Translate

4 Feb 2018

Ibadah Pendalaman Alkitab. 2 Februari 2018.KELUARAN 12 (2)



Ibadah Pendalaman Alkitab. 2 Februari 2018.KELUARAN 12 (2)

Kel 12:21
12:21 Lalu Musa memanggil semua tua-tua Israel serta berkata kepada mereka: "Pergilah, ambillah kambing domba untuk kaummu dan sembelihlah anak domba Paskah.

Ini adalah suatu perintah bagi seluruh Israel untuk mulai mengadakan pesta Paskah.
Musa memanggil tua-tua Israel, Musa tidak memanggil seluruh Israel melainkan tua-tua saja.
Kemudian tua-tua ini akan meneruskan perintah ini kepada yang muda-muda dan seluruh Israel.
Tua-tua mendapat penghargaan, mereka diistimewakan.

Kel 24:9 Tujuh puluh tua-tua diijinkan naik keatas gunung.
24:9 Dan naiklah Musa dengan Harun, Nadab dan Abihu dan tujuh puluh orang dari para tua-tua Israel.

Kel 12:22
12:22 Kemudian kamu harus mengambil seikat hisop dan mencelupkannya dalam darah yang ada dalam sebuah pasu, dan darah itu kamu harus sapukan pada ambang atas dan pada kedua tiang pintu; seorang pun dari kamu tidak boleh keluar pintu rumahnya sampai pagi.

Darah domba Paskah harus digosok dengan zufa (hisop) = percaya, pada ambang pintu dan tiang pintu.
Darah ini tidak boleh digosok dengan tangan seperti Imam Besar, atau lain alat, melainkan hanya dengan hisop, seperti yang ditentukan Tuhan.
Hisop ini juga pernah dipakai untuk memberi minum ketika Yesus dikayu salib.

Yoh 19:29
19:29 Di situ ada suatu bekas penuh anggur asam. Maka mereka mencucukkan bunga karang, yang telah dicelupkan dalam anggur asam, pada sebatang hisop lalu mengunjukkannya ke mulut Yesus.

Hisop ini merupakan alat untuk penyucian:
Im 14:4,6.
14:4 maka imam harus memerintahkan, supaya bagi orang yang akan ditahirkan itu diambil dua ekor burung yang hidup dan yang tidak haram, juga kayu aras, kain kirmizi dan hisop.
14:6 Tetapi burung yang masih hidup haruslah diambilnya bersama-sama dengan kayu aras, kain kirmizi dan hisop, lalu bersama-sama dengan burung itu semuanya harus dicelupkannya ke dalam darah burung yang sudah disembelih di atas air mengalir itu.

Bil 19:18
19:18 Kemudian seorang yang tahir haruslah mengambil hisop, mencelupkannya ke dalam air itu dan memercikkannya ke atas kemah dan ke atas segala bejana dan ke atas orang-orang yang ada di sana, dan ke atas orang yang telah kena kepada tulang-tulang, atau kepada orang yang mati terbunuh, atau kepada mayat, atau kepada kubur itu;

Maz 51:9 Doa Daud ketika meminta pengampunan dosa.
51:9 Bersihkanlah aku dari pada dosaku dengan hisop, maka aku menjadi tahir, basuhlah aku, maka aku menjadi lebih putih dari salju!

Salomo bersajak : 1 Raj 4:33
4:33 Ia bersajak tentang pohon-pohonan, dari pohon aras yang di gunung Libanon sampai kepada hisop yang tumbuh pada dinding batu; ia berbicara juga tentang hewan dan tentang burung-burung dan tentang binatang melata dan tentang ikan-ikan.

Hisop ini bisa tumbuh dimana-mana, dan tidak memerlukan tanah yang banyak, juga tidak memerlukan pemeliharaan / perawatan, ia bisa tumbuh pada dinding dengan sedikit tanah.
Karena apa bisa tumbuh disana? Karena dibawa angin.

Hisop ini lemes dan bisa ditekuk-tekuk dan bisa digunakan sebagai tali.
Rumput ini bisa tumbuh sampai 60 cm. Kembangnya bagus warnanya biru dan selalu dikunjungi oleh lebah-lebah. Buahnya kecil-kecil.

Dari kembang hisop orang bisa membuat minyak wangi. Dari daunnya yang ramping itu dapat dibuat obat sakit perut. Hisop ini hijau pada musim semi.
Hisop adalah bayangan dari hamba-hamba Tuhan.

Sifat sifat hisop:
1.- Hisop dapat tumbuh dimana-mana. Demikian juga hamba Tuhan dapat diutus dimana-mana di seluruh pelosok, dikota-kota – didesa – dipegunungan dan dipesisir juga ada.
2.- Hisop dapat ditekuk-tekuk (dilipat)= Hamba Tuhan juga harus luwes tidak kaku dan menurut kehendak Tuhan dan bisa menyesuaikan diri dalam segala keadaan.

1 Kor 9:19-23
9:19 Sungguhpun aku bebas terhadap semua orang, aku menjadikan diriku hamba dari semua orang, supaya aku boleh memenangkan sebanyak mungkin orang.
9:20 Demikianlah bagi orang Yahudi aku menjadi seperti orang Yahudi, supaya aku memenangkan orang-orang Yahudi. Bagi orang-orang yang hidup di bawah hukum Taurat aku menjadi seperti orang yang hidup di bawah hukum Taurat, sekalipun aku sendiri tidak hidup di bawah hukum Taurat, supaya aku dapat memenangkan mereka yang hidup di bawah hukum Taurat.
9:21 Bagi orang-orang yang tidak hidup di bawah hukum Taurat aku menjadi seperti orang yang tidak hidup di bawah hukum Taurat, sekalipun aku tidak hidup di luar hukum Allah, karena aku hidup di bawah hukum Kristus, supaya aku dapat memenangkan mereka yang tidak hidup di bawah hukum Taurat.
9:22 Bagi orang-orang yang lemah aku menjadi seperti orang yang lemah, supaya aku dapat menyelamatkan mereka yang lemah. Bagi semua orang aku telah menjadi segala-galanya, supaya aku sedapat mungkin memenangkan beberapa orang dari antara mereka.
9:23 Segala sesuatu ini aku lakukan karena Injil, supaya aku mendapat bagian dalamnya.

