Translate

25 Jan 2016

Ibadah Pendalaman Alkitab. 22 Januari 2015. Kitab Zakharia.



Ibadah Pendalaman Alkitab
22 Januari 2015
KITAB ZAKHARIA.

Kata pengantar:
Kitab Zakharia tergolong kitab nabi-nabi kecil.
Dalam terangnya Tabernakel terkena papan-papan jenang yang mengelilingi Ruangan Suci dan Ruangan Maha Suci, terutama untuk melindungi Tabut Perjanjian.

Janji Tuhan yang harus digenapi yaitu mengadakan perlindungan bagi mereka yang mau masuk dalam Pembentukan Tubuh Kristus, yaitu sidang Mempelai Tuhan.

Kitab Hagai dan kitab Zakharia diberikan janji perlindungan. Janji Allah harus menjadi kenyataan sekarang ini dalam menghadapi situasi gawat dan amoral ini.
Perlindungan bukan hanya untuk orang-orang tua saja, tapi untuk orang-orang dewasa juga anak-anak kecil dan anak-anak remaja yang pada waktu ini sulit sekali menghadapi kenajisan dunia, dengan beredarnya narkoba, gambar-gambar porno dan lain-lain.

Dalam kitab Hagai kita akan mendapat perlindungan dengan jalan menyerahkan diri untuk masuk dalam proyek Pembangunan Tubuh Kristus.
Bukti-bukti bahwa kitab Zakharia juga menjanjikan perlindungan:
Zac 1:16-17
1:16 Sebab itu, beginilah firman TUHAN, Aku kembali lagi kepada Yerusalem dengan kasih sayang. Rumah-Ku akan didirikan pula di sana, demikianlah firman TUHAN semesta alam, dan tali pengukur akan direntangkan lagi di atas Yerusalem.
1:17 Serukanlah ini selanjutnya: Beginilah firman TUHAN semesta alam: Kota-kota-Ku akan berlimpah-limpah pula dengan kebajikan, dan TUHAN akan menghiburkan Sion dan akan memilih Yerusalem pula."

Zac 8:13
8:13 Dan kalau dahulu kamu telah menjadi kutuk di antara bangsa-bangsa, hai kaum Yehuda dan kaum Israel, maka sekarang Aku akan menyelamatkan kamu, sehingga kamu menjadi berkat. Janganlah takut, kuatkanlah hatimu!"

Zak 10:6
6. Aku akan membuat kuat kaum Yehuda, dan Aku menyelamatkan keturunan Yusuf. Aku akan membawa mereka kembali, sebab Aku menyayangi mereka; dan keadaan mereka seakan-akan tidak pernah ditolak oleh Aku, sebab Akulah TUHAN, Allah mereka, dan Aku akan menjawab mereka.

Zac 12:8-9
12:8 Pada waktu itu TUHAN akan melindungi penduduk Yerusalem, dan orang yang tersandung di antara mereka pada waktu itu akan menjadi seperti Daud, dan keluarga Daud akan menjadi seperti Allah, seperti Malaikat TUHAN, yang mengepalai mereka.
12:9 Maka pada waktu itu Aku berikhtiar untuk memunahkan segala bangsa yang menyerang Yerusalem."

Zac 14:21
14:21 Maka segala kuali di Yerusalem dan di Yehuda akan menjadi kudus bagi TUHAN semesta alam; semua orang yang mempersembahkan korban akan datang mengambilnya dan memasak di dalamnya. Dan tidak akan ada lagi pedagang di rumah TUHAN semesta alam pada waktu itu.

Yerusalem menunjuk gereja Tuhan yang nanti mempunyai satu wadah, dimana seluruh umat manusia akan datang membawa satu persembahan dan akan terjadi suatu penyembahan secara universal (mengglobal) dan tidak ada kekafiran lagi didalamnya, juga tidak ada hukuman dan kutuk Allah yang berlaku.

Cara perlindungan Tuhan seperti dibentengi dengan digembalakan dengan belas kasihan dan dijaga dengan berbagai-bagai cara. Ia mengadakan perlindungan yang luar biasa.

BIOGRAFI PENULIS KITAB ZAKHARIA:
Arti nama Zakharia: yaitu Tuhan atau Yahwe tidak pernah melupakan, selalu ingat umat-Nya. Jadi dalam keadaan bagaimanapun Dia selalu menerima manusia sebagai umat-Nya dan selalu Dia ingat!

