Translate

24 Apr 2016

Ibadah Raya. 24 April 2016.YUSUF MENYATAKAN DIRI KEPADA SAUDARA-SAUDARANYA



Ibadah Raya 24 April 2016
YUSUF MENYATAKAN DIRI KEPADA SAUDARA-SAUDARANYA.
Kej 45:1-28
Kej 45:4-5
45:4 Lalu kata Yusuf kepada saudara-saudaranya itu: "Marilah dekat-dekat." Maka mendekatlah mereka. Katanya lagi: "Akulah Yusuf, saudaramu, yang kamu jual ke Mesir.
45:5 Tetapi sekarang, janganlah bersusah hati dan janganlah menyesali diri, karena kamu menjual aku ke sini, sebab untuk memelihara kehidupanlah Allah menyuruh aku mendahului kamu.

Menyatakan diri, bukan memperkenalkan diri.
Menyatakan =
1.- Menerangkan, menjadi nyata, menjelaskan.
2.- Menunjukan, memperlihatkan.

Yusuf menjelaskan siapa dirinya:
“Akulah Yusuf, saudaramu, yang kamu jual ke Mesir.”......sebab untuk memelihara kehidupanlah Allah menyuruh aku mendahului kamu.

Ucapan Yusuf ini membuktikan bawa Yusuf sadar akan perjalanan hidupnya sejak dia dijual kepada saudagar Ismaili, kemudian dibawa ke Mesir. Dan dengan melewati jalan yang panjang kemudian sampailah Yusuf pada kedudukan orang kedua di Mesir.

Seperti perjalanan Yusuf, begitu pula perjalanan kita gereja Tuhan semasa dibumi ini, yaitu melewati proses kematian – kebangkitan sampai dipermuliakan.
Sama seperti proses biji gandum: jatuh ke tanah dikuburkan, kemudian bangkit dan mengeluarkan buah-buah yang banyak.

Yoh 12:24-26
12:24 Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya jikalau biji gandum tidak jatuh ke dalam tanah dan mati, ia tetap satu biji saja; tetapi jika ia mati, ia akan menghasilkan banyak buah.
12:25 Barangsiapa mencintai nyawanya, ia akan kehilangan nyawanya, tetapi barangsiapa tidak mencintai nyawanya di dunia ini, ia akan memeliharanya untuk hidup yang kekal.
12:26 Barangsiapa melayani Aku, ia harus mengikut Aku dan di mana Aku berada, di situ pun pelayan-Ku akan berada. Barangsiapa melayani Aku, ia akan dihormati Bapa.

Kisah Yusuf menyatakan diri ini menunjuk saat dimana nanti Gereja Mempelai akan tampil untuk menyatakan dirinya.
Semua saudara-saudara Yusuf terkejut heran.

Kej 45:3
45:3 Dan Yusuf berkata kepada saudara-saudaranya: "Akulah Yusuf! Masih hidupkah bapa?" Tetapi saudara-saudaranya tidak dapat menjawabnya,  sebab mereka takut dan gemetar menghadapi dia.

Ada waktunya nanti Tuhan akan mempermuliakan gereja-Nya, seperti yang disebutkan dalam kitab
Why 12:1
12:1 Maka tampaklah suatu tanda besar di langit: Seorang perempuan berselubungkan matahari, dengan bulan di bawah kakinya dan sebuah mahkota dari dua belas bintang di atas kepalanya.

Gereja Tuhan ditampilkan dalam tanda kemuliaan Allah Tri Tunggal.
Disalut dengan matahari = kemuliaan dari Allah Bapa.
Berdiri diatas bulan = berdiri diatas ketebusan korban-Nya Kristus.
Bermahkotakan 12 bintang-bintang = berhias dengan karunia-karunia Roh Kudus.

Apa yang membuat Yusuf menyatakan diri kepada saudara-saudaranya?
Dikarenakan pengakuan dari Yehuda.
Kej 44:32-34
44:32 Tetapi hambamu ini telah menanggung anak itu terhadap ayahku dengan perkataan: Jika aku tidak membawanya kembali kepada bapa, maka akulah yang berdosa kepada bapa untuk selama-lamanya.
44:33 Oleh sebab itu, baiklah hambamu ini tinggal menjadi budak tuanku menggantikan anak itu, dan biarlah anak itu pulang bersama-sama dengan saudara-saudaranya.
44:34 Sebab masakan aku pulang kepada ayahku, apabila anak itu tidak bersama-sama dengan aku? Aku tidak akan sanggup melihat nasib celaka yang akan menimpa ayahku."

Kej 43:8-9
43:8 Lalu berkatalah Yehuda kepada Israel, ayahnya: "Biarkanlah anak itu pergi bersama-sama dengan aku; maka kami akan bersiap dan pergi, supaya kita tetap hidup dan jangan mati, baik kami maupun engkau dan anak-anak kami.
43:9 Akulah yang menanggung dia; engkau boleh menuntut dia dari padaku; jika aku tidak membawa dia kepadamu dan menempatkan dia di depanmu, maka akulah yang berdosa terhadap engkau untuk selama-lamanya.

