Translate

21 Jan 2018

Ibadah Pendalaman Alkitab. 19 Januari 2018. KELUARAN 11:1-10



Ibadah Pendalaman Alkitab. 19 Januari 2018
Keluaran 11:1-10
Kabar dari hal bela ke 10.

11:1 Berfirmanlah TUHAN kepada Musa: "Aku akan mendatangkan satu tulah lagi atas Firaun dan atas Mesir, sesudah itu ia akan membiarkan kamu pergi dari sini; apabila ia membiarkan kamu pergi, ia akan benar-benar mengusir kamu dari sini.
11:2 Baiklah katakan kepada bangsa itu, supaya setiap laki-laki meminta barang-barang emas dan perak kepada tetangganya dan setiap perempuan kepada tetangganya pula."
11:3 Lalu TUHAN membuat orang Mesir bermurah hati terhadap bangsa itu; lagipula Musa adalah seorang yang sangat terpandang di tanah Mesir, di mata pegawai-pegawai Firaun dan di mata rakyat.
11:4 Berkatalah Musa: "Beginilah firman TUHAN: Pada waktu tengah malam Aku akan berjalan dari tengah-tengah Mesir.
11:5 Maka tiap-tiap anak sulung di tanah Mesir akan mati, dari anak sulung Firaun yang duduk di takhtanya sampai kepada anak sulung budak perempuan yang menghadapi batu kilangan, juga segala anak sulung hewan.
11:6 Dan seruan yang hebat akan terjadi di seluruh tanah Mesir, seperti yang belum pernah terjadi dan seperti yang tidak akan ada lagi.
11:7 Tetapi kepada siapa juga dari orang Israel, seekor anjing pun tidak akan berani menggonggong, baik kepada manusia maupun kepada binatang, supaya kamu mengetahui, bahwa TUHAN membuat perbedaan antara orang Mesir dan orang Israel.
11:8 Dan semua pegawaimu ini akan datang kepadaku dan sujud kepadaku serta berkata: Keluarlah, engkau dan seluruh rakyat yang mengikut engkau; sesudah itu aku akan keluar." Lalu Musa meninggalkan Firaun dengan marah yang bernyala-nyala.
11:9 Berfirmanlah TUHAN kepada Musa: "Firaun tidak akan mendengarkan kamu, supaya mujizat-mujizat yang Kubuat bertambah banyak di tanah Mesir."
11:10 Musa dan Harun telah melakukan segala mujizat ini di depan Firaun. Tetapi TUHAN mengeraskan hati Firaun, sehingga tidak membiarkan orang Israel pergi dari negerinya.

Bela yang ke 10 ini merupakan bela yang terakhir, dengan bela ini bangsa Israel akan keluar dari Mesir.
10 adalah angka sepenuh.
Pada bela yang ke 10 ini bukan Firaun yang mati tetapi anak sulungnya. Selain anak sulung Firaun anak sulung dari seluruh bangsa Mesir dan anak sulung dari binatang di Mesir.

Bela yang ke 10 ini merupakan bela yang terberat.
Anak sulung Firaun adalah orang yang akan mewarisi tahta Firaun, merupakan orang yang pertama yang akan menggantikan kedudukan raja Firaun.
Waris tahta Firaun ini dibinasakan oleh bela ke 10. Dengan bela ke 10 ini berarti tahta Firaun menjadi hilang.

Didalam kerajaan Iblis kita mengenal setan sebagai si Naga tua. Why 12:9
12:9 Dan naga besar itu, si ular tua, yang disebut Iblis atau Satan, yang menyesatkan seluruh dunia, dilemparkan ke bawah; ia dilemparkan ke bumi, bersama-sama dengan malaikat-malaikatnya.

Selain itu juga dijumpai nabi-nabi palsu sebagai kaki tangan dari penguasa.
Kalau dibandingkan dengan susunan pemerintahan di Mesir pada zaman Firaun, anak sulung Firaun dan orang-orang hobatan.
Gereja pada akhir zaman akan dilepaskan dari dunia ini masuk dalam kerajaan 1000 tahun damai setelah Antikrist dibinasakan.

