Translate

1 Mar 2014

Pendalaman Alkitab. 28 Feb 2014. Kolam Pembasuhan dari Tembaga (KP)

ket gambar: kaca untuk bercermin dari tembaga, jaman Mesir Kuno


Pendalaman Alkitab
28 Feb 2014

KOLAM PEMBASUHAN DARI TEMBAGA: (KP)
Kel 30:17-21; 38:8.
17  Berfirmanlah TUHAN kepada Musa:
18 "Haruslah engkau membuat bejana dan juga alasnya dari tembaga, untuk pembasuhan, dan kautempatkanlah itu antara Kemah Pertemuan dan mezbah, dan kautaruhlah air ke dalamnya.
19 Maka Harun dan anak-anaknya haruslah membasuh tangan dan kaki mereka dengan air dari dalamnya.
20 Apabila mereka masuk ke dalam Kemah Pertemuan, haruslah mereka membasuh tangan dan kaki dengan air, supaya mereka jangan mati. Demikian juga apabila mereka datang ke mezbah itu untuk menyelenggarakan kebaktian dan untuk membakar korban api-apian bagi TUHAN,
21 haruslah mereka membasuh tangan dan kaki mereka, supaya mereka jangan mati. Itulah yang harus menjadi ketetapan bagi mereka untuk selama-lamanya, bagi dia dan bagi keturunannya turun-temurun."

Kel 38:8
8 Dibuatnyalah bejana pembasuhan dan juga alasnya dari tembaga, dari cermin-cermin para pelayan perempuan yang melayani di depan pintu Kemah Pertemuan.

Pada fasal 30:17-21 ini baru merupakan instruksi, sedangkan pada fatsal 38:8 itu pembuatannya.
Instruksi itu sendiri sudah dimulaikan pada fatsal 25 s/d fs 31 itu seluruh peralatan Tabernakel.
Fatsal 35 s/d 40 itu pembuatannya.

Mereka membuat kolam tembaga itu dari kaca, kaca tembaga yang digosok sampai mengkilap. Dan kaca ini adalah berasal dari para wanita Israel yang mempersembahkanitu.
Juga kaki kolam itu dari tembaga, kemudian diisi dengan air.
Kedudukan kolam tembaga ini antara Mezbah Korban Bakaran dengan Pintu Kemah.
Dan para imam, anak-anak Harun harus cuci tangan dan cuci kaki sebelum mereka masuk Pintu Kemah, dan juga sebelum mereka mengadakan pelayanan di MKB.
Kalau tidak mengikuti aturan ini mereka akan mati.
Peraturan ini tidak bisa diubah.

Bahan pembuatan KP ini dari tembaga.
Tembaga menunjuk hukuman terhadap dosa. Itu sebabnya Tuhan itu di ular tembagakan.
Bil 21:4-9 Ular tembaga
4 Setelah mereka berangkat dari gunung Hor, berjalan ke arah Laut Teberau untuk mengelilingi tanah Edom, maka bangsa itu tidak dapat lagi menahan hati di tengah jalan.
5 Lalu mereka berkata-kata melawan Allah dan Musa: "Mengapa kamu memimpin kami keluar dari Mesir? Supaya kami mati di padang gurun ini? Sebab di sini tidak ada roti dan tidak ada air, dan akan makanan hambar ini kami telah muak."
6 Lalu TUHAN menyuruh ular-ular tedung ke antara bangsa itu, yang memagut mereka, sehingga banyak dari orang Israel yang mati.
7 Kemudian datanglah bangsa itu mendapatkan Musa dan berkata: "Kami telah berdosa, sebab kami berkata-kata melawan TUHAN dan engkau; berdoalah kepada TUHAN, supaya dijauhkan-Nya ular-ular ini dari pada kami." Lalu Musa berdoa untuk bangsa itu.
8 Maka berfirmanlah TUHAN kepada Musa: "Buatlah ular tedung dan taruhlah itu pada sebuah tiang; maka setiap orang yang terpagut, jika ia melihatnya, akan tetap hidup."
9 Lalu Musa membuat ular tembaga dan menaruhnya pada sebuah tiang; maka jika seseorang dipagut ular, dan ia memandang kepada ular tembaga itu, tetaplah ia hidup.