Sekali Dia memilih bangsa Israel sebagai umat pilihan-Nya Ia tidak menyesali pilihan-Nya. Sekalipun bangsa Israel banyak berbuat yang tidak berkenan pada Allah, tetap pendirian Allah tidak berubah atau melupakan.

Rm 11:28-29
11:28 Mengenai Injil mereka adalah seteru Allah oleh karena kamu, tetapi mengenai pilihan mereka adalah kekasih Allah oleh karena nenek moyang.
11:29 Sebab Allah tidak menyesali kasih karunia dan panggilan-Nya.

Khususnya pada zaman akhir ini, Ia tidak pernah menyesal dan tidak pernah melupakan gereja-Nya.
Bukti kalau Allah tidak melupakan gereja-Nya yaitu dengan mengaruniakan jabatan-jabatan rohani / kedudukan rohani. Bukan jabatan yang diangkat oleh gereja atau organisasi.

Ef 4:10-12
4:10 Ia yang telah turun, Ia juga yang telah naik jauh lebih tinggi dari pada semua langit, untuk memenuhkan segala sesuatu.
4:11 Dan Ialah yang memberikan baik rasul-rasul maupun nabi-nabi, baik pemberita-pemberita Injil maupun gembala-gembala dan pengajar-pengajar,
4:12 untuk memperlengkapi orang-orang kudus bagi pekerjaan pelayanan, bagi pembangunan tubuh Kristus,

Dengan adanya kedudukan-kedudukan rohani tersebut, sidang tidak pasif tapi akan mengalami kegerakan rohani, yaitu membangun bangunan yang diatas supaya ada suatu perlindungan.

1 Kor 3:14-15
3:14 Jika pekerjaan yang dibangun seseorang tahan uji, ia akan mendapat upah.
3:15 Jika pekerjaannya terbakar, ia akan menderita kerugian, tetapi ia sendiri akan diselamatkan, tetapi seperti dari dalam api.

Zakharia mendapat jabatan yang ditentukan dari Tuhan yaitu:
1.- Kepala rumah tangga.
2.- Imam
3.- Nabi.

Ad. 1. Kepala rumah tangga.
Kepala berarti pemuka atau pemimpin yang harus ada tanggung jawab.

Ibr 13:7
13:7 Ingatlah akan pemimpin-pemimpin kamu, yang telah menyampaikan firman Allah kepadamu. Perhatikanlah akhir hidup mereka dan contohlah iman mereka.

Yang harus ada pada seorang pemimpin yaitu firman Tuhan dan hidupnya ditandai dengan kehidupan beriman, yaitu sungguh-sungguh berpegang pada Firman Tuhan.

Ibr 13:17
13:17 Taatilah pemimpin-pemimpinmu dan tunduklah kepada mereka, sebab mereka berjaga-jaga atas jiwamu, sebagai orang-orang yang harus bertanggung jawab atasnya. Dengan jalan itu mereka akan melakukannya dengan gembira, bukan dengan keluh kesah, sebab hal itu tidak akan membawa keuntungan bagimu.

Seorang yang tidak mau menurut atau tunduk pada pemimpin yang  ditunjuk oleh Tuhan, itu berarti menjadi sandungan dalam pelayanan seorang pemimpin.

Bagi orang itu tidak ada gunanya atau hasilnya, tetapi yang menurut dan tunduk pada pemimpin maka orang itu akan menikmati hasil yang berguna.

Ad. 2. IMAM:
Neh 12:12, 16.
12:12 Pada zaman Yoyakim yang menjadi imam adalah kepala-kepala kaum keluarga ini: Meraya, dari kaum keluarga Seraya, Hananya dari kaum keluarga Yeremia,
12:16 Zakharia dari kaum keluarga Ido, Mesulam dari kaum keluarga Gineton,

Zakharia sebagi Imam, berarti ia harus ditahbiskan; begitu juga dengan hamba-hamba Tuhan (Rasul – nabi –penginjil - guru dan gembala) perlu mengalami tahbisan yaitu harus ada dalam kehidupannya.

Ini berarti hidup seorang imam harus:
1.- Diperdamaikan dengan Allah.
2.- Penyerahan kehidupan sepenuh untuk kemudian ditahbiskan.

Orang yang ditahbiskan paling sedikit tidak boleh simpan dosa apa saja besar maupun kecil. Kalau ada dosa berarti tidak ada perdamaian dengan Allah. Kehidupan seorang imam harus disucikan oleh Firman Tuhan. Ini adalah suatu pengajaran yang besar.

