Translate

28 Jul 2019

Ibadah Raya 28 Juli 2019 Penolakan

Ibadah Raya 28 Juli 2019
Penolakan

Amos 7:10-17 (TB)
10 Lalu Amazia, imam di Betel, menyuruh orang menghadap Yerobeam, raja Israel, dengan pesan: "Amos telah mengadakan persepakatan melawan tuanku di tengah-tengah kaum Israel; negeri ini tidak dapat lagi menahan segala perkataannya.
11 Sebab beginilah dikatakan Amos: Yerobeam akan mati terbunuh oleh pedang dan Israel pasti pergi dari tanahnya sebagai orang buangan."
12 Lalu berkatalah Amazia kepada Amos: "Pelihat, pergilah, enyahlah ke tanah Yehuda! Carilah makananmu di sana dan bernubuatlah di sana!
13 Tetapi jangan lagi bernubuat di Betel, sebab inilah tempat kudus raja, inilah bait suci kerajaan."
14 Jawab Amos kepada Amazia: "Aku ini bukan nabi dan aku ini tidak termasuk golongan nabi, melainkan aku ini seorang peternak dan pemungut buah ara hutan.
15 Tetapi TUHAN mengambil aku dari pekerjaan menggiring kambing domba, dan TUHAN berfirman kepadaku: Pergilah, bernubuatlah terhadap umat-Ku Israel.
16 Maka sekarang, dengarlah firman TUHAN! Engkau berkata: Janganlah bernubuat menentang Israel, dan janganlah ucapkan perkataan menentang keturunan Ishak.
17 Sebab itu beginilah firman TUHAN: Isterimu akan bersundal di kota, dan anak-anakmu laki-laki dan perempuan akan tewas oleh pedang; tanahmu akan dibagi-bagikan dengan memakai tali pengukur, engkau sendiri akan mati di tanah yang najis, dan Israel pasti pergi dari tanahnya sebagai orang buangan."

Teguran Amos ditolak oleh umat Allah. Banyak nabi-nabi utusan Tuhan yang ditolak.
Amos dipilih oleh Allah walaupun latar belakangnya bukan seorang nabi. Orang yang dipilh Allah ada dalam rencana Allah.

Amos diusir karena nubuat dan penglihatan yang ia sampaikan.
Diusir: ditolak, merupakan resiko yang dialami oleh hamba-hamba Tuhan.

Amos memperingatkan agar ibadah mencari Tuhan , bukan Betel (bait Allah dalam arti gedung)
Amos 5:4-6 (TB)
4 Sebab beginilah firman TUHAN kepada kaum Israel: "Carilah Aku, maka kamu akan hidup!
5 Janganlah kamu mencari Betel, janganlah pergi ke Gilgal dan janganlah menyeberang ke Bersyeba, sebab Gilgal pasti masuk ke dalam pembuangan dan Betel akan lenyap."
6 Carilah TUHAN, maka kamu akan hidup, supaya jangan Ia memasuki keturunan Yusuf bagaikan api, yang memakannya habis dengan tidak ada yang memadamkan bagi Betel.

Samuel tidak pernah membiarkan FT gugur. Bagaikan manna yang disediakan Tuhan, yang kita pungut dan tidak sampai berguguran, sehingga kehidupan mengalami penyucian melalui FT yang melimpah.

1 Samuel 3:19 (TB)  Dan Samuel makin besar dan TUHAN menyertai dia dan tidak ada satu pun dari firman-Nya itu yang dibiarkan-Nya gugur.

Amazia mengusir Amos. Ia adalah kepala Imam di Betel. Namun ia diangkat menjadi imam bukan karena tahbisan.

