Translate

17 Apr 2016

Ibadah Raya. 17 April 2016.SAUDARA-SAUDARA YUSUF PERGI KE MESIR UNTUK KEDUA KALINYA.


Ibadah Raya.17 April 2016
SAUDARA-SAUDARA YUSUF PERGI KE MESIR UNTUK KEDUA KALINYA.

Kej 43:1-15
Tidak cukup kakak-kakak Yusuf datang ke Mesir hanya satu kali, mereka harus datang lagi untuk kedua kalinya atas dorongan Yakub ayahnya untuk membeli gandum.

Kej 43:1-2
43:1 Tetapi hebat sekali kelaparan di negeri itu.
43:2 Dan setelah gandum yang dibawa mereka dari Mesir habis dimakan, berkatalah ayah mereka: "Pergilah pula membeli sedikit bahan makanan untuk kita."

Hebat sekali kelaparan di negeri itu (Kanaan)
Kelaparan yang semakin hebat akan mendorong saudara-saudara Yusuf kembali ke Mesir.

Kalau Kej 42 bicara soal waktu kelaparan butuh gandum (kebutuhan akan Firman Allah)
Sedangkan fasal 43 bicara tentang kelaparan yang semakin hebat, dan kebutuhan akan Firman Allah akan lebih hebat.

Kita harus menguji hati kita saat ini, apakah kerinduan akan Firman Allah semakin bertambah? Atau biasa saja!
Orang yang benar-benar rindu akan FA itu digambarkan seperti rusa yang merindukan air.

Maz 42:2-6
42:2 Seperti rusa yang merindukan sungai yang berair, demikianlah jiwaku merindukan Engkau, ya Allah.
42:3 Jiwaku haus kepada Allah, kepada Allah yang hidup. Bilakah aku boleh datang melihat Allah?
42:4 Air mataku menjadi makananku siang dan malam, karena sepanjang hari orang berkata kepadaku: "Di mana Allahmu?"
42:5 Inilah yang hendak kuingat, sementara jiwaku gundah gulana; bagaimana aku berjalan maju dalam kepadatan manusia, mendahului mereka melangkah ke rumah Allah dengan suara sorak-sorai dan nyanyian syukur, dalam keramaian orang-orang yang mengadakan perayaan.
42:6 Mengapa engkau tertekan, hai jiwaku, dan gelisah di dalam diriku? Berharaplah kepada Allah! Sebab aku akan bersyukur lagi kepada-Nya, penolongku dan Allahku!

Begitu pula yang dikatakan dalam
Maz 143:6
143:6 Aku menadahkan tanganku kepada-Mu, jiwaku haus kepada-Mu seperti tanah yang tandus. S e l a

Datang kehadirat Tuhan dengan jiwa yang haus.
Kelaparan itu akan semakin hebat !
Kita lihat apa yang diperbuat oleh saudara-saudara Yusuf dengan berkunjung ke 2 kali.
Jangan sampai kita menjadi anak-anak Tuhan yang hanya puas dengan berkat-berkat jasmani saja, sebab itu bisa habis.

Kita harus sampai pada sumber dari segala kebutuhan rohani kita yaitu Firman Allah. Kalau kita tidak masuk dalam golongan membutuhkan Firman Allah, maka kita akan ditinggalkan.

Biar kita mau menjadi bayi yang baru lahir, yang merindukan susu rohani yang murni.
1 Pet 2:1-3
2:1 Karena itu buanglah segala kejahatan, segala tipu muslihat dan segala macam kemunafikan, kedengkian dan fitnah.
2:2 Dan jadilah sama seperti bayi yang baru lahir, yang selalu ingin akan air susu yang murni dan yang rohani, supaya olehnya kamu bertumbuh dan beroleh keselamatan,
2:3 jika kamu benar-benar telah mengecap kebaikan Tuhan.

Olehnya kamu bertumbuh dan memperoleh keselamatan.
Mengapa rohaninya orang Kristen tidak tumbuh?
Karena bukan susu yang murni yang diberikan kepadanya.
Bicara soal bayi, ini ada hubungannya dengan kelahiran baru.

Ayah mereka (Yakub) yang mendorong mereka untuk pergi lagi ke Mesir membeli gandum.
Yakub yang adalah gambar dari Roh Kudus yang selalu mendorong kita gereja Tuhan ini agar memanfaatkan tiap butir gandum Firman Tuha  pada saat-saat kelaparan rohani. Jangan ada butir gandum yang tercecer terbuang!