Pada saat orang Israel keluar dari Mesir, bangsa Mesir menyerahkan kekayaan berupa mas, perak kepada orang-orang Israel, sehingga orang-orang Israel keluar dari Mesir dengan membawa kekayaan emas dan perak.
Kekayaan dari Mesir ini merupakan barang-barang yang mulia.

Gereja pada akhir zaman akan keluar dengan membawa kemuliaan-kemulyaan rohani, sehingga dunia yang ditinggalkan kehilangan kemulyaan itu dan keadaan itu membawa suasana kegelapan rohani yang tidak ada lagi kesucian dan ketebusan dari dosa.

Manusia pada saat itu tidak mempunyai kesempatan menerima kemurahan hati, kesempatan bertobat tidak ada lagi.
Mas adalah gambar dari kesucian, sedangkan perak gambar dari ketebusan.
Orang-orang Mesir memberikan segala sesuatu yang diminta oleh orang-orang Israel, dan Musa menjadi yang besar dihadapan orang-orang Mesir.

Pada akhirnya semua orang akan mengakui kebesaran dari Tuhan Yesus Kristus. Ul 18:15
18:15 Seorang nabi dari tengah-tengahmu, dari antara saudara-saudaramu, sama seperti aku, akan dibangkitkan bagimu oleh TUHAN, Allahmu; dialah yang harus kamu dengarkan.

Pada tengah malam bela ke 10 ini terjadi.
Bela yang ke 10 ini merupakan pelaksanaan hukuman dari Allah terhadap Firaun yang keras hati.
Orang yang tidak mempunyai tanda pertobatan mereka akan dihukum oleh Allah pada zaman kegelapan.

Zaman kegelapan adalah pada puncaknya Antikrist. Pada saat itulah bersama-sama dengan Antikrist dan pengikut-pengikutnya dikalahkan oleh Tuhan Yesus didalam suatu peperangan yag bernama Harmagedon. 

Why 16:16
16:16 Lalu ia mengumpulkan mereka di tempat, yang dalam bahasa Ibrani disebut Harmagedon.

Anak sulung orang Mesir dibinasakan, menyatakan manusia yang terdapat pada zaman Antikrist yang dihukum Allah seperti tangisan pada Firaun.     
Begitulah tangisan akan terjadi pada manusia dizaman kegelapan Antikrist.

Didalam hukuman bela yang ke 10 ini Tuhan membedakan antara orang Israel dengan orang Mesir. Didalam keluarga orang-orang Israel tidak ada seorangpun yang binasa.
Gereja sempurna tidak akan mengalami suasana sengsara dari zaman kegelapan Antikrist.

Sebelumnya bila dijatuhkan ke negeri Mesir Tuhan memberitahukan rencana-rencana kepada umat pilihannya, agar orang-orang percaya luput dai hukuman Allah.

