usahakanlah dirimu memperoleh karunia-karunia Roh, terutama karunia untuk bernubuat.
2  Siapa yang berkata-kata dengan bahasa roh, tidak berkata-kata kepada manusia, tetapi kepada Allah. Sebab tidak ada seorangpun yang mengerti bahasanya; oleh Roh ia mengucapkan hal-hal yang rahasia.
3  Tetapi siapa yang bernubuat, ia berkata-kata kepada manusia, ia membangun, menasihati dan menghibur.
4  Siapa yang berkata-kata dengan bahasa roh, ia membangun dirinya sendiri, tetapi siapa yang bernubuat, ia membangun Jemaat.
5 Aku suka, supaya kamu semua berkata-kata dengan bahasa roh, tetapi lebih dari pada itu, supaya kamu bernubuat. Sebab orang yang bernubuat lebih berharga dari pada orang yang berkata-kata dengan bahasa roh, kecuali kalau orang itu juga menafsirkannya, sehingga Jemaat dapat dibangun.
3.- Jabatan Penginjil = Seorang penginjil dilengkapi oleh Tuhan
1 Kor 12:9-10a
9 Kepada yang seorang Roh yang sama memberikan iman, dan kepada yang lain Ia memberikan karunia untuk menyembuhkan.
10 Kepada yang seorang Roh memberikan kuasa untuk mengadakan mujizat,

4.- Jabatan Gembala = Karunia yang diperoleh seorang gembala adalah membedakan bermacam-macam roh.
1 Kor 12:10b
10b .... dan kepada yang lain Ia memberikan karunia untuk bernubuat, dan kepada yang lain lagi Ia memberikan karunia untuk membedakan bermacam-macam roh. Kepada yang seorang Ia memberikan karunia untuk berkata-kata dengan bahasa roh, dan kepada yang lain Ia memberikan karunia untuk menafsirkan bahasa roh itu.

5.- Jabatan Guru = Yang harus dimiliki oleh seorang guru adalah karunia pengetahuan.
1 Kor 12:8b
8 Sebab kepada yang seorang Roh memberikan karunia untuk berkata-kata dengan hikmat, dan kepada yang lain Roh yang sama memberikan karunia berkata-kata dengan pengetahuan.

Dengan lima jabatan ini gereja Tuhan akan dibangun menjadi Tubuh Kristus (mempelai perempuan Tuhan yang sempurna), bukan lagi sebagai Kristen kanak-kanak, tapi dewasa didalam roh, sehingga tidak mudah diombang-ambingkan oleh berupa-rupa angin pengajaran yang menyesatkan.
 Ef 4:13-16
13 sampai kita semua telah mencapai kesatuan iman dan pengetahuan yang benar tentang Anak Allah, kedewasaan penuh, dan tingkat pertumbuhan yang sesuai dengan kepenuhan Kristus,
14 sehingga kita bukan lagi anak-anak, yang diombang-ambingkan oleh rupa-rupa angin pengajaran, oleh permainan palsu manusia dalam kelicikan mereka yang menyesatkan,
15 tetapi dengan teguh berpegang kepada kebenaran di dalam kasih kita bertumbuh di dalam segala hal ke arah Dia, Kristus, yang adalah Kepala.
16 Dari pada-Nyalah seluruh tubuh, — yang rapi tersusun dan diikat menjadi satu oleh pelayanan semua bagiannya, sesuai dengan kadar pekerjaan tiap-tiap anggota — menerima pertumbuhannya dan membangun dirinya dalam kasih.

Tuhan Yesus memberkati Anda sekalian.