Translate

17 Mei 2014

Pendalaman alkitab, 16 Mei 2014. Lanjutan Pelita Mas (Yesus Sebagai Pokok)

 
Pendalaman Alkitab 16 Mei 2014
Lanjutan Pelita Mas (Yesus Sebagai Pokok)Cabang-cabang itu keluar dari pokoknya, dan itu terdiri dari 4 bagian = 4 bunga badam termasuk tombol & kelopaknya, mahkota bunga – bakal buah – dan kelopaknya.
Cabang dari PM itu ada 6 cabang – ini menunjuk angka manusia, seperti dalam Why 13 (666) 6 yang pertama = angka untuk rohnya. 6 yang kedua = angka untuk jiwanya. 6 yang ketiga = angka untuk tubuhnya. Jadi manusia itu fana bagi roh – jiwa dan tubuhnya.
Maksud Tuhan agar cabang itu melekat pada pokok, agar beroleh 9 karunia dan 9 buah Roh.
Yoh 15:5-6 “Pokok Anggur Yang Benar”
5 Akulah pokok anggur dan kamulah ranting-rantingnya. Barangsiapa tinggal di dalam Aku dan Aku di dalam dia, ia berbuah banyak, sebab di luar Aku kamu tidak dapat berbuat apa-apa.
6 Barangsiapa tidak tinggal di dalam Aku, ia dibuang ke luar seperti ranting dan menjadi kering, kemudian dikumpulkan orang dan dicampakkan ke dalam api lalu dibakar.

Kalau tidak tinggal didalam pokok, pasti akan kering.
Kita didalam Dia dan Dia didalam kita = ini persekutuan.
Ada 3 macam buah:
1.- akan berbuah-buah
Yoh 15:2
 Setiap ranting pada-Ku yang tidak berbuah, dipotong-Nya dan setiap ranting yang berbuah, dibersihkan-Nya, supaya ia lebih banyak berbuah.
2.- akan berbuah banyak (ayat 5)
Yoh 15:5
 Akulah pokok anggur dan kamulah ranting-rantingnya. Barangsiapa tinggal di dalam Aku dan Aku di dalam dia, ia berbuah banyak, sebab di luar Aku kamu tidak dapat berbuat apa-apa.
3.- berbuah tetap
Yoh 15:16
Bukan kamu yang memilih Aku, tetapi Akulah yang memilih kamu. Dan Aku telah menetapkan kamu, supaya kamu pergi dan menghasilkan buah dan buahmu itu tetap, supaya apa yang kamu minta kepada Bapa dalam nama-Ku, diberikan-Nya kepadamu


Berbuah tetap itu sama dengan Pohon Alhayat, buahnya tetap.
Why 22:2
2 Di tengah-tengah jalan kota itu, yaitu di seberang-menyeberang sungai itu, ada pohon-pohon kehidupan yang berbuah dua belas kali, tiap-tiap bulan sekali; dan daun pohon-pohon itu dipakai untuk menyembuhkan bangsa-bangsa.

Kalau pohon biasa itu berbuah 6 bulan sekali, tapi buah pohon Alhayat itu berbuah tiap-tiap bulan.
Ada dua macam Pohon Alhayat: Yang pertama untuk mempelai laki-laki. Yang kedua untuk mempelai perempuan.
Ditengah-tengah jalan itu dan pada sisi yang lain dari sungai itu ada pohon-pohon Alhayat (=menunjuk jamak), jadi ada 2 pohon. Mempelai perempuan itu seperti pohon Alhayat, harus menjadi sama dengan mempelai laki-laki. Tuhan angkat derajat dari mempelai perempuan-Nya.

Ditengah-tengah taman itu ada pohon Pengetahuan baik dan jahat : ini menunjuk Taurat. Pohon yang belum dijamah oleh Adam & Hawa, itu adalah pohon Alhayat. Pohon Alhayat itulah Kristus sendiri.

