Translate

28 Jan 2018

Ibadah Raya 28 Januari 2018. NEHEMIA (2)



Ibadah Raya. 28 Januari 2018
NEHEMIA (2)

Dalam membangun tembok itu Nehemia dihadapkan dengan orang-orang yang tidak suka akan pembangunan, mereka-mereka itu ialah:
Sanbalat :

Neh 2:10,19 Fs 4:1-3
2:10 Ketika Sanbalat, orang Horon, dan Tobia, orang Amon, pelayan itu, mendengar hal itu, mereka sangat kesal karena ada orang yang datang mengusahakan kesejahteraan orang Israel.
2:19 Ketika Sanbalat, orang Horon, dan Tobia, orang Amon, pelayan itu, dan Gesyem, orang Arab, mendengar itu, mereka mengolok-olokkan dan menghina kami. Kata mereka: "Apa yang kamu lakukan itu? Apa kamu mau berontak terhadap raja?"
4:1 Ketika Sanbalat mendengar, bahwa kami sedang membangun kembali tembok, bangkitlah amarahnya dan ia sangat sakit hati. Ia mengolok-olokkan orang Yahudi
4:2 dan berkata di hadapan saudara-saudaranya dan tentara Samaria: "Apa gerangan yang dilakukan orang-orang Yahudi yang lemah ini? Apakah mereka memperkokoh sesuatu? Apakah mereka hendak membawa persembahan? Apakah mereka akan selesai dalam sehari? Apakah mereka akan menghidupkan kembali batu-batu dari timbunan puing yang sudah terbakar habis seperti ini?"
4:3 Lalu berkatalah Tobia, orang Amon itu, yang ada di dekatnya: "Sekalipun mereka membangun kembali, kalau seekor anjing hutan meloncat dan menyentuhnya, robohlah tembok batu mereka."

Sanbalat = atinya Kuat. Tapi dia orang Horon yang tidak suka dengan orang-orang Yahudi.
Tobia = artinya Yehova is good (Allah itu baik), tapi punya sifat menjelekan orang lain.
Noaja Artinya bertemu dengan Tuhan, tapi tidak suka pembangunan. Suka sembahyang tapi tidak suka pembangunan.

Neh 6:10-14
6:10 Ketika aku pergi ke rumah Semaya bin Delaya bin Mehetabeel, sebab ia berhalangan datang, berkatalah ia: "Biarlah kita bertemu di rumah Allah, di dalam Bait Suci, dan mengunci pintu-pintunya, karena ada orang yang mau datang membunuh engkau, ya, malam ini mereka mau datang membunuh engkau."
6:11 Tetapi kataku: "Orang manakah seperti aku ini yang akan melarikan diri? Orang manakah seperti aku ini dapat memasuki Bait Suci dan tinggal hidup? Aku tidak pergi!"
6:12 Karena kuketahui benar, bahwa Allah tidak mengutus dia. Ia mengucapkan nubuat itu terhadap aku, karena disuap Tobia dan Sanbalat.
6:13 Untuk ini ia disuap, supaya aku menjadi takut lalu berbuat demikian, sehingga aku berdosa. Dengan demikian mereka mempunyai kesempatan untuk membusukkan namaku, sehingga dapat mencela aku.
6:14 Ya Allahku, ingatlah bagaimana Tobia dan Sanbalat masing-masing telah bertindak! Pun tindakan nabiah Noaja dan nabi-nabi yang lain yang mau menakut-nakutkan aku.

Nama-nama mereka bertolak belakang dengan perbuatannya.

Dalam Fs 4:1-3 Sanbalat marah-marah, Tobia menghina pembangunant embok.
Yang menghina ini bukan orang orang-orang Yahudi.

Tapi sering kita melihat didalam gereja sendiri ada orang-orang yang suka menilai kekurangan-kekurangan orang lain.