Band: Yoh 3:14-21
14 Dan sama seperti Musa meninggikan ular di padang gurun, demikian juga Anak Manusia harus ditinggikan,
15 supaya setiap orang yang percaya kepada-Nya beroleh hidup yang kekal.
16 Karena begitu besar kasih Allah akan dunia ini, sehingga Ia telah mengaruniakan Anak-Nya yang tunggal, supaya setiap orang yang percaya kepada-Nya tidak binasa, melainkan beroleh hidup yang kekal.
17 Sebab Allah mengutus Anak-Nya ke dalam dunia bukan untuk menghakimi dunia, melainkan untuk menyelamatkannya oleh Dia.
18 Barangsiapa percaya kepada-Nya, ia tidak akan dihukum; barangsiapa tidak percaya, ia telah berada di bawah hukuman, sebab ia tidak percaya dalam nama Anak Tunggal Allah.
19 Dan inilah hukuman itu: Terang telah datang ke dalam dunia, tetapi manusia lebih menyukai kegelapan dari pada terang, sebab perbuatan-perbuatan mereka jahat.
20 Sebab barangsiapa berbuat jahat, membenci terang dan tidak datang kepada terang itu, supaya perbuatan-perbuatannya yang jahat itu tidak nampak;
21 tetapi barangsiapa melakukan yang benar, ia datang kepada terang, supaya menjadi nyata, bahwa perbuatan-perbuatannya dilakukan dalam Allah."

Kalau kita bisa menerima bahwa KP itu adalah baptisan air, maka baptisan air itu adalah tempat untuk menghukum dosa.
Dosa yang dimatikan dalam MKB itu dikuburkan dalam baptisan air.
Rasul Petrus bicara soal baptisan air ini mengenai penyucian hati, bukan sekedar untuk membasuh diri dari kenajisan.
1 Pet 3:20-22
20 yaitu kepada roh-roh mereka yang dahulu pada waktu Nuh tidak taat kepada Allah, ketika Allah tetap menanti dengan sabar waktu Nuh sedang mempersiapkan bahteranya, di mana hanya sedikit, yaitu delapan orang, yang diselamatkan oleh air bah itu.
21 Juga kamu sekarang diselamatkan oleh kiasannya, yaitu baptisan — maksudnya bukan untuk membersihkan kenajisan jasmani, melainkan untuk memohonkan hati nurani yang baik kepada Allah — oleh kebangkitan Yesus Kristus,
22 yang duduk di sebelah kanan Allah, setelah Ia naik ke sorga sesudah segala malaikat, kuasa dan kekuatan ditaklukkan kepada-Nya.

Rasul Petrus menyitir ini pada zamannya Nuh: Pada zaman Nuh orang banyak hidup dalam dosa, mereka main-main dalam nikah, dalam sex, bukan berdasarkan kasih, tapi berdasarkan mengumbar hawa nafsu, sehingga Allah mengambil keputusan untuk menenggelamkan daging. 
Jadi kejadian itu menggambarkan soal baptisan air yaitu penghukuman atas dosa.
Penghukuman atau kutuk itu mengerikan, seperti yang terdapat dalam kitab Ul 28:15- dst. Ini yang perlu dihukumkan.

Bicara soal baptisan, ini menjadi tugas Yohanes Pembaptis.
Mat 3:5-12
5 Maka datanglah kepadanya penduduk dari Yerusalem, dari seluruh Yudea dan dari seluruh daerah sekitar Yordan.
6 Lalu sambil mengaku dosanya mereka dibaptis oleh Yohanes di sungai Yordan.
7  Tetapi waktu ia melihat banyak orang Farisi dan orang Saduki datang untuk dibaptis, berkatalah ia kepada mereka: "Hai kamu keturunan ular beludak. Siapakah yang mengatakan kepada kamu, bahwa kamu dapat melarikan diri dari murka yang akan datang?
8 Jadi hasilkanlah buah yang sesuai dengan pertobatan.
9 Dan janganlah mengira, bahwa kamu dapat berkata dalam hatimu: Abraham adalah bapa kami! Karena aku berkata kepadamu: Allah dapat menjadikan anak-anak bagi Abraham dari batu-batu ini!
10 Kapak sudah tersedia pada akar pohon dan setiap pohon yang tidak menghasilkan buah yang baik, pasti ditebang dan dibuang ke dalam api.
11 Aku membaptis kamu dengan air sebagai tanda pertobatan, tetapi Ia yang datang kemudian dari padaku lebih berkuasa dari padaku dan aku tidak layak melepaskan kasut-Nya. Ia akan membaptiskan kamu dengan Roh Kudus dan dengan api.
12 Alat penampi sudah ditangan-Nya. Ia akan membersihkan tempat pengirikan-Nya dan mengumpulkan gandum-Nya ke dalam lumbung, tetapi debu jerami itu akan dibakar-Nya dalam api yang tidak terpadamkan."