Pokok dari Pelita Mas. Pokok itu ukurannya lebih dari cabang-cabangnya.
Pokoknya ada 4 bagian. Pokok ini menunjuk pada Tuhan Yesus sendiri yang lebih dari ukuran. Oleh urapan yang ada pada-Nya, Ia lebih sekedar dari manusia, dan juga lebih dari bapanya atau nenek moyang-Nya.

Pada Tuhan itu selain manusia, tapi ada kelebihannya, kelebihannya ada pada urapan Roh Kudus. Lebih dari itu Ia itu pemberi / pembaptis dalam Roh.
Ia lebih dari manusia biasa, dan Ia dapat memberi Roh Kudus. Kita ini menjadi cabang-cabang yang ada hubungannya dengan pokok, bukan cabang-cabang yang kering. Jadi pokok itu ada kelebihannya dengan cabang-cabang. Kalau Ia itu diurapi, berarti Ia sudah dipenuhi oleh Roh Kudus.

Nabi Yohanes Pempabtis yang begitu besar, dengan kabar yang besar, tapi Yohanes Pembaptis dia berkata bahwa ia bukan Mesias; ia hanya membaptis dengan air, tapi Ia Yesus akan datang dan membaptis kamu dengan Roh dan api.
Mat 11:11
11 Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya di antara mereka yang dilahirkan oleh perempuan tidak pernah tampil seorang yang lebih besar dari pada Yohanes Pembaptis, namun yang terkecil dalam Kerajaan Sorga lebih besar dari padanya.

Mat 3:11
11 Aku membaptis kamu dengan air sebagai tanda pertobatan, tetapi Ia yang datang kemudian dari padaku lebih berkuasa dari padaku dan aku tidak layak melepaskan kasut-Nya. Ia akan membaptiskan kamu dengan Roh Kudus dan dengan api.

Pekerjaan besar yang dikerjakan oleh Yohanes Pembaptis
Yoh 3:27-30 “aku diutus untuk mendahuluinya”
27 Jawab Yohanes: "Tidak ada seorangpun yang dapat mengambil sesuatu bagi dirinya, kalau tidak dikaruniakan kepadanya dari sorga.
28 Kamu sendiri dapat memberi kesaksian, bahwa aku telah berkata: Aku bukan Mesias, tetapi aku diutus untuk mendahului-Nya.
29 Yang empunya mempelai perempuan, ialah mempelai laki-laki; tetapi sahabat mempelai laki-laki, yang berdiri dekat dia dan yang mendengarkannya, sangat bersukacita mendengar suara mempelai laki-laki itu. Itulah sukacitaku, dan sekarang sukacitaku itu penuh.
30 Ia harus makin besar, tetapi aku harus makin kecil.

Berita dari orang yang besar ini itulah berita mempelai; berita akhir adalah berita mempelai, seperti yang bisa kita lihat dalam Tabernakel yaitu Peti Perjanjian.
Kabar pertobatan, tempatnya ada di Halaman. Kabar baptisan air = KP.
Baptisan Roh Kudus = Pintu Kemah.
Tapi puncaknya kabar itu ada pada kabar Peti Perjanjian yaitu kabar nikah antara Kristus dengan sidang-Nya.
Ef 5:31-32 rahasia besar = Rahasia nikah.
31 Sebab itu laki-laki akan meninggalkan ayahnya dan ibunya dan bersatu dengan isterinya, sehingga keduanya itu menjadi satu daging.
32 Rahasia ini besar, tetapi yang aku maksudkan ialah hubungan Kristus dan jemaat.