Ad. 3. Nabi:
Ezra 5:1
5:1 Tetapi nabi Hagai dan Zakharia bin Ido, kedua nabi itu, bernubuat terhadap orang-orang Yahudi yang tinggal di Yehuda dan di Yerusalem dalam nama Allah Israel, yang menyertai mereka.

Keduanya bernubuat atas nama Allah.
Ezra 6:14
6:14 Para tua-tua orang Yahudi melanjutkan pembangunan itu dengan lancar digerakkan oleh nubuat nabi Hagai dan nabi Zakharia bin Ido. Mereka menyelesaikan pembangunan menurut perintah Allah Israel dan menurut perintah Koresh, Darius dan Artahsasta, raja-raja negeri Persia.

Hasil dari nubuat 2 nabi ini, maka pembangunan Rumah Allah dapat diselesaikan.

Kalau pekabaran Firman Tuhan atau suatu nubuatan-nubuatan itu dilatar belakangi oleh jabatan-jabatan, maka apa yang dinubuatkan pasti digenapkan. Kegenapan dari pembangunan Rumah Allah yaitu gereja Tuhan mendapat perlindungan dari Tuhan.

Pada seorang nabi ada suatu nubuatan.
Amos 3:7-8
3:7 Sungguh, Tuhan ALLAH tidak berbuat sesuatu tanpa menyatakan keputusan-Nya kepada hamba-hamba-Nya, para nabi.
3:8 Singa telah mengaum, siapakah yang tidak takut? Tuhan ALLAH telah berfirman, siapakah yang tidak bernubuat?"

Tuhan tidak melakukan suatu perkara sebelum Ia menyatakan rahasia-Nya kepada hamba-hamba-Nya yaitu segala nabi-nabi.

Singa muda mengaum-ngaum, siapa yang tidak takut? Tuhan sudah berfirman, siapa yang tidak bernubuat?
Kita diberi kesempatan untuk mengerti firman nubuatan, yaitu firman yang dibukakan rahasianya yang nanti akan digenapkan.

2 Pet 1:19-21
1:19 Dengan demikian kami makin diteguhkan oleh firman yang telah disampaikan oleh para nabi. Alangkah baiknya kalau kamu memperhatikannya sama seperti memperhatikan pelita yang bercahaya di tempat yang gelap sampai fajar menyingsing dan bintang timur terbit bersinar di dalam hatimu.
1:20 Yang terutama harus kamu ketahui, ialah bahwa nubuat-nubuat dalam Kitab Suci tidak boleh ditafsirkan menurut kehendak sendiri,
1:21 sebab tidak pernah nubuat dihasilkan oleh kehendak manusia, tetapi oleh dorongan Roh Kudus orang-orang berbicara atas nama Allah.

Pada kita ada Perkataan yang dinubuatkan yang sangat teguh .......maka baik kau perhatikan dia, seperti suatu pelita yang bercahaya dalam kegelapan, sehingga Bintang Timur terbit bercahaya dalam hatimu.....

Fiman nubuatan sebagai terang yang menerangi perjalanan kita untuk sampai pada terang yang besar.

Why 22:16-17
22:16 "Aku, Yesus, telah mengutus malaikat-Ku untuk memberi kesaksian tentang semuanya ini kepadamu bagi jemaat-jemaat. Aku adalah tunas, yaitu keturunan Daud, bintang timur yang gilang-gemilang."
22:17 Roh dan pengantin perempuan itu berkata: "Marilah!" Dan barangsiapa yang mendengarnya, hendaklah ia berkata: "Marilah!" Dan barangsiapa yang haus, hendaklah ia datang, dan barangsiapa yang mau, hendaklah ia mengambil air kehidupan dengan cuma-cuma!

Bintang Fajar adalah Tuhan Yesus Kristus Mempelai Laki-laki yang sempurna. Firman nubuatan akan mempersiapkan kita, sehingga apabila Ia datang sebagai Mempelai Laki-laki, kita boleh siap dan lengkap sebagai mempelai perempuan-Nya.

