Translate

20 Jan 2016

Ibadah Raya. 17 Januari 2015. Berposisilah Di Tengah.


Ibadah Raya. 17 Januari 2015
Berposisilah Di Tengah
Seorang Imam adalah utusan Tuhan, bibirnya memelihara pengetahuan dan pengajaran yang benar keluar dari mulutnya. Banyak orang mencari pengajaran darinya. Dan orang-orang tersebut dibuat berbalik dari kesalahannya.

-Siapakah imam atau utusan itu?
-Persiapan atau pembekalan apa yang harus dipunyai seorang imam?
-Tugas apa yang dilaksanakan imam atau utusan?

I. Siapakah imam atau utusan itu?
Kita semua yang sudah ditebus oleh korban Kristus, yang sudah di"entas" dari kehidupan yang gelap kepada terangNya yang ajaib

1 Ptr 2:9-10
9 Tetapi kamulah bangsa yang terpilih, imamat yang rajani, bangsa yang kudus, umat kepunyaan Allah sendiri, supaya kamu memberitakan perbuatan-perbuatan yang besar dari Dia, yang telah memanggil kamu keluar dari kegelapan kepada terang-Nya yang ajaib:
10 kamu, yang dahulu bukan umat Allah, tetapi yang sekarang telah menjadi umat-Nya, yang dahulu tidak dikasihani tetapi yang sekarang telah beroleh belas kasihan.

II. Persiapan atau pembekalan apa yang harus dipunyai seorang utusan?
Hos 4:6
6 Umat-Ku binasa karena tidak mengenal Allah; karena engkaulah yang menolak pengenalan itumaka Aku menolak engkau menjadi imam-Ku; dan karena engkau melupakan pengajaran Allahmu, maka Aku juga akan melupakan anak-anakmu.

Yes 50:4-5
4 Tuhan ALLAH telah memberikan kepadaku lidah seorang murid, supaya dengan perkataan aku dapat memberi semangat baru kepada orang yang letih lesu. Setiap pagi Ia mempertajam pendengaranku untuk mendengar seperti seorang murid.
5 Tuhan ALLAH telah membuka telingaku, dan aku tidak memberontak, tidak berpaling ke belakang

Kita ini umat yang dijadikan imam, lewat pengenalan kita kepada Allah. Seorang imam itu harus mau diajar bagai seorang murid.
Seorang murid yang baik itu membuka telinganya dan mempertajam telinganya dan tidak memberontak atau berpaling dari ajaran Tuhan, taat dan dengar-dengaran.

Dengan mendengar yang baik maka seorang murid itu bisa mempraktekkan atau memberitakan pengajarannya (lewat bibir) kepada orang lain dan banyak orang yang dibuat berbalik dari kesalahannya.

Saat kapan seorang murid belajar?
Markus 1: 35,39 berdoa (saat teduh)
35 Pagi-pagi benar, waktu hari masih gelap, Ia bangun dan pergi ke luar. Ia pergi ke tempat yang sunyi dan berdoa di sana
39 Lalu pergilah Ia ke seluruh Galilea dan memberitakan Injil dalam rumah-rumah ibadat mereka dan mengusir setan-setan.

Yoh 8: 2, 9, 11 belajar Firman Allah (saat teduh)
2 Pagi-pagi benar Ia berada lagi di Bait Allah, dan seluruh rakyat datang kepada-Nya. Ia duduk dan mengajar mereka
9 Tetapi setelah mereka mendengar perkataan itu, pergilah mereka seorang demi seorang, mulai dari yang tertua. Akhirnya tinggallah Yesus seorang diri dengan perempuan itu yang tetap di tempatnya.
11 Jawabnya: "Tidak ada, Tuhan." Lalu kata Yesus: "Akupun tidak menghukum engkau. Pergilah, dan jangan berbuat dosa lagi mulai dari sekarang."

Hasil dari belajar akan Firman Allah dan karib dengan Tuhan adalah iblis dikalahkan (Mrk 1:35,39)
1.      Orang sakit kusta atau kehidupan najis dibawa kembali pada jalan yang benar
Mrk 1:41
Maka tergeraklah hati-Nya oleh belas kasihan, lalu Ia mengulurkan tangan-Nya, menjamah orang itu dan berkata kepadanya: "Aku mau, jadilah engkau tahir."

Rm 16:20
20 Semoga Allah, sumber damai sejahtera, segera akan menghancurkan Iblis di bawah kakimu. Kasih karunia Yesus, Tuhan kita, menyertai kamu!