Setelah baptisan air akan ada baptisan lanjut yaitu baptisan Roh Kudus, itu sebabnya mutlak harus mengalami baptisan air ini karena apa? Karena : Air ini jadi saksi

Darah juga jadi saksi
Roh juga jadi saksi.
Jika sudah mengalami baptisan air dan kemudian baptisan Roh, maka akan berlanjut dengan penyucian.
Seperti yang terjadi pada biji gandum, itu dilepaskan dari kulitnya agar ada manfaatnya. Manusia itu dituntut kemanfaatnya.

Baptisan darah = MKB.
“ air = KP.
“ Roh= PK ( Pintu Kemah)
Tiga saksi dari Allah yang tidak bisa diubah.
1 Yoh 5:4-8
4 sebab semua yang lahir dari Allah, mengalahkan dunia. Dan inilah kemenangan yang mengalahkan dunia: iman kita.
5 Siapakah yang mengalahkan dunia, selain dari pada dia yang percaya, bahwa Yesus adalah Anak Allah?
6 Inilah Dia yang telah datang dengan air dan darah, yaitu Yesus Kristus, bukan saja dengan air, tetapi dengan air dan dengan darah. Dan Rohlah yang memberi kesaksian, karena Roh adalah kebenaran.
7 Sebab ada tiga yang memberi kesaksian (di dalam sorga: Bapa, Firman dan Roh Kudus; dan ketiganya adalah satu.
8 Dan ada tiga yang memberi kesaksian di bumi): Roh dan air dan darah dan ketiganya adalah satu.

Tuhan Yesus datang dengan : Darah = MKB
Air = KP
Roh = PK
Jadi yang dihukum itu adalah dosa, dimana Kristus sudah terkena hukuman, karena dosa ditimpakan atas-Nya. 
Gal 3:13
13 Kristus telah menebus kita dari kutuk hukum Taurat dengan jalan menjadi kutuk karena kita, sebab ada tertulis: "Terkutuklah orang yang digantung pada kayu salib!"

Orang yang dibaptis dalam Kristus itu mengenakan Kristus dalam dirinya.
Gal 3:27
27 Karena kamu semua, yang dibaptis dalam Kristus, telah mengenakan Kristus.

Kristus yang dihukum sampai mati, juga dalam kebangkitan-Nya, dengan itulah kita dibaptis.
Dibaptis itu artinya dikubur dan dibangkikan bersama Kristus.
Rm 6:3-7
3 Atau tidak tahukah kamu, bahwa kita semua yang telah dibaptis dalam Kristus, telah dibaptis dalam kematian-Nya?
4 Dengan demikian kita telah dikuburkan bersama-sama dengan Dia oleh baptisan dalam kematian, supaya, sama seperti Kristus telah dibangkitkan dari antara orang mati oleh kemuliaan Bapa, demikian juga kita akan hidup dalam hidup yang baru.
5 Sebab jika kita telah menjadi satu dengan apa yang sama dengan kematian-Nya, kita juga akan menjadi satu dengan apa yang sama dengan kebangkitan-Nya.
6 Karena kita tahu, bahwa manusia lama kita telah turut disalibkan, supaya tubuh dosa kita hilang kuasanya, agar jangan kita menghambakan diri lagi kepada dosa.
7 Sebab siapa yang telah mati, ia telah bebas dari dosa.

Didalam baptisan air itu ada kekuatan kematian dan kebangkitan Tuhan.
Baptis air itu satu langkah taat dan dengar-dengaran.

Tuhan Yesus memberkati.