Tertulis dalam 2 Ptr 2: 1 guru palsu bermunculan di akhir zaman  untuk menyesatkan umat dengab oengajaran sesat

2 Petrus 2:1 Sebagaimana nabi-nabi palsu dahulu tampil di tengah-tengah umat Allah, demikian pula di antara kamu akan ada guru-guru palsu. Mereka akan memasukkan pengajaran-pengajaran sesat yang membinasakan, bahkan mereka akan menyangkal Penguasa yang telah menebus mereka dan dengan jalan demikian segera mendatangkan kebinasaan atas diri mereka.

Ciri mereka adalah serakah dan mencari untung untuk dirinya sendiri. Sanbalat ,dkk suka menilai kekurangan orang lain

Pintu Gerbang Yerusalem Yang Diperbaiki

Neh 3 bicara tentang membangun Pintu Gerbang:
3:1 Maka bersiaplah imam besar Elyasib dan para imam, saudara-saudaranya, lalu membangun kembali pintu gerbang Domba. Mereka mentahbiskannya dan memasang pintu-pintunya. Mereka mentahbiskannya sampai menara Mea, menara Hananeel.

Imam besar Elyasib membangun pintu gerbang Domba.
Imam Besar kita adalah Tuhan Yesus, yang turut merasakan kelemahan dan kesusahan kita.

Ibrani 4:14-16 
14  Karena kita sekarang mempunyai Imam Besar Agung, yang telah melintasi semua langit, yaitu Yesus, Anak Allah, baiklah kita teguh berpegang pada pengakuan iman kita.
15 Sebab Imam Besar yang kita punya, bukanlah imam besar yang tidak dapat turut merasakan kelemahan-kelemahan kita, sebaliknya sama dengan kita, Ia telah dicobai, hanya tidak berbuat dosa.
16 Sebab itu marilah kita dengan penuh keberanian menghampiri takhta kasih karunia, supaya kita menerima rahmat dan menemukan kasih karunia untuk mendapat pertolongan kita pada waktunya. 

Yohanes 2:3-4 
3 Ketika mereka kekurangan anggur, ibu Yesus berkata kepada-Nya: "Mereka kehabisan anggur." 
4 Kata Yesus kepadanya: "Mau apakah engkau dari pada-Ku, ibu? Saat-Ku belum tiba."

“SaatKu belum tiba”...ada waktunya Tuhan akan menolong kita. 

Yesus menegur Maria yang memerintah. Dan Maria menyuruh para pelayan menuruti perkataan Yesus.
Kembali ke pembangunan pintu gerbang.
Mereka membangun kembali dan mentahbiskannya dan memasang pintu pintunya.

Pintu Gerbang Domba
Mengapa dinamakan Pintu Gerbang Domba?
Domba punya ciri khas suka dengar-dengaran kepada gembalanya.

Yoh 10: 1-4
1 Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya siapa yang masuk ke dalam kandang domba dengan tidak melalui pintu, tetapi dengan memanjat tembok, ia adalah seorang pencuri dan seorang perampok;
2 tetapi siapa yang masuk melalui pintu, ia adalah gembala domba.
3 Untuk dia penjaga membuka pintu dan domba-domba mendengarkan suaranya dan ia memanggil domba-dombanya masing-masing menurut namanya dan menuntunnya ke luar.
4 Jika semua dombanya telah dibawanya ke luar, ia berjalan di depan mereka dan domba-domba itu mengikuti dia, karena mereka mengenal suaranya.

Pintu Gerbang Domba dibangun, ini seperti Tuhan itu mau membangun karakter kita sama seperti domba yang suka dengar-dengaran.

Wahyu 3:1-3 (TB)  
1 "Dan tuliskanlah kepada malaikat jemaat di Sardis: Inilah firman Dia, yang memiliki ketujuh Roh Allah dan ketujuh bintang itu: Aku tahu segala pekerjaanmu: engkau dikatakan hidup, padahal engkau mati!
2 Bangunlah, dan kuatkanlah apa yang masih tinggal yang sudah hampir mati, sebab tidak satu pun dari pekerjaanmu Aku dapati sempurna di hadapan Allah-Ku.
3 Karena itu ingatlah, bagaimana engkau telah menerima dan mendengarnya; turutilah itu dan bertobatlah! Karena jikalau engkau tidak berjaga-jaga, Aku akan datang seperti pencuri dan engkau tidak tahu pada waktu manakah Aku tiba-tiba datang kepadamu.

