Translate

11 Mei 2014

Ibadah Raya, 11 Mei 2014. Pelita Mas (lanjutan)




Ibadah Raya, 11 Mei 2014
PM itu dibuat dari emas senilai satu talenta. Satu menunjuk tunggal, tidak terpisah-pisah. Sebaliknya dari tunggal adalah terpecah-pecah.
 Ini menunjuk pada kesatuan Roh Kudus, dan Roh Kudus ini membentuk adanya satu tubuh – itulah sidang mempelai perempuan Tuhan.
Menjadi mempelai perempuan Tuhan itu adalah suatu kemurahan, sebab tidak semua menjadi mempelai perempuan Tuhan.

Yerusalem Baru itu predikatnya adalah mempelai perempuan Tuhan. Nanti semua orang Kristen yang ditebus akan ditampung dalam kota Yerusalem Baru. Dan istilah Yerusalem Baru yang terpopuler atu adalah mempelai perempuan Tuhan.
Yerusalem Baru sebuah kota, dan didalamnya ada yang menjadi mempelai perempuan Tuhan ada yang bukan mempelai perempuan Tuhan, tapi ditampung didalamnya. Yerusalem Baru suasananya – suasana pesta mempelai. Masuk dalam mempelai itu prosesnya lewat diuji
Walaupun menyaktkan daging, tetapi nantinya akan memperoleh kemuliaan.

Mengenai antikris
Antikris juga berasal dari dalam tubuh gereja, seperti halnya Yudas Iskariot yang juga termasuk 12 rasul
Why 13:4-6
4  Dan mereka menyembah naga itu, karena ia memberikan kekuasaan kepada binatang itu. Dan mereka menyembah binatang itu, sambil berkata: "Siapakah yang sama seperti binatang ini? Dan siapakah yang dapat berperang melawan dia?"
5  Dan kepada binatang itu diberikan mulut, yang penuh kesombongan dan hujat; kepadanya diberikan juga kuasa untuk melakukannya empat puluh dua bulan lamanya.
6  Lalu ia membuka mulutnya untuk menghujat Allah, menghujat nama-Nya dan kemah kediaman-Nya dan semua mereka yang diam di sorga. 

Naga =iblis
Binatang = antikris
Kemah kediaman-Nya = Tabernakel

Lawan dari kesatuan adalah perpecahan, seperti himbauan rasul Paulus
1 Kor 1:10. Ciri khas Roh Kudus yang menyatukan
10   Tetapi aku menasihatkan kamu, saudara-saudara, demi nama Tuhan kita Yesus Kristus, supaya kamu seia sekata dan jangan ada perpecahan di antara kamu, tetapi sebaliknya supaya kamu erat bersatu dan sehati sepikir.

Pernikahan itu terjadi dibumi
Why 8:1
 1 Dan ketika Anak Domba itu membuka meterai yang ketujuh, maka sunyi senyaplah di sorga, kira-kira setengah jam lamanya

Peristiwa Mariam mengandung sampai melahirkan, itu bayangan dari hubungan nikah nanti yang terjadi antara Kristus dengan sidang-Nya.
Selama ½ jam segala kegiatan di Sorga terhenti, dan pada waktu itu terjadi hubungan nikah antara mempelai laki-laki dan sidang-Nya.
Dan pada Why disana wanita mengandung dan beranakan seorang anak laki-laki.
Why 12:1,2
1  Maka tampaklah suatu tanda besar di langit: Seorang perempuan berselubungkan matahari, dengan bulan di bawah kakinya dan sebuah mahkota dari dua belas bintang di atas kepalanya.
2  Ia sedang mengandung dan dalam keluhan dan penderitaannya hendak melahirkan ia berteriak kesakitan.

