Translate

14 Jan 2018

Ibadah Raya 14 Januari 2018.ANGIN RIBUT DIREDAKAN




Ibadah Raya 14 Januari 2018.

ANGIN RIBUT DIREDAKAN:
Luk 8:22-25
8:22 Pada suatu hari Yesus naik ke dalam perahu bersama-sama dengan murid-murid-Nya, dan Ia berkata kepada mereka: "Marilah kita bertolak ke seberang danau." Lalu bertolaklah mereka.
8:23 Dan ketika mereka sedang berlayar, Yesus tertidur. Sekonyong-konyong turunlah taufan ke danau, sehingga perahu itu kemasukan air dan mereka berada dalam bahaya.
8:24 Maka datanglah murid-murid-Nya membangunkan Dia, katanya: "Guru, Guru, kita binasa!" Ia pun bangun, lalu menghardik angin dan air yang mengamuk itu. Dan angin dan air itu pun reda dan danau itu menjadi teduh.
8:25 Lalu kata-Nya kepada mereka: "Di manakah kepercayaanmu?" Maka takutlah mereka dan heran, lalu berkata seorang kepada yang lain: "Siapa gerangan orang ini, sehingga Ia memberi perintah kepada angin dan air dan mereka taat kepada-Nya?"

Cerita ini dalam terangnya Tabernakel terkena Pelita Mas.
Pelita Mas yang terangnya kita butuhkan disaat perahu kehidupan kita sedang mengalami cobaan.

Cobaaan itu datang dengan tiba-tiba: Ayat 23
8:23 Dan ketika mereka sedang berlayar, Yesus tertidur. Sekonyong-konyong turunlah taufan ke danau, sehingga perahu itu kemasukan air dan mereka berada dalam bahaya.

Karena datangnya dengan tiba-tiba, kerap kali kita tidak siap, namun jika pada kita ada Pelita Mas (disini menunjuk pribadi Yesus sebagai terang yang menyinari kegelapan) Why 1:12-16 Yesus ada ditengah-tengah kaki dian
1:12 Lalu aku berpaling untuk melihat suara yang berbicara kepadaku. Dan setelah aku berpaling, tampaklah kepadaku tujuh kaki dian dari emas.
1:13 Dan di tengah-tengah kaki dian itu ada seorang serupa Anak Manusia, berpakaian jubah yang panjangnya sampai di kaki, dan dadanya berlilitkan ikat pinggang dari emas.
1:14 Kepala dan rambut-Nya putih bagaikan bulu yang putih metah, dan mata-Nya bagaikan nyala api.
1:15 Dan kaki-Nya mengkilap bagaikan tembaga membara di dalam perapian; suara-Nya bagaikan desau air bah.
1:16 Dan di tangan kanan-Nya Ia memegang tujuh bintang dan dari mulut-Nya keluar sebilah pedang tajam bermata dua, dan wajah-Nya bersinar-sinar bagaikan matahari yang terik. 

Dalam Injil Markus disebutkan taufan itu mengamuk amat dasyat.
Ini kondisi seorang yang sedang mengalami pencobaan yang hebat.

Mark 4:37
4:37 Lalu mengamuklah taufan yang sangat dahsyat dan ombak menyembur masuk ke dalam perahu, sehingga perahu itu mulai penuh dengan air.

Ini bukan keadaan biasa, tapi luar biasa.
1 Pet 4:12 Ada sesuatu yang luar biasa terjadi atas kamu.
4:12 Saudara-saudara yang kekasih, janganlah kamu heran akan nyala api siksaan yang datang kepadamu sebagai ujian, seolah-olah ada sesuatu yang luar biasa terjadi atas kamu.

Taufan mengamuk: Pencobaan yang digambarkan sama seperti taufan yang mengamuk. Bagaimana sikap kita ketika menghadapi taufan pencobaan yang sedang mengamuk? Murid-murid membangunkan Yesus yang pada waktu itu sedang tidur diburitan kapal. Buritan = bagian kapal sebelah belakang.