Seperti yang dikatakan Tuhan Yesus kepada murid-muridNya ketika perbanyakan roti.
Mat 14:20
14:20 Dan mereka semuanya makan sampai kenyang. Kemudian orang mengumpulkan potongan-potongan roti yang sisa, dua belas bakul penuh.

Tidak ada yang terbuang, semua sisa dikumpulkan.
Yoh 6:12
6:12 Dan setelah mereka kenyang Ia berkata kepada murid-murid-Nya: "Kumpulkanlah potongan-potongan yang lebih supaya tidak ada yang terbuang."

 Kadang kita tidak sadar sudah membiarkan roti Firman Tuha  itu tercecer. Sedangkan Tuhan Yesus sendiri berpesan: “JANGAN ADA YANG TERBUANG!”
Sudah berapa kali saudara membiarkan benih Firman Allah itu tercecer dan terbuang?

Belajarlah menghargai pemberitaan Firman Tuha . Nanti kita pasti diperkaya oleh Tuhan lewat firman-Nya.
Roh Kudus akan mendorong kita untuk mendapatkan Firman Allah selagi kita sedang dilimpahi firman-Nya.

Kalau sekarang ada anak Tuhan yang tidak merasakan terpelihara oleh Firman Tuha  yang dibukakan rahasianya, maka nanti kalau terjadi kelaparan rohani, maka anak Tuhan tersebut tidak juga mengalami pemeliharaan dari Tuhan.

Sebab itu marilah kita mengalami pemeliharaan Tuhan, supaya rohani kita ditingkatkan.
Yakub menganjurkan agar saudara-saudara Yusuf pergi ke Mesir kembali untuk membeli gandum. Ini berarti pada saudara-saudara Yusuf tidak ada inisyatif untuk datang mencari gandum. Begitu pula kita: Kerinduan untuk mencari firman itu datangnya karena didorong oleh Roh Kudus.

Hanya Roh Kudus yang dapat mendorong kita untuk menjadi kehidupan yang bisa menghargai Firman Tuhan terutama pada jaman akhir ini.

Kej 43:3-15
43:3 Lalu Yehuda menjawabnya: "Orang itu telah memperingatkan kami dengan sungguh-sungguh: Kamu tidak boleh melihat mukaku, jika adikmu itu tidak ada bersama-sama dengan kamu.
43:4 Jika engkau mau membiarkan adik kami pergi bersama-sama dengan kami, maka kami mau pergi ke sana dan membeli bahan makanan bagimu.
43:5 Tetapi jika engkau tidak mau membiarkan dia pergi, maka kami tidak akan pergi ke sana, sebab orang itu telah berkata kepada kami: Kamu tidak boleh melihat mukaku, jika adikmu itu tidak ada bersama-sama dengan kamu."
43:6 Lalu berkatalah Israel: "Mengapa kamu mendatangkan malapetaka kepadaku dengan memberitahukan kepada orang itu, bahwa masih ada adikmu seorang?"
43:7 Jawab mereka: "Orang itu telah menanyai kami dengan seksama tentang kami sendiri dan tentang sanak saudara kita: Masih hidupkah ayahmu? Adakah adikmu lagi? Dan kami telah memberitahukan semuanya kepadanya seperti yang sebenarnya. Bagaimana kami dapat menduga bahwa ia akan berkata: Bawalah ke mari adikmu itu."
43:8 Lalu berkatalah Yehuda kepada Israel, ayahnya: "Biarkanlah anak itu pergi bersama-sama dengan aku; maka kami akan bersiap dan pergi, supaya kita tetap hidup dan jangan mati, baik kami maupun engkau dan anak-anak kami.
43:9 Akulah yang menanggung dia; engkau boleh menuntut dia dari padaku; jika aku tidak membawa dia kepadamu dan menempatkan dia di depanmu, maka akulah yang berdosa terhadap engkau untuk selama-lamanya.
43:10 Jika kita tidak berlambat-lambat, maka tentulah kami sekarang sudah dua kali pulang."
43:11 Lalu Israel, ayah mereka, berkata kepadanya: "Jika demikian, perbuatlah begini: Ambillah hasil yang terbaik dari negeri ini dalam tempat gandummu dan bawalah kepada orang itu sebagai persembahan: sedikit balsam dan sedikit madu, damar dan damar ladan, buah kemiri dan buah badam.
43:12 Dan bawalah uang dua kali lipat banyaknya: uang yang telah dikembalikan ke dalam mulut karung-karungmu itu haruslah kamu bawa kembali; mungkin itu suatu kekhilafan.
43:13 Bawalah juga adikmu itu, bersiaplah dan kembalilah pula kepada orang itu.
43:14 Allah Yang Mahakuasa kiranya membuat orang itu menaruh belas kasihan kepadamu, supaya ia membiarkan saudaramu yang lain itu beserta Benyamin kembali. Mengenai aku ini, jika terpaksa aku kehilangan anak-anakku, biarlah juga kehilangan!"
43:15 Lalu orang-orang itu mengambil persembahan itu dan mengambil uang dua kali lipat banyaknya, beserta Benyamin juga; mereka bersiap dan pergi ke Mesir. Kemudian berdirilah mereka di depan Yusuf.