3.- Hisop bisa mencapai tinggi sampai 60 cm = bayangan dari hamba Tuhan harus memiliki sifat rendah hati, tidak boleh sombong, sederhana dan ramah.

Yoh 3:30
3:30 Ia harus makin besar, tetapi aku harus makin kecil.

4.- Hisop hijau pada musim semi: Hamba Tuhan musti segar rohaninya, jangan suram.
5.- Kembang hisop itu harum baunya: Kehidupan sembahyang dari hamba Tuhan harus harum baunya.
6.- Warnanya biru : Sembahyang dari hamba Tuhan adalah penuh dengan kuasa kebangkitan.
7.- Buah hisop kecil-kecil : Demikian juga dengan buah-buah dari hamba Tuhan tetap kecil sperti tidak berharga dimata dunia.
Kembang hisop selalu dikunjungi kumbang-kumbang: Hamba Tuhan selalu mendapat kunjungan dari jiwa-jiwa yang membutuhkan sembahyangnya.
9.- Dari kembang Hisop dibuat minyak urapan wangi: Hamba-hamba Tuhan selain bekerja buat Tuhan juga mengeluarkan buku-buku rohani.
10.- Dari daunnya dapat dibuat obat sakit perut : Hamba Tuhan bisa memperoleh kariunia kesembuhan ilahi.
11.- Hisop juga dipakai untuk melabur atau meyucikan : Hamba-hamba Tuhan membawa kabar penyucian dimana-mana.
12.- Hisop yang lemes itu bisa dipakai sebagai tali: Demikan juga hamba-hamba Tuhan  bisa dipakai untuk mengikat segala kuasa kegelapan sehingga tidak berdaya.

Kel 12:22 Orang-orang Israel tidak boleh keluar sampai pagi hari.
12:22 Kemudian kamu harus mengambil seikat hisop dan mencelupkannya dalam darah yang ada dalam sebuah pasu, dan darah itu kamu harus sapukan pada ambang atas dan pada kedua tiang pintu; seorang pun dari kamu tidak boleh keluar pintu rumahnya sampai pagi.

Demikianpun juga pada akhir zaman ini orang Kristen tidak banyak lagi bepergian, melainkan ia akan banyak tinggal dirumah dan suka sembahyang, menuntut kehidupan sembahyang.

Kel 12:23
12:23 Dan TUHAN akan menjalani Mesir untuk menulahinya; apabila Ia melihat darah pada ambang atas dan pada kedua tiang pintu itu, maka TUHAN akan melewati pintu itu dan tidak membiarkan pemusnah masuk ke dalam rumahmu untuk menulahi.

Tuhan sendiri akan berkeliling ke Mesir dan malaikat maut untuk memalu orang-orang Mesir.
Jika rumah mereka ada tanda darah, maka Ia akan melewatinya. Ini adalah suatu pemeriksaan dan pengontrolan kepada orang-orang yang mempunyai tanda darahTuhan Yesus dan yang menolak darah itu.

Ibr 2:14-15
2:14 Karena anak-anak itu adalah anak-anak dari darah dan daging, maka Ia juga menjadi sama dengan mereka dan mendapat bagian dalam keadaan mereka, supaya oleh kematian-Nya Ia memusnahkan dia, yaitu Iblis, yang berkuasa atas maut;
2:15 dan supaya dengan jalan demikian Ia membebaskan mereka yang seumur hidupnya berada dalam perhambaan oleh karena takutnya kepada maut.

Kel 12:24-28 Perintah untuk memelihara Paskah turun temurun.
12:24 Kamu harus memegang ini sebagai ketetapan sampai selama-lamanya bagimu dan bagi anak-anakmu.
12:25 Dan apabila kamu tiba di negeri yang akan diberikan TUHAN kepadamu, seperti yang difirmankan-Nya, maka kamu harus pelihara ibadah ini.
12:26 Dan apabila anak-anakmu berkata kepadamu: Apakah artinya ibadahmu ini?
12:27 maka haruslah kamu berkata: Itulah korban Paskah bagi TUHAN yang melewati rumah-rumah orang Israel di Mesir, ketika Ia menulahi orang Mesir, tetapi menyelamatkan rumah-rumah kita." Lalu berlututlah bangsa itu dan sujud menyembah.
12:28 Pergilah orang Israel, lalu berbuat demikian; seperti yang diperintahkan TUHAN kepada Musa dan Harun, demikianlah diperbuat mereka.

Reaksi orang-orang Israel terhadap ketetapan Paskah:
Mereka berlutut dan menyembah, bagi mereka tidak ada jalan keluar lain yang sanggup menolong mereka untuk bisa keluar dari kekuasaan Firaun (Iblis) selain menjalankan ibadah Paskah.

Paskah mempunyai kekuatan besar yang sanggup membebaskan seorang dari cengkraman setan.
Penyembahan itu sebagai bukti kalau kita ini sudah dilepaskan dari pengaruhnya Iblis, dan kita memberi hidup bagi Tuhan.