Lalu da pesta nikah antara Anak Domba dengan sidang mempelai-Nya yang terjadi di kota Yerusalem Baru di bumi yang baru
Why 19:7-9
7  Marilah kita bersukacita dan bersorak-sorai, dan memuliakan Dia! Karena hari perkawinan Anak Domba telah tiba, dan pengantin-Nya telah siap sedia.
8  Dan kepadanya dikaruniakan supaya memakai kain lenan halus yang berkilau-kilauan dan yang putih bersih!" (Lenan halus itu adalah perbuatan-perbuatan yang benar dari orang-orang kudus.)
9  Lalu ia berkata kepadaku: "Tuliskanlah: Berbahagialah mereka yang diundang ke perjamuan kawin Anak Domba." Katanya lagi kepadaku: "Perkataan ini adalah benar, perkataan-perkataan dari Allah."

Dan pada Why 21 juga disebutkan mempelai perempuan Tuhan.
Why 21:1,2
 1  Lalu aku melihat langit yang baru dan bumi yang baru, sebab langit yang pertama dan bumi yang pertama telah berlalu, dan lautpun tidak ada lagi.
2  Dan aku melihat kota yang kudus, Yerusalem yang baru, turun dari sorga, dari Allah, yang berhias bagaikan pengantin perempuan yang berdandan untuk suaminya.

Memang nikah itu terjadi di bumi; dan ini bedanya antara nikah didunia ini dengan nikah rohani. Suasana mempelai itu tidak kunjung berobah.
Dibumi Why 8, juga di Yerusalem Baru Why 21, suasana mempelai itu meningkat, mulai di bumi sampai dengan di Yerusalem Baru, tetap sampai selama-lamanya. Jadi orang yang ditampung dalam Yerusalem Baru tadi tetap merasakan suasana mempelai, tapi klimaxnya dari semua itu adalah mempelai.

Merupakan suatu pengharapan yang indah bagi kita, sedangkan kata pemazmur adalah:
Mzm 90:10
10  Masa hidup kami tujuh puluh tahun dan jika kami kuat, delapan puluh tahun, dan kebanggaannya adalah kesukaran dan penderitaan; sebab berlalunya buru-buru, dan kami melayang lenyap.

Apabila saat ini kita telah mengalami penderitaan, rohani harus tetap sehat, karena penderitaan yang kita alami sekarang ini adalah ringan
2 Kor 4:16-18
16 Sebab itu kami tidak tawar hati, tetapi meskipun manusia lahiriah kami semakin merosot, namun manusia batiniah kami dibaharui dari sehari ke sehari.
17  Sebab penderitaan ringan yang sekarang ini, mengerjakan bagi kami kemuliaan kekal yang melebihi segala-galanya, jauh lebih besar dari pada penderitaan kami.
18  Sebab kami tidak memperhatikan yang kelihatan, melainkan yang tak kelihatan, karena yang kelihatan adalah sementara, sedangkan yang tak kelihatan adalah kekal.

Kalau kita melihat PM itu bukan sebagai organisasi, tapi organisme (kesatuan tubuh).
Sebab kegiatan gerejani itu mencapai organisasi, sebab itu mengarah pada golongannya sendiri, bukan mengarah pada kesatuan tubuh.
Tapi kabar mempelai itu mengarah pada organisme, kesatuan Tubuh Kristus.
Karena adanya kesatuan Roh, maka kita harus menghargai pihak lain; misalnya penginjilan.
Penginjilan itu juga ada dalam 5 jabatan, itu sebabnya kita harus bisa menghargai pemakaian Tuhan. Kita bersedia untuk menyatu seperti PM, tapi tanpa harus mengorbankan kebenaran.

Mengenai bentuk PM itu sendiri. Ada pokoknya, ada 6 cabang-cabangnya. Angka 6 = angka manusia. Angka 7 angka ilahi. Cabang-cabang itu keluar dari dari pokoknya.
Yoh 15: “Aku ini pokok anggur yang benar, dan kamu adalah carang-carangnya.”

