Translate

30 Okt 2013

Pendalaman Alkitab 29 Okt 2013. Bagian Kedua. Amos 7:4-6, Penglihatan Kedua



Amos 7:4-6 “Penglihatan ke dua”
4 Inilah yang diperlihatkan Tuhan ALLAH kepadaku: Tampak Tuhan ALLAH memanggil api untuk melakukan hukuman. Api itu memakan habis samudera raya dan akan memakan habis tanah ladang.
5 Lalu aku berkata: "Tuhan ALLAH, hentikanlah kiranya! Bagaimanakah Yakub dapat bertahan? Bukankah ia kecil?"
6 Maka menyesallah TUHAN karena hal itu. "Inipun tidak akan terjadi," firman Tuhan ALLAH.

Tampak Tuhan memanggil api untuk melakukan hukuman. Kali ini Tuhan menggunakan api. Sekalipun hukuman kedua ini dibatalkan, tapi hukuman api ini nanti yang akan dipakai Tuhan untuk menghancurkan bumi ini, seperti yang dikatakan oleh Rs Petrus.
2 Pet 3:7-17
3:7 Tetapi oleh firman itu juga langit dan bumi yang sekarang terpelihara dari api dan disimpan untuk hari penghakiman dan kebinasaan orang-orang fasik.
3:8 Akan tetapi, saudara-saudaraku yang kekasih, yang satu ini tidak boleh kamu lupakan, yaitu, bahwa di hadapan Tuhan satu hari sama seperti seribu tahun dan seribu tahun sama seperti satu hari.
3:9 Tuhan tidak lalai menepati janji-Nya, sekalipun ada orang yang menganggapnya sebagai kelalaian, tetapi Ia sabar terhadap kamu, karena Ia menghendaki supaya jangan ada yang binasa, melainkan supaya semua orang berbalik dan bertobat.
3:10 Tetapi hari Tuhan akan tiba seperti pencuri. Pada hari itu langit akan lenyap dengan gemuruh yang dahsyat dan unsur-unsur dunia akan hangus dalam nyala api, dan bumi dan segala yang ada di atasnya akan hilang lenyap.
3:11 Jadi, jika segala sesuatu ini akan hancur secara demikian, betapa suci dan salehnya kamu harus hidup
3:12 yaitu kamu yang menantikan dan mempercepat kedatangan hari Allah. Pada hari itu langit akan binasa dalam api dan unsur-unsur dunia akan hancur karena nyalanya.
3:13 Tetapi sesuai dengan janji-Nya, kita menantikan langit yang baru dan bumi yang baru, di mana terdapat kebenaran.
3:14 Sebab itu, saudara-saudaraku yang kekasih, sambil menantikan semuanya ini, kamu harus berusaha, supaya kamu kedapatan tak bercacat dan tak bernoda di hadapan-Nya, dalam perdamaian dengan Dia.
3:15 Anggaplah kesabaran Tuhan kita sebagai kesempatan bagimu untuk beroleh selamat, seperti juga Paulus, saudara kita yang kekasih, telah menulis kepadamu menurut hikmat yang dikaruniakan kepadanya.
3:16 Hal itu dibuatnya dalam semua suratnya, apabila ia berbicara tentang perkara-perkara ini. Dalam surat-suratnya itu ada hal-hal yang sukar difahami, sehingga orang-orang yang tidak memahaminya dan yang tidak teguh imannya, memutarbalikkannya menjadi kebinasaan mereka sendiri, sama seperti yang juga mereka buat dengan tulisan-tulisan yang lain.
3:17 Tetapi kamu, saudara-saudaraku yang kekasih, kamu telah mengetahui hal ini sebelumnya. Karena itu waspadalah, supaya kamu jangan terseret ke dalam kesesatan orang-orang yang tak mengenal hukum, dan jangan kehilangan peganganmu yang teguh.

Dalam bacaan diatas kita menjumpai beberapa kali kata api:
Ayat 7 : Bumi yang sekarang terpelihara dari api dan disimpan untuk hari pehakiman dan kebinasaan orang-orang fasik.
Ayat 10 : Unsur-unsur dunia akan hancur oleh nyala api. A
yat 12 : Pada hari itu langit akan binasa dalam api dan unsure-unsur dunia akan hancur karena nyalanya.

