Translate

28 Jan 2018

Ibadah PA 26 Januari 2018. KELUARAN 12



KELUARAN 12                                                    Kel 12  s/D 13:1-6 Bagian ini terkena Mezbah Korban Bakaran.

Kel 12:1-20 Perintah Paskah dari Tuhan kepada Musa.
Kel 12:21-28 Perintah Paskah dari Musa kepada Israel.
Kel 12:29-36 Kematian anak Sulung.
Kel 12:37-42 Keberangkatan orang Israel keluar dari Mesir.
Kel 12:43-51 Syarat Paskah bagi hamba-hamba Israel dan orang dagang.

Kel 12:1-20
12:1 Berfirmanlah TUHAN kepada Musa dan Harun di tanah Mesir:
12:2 "Bulan inilah akan menjadi permulaan segala bulan bagimu; itu akan menjadi bulan pertama bagimu tiap-tiap tahun.
12:3 Katakanlah kepada segenap jemaah Israel: Pada tanggal sepuluh bulan ini diambillah oleh masing-masing seekor anak domba, menurut kaum keluarga, seekor anak domba untuk tiap-tiap rumah tangga.
12:4 Tetapi jika rumah tangga itu terlalu kecil jumlahnya untuk mengambil seekor anak domba, maka ia bersama-sama dengan tetangganya yang terdekat ke rumahnya haruslah mengambil seekor, menurut jumlah jiwa; tentang anak domba itu, kamu buatlah perkiraan menurut keperluan tiap-tiap orang.
12:5 Anak dombamu itu harus jantan, tidak bercela, berumur setahun; kamu boleh ambil domba atau kambing.
12:6 Kamu harus mengurungnya sampai hari yang keempat belas bulan ini; lalu seluruh jemaah Israel yang berkumpul, harus menyembelihnya pada waktu senja.
12:7 Kemudian dari darahnya haruslah diambil sedikit dan dibubuhkan pada kedua tiang pintu dan pada ambang atas, pada rumah-rumah di mana orang memakannya.
12:8 Dagingnya harus dimakan mereka pada malam itu juga; yang dipanggang mereka harus makan dengan roti yang tidak beragi beserta sayur pahit.
12:9 Janganlah kamu memakannya mentah atau direbus dalam air; hanya dipanggang di api, lengkap dengan kepalanya dan betisnya dan isi perutnya.
12:10 Janganlah kamu tinggalkan apa-apa dari daging itu sampai pagi; apa yang tinggal sampai pagi kamu bakarlah habis dengan api.
12:11 Dan beginilah kamu memakannya: pinggangmu berikat, kasut pada kakimu dan tongkat di tanganmu; buru-burulah kamu memakannya; itulah Paskah bagi TUHAN.
12:12 Sebab pada malam ini Aku akan menjalani tanah Mesir, dan semua anak sulung, dari anak manusia sampai anak binatang, akan Kubunuh, dan kepada semua allah di Mesir akan Kujatuhkan hukuman, Akulah, TUHAN.
12:13 Dan darah itu menjadi tanda bagimu pada rumah-rumah di mana kamu tinggal: Apabila Aku melihat darah itu, maka Aku akan lewat dari pada kamu. Jadi tidak akan ada tulah kemusnahan di tengah-tengah kamu, apabila Aku menghukum tanah Mesir.
12:14 Hari ini akan menjadi hari peringatan bagimu. Kamu harus merayakannya sebagai hari raya bagi TUHAN turun-temurun. Kamu harus merayakannya sebagai ketetapan untuk selamanya.
12:15 Kamu makanlah roti yang tidak beragi tujuh hari lamanya; pada hari pertama pun kamu buanglah segala ragi dari rumahmu, sebab setiap orang yang makan sesuatu yang beragi, dari hari pertama sampai hari ketujuh, orang itu harus dilenyapkan dari antara Israel.
12:16 Kamu adakanlah pertemuan yang kudus, baik pada hari yang pertama maupun pada hari yang ketujuh; pada hari-hari itu tidak boleh dilakukan pekerjaan apa pun; hanya apa yang perlu dimakan setiap orang, itu sajalah yang boleh kamu sediakan.
12:17 Jadi kamu harus tetap merayakan hari raya makan roti yang tidak beragi, sebab tepat pada hari ini juga Aku membawa pasukan-pasukanmu keluar dari tanah Mesir. Maka haruslah kamu rayakan hari ini turun-temurun; itulah suatu ketetapan untuk selamanya.
12:18 Dalam bulan pertama, pada hari yang keempat belas bulan itu pada waktu petang, kamu makanlah roti yang tidak beragi, sampai kepada hari yang kedua puluh satu bulan itu, pada waktu petang.
12:19 Tujuh hari lamanya tidak boleh ada ragi dalam rumahmu, sebab setiap orang yang makan sesuatu yang beragi, orang itu harus dilenyapkan dari antara jemaah Israel, baik ia orang asing, baik ia orang asli.
12:20 Sesuatu apa pun yang beragi tidak boleh kamu makan; kamu makanlah roti yang tidak beragi di segala tempat kediamanmu."