1 Raja-raja 12:26-30 (TB)
26 Maka berkatalah Yerobeam dalam hatinya: "Kini mungkin kerajaan itu kembali kepada keluarga Daud.
27 Jika bangsa itu pergi mempersembahkan korban sembelihan di rumah TUHAN di Yerusalem, maka tentulah hati bangsa ini akan berbalik kepada tuan mereka, yaitu Rehabeam, raja Yehuda, kemudian mereka akan membunuh aku dan akan kembali kepada Rehabeam, raja Yehuda."
28 Sesudah menimbang-nimbang, maka raja membuat dua anak lembu jantan dari emas dan ia berkata kepada mereka: "Sudah cukup lamanya kamu pergi ke Yerusalem. Hai Israel, lihatlah sekarang allah-allahmu, yang telah menuntun engkau keluar dari tanah Mesir."
29 Lalu ia menaruh lembu yang satu di Betel dan yang lain ditempatkannya di Dan.
30 Maka hal itu menyebabkan orang berdosa, sebab rakyat pergi ke Betel menyembah patung yang satu dan ke Dan menyembah patung yang lain.
Yerobeam memulai ibadah baru yang tidak berkenan bagi Tuhan. Ia membelokkan iman bangsa Israel dengan membuat ilah-ilah. Bahkan membuat kuil-kuil dan mengangkat imam yang bukan dari suku Lewi, termasuk Amazia

1 Raja-raja 12:31 (TB)  Ia membuat juga kuil-kuil di atas bukit-bukit pengorbanan, dan mengangkat imam-imam dari kalangan rakyat yang bukan dari bani Lewi.

Jabatan imam adalah jabatan yang mulia. Mari lakukan tugas dengan sungguh-sungguh.

Ucapan Amazia membuktikan bahwa ia memandang rendah jabatan imam ( Amos 7:12). Tugas pelayanan dikaitkan dengan mencari nafkah, padahal hamba Tuhan dipelihara oleh Tuhan.

Namun Amos menjawab bahwa ia bukan nabi,hanya pemungut dan peternak , merupakan sindiran Amos.

Saat itu banyak nabi yang diutus.
Yeremia dipilih dan ada  dalam pikiran Allah sebelum ia ada dalam rahim ibunya.

Yeremia 1:4-5 (TB)
4 Firman TUHAN datang kepadaku, bunyinya:
5 "Sebelum Aku membentuk engkau dalam rahim ibumu, Aku telah mengenal engkau, dan sebelum engkau keluar dari kandungan, Aku telah menguduskan engkau, Aku telah menetapkan engkau menjadi nabi bagi bangsa-bangsa."

Para imam, nabi dan para pelayan yang durhaka,sehingga Yeremia yang dipilih Allah.

Yeremia 2:8 (TB)  Para imam tidak lagi bertanya: Di manakah TUHAN? Orang-orang yang melaksanakan hukum tidak mengenal Aku lagi, dan para gembala mendurhaka terhadap Aku. Para nabi bernubuat demi Baal, mereka mengikuti apa yang tidak berguna.

FT yang diurapi Roh Kudus mampu menyemangati kita.
Yeremia 4:9 (TB)  "Pada waktu itu, demikianlah firman TUHAN, raja dan para pemuka akan kehilangan semangat; para imam akan tertegun dan para nabi akan tercengang-cengang,

Para imam dan nabi menyampaikan kabar angin
Yeremia 5:13 (TB)  Para nabi akan menjadi angin, firman TUHAN tidak ada pada mereka."

Mereka bernubuat palsu dan menjadi guru, bernubuat sesukanya, namun umat menyukainya.

 Yeremia 5:31 (TB)  Para nabi bernubuat palsu dan para imam mengajar dengan sewenang-wenang, dan umat-Ku menyukai yang demikian! Tetapi apakah yang akan kamu perbuat, apabila datang kesudahannya?

Mengejar untung dengan tipu.

Yeremia 6:13 (TB)  Sesungguhnya, dari yang kecil sampai yang besar di antara mereka, semuanya mengejar untung, baik nabi maupun imam semuanya melakukan tipu.

Nabi palsu dan guru palsu ada di tengah umat Allah, dengan pengajaran sesat, menyangkal Allah, mencari untung dengan cerita isapan jempol

 Bandingkan 2 Petrus 2:1-3 (TB)
1 Sebagaimana nabi-nabi palsu dahulu tampil di tengah-tengah umat Allah, demikian pula di antara kamu akan ada guru-guru palsu. Mereka akan memasukkan pengajaran-pengajaran sesat yang membinasakan, bahkan mereka akan menyangkal Penguasa yang telah menebus mereka dan dengan jalan demikian segera mendatangkan kebinasaan atas diri mereka.
2 Banyak orang akan mengikuti cara hidup mereka yang dikuasai hawa nafsu, dan karena mereka Jalan Kebenaran akan dihujat.
3 Dan karena serakahnya guru-guru palsu itu akan berusaha mencari untung dari kamu dengan ceritera-ceritera isapan jempol mereka. Tetapi untuk perbuatan mereka itu hukuman telah lama tersedia dan kebinasaan tidak akan tertunda.