Contoh seperti pada zaman Air bah: Kej 6:12-33
6:12 Allah menilik bumi itu dan sungguhlah rusak benar, sebab semua manusia menjalankan hidup yang rusak di bumi.
6:13 Berfirmanlah Allah kepada Nuh: "Aku telah memutuskan untuk mengakhiri hidup segala makhluk, sebab bumi telah penuh dengan kekerasan oleh mereka, jadi Aku akan memusnahkan mereka bersama-sama dengan bumi.
6:14 Buatlah bagimu sebuah bahtera dari kayu gofir; bahtera itu harus kaubuat berpetak-petak dan harus kaututup dengan pakal dari luar dan dari dalam.
6:15 Beginilah engkau harus membuat bahtera itu: tiga ratus hasta panjangnya, lima puluh hasta lebarnya dan tiga puluh hasta tingginya.
6:16 Buatlah atap pada bahtera itu dan selesaikanlah bahtera itu sampai sehasta dari atas, dan pasanglah pintunya pada lambungnya; buatlah bahtera itu bertingkat bawah, tengah dan atas.
6:17 Sebab sesungguhnya Aku akan mendatangkan air bah meliputi bumi untuk memusnahkan segala yang hidup dan bernyawa di kolong langit; segala yang ada di bumi akan mati binasa.
6:18 Tetapi dengan engkau Aku akan mengadakan perjanjian-Ku, dan engkau akan masuk ke dalam bahtera itu: engkau bersama-sama dengan anak-anakmu dan isterimu dan isteri anak-anakmu.
6:19 Dan dari segala yang hidup, dari segala makhluk, dari semuanya haruslah engkau bawa satu pasang ke dalam bahtera itu, supaya terpelihara hidupnya bersama-sama dengan engkau; jantan dan betina harus kaubawa.
6:20 Dari segala jenis burung dan dari segala jenis hewan, dari segala jenis binatang melata di muka bumi, dari semuanya itu harus datang satu pasang kepadamu, supaya terpelihara hidupnya.
6:21 Dan engkau, bawalah bagimu segala apa yang dapat dimakan; kumpulkanlah itu padamu untuk menjadi makanan bagimu dan bagi mereka."
6:22 Lalu Nuh melakukan semuanya itu; tepat seperti yang diperintahkan Allah kepadanya, demikianlah dilakukannya.
Kej 18:17-21 zaman nya Lot.

18:17 Berpikirlah TUHAN: "Apakah Aku akan menyembunyikan kepada Abraham apa yang hendak Kulakukan ini?
18:18 Bukankah sesungguhnya Abraham akan menjadi bangsa yang besar serta berkuasa, dan oleh dia segala bangsa di atas bumi akan mendapat berkat?
18:19 Sebab Aku telah memilih dia, supaya diperintahkannya kepada anak-anaknya dan kepada keturunannya supaya tetap hidup menurut jalan yang ditunjukkan TUHAN, dengan melakukan kebenaran dan keadilan, dan supaya TUHAN memenuhi kepada Abraham apa yang dijanjikan-Nya kepadanya."
18:20 Sesudah itu berfirmanlah TUHAN: "Sesungguhnya banyak keluh kesah orang tentang Sodom dan Gomora dan sesungguhnya sangat berat dosanya.
18:21 Baiklah Aku turun untuk melihat, apakah benar-benar mereka telah berkelakuan seperti keluh kesah orang yang telah sampai kepada-Ku atau tidak; Aku hendak mengetahuinya."

Allah tidak akan membiarkan bangsa Israel keluar dengan tangan hampa, walaupun selama hidup mereka sebagai budak-budak yang miskin.
Hal ini menunjukan orang-orang percaya yang tekun dan merendah, tahan dalam sengsara, pada akhirnya mereka tidak akan kalah, melainkan memperoleh kelimpahan berkat Allah, sebab Tuhan menggerakan hati orang-orang Mesir untuk memberi kepada bangsa Israel, demikian juga Tuhan dapat menggerakan orang-orang dunia untuk memberi.

Bangsa Israel dan Musa nama mereka menjadi besar dikalangan orang-orang Mesir.
Orang-orang yang memuji Tuhan dan membesarkan nama Tuhan juga akan membesarkan dia didalam dunia. 

Why 20:1-3 Iblis dibelenggu selama1000 tahun.                                                                      20:1 Lalu aku melihat seorang malaikat turun dari sorga memegang anak kunci jurang maut dan suatu rantai besar di tangannya;
20:2 ia menangkap naga, si ular tua itu, yaitu Iblis dan Satan. Dan ia mengikatnya seribu tahun lamanya,
20:3 lalu melemparkannya ke dalam jurang maut, dan menutup jurang maut itu dan memeteraikannya di atasnya, supaya ia jangan lagi menyesatkan bangsa-bangsa, sebelum berakhir masa seribu tahun itu; kemudian dari pada itu ia akan dilepaskan untuk sedikit waktu lamanya.

Tuhan Yesus memberka