Paskah merupakan suatu peristiwa perayaan yang terpenting didalam kehidupan bangsa Israel.
Awal dari cerita Paskah dimulai pada saat bangsa Israel keluar dari Mesir.   Pada saat tersebut harus disembelih satu korban binatang yang halal atau domba jantanyang tidak bercacat cela.

Pada penyembelihan domba jantan ini mereka menyertakan juga suatu makanan yang disebut apam fatir (roti yang tidak beragi).
Darah dari domba jantan yang disembelih disapukan pada tiang dan ambang pintu. Dan mereka makan paskah pada waktu malam hari. Daging yang mereka makan harus dipanggang dan mereka bersama makan dengan gulai yang pahit. Waktu makan tidak boleh ditinggalkan sisa sampai pagi. Kalau sampai sisa harus dibakar.

Ayat 11 Cara makan:
Mereka makan dengan pakaian lengkap dan berikat pinggang, berkasut dan dengan tongkat ditanganya.
Dan cara makannya tidak boleh berlambat-lambat, tetapi harus dengan cepat-cepat. Mengapa harus cepat-cepat?
Karena pada saat itu juga bangsa Israel akan keluar dari Mesir.

Selama 7 hari harus makan roti tak beragi dan harus membersihkan rumah tangga mereka masing-masing.
Yang harus diperingati bangsa Israel yaitu peristiwa keluarnya bangsa Israel.

Hari pertama peringatan itu tidak boleh orang bekerja.
Domba yang tidak bercela ini menunjuk korban-Nya Yesus diatas kayu salib. Sebelum Tuhan Yesus disalib, Dia diperiksa dahulu oleh Pilatus yang menjadi seorang penguasa pada saat itu.

Pilatus menyatakan kepada orang Israel bahwa tidak ada kesalahan pada pribadi Yesus. Hal ini menunjukkan setelah melewati proses pemeriksaan yang cermat, Tuhan Yesus dianggap suci dan tidak bersalah.

Mat 26:59
26:59 Imam-imam kepala, malah seluruh Mahkamah Agama mencari kesaksian palsu terhadap Yesus, supaya Ia dapat dihukum mati,
Mat 27:11-14
27:11 Lalu Yesus dihadapkan kepada wali negeri. Dan wali negeri bertanya kepada-Nya: "Engkaukah raja orang Yahudi?" Jawab Yesus: "Engkau sendiri mengatakannya."
27:12 Tetapi atas tuduhan yang diajukan imam-imam kepala dan tua-tua terhadap Dia, Ia tidak memberi jawab apa pun.
27:13 Maka kata Pilatus kepada-Nya: "Tidakkah Engkau dengar betapa banyaknya tuduhan saksi-saksi ini terhadap Engkau?"
27:14 Tetapi Ia tidak menjawab suatu kata pun, sehingga wali negeri itu sangat heran.

Ayat :4
Orang-orang Israel waktu mengambil domba itu harus memperhatikan jumlah keluarganya yang akan sama-sama makan dengan besar kecilnya domba-domba agar tidak terjadi tersisa.
Hal ini menunjukkan bahwa anugerah Tuhan sesuai dengan keadaan masing-masing orang.