Pokoknya itu yang ke 7, ini yang ilahi. Sedangkan cabang-cabangnya terdiri dari 3 disisi kanan dan 3 disisi kiri.
Sidang Jemaat = cabang-cabang didalam pokok = sidang didalam Kristus.
Kita ini satu tanaman oleh kuasa kebangkitan-Nya.
Rm 6:5 5
Sebab jika kita telah menjadi satu dengan apa yang sama dengan kematian-Nya, kita juga akan menjadi satu dengan apa yang sama dengan kebangkitan-Nya.

Setiap cabang ada 3 bagian ini, yaitu: - Kelopak. - Tombol (bakal buah) - Mahkota bunga.
Jadi cabang sebelah kanan = 3X3 = 9 “ sebelah kiri = 3X3 = 9

Ini menunjuk sidang jemaat berkaruniakan 9 karunia dan berbuahkan 9 buah Roh Kudus.
Jadi Sidang Jemaat yang menempel pada pokok itu dijadikan manusia ilahi oleh 9 karunia Roh dan 9 buah Roh Kudus.
1 Kor 12: 4-11
4  Ada rupa-rupa karunia, tetapi satu Roh.
5  Dan ada rupa-rupa pelayanan, tetapi satu Tuhan.
6  Dan ada berbagai-bagai perbuatan ajaib, tetapi Allah adalah satu yang mengerjakan semuanya dalam semua orang.
7  Tetapi kepada tiap-tiap orang dikaruniakan penyataan Roh untuk kepentingan bersama.
8  Sebab kepada yang seorang Roh memberikan karunia untuk berkata-kata dengan hikmat, dan kepada yang lain Roh yang sama memberikan karunia berkata-kata dengan pengetahuan.
9  Kepada yang seorang Roh yang sama memberikan iman, dan kepada yang lain Ia memberikan karunia untuk menyembuhkan.
10  Kepada yang seorang Roh memberikan kuasa untuk mengadakan mujizat, dan kepada yang lain Ia memberikan karunia untuk bernubuat, dan kepada yang lain lagi Ia memberikan karunia untuk membedakan bermacam-macam roh. Kepada yang seorang Ia memberikan karunia untuk berkata-kata dengan bahasa roh, dan kepada yang lain Ia memberikan karunia untuk menafsirkan bahasa roh itu.
11 Tetapi semuanya ini dikerjakan oleh Roh yang satu dan yang sama, yang memberikan karunia kepada tiap-tiap orang secara khusus, seperti yang dikehendaki-Nya
Gal 5:22,23
22 .Tetapi buah Roh ialah: kasih, sukacita, damai sejahtera, kesabaran, kemurahan, kebaikan, kesetiaan,
23  kelemahlembutan, penguasaan diri. Tidak ada hukum yang menentang hal-hal itu.
Kalau 9 + 9 = 18. Gereja Tuhan itu dikatakan sehat bukan gereja yang bungkuk; yang hanya melihat di bumi saja, tapi hendaklah berkaruniakan 9 karunia Roh dan 9 buah Roh.
Gereja yang berpegang pada peraturan organisasi akan jadi gereja yang bungkuk.
Gereja yang bungkuk yaitu selalu melihat perkara dibawah.