Kalau Yakub mendorong putra-putranya untuk kembali ke Mesir membeli gandum, sebaliknya saudara-saudara Yusuf tidak akan berangkat jika Benyamin tidak diikut sertakan. Sebab memang demikian yang diminta oleh Yusuf.

Kej 42:16
42:16 Suruhlah seorang dari padamu untuk menjemput adikmu itu, tetapi kamu ini harus tinggal terkurung di sini. Dengan demikian perkataanmu dapat diuji, apakah benar, dan jika tidak, demi hidup Firaun, sungguh-sungguhlah kamu ini pengintai."

Yusuf ingin semua saudara-saudaranya berkumpul. Ini adalah kerinduan dari hati gereja mempelai, yaitu menghendaki adanya persekutuan / persatuan.

1 Kor 1:10
1:10 Tetapi aku menasihatkan kamu, saudara-saudara, demi nama Tuhan kita Yesus Kristus, supaya kamu seia sekata dan jangan ada perpecahan di antara kamu, tetapi sebaliknya supaya kamu erat bersatu dan sehati sepikir.

Pergi ke Mesir pertama = 10 orang.
Yang kedua = 11 orang.
Saudara-saudara Yusuf enggan balik ke Mesir, karena Yakub tidak mengijinkan Benyamin dibawa bersama-sama  dengan anak-anak Yakub yang lain.

Kej 42:36-38
42:36 Dan Yakub, ayah mereka, berkata kepadanya: "Kamu membuat aku kehilangan anak-anakku: Yusuf tidak ada lagi, dan Simeon tidak ada lagi, sekarang Benyamin pun hendak kamu bawa juga. Aku inilah yang menanggung segala-galanya itu!"
42:37 Lalu berkatalah Ruben kepada ayahnya: "Kedua anakku laki-laki boleh engkau bunuh, jika ia tidak kubawa kepadamu; serahkanlah dia ke dalam tanganku, maka dia akan kubawa kembali kepadamu."
42:38 Tetapi jawabnya: "Anakku itu tidak akan pergi ke sana bersama-sama dengan kamu, sebab kakaknya telah mati dan hanya dialah yang tinggal; jika dia ditimpa kecelakaan di jalan yang akan kamu tempuh, maka tentulah kamu akan menyebabkan aku yang ubanan ini turun ke dunia orang mati karena dukacita."

Yakub secara manusia khawatir jika Benyamin dibawa pergi ke Mesir. Ia tidak mau kehilangan lagi anaknya.
Tetapi setelah Yehuda memberi jaminan, maka  Yakub mengijinkannya.      

 Kej 43:8-9
43:8 Lalu berkatalah Yehuda kepada Israel, ayahnya: "Biarkanlah anak itu pergi bersama-sama dengan aku; maka kami akan bersiap dan pergi, supaya kita tetap hidup dan jangan mati, baik kami maupun engkau dan anak-anak kami.
43:9 Akulah yang menanggung dia; engkau boleh menuntut dia dari padaku; jika aku tidak membawa dia kepadamu dan menempatkan dia di depanmu, maka akulah yang berdosa terhadap engkau untuk selama-lamanya.
Akulah yang menanggunnya!

Untuk melengkapi tubuh Kristus harus ada jaminan. Dan jaminan untuk pembentukan Tubuh Mempelai, tidak lain adalah Kristus sendiri.

Ibr 10:10, 14.
10:10 Dan karena kehendak-Nya inilah kita telah dikuduskan satu kali untuk selama-lamanya oleh persembahan tubuh Yesus Kristus.
10:14 Sebab oleh satu korban saja Ia telah menyempurnakan untuk selama-lamanya mereka yang Ia kuduskan.

Kita telah disucikan oleh korban Tubuh Kristus..... karena dengan satu korban persembahan, Ia telah menyempurnakan segala orang yang telah disucikan itu untuk selama-lamanya.
Tuhan Yesus memberkati.