Ayat 7:
Domba disembelih dan darahnya dibubuhkan pada kedua tiang dan ambang pintu. Ada 3 sasaran = 2 tiang dan 1 ambang.

Ayat-ayat yang berbicara tentang darah.
1 Yoh 1:7
1:7 Tetapi jika kita hidup di dalam terang sama seperti Dia ada di dalam terang, maka kita beroleh persekutuan seorang dengan yang lain, dan darah Yesus, Anak-Nya itu, menyucikan kita dari pada segala dosa.

Ef 1:7
1:7 Sebab di dalam Dia dan oleh darah-Nya kita beroleh penebusan, yaitu pengampunan dosa, menurut kekayaan kasih karunia-Nya,

Ibr 9:22
9:22 Dan hampir segala sesuatu disucikan menurut hukum Taurat dengan darah, dan tanpa penumpahan darah tidak ada pengampunan.

Ibr 13:12
13:12 Itu jugalah sebabnya Yesus telah menderita di luar pintu gerbang untuk menguduskan umat-Nya dengan darah-Nya sendiri.

Kol 1:20
1:20 dan oleh Dialah Ia memperdamaikan segala sesuatu dengan diri-Nya, baik yang ada di bumi, maupun yang ada di sorga, sesudah Ia mengadakan pendamaian oleh darah salib Kristus.

Fungsi darah yang dibubuh pada 2 tiang dan 1 ambang pintu, merupakan suatu tanda bagi Tuhan, bahwa orang yang mempunyai tanda ini dia akan luput dari murka Allah.

Tiga tempat ini menunjuk tubuh – jiwa dan roh. 1 Tes 5:23
5:23 Semoga Allah damai sejahtera menguduskan kamu seluruhnya dan semoga roh, jiwa dan tubuhmu terpelihara sempurna dengan tak bercacat pada kedatangan Yesus Kristus, Tuhan kita.

Ayat 8-9 Daging harus dipanggang dengan api:
Ini bicara soal penelaah Alkitab atau PA yang diurapi Roh Kudus dan perjamuan Kudus.

Roti yang tidak beragi (ayat 15). Band 1 Kor 11:23-32
11:23 Sebab apa yang telah kuteruskan kepadamu, telah aku terima dari Tuhan, yaitu bahwa Tuhan Yesus, pada malam waktu Ia diserahkan, mengambil roti
11:24 dan sesudah itu Ia mengucap syukur atasnya; Ia memecah-mecahkannya dan berkata: "Inilah tubuh-Ku, yang diserahkan bagi kamu; perbuatlah ini menjadi peringatan akan Aku!"
11:25 Demikian juga Ia mengambil cawan, sesudah makan, lalu berkata: "Cawan ini adalah perjanjian baru yang dimeteraikan oleh darah-Ku; perbuatlah ini, setiap kali kamu meminumnya, menjadi peringatan akan Aku!"
11:26 Sebab setiap kali kamu makan roti ini dan minum cawan ini, kamu memberitakan kematian Tuhan sampai Ia datang.
11:27 Jadi barangsiapa dengan cara yang tidak layak makan roti atau minum cawan Tuhan, ia berdosa terhadap tubuh dan darah Tuhan.
11:28 Karena itu hendaklah tiap-tiap orang menguji dirinya sendiri dan baru sesudah itu ia makan roti dan minum dari cawan itu.
11:29 Karena barangsiapa makan dan minum tanpa mengakui tubuh Tuhan, ia mendatangkan hukuman atas dirinya.
11:30 Sebab itu banyak di antara kamu yang lemah dan sakit, dan tidak sedikit yang meninggal.
11:31 Kalau kita menguji diri kita sendiri, hukuman tidak menimpa kita.
11:32 Tetapi kalau kita menerima hukuman dari Tuhan, kita dididik, supaya kita tidak akan dihukum bersama-sama dengan dunia.