Banyak anak Tuhan yang pandangannya kebawah, hendaklah arah pandangan kita ke atas
Kol 3:1-4
1   Karena itu, kalau kamu dibangkitkan bersama dengan Kristus, carilah perkara yang di atas, di mana Kristus ada, duduk di sebelah kanan Allah.
2  Pikirkanlah perkara yang di atas, bukan yang di bumi.
3  Sebab kamu telah mati dan hidupmu tersembunyi bersama dengan Kristus di dalam Allah.
4  Apabila Kristus, yang adalah hidup kita, menyatakan diri kelak, kamu pun akan menyatakan diri bersama dengan Dia dalam kemuliaan.
Luk 13:10-17
10 Pada suatu kali Yesus sedang mengajar dalam salah satu rumah ibadat pada hari Sabat.
11 Di situ ada seorang perempuan yang telah delapan belas tahun dirasuk roh sehingga ia sakit sampai bungkuk punggungnya dan tidak dapat berdiri lagi dengan tegak.
12 Ketika Yesus melihat perempuan itu, Ia memanggil dia dan berkata kepadanya: "Hai ibu, penyakitmu telah sembuh."
13 Lalu Ia meletakkan tangan-Nya atas perempuan itu, dan seketika itu juga berdirilah perempuan itu, dan memuliakan Allah.
14 Tetapi kepala rumah ibadat gusar karena Yesus menyembuhkan orang pada hari Sabat, lalu ia berkata kepada orang banyak: "Ada enam hari untuk bekerja. Karena itu datanglah pada salah satu hari itu untuk disembuhkan dan jangan pada hari Sabat."
15 Tetapi Tuhan menjawab dia, kata-Nya: "Hai orang-orang munafik, bukankah setiap orang di antaramu melepaskan lembunya atau keledainya pada hari Sabat dari kandangnya dan membawanya ke tempat minuman?
16 Bukankah perempuan ini, yang sudah delapan belas tahun diikat oleh Iblis, harus dilepaskan dari ikatannya itu, karena ia adalah keturunan Abraham?"
17 Dan waktu Ia berkata demikian, semua lawan-Nya merasa malu dan semua orang banyak bersukacita karena segala perkara mulia, yang telah dilakukan-Nya.

Rumah Ibadah = Sinagoge, suatu gereja yang fanatik terhadap peraturan Taurat.
Untuk menghadapi gereja yang berpegang pada peraturan sinagoge, Tuhan menggunakan sistim pengajaran. Roh Iblis bisa membuat perempuan itu bungkuk. Perempuan ini dijumpai Yesus di sinagoge. Inilah keadaan dari gereja Tuhan yang sudah 18 tahun sakit sampai bungkuk.

Sebenarnya sudah lama perempuan ini sakit, tapi tidak tertampak. Namun oleh sebab pengajaran, maka kekurangannya tertampak.
Ayat 12: Istilah Ibrani “Ibu” sebenarnya perempuan (Gune)
Ayat 14 : pimpinan sinagoge itu jadi gusar. Ada 6 hari untuk bekerja. 6 adalah angka manusia.
Ini yang mereka pegang = peraturan manusia.
Ayat 15: Hari Sabat hari ke 7 = angka ilahi. Membawa lembu ketempat minuman pada hari sabat. Tempat minuman / air = Roh Kudus.
Ayat 16 : Perempuan yang sudah 18 tahun diikat oleh Iblis.

Why 13:18
18 Yang penting di sini ialah hikmat: barangsiapa yang bijaksana, baiklah ia menghitung bilangan binatang itu, karena bilangan itu adalah bilangan seorang manusia, dan bilangannya ialah enam ratus enam puluh enam.
666 = 18 ini adalah angka Iblis.
18 tahun dikuasai roh setan = gereja yang dikuasai antikris. Kalau ini sudah disembuhkan, kemudian diganti dengan 18 angka dari (9 karunia Roh + 9 buah Roh).
Why 13:16-17
16 Dan ia menyebabkan, sehingga kepada semua orang, kecil atau besar, kaya atau miskin, merdeka atau hamba, diberi tanda pada tangan kanannya atau pada dahinya,
17 dan tidak seorangpun yang dapat membeli atau menjual selain dari pada mereka yang memakai tanda itu, yaitu nama binatang itu atau bilangan namanya.

Yang penting disini harus ada hikmat, sedang hikmat adalah salah satu dari 9 karunia Roh. Perempuan itu seperti dibongkokkan oleh Iblis, dipaksa untuk melihat perkara dibumi. Iblis mencoba memalsukan angka itu.
Kalau gereja terlalu berpegang pada peraturan-peraturan maka yang berwenang bukan karunia-karunia Roh, tapi antikris.
Luk 13 ini terkena tirai = perobekan daging. Sedangkan tawaran antikris adalah kebutuhan daging.

Tuhan Yesus memberkati!