2.      Orang lumpuh atau tidak dapat berjalan dibawa kehadapan Yesus maka orang tersebut dibuat berjalan
Luk 5: 18,19,26
18 Lalu datanglah beberapa orang mengusung seorang lumpuh di atas tempat tidur; mereka berusaha membawa dia masuk dan meletakkannya di hadapan Yesus.
19 Karena mereka tidak dapat membawanya masuk berhubung dengan banyaknya orang di situ, naiklah mereka ke atap rumah, lalu membongkar atap itu, dan menurunkan orang itu dengan tempat tidurnya ke tengah-tengah orang banyak tepat di depan Yesus.
26 Semua orang itu takjub, lalu memuliakan Allah, dan mereka sangat takut, katanya: "Hari ini kami telah menyaksikan hal-hal yang sangat mengherankan."

Lumpuh : membebani
Yang mengangkat : terbebani

Orang lumpuh ditaruh di tengah-tengah , orang banyak tepat di depan Yesus.
Posisi tengah : Ruangan Suci : Imam
Ruangan Maha Suci : Tempat hadirat Allah
Ruangan Suci : Imam
Halaman : jemaat atau umat

Setiap area yang lumpuh, rumah tangga, bisnis, kesehatam saat diletakkan dihadapan Yesus (karib dengan Allah Tri Tunggal) maka yang tidak bisa berjalan jadi jalan dengan lancar, yang tidak ada jalan akan diberikan jalan keluar

Hasil karib dengan Tuhan (lewat 3 benda atau 1 badan), kita akan menyaksikan hal-hal yang sangat mengherankan.

Di tahun 2016 ditengah lumpuhnya segala area atau bidang, tetap imam Tuhan bisa jalan lancar disetiap area, bahkan hidupnya akan mengalami hal-hal yang mengherankan.

3.      Perempuan berzinah
Yoh 8:2-4,7,8,11
2 Pagi-pagi benar Ia berada lagi di Bait Allah, dan seluruh rakyat datang kepada-Nya. Ia duduk dan mengajar mereka.
3 Maka ahli-ahli Taurat dan orang-orang Farisi membawa kepada-Nya seorang perempuan yang kedapatan berbuat zinah.
4 Mereka menempatkan perempuan itu di tengah-tengah lalu berkata kepada Yesus: "Rabi, perempuan ini tertangkap basah ketika ia sedang berbuat zinah.
7 Dan ketika mereka terus-menerus bertanya kepada-Nya, Iapun bangkit berdiri lalu berkata kepada mereka: "Barangsiapa di antara kamu tidak berdosa, hendaklah ia yang pertama melemparkan batu kepada perempuan itu."
8 Lalu Ia membungkuk pula dan menulis di tanah.
11 Jawabnya: "Tidak ada, Tuhan." Lalu kata Yesus: "Akupun tidak menghukum engkau. Pergilah, dan jangan berbuat dosa lagi mulai dari sekarang."

Saat jalan buntu, dipermalukan, dianiaya (lemparan) batu sampai maut atau kematian, Tuhan sanggup membela dan menolong asal posisi kita di tengah, sebagai imam. Dia siap mengampuni dosa.

Jangan jadi imam seperti orang Farisi dan ahli Taurat yang suka cari kesalahan orang, menghakimi dan menghukum

Dari yang tua secara umur atau secara rohani harus bertobat. Harus menjadi seperti Yesus walau Dia berhak menghakimi dan menghukum tetapi Dia tidak menghukum.

Dari pagi hari, belajarlah dari "Master segala sesuatu" dan engkau akan menyaksikan sepanjang hari yang menakjubkan dan mengherankan

Mzm 107:20
disampaikan-Nya firman-Nya dan disembuhkan-Nya mereka,
diluputkan-Nya mereka dari liang kubur.

III. Apa tugas imam atau utusan Tuhan?
1.      Mendamaikan atau hidup berdamai
Luk 1:9,18-21
9 Sebab ketika diundi, sebagaimana lazimnya, untuk menentukan imam yang bertugas, dialah yang ditunjuk untuk masuk ke dalam Bait Suci dan membakar ukupan di situ.
18 Lalu kata Zakharia kepada malaikat itu: "Bagaimanakah aku tahu, bahwa hal ini akan terjadi? Sebab aku sudah tua dan isteriku sudah lanjut umurnya."
19 Jawab malaikat itu kepadanya: "Akulah Gabriel yang melayani Allah dan aku telah diutus untuk berbicara dengan engkau dan untuk menyampaikan kabar baik ini kepadamu.
20 Sesungguhnya engkau akan menjadi bisu dan tidak dapat berkata-kata sampai kepada hari, di mana semuanya ini terjadi, karena engkau tidak percaya akan perkataanku yang akan nyata kebenarannya pada waktunya."
21 Sementara itu orang banyak menanti-nantikan Zakharia. Mereka menjadi heran, bahwa ia begitu lama berada dalam Bait Suci.