Makan perjamuan suci tidak boleh dengan keadaan yang masih ada dosa (ragi)
1 Kor 5:6-8

5:6 Kemegahanmu tidak baik. Tidak tahukah kamu, bahwa sedikit ragi mengkhamiri seluruh adonan?
5:7 Buanglah ragi yang lama itu, supaya kamu menjadi adonan yang baru, sebab kamu memang tidak beragi. Sebab anak domba Paskah kita juga telah disembelih, yaitu Kristus.
5:8 Karena itu marilah kita berpesta, bukan dengan ragi yang lama, bukan pula dengan ragi keburukan dan kejahatan, tetapi dengan roti yang tidak beragi, yaitu kemurnian dan kebenaran.

Gulai pahit (ayat 8) = mengingat sengsara Kristus diatas kayu salib.
Yoh 19:28-30
19:28 Sesudah itu, karena Yesus tahu, bahwa segala sesuatu telah selesai, berkatalah Ia -- supaya genaplah yang ada tertulis dalam Kitab Suci --: "Aku haus!"
19:29 Di situ ada suatu bekas penuh anggur asam. Maka mereka mencucukkan bunga karang, yang telah dicelupkan dalam anggur asam, pada sebatang hisop lalu mengunjukkannya ke mulut Yesus.
19:30 Sesudah Yesus meminum anggur asam itu, berkatalah Ia: "Sudah selesai." Lalu Ia menundukkan kepala-Nya dan menyerahkan nyawa-Nya.

Maka perjamuan suci harus dengan hati percaya pada Firman Allah dan kehidupan yang tidak mengandung dosa. Waktu makan harus ingat sengsara Kristus.

Ayat 9 daging mentah:
Tuhan melarang makan paskah dengan daging mentah= kehidupan yang penuh dengan kedagingan.
Daging yang dipanggang:Kematian daging.
Bangsa Israel harus makan sampai habis dan tidak boleh ada sisanya: Ini menunjuk pelajaran Alkitab harus diambil sampai habis (dimakan kenyang), tidak boleh disimpan: Kita ambil – kita terima – kita perbuat.

Cara makan:
Harus ikat pinggang = keadaan siap sedia untuk berperang.
Luk 12:35-40
12:35 "Hendaklah pinggangmu tetap berikat dan pelitamu tetap menyala.
12:36 Dan hendaklah kamu sama seperti orang-orang yang menanti-nantikan tuannya yang pulang dari perkawinan, supaya jika ia datang dan mengetok pintu, segera dibuka pintu baginya.
12:37 Berbahagialah hamba-hamba yang didapati tuannya berjaga-jaga ketika ia datang. Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya ia akan mengikat pinggangnya dan mempersilakan mereka duduk makan, dan ia akan datang melayani mereka.
12:38 Dan apabila ia datang pada tengah malam atau pada dinihari dan mendapati mereka berlaku demikian, maka berbahagialah mereka.
12:39 Tetapi ketahuilah ini: Jika tuan rumah tahu pukul berapa pencuri akan datang, ia tidak akan membiarkan rumahnya dibongkar.
12:40 Hendaklah kamu juga siap sedia, karena Anak Manusia datang pada saat yang tidak kamu sangkakan."

Ef 6:14
6:14 Jadi berdirilah tegap, berikatpinggangkan kebenaran dan berbajuzirahkan keadilan,
Harus memakai kasut = Injil yang menjadi dasar bagi orang percaya.

Ef 6:15
6:15 kakimu berkasutkan kerelaan untuk memberitakan Injil damai sejahtera;

Rm 10:15
10:15 Dan bagaimana mereka dapat memberitakan-Nya, jika mereka tidak diutus? Seperti ada tertulis: "Betapa indahnya kedatangan mereka yang membawa kabar baik!"

Harus membawa tongkat = kuasa Allah.
Harus makan dengan cepat-cepat = Suasana kedatangan Tuhan yang segera harus ada pembersihan dari ragi dalam rumah selama 7 hari = yaitu hari penghabisan.

Luk 12:40
12:40 Hendaklah kamu juga siap sedia, karena Anak Manusia datang pada saat yang tidak kamu sangkakan."

Tuhan Yesus memberkati