Ini kabar besar. Kabar lainnya itu tidak pernah mendapat predikat besar, tapi kabar besar itu adalah Kabar Mempelai. Kabar besar = rahasia besar dalam ibadah.
1 Tim 3:16 Besarlah rahasia ibadah kita.
16 Dan sesungguhnya agunglah rahasia ibadah kita: "Dia, yang telah menyatakan diri-Nya dalam rupa manusia, dibenarkan dalam Roh; yang menampakkan diri-Nya kepada malaikat-malaikat, diberitakan di antara bangsa-bangsa yang tidak mengenal Allah; yang dipercayai di dalam dunia, diangkat dalam kemuliaan."
1.- Tuhan ada ditengah-tengah kita.
2.- Dibenarkan dalam Roh.
3.- Yang menampakkan diri-Nya kepada malaikat-malaikat.
4.- Diberitakan diantara bangsa-bangsa yang tidak mengenal Allah.
5.- Yang dipercaya didalam dunia.
 6.- Diangkat dalam kemuliaan.

Pokoknya itu Tuhan Yesus: Yes 11:1-2 (KELEBIHAN DARI TUHAN YESUS)
1 Suatu tunas akan keluar dari tunggul Isai, dan taruk yang akan tumbuh dari pangkalnya akan berbuah.
2 Roh TUHAN akan ada padanya, roh hikmat dan pengertian, roh nasihat dan keperkasaan, roh pengenalan dan takut akan TUHAN;

Tunas yang timbul dari tunggul Isai (ini nubuat dari pribadi Yesus)
Ayat 2 Kelebihan Tuhan Yesus.

Yes 61:1-2 “Roh Tuhan ada pada-Ku.
1 Roh Tuhan ALLAH ada padaku, oleh karena TUHAN telah mengurapi aku; Ia telah mengutus aku untuk menyampaikan kabar baik kepada orang-orang sengsara, dan merawat orang-orang yang remuk hati, untuk memberitakan pembebasan kepada orang-orang tawanan, dan kepada orang-orang yang terkurung kelepasan dari penjara,
2 untuk memberitakan tahun rahmat TUHAN dan hari pembalasan Allah kita, untuk menghibur semua orang berkabung,

Luk 4:16-22 Kegenapan dari nubuat Yesaya.
16 Ia datang ke Nazaret tempat Ia dibesarkan, dan menurut kebiasaan-Nya pada hari Sabat Ia masuk ke rumah ibadat, lalu berdiri hendak membaca dari Alkitab.
17 Kepada-Nya diberikan kitab nabi Yesaya dan setelah dibuka-Nya, Ia menemukan nas, di mana ada tertulis:
18 "Roh Tuhan ada pada-Ku, oleh sebab Ia telah mengurapi Aku, untuk menyampaikan kabar baik kepada orang-orang miskin; dan Ia telah mengutus Aku
19 untuk memberitakan pembebasan kepada orang-orang tawanan, dan penglihatan bagi orang-orang buta, untuk membebaskan orang-orang yang tertindas, untuk memberitakan tahun rahmat Tuhan telah datang."
20 Kemudian Ia menutup kitab itu, memberikannya kembali kepada pejabat, lalu duduk; dan mata semua orang dalam rumah ibadat itu tertuju kepada-Nya.
21 Lalu Ia memulai mengajar mereka, kata-Nya: "Pada hari ini genaplah nas ini sewaktu kamu mendengarnya."
22 Dan semua orang itu membenarkan Dia dan mereka heran akan kata-kata yang indah yang diucapkan-Nya, lalu kata mereka: "Bukankah Ia ini anak Yusuf?"

Kalau Tuhan dalam kegenapannya, tapi Nazareth menolak, sehingga Tuhan tinggalkan mereka.
Nazareth hanya mengenal manusia tapi tidak kenal kelebihan-Nya.
Roh Tuhan ada padaKu (kelebihan pribadi Yesus)
1.- Untuk menyampaikan kabar baik kepada orang-orang miskin.
2.- Untuk menyembuhkan hati yang pecah.
3.- Untuk membebaskan orang-orang tertawan.
4.- Untuk memberi penglihatan kepada orang buta.
5.- Untuk membebaskan orang-orang yang tertindas.
6.- Untuk membritakan tahun rahmat Tuhan.