Why 19:7-10
19:7 Marilah kita bersukacita dan bersorak-sorai, dan memuliakan Dia! Karena hari perkawinan Anak Domba telah tiba, dan pengantin-Nya telah siap sedia.
19:8 Dan kepadanya dikaruniakan supaya memakai kain lenan halus yang berkilau-kilauan dan yang putih bersih!" [Lenan halus itu adalah perbuatan-perbuatan yang benar dari orang-orang kudus.]
19:9 Lalu ia berkata kepadaku: "Tuliskanlah: Berbahagialah mereka yang diundang ke perjamuan kawin Anak Domba." Katanya lagi kepadaku: "Perkataan ini adalah benar, perkataan-perkataan dari Allah."
19:10 Maka tersungkurlah aku di depan kakinya untuk menyembah dia, tetapi ia berkata kepadaku: "Janganlah berbuat demikian! Aku adalah hamba, sama dengan engkau dan saudara-saudaramu, yang memiliki kesaksian Yesus. Sembahlah Allah! Karena kesaksian Yesus adalah roh nubuat."

Begitu cemerlang artinya dalam kehidupan yang disucikan oleh firman nubuatan.

Kitab Zakharia adalah kitab nabi-nabi.
Kitab nabi-nabi ini memegang peranan yang besar membuka rahasia yang sepanjang masa tertutup, tetapi yang sekarang ini dibukakan.

Nabi-nabi bernubuat tentang rahasia kemurahan Kristus, bukan bagi mereka sendiri, mereka menyelidik dan mencoba mengetahui tetapi bukan untuk diri sendiri. Mereka bernubuat untuk kita sekarang ini.

Roma 16:25-26
16:25 Bagi Dia, yang berkuasa menguatkan kamu, -- menurut Injil yang kumasyhurkan dan pemberitaan tentang Yesus Kristus, sesuai dengan pernyataan rahasia, yang didiamkan berabad-abad lamanya,
16:26 tetapi yang sekarang telah dinyatakan dan yang menurut perintah Allah yang abadi, telah diberitakan oleh kitab-kitab para nabi kepada segala bangsa untuk membimbing mereka kepada ketaatan iman --

1 Pet 1:10-15
1:10 Keselamatan itulah yang diselidiki dan diteliti oleh nabi-nabi, yang telah bernubuat tentang kasih karunia yang diuntukkan bagimu.
1:11 Dan mereka meneliti saat yang mana dan yang bagaimana yang dimaksudkan oleh Roh Kristus, yang ada di dalam mereka, yaitu Roh yang sebelumnya memberi kesaksian tentang segala penderitaan yang akan menimpa Kristus dan tentang segala kemuliaan yang menyusul sesudah itu.
1:12 Kepada mereka telah dinyatakan, bahwa mereka bukan melayani diri mereka sendiri, tetapi melayani kamu dengan segala sesuatu yang telah diberitakan sekarang kepada kamu dengan perantaraan mereka, yang oleh Roh Kudus, yang diutus dari sorga, menyampaikan berita Injil kepada kamu, yaitu hal-hal yang ingin diketahui oleh malaikat-malaikat.         1:13 Sebab itu siapkanlah akal budimu, waspadalah dan letakkanlah pengharapanmu seluruhnya atas kasih karunia yang dianugerahkan kepadamu pada waktu penyataan Yesus Kristus.
1:14 Hiduplah sebagai anak-anak yang taat dan jangan turuti hawa nafsu yang menguasai kamu pada waktu kebodohanmu,
1:15 tetapi hendaklah kamu menjadi kudus di dalam seluruh hidupmu sama seperti Dia yang kudus, yang telah memanggil kamu,

Jangan kita mengabaikan kesempatan untuk menerima Firman Tuhan. Supaya oleh Firman Tuhan yang dibukakan kita boleh menurut dan dengar-dengaran, juga supaya kita disucikan.

Kalau hati kita terkena Firman Tuhan, tidak ada jalan lain kecuali kita mengasihi Tuhan.
Kalau hati kita tidak terkena sasaran Firman Tuhan, maka akan terkena sasaran dari dunia ini, sehingga hati itu penuh dengan kenajisan.

Yoh 15:3
15:3 Kamu memang sudah bersih karena firman yang telah Kukatakan kepadamu.

Why 22:11
22:11 Barangsiapa yang berbuat jahat, biarlah ia terus berbuat jahat; barangsiapa yang cemar, biarlah ia terus cemar; dan barangsiapa yang benar, biarlah ia terus berbuat kebenaran; barangsiapa yang kudus, biarlah ia terus menguduskan dirinya!"

Yang suci bertambah suci. Oleh Firman Tuhan kita bertambah disucikan.
Jadi jabatan Zakharia ditujukan kepada hidup pribadi, rumah tangga dan sidang Tuhan.

Tuhan Yesus memberkati.