Yeremia 6:14-15 (TB)
14 Mereka mengobati luka umat-Ku dengan memandangnya ringan, katanya: Damai sejahtera! Damai sejahtera!, tetapi tidak ada damai sejahtera.
15 Seharusnya mereka merasa malu, sebab mereka melakukan kejijikan; tetapi mereka sama sekali tidak merasa malu dan tidak kenal noda mereka. Sebab itu mereka akan rebah di antara orang-orang yang rebah; mereka akan tersandung jatuh pada waktu Aku menghukum mereka, firman TUHAN."

Mereka akan rebah karena hukuman Allah.
Para nabi semangat karena mencari untung.
Yeremia 23:21 (TB)  "Aku tidak mengutus para nabi itu, namun mereka giat; Aku tidak berfirman kepada mereka, namun mereka bernubuat.

Bandingkan Amos yang benar-benar utusan Tuhan. Dia sendiri tidak mengaku sebagai nabi.

Nabi yang benar-benar diutus Tuhan berarti nubuatannya digenapi
Yeremia 28:9 (TB)  Tetapi mengenai seorang nabi yang bernubuat tentang damai sejahtera, jika nubuat nabi itu digenapi, maka barulah ketahuan, bahwa nabi itu benar-benar diutus oleh TUHAN."

Mari latih telinga untuk mendengar suara nubuatan, yaitu FT

1 Tesalonika 5:20-21 (TB)
20 dan janganlah anggap rendah nubuat-nubuat.
21 Ujilah segala sesuatu dan peganglah yang baik.

Jangan memandang rendah nubuatan,diuji apakah benar dari Tuhan
Nubuat itu membangun, menasehati dan menghibur.

1 Korintus 14:3 (TB)  Tetapi siapa yang bernubuat, ia berkata-kata kepada manusia, ia membangun, menasihati dan menghibur.

FT berkuasa membentuk dan menasehatinkita, walau kadang kita merasa direndahkan oleh FT.

Wahyu 10:8-11 (TB)
8 Dan suara yang telah kudengar dari langit itu, berkata pula kepadaku, katanya: "Pergilah, ambillah gulungan kitab yang terbuka di tangan malaikat, yang berdiri di atas laut dan di atas bumi itu."
9 Lalu aku pergi kepada malaikat itu dan meminta kepadanya, supaya ia memberikan gulungan kitab itu kepadaku. Katanya kepadaku: "Ambillah dan makanlah dia; ia akan membuat perutmu terasa pahit, tetapi di dalam mulutmu ia akan terasa manis seperti madu."
10 Lalu aku mengambil kitab itu dari tangan malaikat itu, dan memakannya: di dalam mulutku ia terasa manis seperti madu, tetapi sesudah aku memakannya, perutku menjadi pahit rasanya.
11 Maka ia berkata kepadaku: "Engkau harus bernubuat lagi kepada banyak bangsa dan kaum dan bahasa dan raja."

2 Petrus 1:19-21 (TB)
19  Dengan demikian kami makin diteguhkan oleh firman yang telah disampaikan oleh para nabi. Alangkah baiknya kalau kamu memperhatikannya sama seperti memperhatikan pelita yang bercahaya di tempat yang gelap sampai fajar menyingsing dan bintang timur terbit bersinar di dalam hatimu.
20 Yang terutama harus kamu ketahui, ialah bahwa nubuat-nubuat dalam Kitab Suci tidak boleh ditafsirkan menurut kehendak sendiri,
21 sebab tidak pernah nubuat dihasilkan oleh kehendak manusia, tetapi oleh dorongan Roh Kudus orang-orang berbicara atas nama Allah.

Pelita menyinari sekitar tempat itu, namun lama kelamaan akan menjadi terang seperti fajar menyingsing. Itulah bentuk Firman Nubuatan.

Ia akan
terang bercahaya dalam hati kita. Jangan menafsir FT menurut pikiran sendiri. Nubuatan dihasilkan oleh Roh Kudus.

Jangan menolak Firman,dan jadilah pelaku Firman