Jadi pokoknya yang ke 7 itu merupakan kelebihan dari Tuhan.
Luk 4:20-22
20 Kemudian Ia menutup kitab itu, memberikannya kembali kepada pejabat, lalu duduk; dan mata semua orang dalam rumah ibadat itu tertuju kepada-Nya.
21 Lalu Ia memulai mengajar mereka, kata-Nya: "Pada hari ini genaplah nas ini sewaktu kamu mendengarnya."
22 Dan semua orang itu membenarkan Dia dan mereka heran akan kata-kata yang indah yang diucapkan-Nya, lalu kata mereka: "Bukankah Ia ini anak Yusuf?"

Ini kegenapannya Yesus sebagai pokok.
Ayat 22 membenarkan – heran. Ini berarti apa yang ia dengar, tapi tidak sampai mengerti. Menilai Yesus hanya sebagai manusia (anak Yusuf)

Luk 4:25-27 Tuhan pergi ke bangsa kafir
25 Dan Aku berkata kepadamu, dan kata-Ku ini benar: Pada zaman Elia terdapat banyak perempuan janda di Israel ketika langit tertutup selama tiga tahun dan enam bulan dan ketika bahaya kelaparan yang hebat menimpa seluruh negeri.
26 Tetapi Elia diutus bukan kepada salah seorang dari mereka, melainkan kepada seorang perempuan janda di Sarfat, di tanah Sidon.
27 Dan pada zaman nabi Elisa banyak orang kusta di Israel dan tidak ada seorangpun dari mereka yang ditahirkan, selain dari pada Naaman, orang Siria itu."
Ayat 28-30 Visi dari orang-orang Nazareth itu hanya manusia biasa saja.
28 Mendengar itu sangat marahlah semua orang yang di rumah ibadat itu.
29 Mereka bangun, lalu menghalau Yesus ke luar kota dan membawa Dia ke tebing gunung, tempat kota itu terletak, untuk melemparkan Dia dari tebing itu.
30 Tetapi Ia berjalan lewat dari tengah-tengah mereka, lalu pergi.

Janda gambar dari kehidupan yang paling kritis. Kalau pandangannya lain terhadap Kristus, maka Tuhan tinggalkan mereka untuk cari janda kafir.
Nazareth kota yang membesarkan Tuhan Yesus itu ditinggalkan oleh Yesus, karena sudah menolak pribadi Yesus. Jangan sampai kita tidak mengerti pribadi Tuhan.
Kalau Tuhan diurapi itu untuk menolong orang yang menderita, tapi orang Nazareth menolak, Tuhan tidak membatalkan urapan-Nya itu, dan Tuhan kemudian pergi ke orang lain.
Jangan kita jadi Kristen yang sekian lama, tapi tidak ada keubahan.
Dia bukan saja dapat menolong manusia, tapi kelebihan-Nya itu juga Dia bisa memberi Roh Kudus.

Yoh 1:31-33 Yesus pembaptis dengan Roh. Ini tidak bisa ditiru oleh manusia.
31 Dan aku sendiripun mula-mula tidak mengenal Dia, tetapi untuk itulah aku datang dan membaptis dengan air, supaya Ia dinyatakan kepada Israel."
32 Dan Yohanes memberi kesaksian, katanya: "Aku telah melihat Roh turun dari langit seperti merpati, dan Ia tinggal di atas-Nya.
33 Dan akupun tidak mengenal-Nya, tetapi Dia, yang mengutus aku untuk membaptis dengan air, telah berfirman kepadaku: Jikalau engkau melihat Roh itu turun ke atas seseorang dan tinggal di atas-Nya, Dialah itu yang akan membaptis dengan Roh Kudus.

Yoh 3:34 Allah mengaruniakan Roh-Nya tanpa batas. Pada Tuhan ada Roh yang tanpa batas.
34 Sebab siapa yang diutus Allah, Dialah yang menyampaikan firman Allah, karena Allah mengaruniakan Roh-Nya dengan tidak terbatas.

Tuhan Yesus memberkati!