FT mengatakan : Jika pelita itu diletakan diatas kaki dian, maka terangnya dapat dinikmati oleh sekelilingnya.
Mat 5:14-16 Jangan ditaruh dibawah gantang!
5:14 Kamu adalah terang dunia. Kota yang terletak di atas gunung tidak mungkin tersembunyi.
5:15 Lagipula orang tidak menyalakan pelita lalu meletakkannya di bawah gantang, melainkan di atas kaki dian sehingga menerangi semua orang di dalam rumah itu.
5:16 Demikianlah hendaknya terangmu bercahaya di depan orang, supaya mereka melihat perbuatanmu yang baik dan memuliakan Bapamu yang di sorga."

Gantang adalah alat untuk menakar gandum. Ini bicara dari hal kebutuhan perut. Jika pelita itu ditaruh dibawah kebutuhan perut kita, maka cahayanya tidak bisa dinikmati oleh sekitar kita. Pelita itu akhirnya akan padam karena tertutup dengan gantang.

Dalam Injil Lukas 8 ini Yesus bagaikan PM yang bersinar menerangi hati yang gelap, karena dikuasai oleh roh jahat.
Luk 8:1-3
8:1 Tidak lama sesudah itu Yesus berjalan berkeliling dari kota ke kota dan dari desa ke desa memberitakan Injil Kerajaan Allah. Kedua belas murid-Nya bersama-sama dengan Dia,
8:2 dan juga beberapa orang perempuan yang telah disembuhkan dari roh-roh jahat atau berbagai penyakit, yaitu Maria yang disebut Magdalena, yang telah dibebaskan dari tujuh roh jahat,
8:3 Yohana isteri Khuza bendahara Herodes, Susana dan banyak perempuan lain. Perempuan-perempuan ini melayani rombongan itu dengan kekayaan mereka.

Betapa indahnya kehidupan yang sudah dibebaskan dari roh-roh jahat, sekarang mereka boleh melayani Tuhan.
Maria Magdalena yang dibebaskan dari 7 roh jahat.
Wanita-wanita yang mengambil bagian untuk melayani Yesus ini adalah gambar dari gereja Tuhan yang sudah dibebaskan dari berbagai ikatan, dan sekarang hidupnya dipersembahkan untuk melayani Tuhan.

Sesungguhnya kita ini berhutang kepada Tuhan, hutang apa? Berhutang untuk melayani DIA.
Kalau kita pehatikan Pelita Mas ini terdiri dari pokok dan cabang-cabangnya.

Pokok itu Kristus sedangkan cabang-cabangnya itu menunjuk kita.
Begitu manisnya hidup kita jika dijadikan cabang-cabang dari PM, artinya kita diijinkan untuk ambil bagian melayani pekerjaan Tuhan.