Im 16:17, 21-22, 26
17 Seorangpun tidak boleh hadir di dalam Kemah Pertemuan, bila Harun masuk untuk mengadakan pendamaian di tempat kudus, sampai ia keluar, setelah mengadakan pendamaian baginya sendiri, bagi keluarganya dan bagi seluruh jemaah orang Israel
21 dan Harun harus meletakkan kedua tangannya ke atas kepala kambing jantan yang hidup itu dan mengakui di atas kepala kambing itu segala kesalahan orang Israel dan segala pelanggaran mereka, apapun juga dosa mereka; ia harus menanggungkan semuanya itu ke atas kepala kambing jantan itu dan kemudian melepaskannya ke padang gurun dengan perantaraan seseorang yang sudah siap sedia untuk itu.
22 Demikianlah kambing jantan itu harus mengangkut segala kesalahan Israel ke tanah yang tandus, dan kambing itu harus dilepaskan di padang gurun.
26 Maka orang yang melepaskan kambing jantan bagi Azazel itu harus mencuci pakaiannya, membasuh tubuhnya dengan air dan sesudah itu barulah boleh masuk ke perkemahan.

Im 16: 7-10
7 Ia harus mengambil kedua ekor kambing jantan itu dan menempatkannya di hadapan TUHAN di depan pintu Kemah Pertemuan,
8 dan harus membuang undi atas kedua kambing jantan itu, sebuah undi bagi TUHAN dan sebuah bagi Azazel.
9 Lalu Harun harus mempersembahkan kambing jantan yang kena undi bagi TUHAN itu dan mengolahnya sebagai korban penghapus dosa.
10 Tetapi kambing jantan yang kena undi bagi Azazel haruslah ditempatkan hidup-hidup di hadapan TUHAN untuk mengadakan pendamaian, lalu dilepaskan bagi Azazel ke padang gurun.

Azazel : malaikat yang sudah jatuh atau iblis
Kej 3:14-15
14 Lalu berfirmanlah TUHAN Allah kepada ular itu: "Karena engkau berbuat demikian, terkutuklah engkau di antara segala ternak dan di antara segala binatang hutan; dengan perutmulah engkau akan menjalar dan debu tanahlah akan kaumakan seumur hidupmu.
15 Aku akan mengadakan permusuhan antara engkau dan perempuan ini, antara keturunanmu dan keturunannya; keturunannya akan meremukkan kepalamu, dan engkau akan meremukkan tumitnya.

Hari Perdamaian : secara simbolis dosa dipindahkan dari manusia ke daerah maut. Hidup berdamai dengan Allah, diri sendiri dan sesama.

2.   Imam itu memberkati / menjadi berkat
1 Taw 23:13
13 Anak-anak Amram ialah Harun dan Musa; Harun ditunjuk untuk mengurus apa yang maha kudus, dia dan keturunannya, sampai selama-lamanya, untuk membakar korban di hadapan TUHAN, untuk melayani Dia dan untuk memberi berkat demi nama-Nya, sampai selama-lamanya.

Memberkati dan mengampuni demi Tuhan sampai selama-lamanya. Kalau demi diri sendiri berarti tidak mau mengampuni karena merasa sakit dan tidak mau memberkati karena berkekurangan.

Mau hidup untuk Tuhan , salib Kritus atau hidup untuk Azazel, iblis itu piluan

Berdamai : memberkati/memberi

Belajar seperti Bapa di Surga, walau Dia mengasihi Yesus anakNya, Bapa membawa Yesus ke padang gurun , untuk dicobai, mati disalib dan memberi kemenangan naik ke Surga duduk di sebelah Bapa selamanya.

Mendengar Firman dan percaya untuk melakukan : tidak tuli
Tidak melakukan Firman atau tidak percaya Firman : tuli

Akibat tuli adalah bisu, tidak mau minta maaf dan berdamai. Bisu tuli berasal dari roh jahat. Dirasuki atau dikuasai roh jahat, oleh karena itu perlu doa pelepasan
Mrk 9:25
25 Ketika Yesus melihat orang banyak makin datang berkerumun, Ia menegor roh jahat itu dengan keras, kata-Nya: "Hai kau roh yang menyebabkan orang menjadi bisu dan tuli, Aku memerintahkan engkau, keluarlah dari pada anak ini dan jangan memasukinya lagi!"

Hasil dari ketaatan seorang imam
Luk 1:25
25 "Inilah suatu perbuatan Tuhan bagiku, dan sekarang Ia berkenan menghapuskan aibku di depan orang."