Tuhan menegur jemaat di Sardis dalam sikap saat menerima dan mendengar Firman Tuhan.

Pintu Gerbang Ikan
Pintu Gerbang Ikan dibangun: artinya geraknya cepat seperti ikan.
Tuhan Yesus pernah mengatakan kepada Petrus akan menjadikan penjala manusia.

Luk 5:10
5:10 demikian juga Yakobus dan Yohanes, anak-anak Zebedeus, yang menjadi teman Simon. Kata Yesus kepada Simon: "Jangan takut, mulai dari sekarang  engkau akan menjala manusia.

Ini artinya kerinduan untuk menangkan jiwa juga harus dibangun.

Mat 28:18-20
28:18 Yesus mendekati mereka dan berkata: "Kepada-Ku telah diberikan segala kuasa di sorga dan di bumi.
28:19 Karena itu pergilah, jadikanlah semua bangsa murid-Ku dan baptislah mereka dalam nama Bapa dan Anak dan Roh Kudus,
28:20 dan ajarlah mereka melakukan segala sesuatu yang telah Kuperintahkan kepadamu. Dan ketahuilah, Aku menyertai kamu senantiasa sampai kepada akhir zaman."

Pintu Gerbang Lama 
Pintu Gerbang Lama dibangun; Gerbang Lama artinya tidur. Tuhan ingin membangun rohani kita yang tidur

FT katakan:  Ef 5:14
5:14 Itulah sebabnya dikatakan: "Bangunlah, hai kamu yang tidur dan bangkitlah dari antara orang mati dan Kristus akan bercahaya atas kamu."

Pintu Gerbang Lebak 
Pintu Gerbang Lebak dibangun:
Gerbang Lebak = lembah yang dalam / sombong.

Tuhan ingin mengkikis kesombongan rohani kita

Pintu Gerbang Sampah
Pintu Gerbang Sampah dibangun.
Sampah = kotoran (tempat pembuangan sampah)

Tuhan itu mengangkat orang miskin dari dari tempat sampah.
Mengangkat orang miskin dari lumpur

1 Sam 2:8
2:8 Ia menegakkan orang yang hina dari dalam debu, dan mengangkat orang yang miskin dari lumpur, untuk mendudukkan dia bersama-sama dengan para bangsawan, dan membuat dia memiliki kursi kehormatan. Sebab TUHAN mempunyai alas bumi; dan di atasnya Ia menaruh daratan.

Maz 113:7-8
113:7 Ia menegakkan orang yang hina dari dalam debu dan mengangkat orang yang miskin dari lumpur,

113:8 untuk mendudukkan dia bersama-sama dengan para bangsawan, bersama-sama dengan para bangsawan bangsanya.

Mengangkat orang miskin dari lumpur.

Pintu Gerbang Mata Air

Pintu Gerbang Mata Air dibangun
Yes 58:11-12

58:11 TUHAN akan menuntun engkau senantiasa dan akan memuaskan hatimu di tanah yang kering, dan akan membaharui kekuatanmu; engkau akan seperti taman yang diairi dengan baik dan seperti mata air yang tidak pernah mengecewakan.

58:12 Engkau akan membangun reruntuhan yang sudah berabad-abad, dan akan memperbaiki dasar yang diletakkan oleh banyak keturunan. Engkau akan disebutkan "yang memperbaiki tembok yang tembus", "yang membetulkan jalan supaya tempat itu dapat dihuni".

Tuhan akan memperbaiki tembok tembok kita yang lubang. Kehidupan yang kering menjadi taman yang diairi dan menjadi kata air.