Hukuman api ini juga pernah terjadi ketika Allah menghukum Sodom .
Kej 19:24-25
24 Kemudian TUHAN menurunkan hujan belerang dan api atas Sodom dan Gomora, berasal dari TUHAN, dari langit;
25 dan ditunggangbalikkan-Nyalah kota-kota itu dan Lembah Yordan dan semua penduduk kota-kota serta tumbuh-tumbuhan di tanah. Api itu berasal dari langit dari Allah.

Sebab Allah adalah api yang menghanguskan.
Ul 4:24
24 Sebab TUHAN, Allahmu, adalah api yang menghanguskan, Allah yang cemburu.

Ibr 12:29
29 Sebab Allah kita adalah api yang menghanguskan.

Yer 23:29
29 Bukankah firman-Ku seperti api, demikianlah firman TUHAN dan seperti palu yang menghancurkan bukit batu?

Api yang dilihat Amos ini memakan habis samudera raya. Mengapakah Tuhan tunjukkan samudera raya? Samudera raya menunjuk tempat yang luas didunia ini. Hukuman ini akan meluas sampai ke seluruh dunia.

Kalau penglihatan pertama “Belalang” makan habis rumput dan tumbuh-tumbuhan ditanah, ini menunjuk skala kecil, tapi kalau samudera itu menunjuk skala besar.

Skala kecil: contohnya Sodom & Gomora yang sudah dihancurkan oleh Tuhan, tapi nanti hukuman ini akan dijatuhkan Tuhan atas seluruh dunia. Seperti yang tertulis di kitab Wahyu.
Why 18;2-4
2 Dan ia berseru dengan suara yang kuat, katanya: "Sudah rubuh, sudah rubuh Babel, kota besar itu, dan ia telah menjadi tempat kediaman roh-roh jahat dan tempat bersembunyi semua roh najis dan tempat bersembunyi segala burung yang najis dan yang dibenci,
3 karena semua bangsa telah minum dari anggur hawa nafsu cabulnya dan raja-raja di bumi telah berbuat cabul dengan dia, dan pedagang-pedagang di bumi telah menjadi kaya oleh kelimpahan hawa nafsunya."
4 Lalu aku mendengar suara lain dari sorga berkata: "Pergilah kamu, hai umat-Ku, pergilah dari padanya supaya kamu jangan mengambil bagian dalam dosa-dosanya, dan supaya kamu jangan turut ditimpa malapetaka-malapetakanya.

Why 18:8
Sebab itu segala malapetakanya akan datang dalam satu hari, yaitu sampar dan perkabungan dan kelaparan; dan ia akan dibakar dengan api, karena Tuhan Allah, yang menghakimi dia, adalah kuat."

Why 17:18 Dan perempuan yang telah kaulihat itu, adalah kota besar yang memerintah atas raja-raja di bumi."

Kota besar ini bukan cuma satu kota saja, tapi seluruh kota-kota besar yang ada dibumi. Sebab tempat itu sudah dijadikan sarang kenajisan dan kejahatan.

Why 18:2,3
Dan ia berseru dengan suara yang kuat, katanya: "Sudah rubuh, sudah rubuh Babel, kota besar itu, dan ia telah menjadi tempat kediaman roh-roh jahat dan tempat bersembunyi semua roh najis dan tempat bersembunyi segala burung yang najis dan yang dibenci,
3 karena semua bangsa telah minum dari anggur hawa nafsu cabulnya dan raja-raja di bumi telah berbuat cabul dengan dia, dan pedagang-pedagang di bumi telah menjadi kaya oleh kelimpahan hawa nafsunya."

Betapa hebat ulah dari perempuan Babel ini, sehingga mampu menipu begitu banyak orang. Bersyukur kita oleh karena firman-Nya kita diberikan pencerahan, agar dapat mengerti apa yang bakal terjadi nanti.

Tuhan Yesus memberkati,