Luk 1: 65,66, 77-79
65 Maka ketakutanlah semua orang yang tinggal di sekitarnya, dan segala peristiwa itu menjadi buah tutur di seluruh pegunungan Yudea.
66 Dan semua orang, yang mendengarnya, merenungkannya dan berkata: "Menjadi apakah anak ini nanti?" Sebab tangan Tuhan menyertai dia.
77 untuk memberikan kepada umat-Nya pengertian akan keselamatan yang berdasarkan pengampunan dosa-dosa mereka,
78 oleh rahmat dan belas kasihan dari Allah kita, dengan mana Ia akan melawat kita, Surya pagi dari tempat yang tinggi,
79 untuk menyinari mereka yang diam dalam kegelapan dan dalam naungan maut untuk mengarahkan kaki kita kepada jalan damai sejahtera."

1. Yang punya aib atau malu akan dipermuliakam
2.  Yang mandul (tertutup) akan dibukakan, beranak, berkembang, bermultiplikasi
3.  Mendapat pengampunan dosa
4.  Surya pagi : gelap menjadi terang
5.  Tangan Tuhan menyertai sepanjang tahun 2016. Kehidupan yang termasyur, menjafi buah bibir yang baik bagi banyak orang.

Pesan Firman Tuhan tutup buka tahun 2015-1016

Masukilah tahun 2016 dengan hidup tanpa kekuatiran
Mat 6: 25,32-34
25 "Karena itu Aku berkata kepadamu: Janganlah kuatir akan hidupmu, akan apa yang hendak kamu makan atau minum, dan janganlah kuatir pula akan tubuhmu, akan apa yang hendak kamu pakai. Bukankah hidup itu lebih penting dari pada makanan dan tubuh itu lebih penting dari pada pakaian?
32 Semua itu dicari bangsa-bangsa yang tidak mengenal Allah. Akan tetapi Bapamu yang di sorga tahu, bahwa kamu memerlukan semuanya itu.
33 Tetapi carilah dahulu Kerajaan Allah dan kebenarannya, maka semuanya itu akan ditambahkan kepadamu.
34 Sebab itu janganlah kamu kuatir akan hari besok, karena hari besok mempunyai kesusahannya sendiri. Kesusahan sehari cukuplah untuk sehari."

Mat 6:27
27 Siapakah di antara kamu yang karena kekuatirannya dapat menambahkan sehasta saja pada jalan hidupnya?

1 Sam 20:3
Tetapi Daud menjawab, katanya: "Ayahmu tahu benar, bahwa engkau suka kepadaku. Sebab itu pikirnya: Tidak boleh Yonatan mengetahui hal ini, nanti ia bersusah hati. Namun, demi TUHAN yang hidup dan demi hidupmu, hanya satu langkah jaraknya antara aku dan maut."

Tidak kuatir akan kebutuhan sandang, pangan, papan, apa yang dipakai, sampai kebutuhan hari depan, masa tua.

Saat kita mencari dan mempeioritaskan wajah Bapa dan kerajaanNya maka semuanya akan menjadi surplus dalam kehidupan kita.

Mal 3:13-18
13 Bicaramu kurang ajar tentang Aku, firman TUHAN. Tetapi kamu berkata: "Apakah kami bicarakan di antara kami tentang Engkau?"
14 Kamu berkata: "Adalah sia-sia beribadah kepada Allah. Apakah untungnya kita memelihara apa yang harus dilakukan terhadap-Nya dan berjalan dengan pakaian berkabung di hadapan TUHAN semesta alam?
15 Oleh sebab itu kita ini menyebut berbahagia orang-orang yang gegabah: bukan saja mujur orang-orang yang berbuat fasik itu, tetapi dengan mencobai Allahpun, mereka luput juga."
16 Beginilah berbicara satu sama lain orang-orang yang takut akan TUHAN: "TUHAN memperhatikan dan mendengarnya; sebuah kitab peringatan ditulis di hadapan-Nya bagi orang-orang yang takut akan TUHAN dan bagi orang-orang yang menghormati nama-Nya."
17  Mereka akan menjadi milik kesayangan-Ku sendiri, firman TUHAN semesta alam, pada hari yang Kusiapkan. Aku akan mengasihani mereka sama seperti seseorang menyayangi anaknya yang melayani dia.
18 Maka kamu akan melihat kembali perbedaan antara orang benar dan orang fasik, antara orang yang beribadah kepada Allah dan orang yang tidak beribadah kepada-Nya.

Orang yang takut dan menghormati Bapa, maka Bapa akan menyiapkam suatu hari dimana hari itu Bapa akan memgasihi, menyayangi dan menyembuhkan kita dan kita akan berjingkrak

Selamat menjalani tahun 2016 dengan tangan Tuhan yang menyertai sehingga diberkati dengan segala yang baik dari Tuhan dan bisa jadi berkat buat banyak orang, sehingga kita jadi buah tutur yang baik dan membuat banyak orang berbalik dari kesalahannya.

Oleh: Pdm.Jusak Muliadi