Apa yang dihadapi dalam pelayanan Pelita Mas ini?
Luk 8:26-39
8:26 Lalu mendaratlah Yesus dan murid-murid-Nya di tanah orang Gerasa yang terletak di seberang Galilea.
8:27 Setelah Yesus naik ke darat, datanglah seorang laki-laki dari kota itu menemui Dia; orang itu dirasuki oleh setan-setan dan sudah lama ia tidak berpakaian dan tidak tinggal dalam rumah, tetapi dalam pekuburan.
8:28 Ketika ia melihat Yesus, ia berteriak lalu tersungkur di hadapan-Nya dan berkata dengan suara keras: "Apa urusan-Mu dengan aku, hai Yesus Anak Allah Yang Mahatinggi? Aku memohon kepada-Mu, supaya Engkau jangan menyiksa aku."
8:29 Ia berkata demikian sebab Yesus memerintahkan roh jahat itu keluar dari orang itu. Karena sering roh itu menyeret-nyeret dia, maka untuk menjaganya, ia dirantai dan dibelenggu, tetapi ia memutuskan segala pengikat itu dan ia dihalau oleh setan itu ke tempat-tempat yang sunyi.
8:30 Dan Yesus bertanya kepadanya: "Siapakah namamu?" Jawabnya: "Legion," karena ia kerasukan banyak setan.
8:31 Lalu setan-setan itu memohon kepada Yesus, supaya Ia jangan memerintahkan mereka masuk ke dalam jurang maut.
8:32 Adalah di sana sejumlah besar babi sedang mencari makan di lereng gunung, lalu setan-setan itu meminta kepada Yesus, supaya Ia memperkenankan mereka memasuki babi-babi itu. Yesus mengabulkan permintaan mereka.
8:33 Lalu keluarlah setan-setan itu dari orang itu dan memasuki babi-babi itu. Kawanan babi itu terjun dari tepi jurang ke dalam danau lalu mati lemas.
8:34 Setelah penjaga-penjaga babi itu melihat apa yang telah terjadi, mereka lari lalu menceritakan hal itu di kota dan di kampung-kampung sekitarnya.
8:35 Dan keluarlah orang-orang untuk melihat apa yang telah terjadi. Mereka datang kepada Yesus dan mereka menjumpai orang yang telah ditinggalkan setan-setan itu duduk di kaki Yesus; ia telah berpakaian dan sudah waras. Maka takutlah mereka.
8:36 Orang-orang yang telah melihat sendiri hal itu memberitahukan kepada mereka, bagaimana orang yang dirasuk setan itu telah diselamatkan.
8:37 Lalu seluruh penduduk daerah Gerasa meminta kepada Yesus, supaya Ia meninggalkan mereka, sebab mereka sangat ketakutan. Maka naiklah Ia ke dalam perahu, lalu berlayar kembali.
8:38 Dan orang yang telah ditinggalkan setan-setan itu meminta supaya ia diperkenankan menyertai-Nya. Tetapi Yesus menyuruh dia pergi, kata-Nya:
8:39 "Pulanglah ke rumahmu dan ceriterakanlah segala sesuatu yang telah diperbuat Allah atasmu." Orang itu pun pergi mengelilingi seluruh kota dan memberitahukan segala apa yang telah diperbuat Yesus atas dirinya.

Orang yang kerasuk setan di Gerasa.
Kalau Maria Magdalena dirasuk 7 roh jahat, tapi orang di Gerasa ini dirasuk setan-setan yang jumlahnya amat banyak sekali.
Setan- setan ini menyebut dirinya “Legion”
Legion dari kata Legio (latin). Kata ini berarti satu devisi dari tentara Romawi yang berjumlah 6000 orang.

Coba kita bandingkan dengan babi-babi yang mati saat itu jumlahnya kurang lebih 2000 ekor babi. Mark 5:12-13
5:12 lalu roh-roh itu meminta kepada-Nya, katanya: "Suruhlah kami pindah ke dalam babi-babi itu, biarkanlah kami memasukinya!"
5:13 Yesus mengabulkan permintaan mereka. Lalu keluarlah roh-roh jahat itu dan memasuki babi-babi itu. Kawanan babi yang kira-kira dua ribu jumlahnya itu terjun dari tepi jurang ke dalam danau dan mati lemas di dalamnya.

Betapa kuatnya setan-setan yang masuk dalam tubuh orang gila ini.
Catatan tentang Setan:
Setan adalah mahluk roh yang berkepribadian dan berakal.
Setan-setan dapat dan seringkali tinggal dalam tubuh orang yang tidak beriman.

Orang-orang yang terlibat dalam spiritisme dan ilmu sihir, sedang berhubungan dengan roh-roh jahat, hal ini dengan mudah dapat mengakibatkan perbedaan dengan kuasa setan. 

Kis 13:8-11
13:8 Tetapi Elimas -- demikianlah namanya dalam bahasa Yunani --, tukang sihir itu, menghalang-halangi mereka dan berusaha membelokkan gubernur itu dari imannya.
13:9 Tetapi Saulus, juga disebut Paulus, yang penuh dengan Roh Kudus, menatap dia,
13:10 dan berkata: "Hai anak Iblis, engkau penuh dengan rupa-rupa tipu muslihat dan kejahatan, engkau musuh segala kebenaran, tidakkah engkau akan berhenti membelokkan Jalan Tuhan yang lurus itu?
13:11 Sekarang, lihatlah, tangan Tuhan datang menimpa engkau, dan engkau menjadi buta, beberapa hari lamanya engkau tidak dapat melihat matahari." Dan seketika itu juga orang itu merasa diliputi kabut dan gelap, dan sambil meraba-raba ia harus mencari orang untuk menuntun dia.

roh jahat akan sangat aktif khususnya pada hari-hari terakhir, meningkatkan ilmu gaib – kebejatan dan kekejaman, mereka akan menyerang FA dan doktrin yang benar.