Yehuda telah menjadi jaminannya.
Yehuda gambar dari Kristus yang menyediakan diri untuk menjadi jaminan.
Hal ini dimulai sejak di Getsemani. Ia menyediakan diri-Nya menjadi korban sembelihan untuk melakukan kehendak
Bapa.

 Ibr 10:4-8
10:4 Sebab tidak mungkin darah lembu jantan atau darah domba jantan menghapuskan dosa.
10:5 Karena itu ketika Ia masuk ke dunia, Ia berkata: "Korban dan persembahan tidak Engkau kehendaki -- tetapi Engkau telah menyediakan tubuh bagiku --.
10:6 Kepada korban bakaran dan korban penghapus dosa Engkau tidak berkenan.
10:7 Lalu Aku berkata: Sungguh, Aku datang; dalam gulungan kitab ada tertulis tentang Aku untuk melakukan kehendak-Mu, ya Allah-Ku."
10:8 Di atas Ia berkata: "Korban dan persembahan, korban bakaran dan korban penghapus dosa tidak Engkau kehendaki dan Engkau tidak berkenan kepadanya" -- meskipun dipersembahkan menurut hukum Taurat --.

Darah binatang tidak dapat menghapus dosa. Itu sebabnya Kristus telah menyediakan diri-Nya sebagai ganti dari korban-korban binatang pada zamannya Taurat.

Yusuf tidak dapat menahan dirinya lagi. Yusuf menjelaskan kepada saudara-saudaranya prihal mengapa ia sampai di Mesir. Semua itu terjadi dalam rencana Allah.
“Sebab untuk memelihara kehidupanlah, Allah menyuruh aku mendahului kamu. Allah telah menyuruh aku mendaului kamu untuk menjamin kelanjutan keturunanmu dibumi ini dan untuk memelihara hidupmu,.....”

Yusuf berkata: “Allah telah menyuruh aku mendahului kamu.”
Yusuf lebih dahulu berada di Mesir dengan maksud supaya terjadi pemeliharaan atas saudara-saudaranya.

Sidang mempelai diutus untuk mendahului yang lain.
Yusuf mendahului saudara-saudaranya pergi ke Mesir dengan maksud untuk memelihara hidup saudara-saudaranya disaat kelaparan. Begitu juga dengan Sidang Mempelai perempuan Tuhan diutus untuk mendahului gereja-gereja lain dalam hal untuk memperoleh kekayaan firman Tuhan. Dengan maksud
Untuk menolong saudara-saudara yang lain.

Ada maksud Tuhan, mengapa kita saat-saat ini dilimpahi firman Pengajaran?
Jangan simpan itu untuk diri sendiri.
Waktu Yusuf menyatakan diri kepada saudara-saudaranya itu terjadi pada 2 tahun kelaparan menimpa dunia ini, masih ada 5 tahun lagi kelaparan yang dasyat.

Kej 45:6
45:6 Karena telah dua tahun ada kelaparan dalam negeri ini dan selama lima tahun lagi orang tidak akan membajak atau menuai.
Saat kelaparan menimpa seluruh bumi ini, Tuhan mendapatkan gereja-Nya disuatu tempat yang bernama GOSYEN.

Kej 45:10-15                                                           45:10 Engkau akan tinggal di tanah Gosyen dan akan dekat kepadaku, engkau serta anak dan cucumu, kambing domba dan lembu sapimu dan segala milikmu.
45:11 Di sanalah aku memelihara engkau -- sebab kelaparan ini masih ada lima tahun lagi -- supaya engkau jangan jatuh miskin bersama seisi rumahmu dan semua orang yang ikut serta dengan engkau.
45:12 Dan kamu telah melihat dengan mata sendiri, dan saudaraku Benyamin juga, bahwa mulutku sendiri mengatakannya kepadamu.
45:13 Sebab itu ceritakanlah kepada bapa segala kemuliaanku di negeri Mesir ini, dan segala yang telah kamu lihat, kemudian segeralah bawa bapa ke mari."
45:14 Lalu dipeluknyalah leher Benyamin, adiknya itu, dan menangislah ia, dan menangis pulalah Benyamin pada bahu Yusuf.
45:15 Yusuf mencium semua saudaranya itu dengan mesra dan ia menangis sambil memeluk mereka. Sesudah itu barulah saudara-saudaranya bercakap-cakap dengan dia.

Tanah Gosyen:
Daerah yang diberikan dan ditetapkan sebagai tempat pemukiman Israel ketika mereka diam di Mesir.

Kej 47:6, 27.
47:6 Tanah Mesir ini terbuka untukmu. Tunjukkanlah kepada ayahmu dan kepada saudara-saudaramu tempat menetap di tempat yang terbaik dari negeri ini, biarlah mereka diam di tanah Gosyen. Dan jika engkau tahu di antara mereka orang-orang yang tangkas, tempatkanlah mereka menjadi pengawas ternakku."
47:27 Maka diamlah Israel di tanah Mesir, di tanah Gosyen, dan mereka menjadi penduduk di situ. Mereka beranak cucu dan sangat bertambah banyak.

Gosyen ini adalah tempat yang terbaik ditanah Mesir.
Kej 47:11
47:11 Yusuf menunjukkan kepada ayahnya dan saudara-saudaranya tempat untuk menetap dan memberikan kepada mereka tanah milik di tanah Mesir, di tempat yang terbaik di negeri itu, di tanah Rameses, seperti yang diperintahkan Firaun.

Luar biasa cara Tuhan memelihara umat-Nya.
Gosyen adalah daerah yang sangat cocok untuk berternak.

Kej 46:34
46:34 maka jawablah: Hamba-hambamu ini pemelihara ternak, sejak dari kecil sampai sekarang, baik kami maupun nenek moyang kami -- dengan maksud supaya kamu boleh diam di tanah Gosyen." -- Sebab segala gembala kambing domba adalah suatu kekejian bagi orang Mesir.

Kej 47:1, 4, 6, 27
47:1 Kemudian pergilah Yusuf memberitahukan kepada Firaun: "Ayahku dan saudara-saudaraku beserta kambing dombanya, lembu sapinya dan segala miliknya telah datang dari tanah Kanaan, dan sekarang mereka ada di tanah Gosyen."

47:4 Lagi kata mereka kepada Firaun: "Kami datang untuk tinggal di negeri ini sebagai orang asing, sebab tidak ada lagi padang rumput untuk kumpulan ternak hamba-hambamu ini, karena hebat kelaparan itu di tanah Kanaan; maka sekarang, izinkanlah hamba-hambamu ini menetap di tanah Gosyen."
47:27 Maka diamlah Israel di tanah Mesir, di tanah Gosyen, dan mereka menjadi penduduk di situ. Mereka beranak cucu dan sangat bertambah banyak.

Gosyen adalah daerah yang cocok untuk berternak = Suasana penggembalaan.
Tuhan sediakan suatu tempat penggembalaan bagi domba-dombaNya.
Lewat firman Pengajaran rohahi kita dipelihara oleh Tuhan.

Tuhan menyediaan tanah Gosyen kepada saudara-saudara Yusuf.
Kej 47:4 Pengakuan saudara-saudara Yusuf.
47:4 Lagi kata mereka kepada Firaun: "Kami datang untuk tinggal di negeri ini sebagai orang asing, sebab tidak ada lagi padang rumput untuk kumpulan ternak hamba-hambamu ini, karena hebat kelaparan itu di tanah Kanaan; maka sekarang, izinkanlah hamba-hambamu ini menetap di tanah Gosyen."

Pengakuan saudara-saudara Yusuf ini menunjuk keberadaan sebagai orang asing. Bandingkan Kej 15:13
15:13 Firman TUHAN kepada Abram: "Ketahuilah dengan sesungguhnya bahwa keturunanmu akan menjadi orang asing dalam suatu negeri, yang bukan kepunyaan mereka, dan bahwa mereka akan diperbudak dan dianiaya, empat ratus tahun lamanya.

Selama 400 tahun bangsa Israel menjadi budak di Mesir.
400 tahun Yobel = 400 x 50 = 2.000 tahun menunjuk zamannya gereja Tuhan di muka bumi ini sebagai orang asing. Sama seperti orang asing yang tinggal dinegeri orang, begitulah gereja Tuhan diperlalukan dimuka bumi ini, sering diperlakukan secara diskriminasi.

Ibr 11:13-16
11:13 Dalam iman mereka semua ini telah mati sebagai orang-orang yang tidak memperoleh apa yang dijanjikan itu, tetapi yang hanya dari jauh melihatnya dan melambai-lambai kepadanya dan yang mengakui, bahwa mereka adalah orang asing dan pendatang di bumi ini.
11:14 Sebab mereka yang berkata demikian menyatakan, bahwa mereka dengan rindu mencari suatu tanah air.
11:15 Dan kalau sekiranya dalam hal itu mereka ingat akan tanah asal, yang telah mereka tinggalkan, maka mereka cukup mempunyai kesempatan untuk pulang ke situ.
11:16 Tetapi sekarang mereka merindukan tanah air yang lebih baik yaitu satu tanah air sorgawi. Sebab itu Allah tidak malu disebut Allah mereka, karena Ia telah mempersiapkan sebuah kota bagi mereka.

Tanah air kita ada didalam Sorga, dari situ juga kita menantikan Tuhan Yesus Kristus sebagai Juru Selamat kita.
Flp 3:20-21.
3:20 Karena kewargaan kita adalah di dalam sorga, dan dari situ juga kita menantikan Tuhan Yesus Kristus sebagai Juruselamat,
3:21 yang akan mengubah tubuh kita yang hina ini, sehingga serupa dengan tubuh-Nya yang mulia, menurut kuasa-Nya yang dapat menaklukkan segala sesuatu kepada diri-Nya.

Tuhan Yesus memberkati.