Mat 8:29
8:29 Dan mereka itu pun berteriak, katanya: "Apa urusan-Mu dengan kami, hai Anak Allah? Adakah Engkau ke mari untuk menyiksa kami sebelum waktunya?"
Mat 25:41
25:41 Dan Ia akan berkata juga kepada mereka yang di sebelah kiri-Nya: Enyahlah dari hadapan-Ku, hai kamu orang-orang terkutuk, enyahlah ke dalam api yang kekal yang telah sedia untuk Iblis dan malaikat-malaikatnya.

Sekarang kita sampai pada pertanyaan:
Untuk apa kita dijadikan pelita?
Kita akan datang ketempat-tempat yang gelap.
Kegelapan yang diciptakan oleh setan-setan seperti orang gila di Gerasa/Gadara itu.
Setelah sembuh ia berpakaian, dan sudah waras.

Luk 8:35
8:35 Dan keluarlah orang-orang untuk melihat apa yang telah terjadi. Mereka datang kepada Yesus dan mereka menjumpai orang yang telah ditinggalkan setan-setan itu duduk di kaki Yesus; ia telah berpakaian dan sudah waras. Maka takutlah mereka.

Dulu orang ini tidak bisa berpikir yang waras.
Setan-setan itu meminta ijin agar boleh masuk kedalam babi-babi itu, dan Yesus mengijinkannya. Luk 8:32-33
8:32 Adalah di sana sejumlah besar babi sedang mencari makan di lereng gunung, lalu setan-setan itu meminta kepada Yesus, supaya Ia memperkenankan mereka memasuki babi-babi itu. Yesus mengabulkan permintaan mereka.
8:33 Lalu keluarlah setan-setan itu dari orang itu dan memasuki babi-babi itu. Kawanan babi itu terjun dari tepi jurang ke dalam danau lalu mati lemas.

Disini kita bisa mengerti tentang harga hidup manusia.
Manusa lebih berharga daripada hewan. 

Mat 12:12-13
12:12 Bukankah manusia jauh lebih berharga dari pada domba? Karena itu boleh berbuat baik pada hari Sabat."
12:13 Lalu kata Yesus kepada orang itu: "Ulurkanlah tanganmu!" Dan ia mengulurkannya, maka pulihlah tangannya itu, dan menjadi sehat seperti tangannya yang lain.

Dipemandangan mata Tuhan, manusia itu begitu berharga, sehingga karena satu jiwa manusia, Tuhan rela menyebrang kesebrang.

Luk 8:22,26-27.
8:22 Pada suatu hari Yesus naik ke dalam perahu bersama-sama dengan murid-murid-Nya, dan Ia berkata kepada mereka: "Marilah kita bertolak ke seberang danau." Lalu bertolaklah mereka.
8:26 Lalu mendaratlah Yesus dan murid-murid-Nya di tanah orang Gerasa yang terletak di seberang Galilea.
8:27 Setelah Yesus naik ke darat, datanglah seorang laki-laki dari kota itu menemui Dia; orang itu dirasuki oleh setan-setan dan sudah lama ia tidak berpakaian dan tidak tinggal dalam rumah, tetapi dalam pekuburan.

Yesus tidak memikirkan keselamatan diri-Nya sendiri, sekalipun harus menghadapi taufan dan badai yang besar. Bagi Tuhan manusia itu begitu  berharga.
Yes 43:4
43:4 Oleh karena engkau berharga di mata-Ku dan mulia, dan Aku ini mengasihi engkau, maka Aku memberikan manusia sebagai gantimu, dan bangsa-bangsa sebagai ganti nyawamu.

Kalau Tuhan bisa menghargai manusia, sebaliknya manusia tidak bisa menghargai sesama.