Translate

4 Agu 2013

Ibadah Raya 4 Agustus 2013, Tanda Darah



TANDA DARAH.

"Dan darah itu menjadi tanda bagimu pada rumah-rumah di mana kamu tinggal:
Apabila Aku melihat darah itu, maka Aku akan lewat daripada kamu. Jadi tidak akan tanda tulah kemusnahan di tengah-tengah kamu, apabila Aku menghukum tanah Mesir." (Kel 12:13)

Tanda darah pada tiap pintu rumah orang Israel.
Tulah itu berlalu dari tiap rumah yang ada tanda darah.

Ada kisah yang mirip dengan tanda darah ini, yaitu tanda dari tali benang kirmisi yang di ikatkan pada jendela rumah Rahab.
Yos 2:18-21
2:18 sesungguhnya, apabila kami memasuki negeri ini, haruslah tali dari benang kirmizi ini kauikatkan pada jendela tempat engkau menurunkan kami, dan ayahmu serta ibumu, saudara-saudaramu serta seluruh kaum keluargamu kaukumpulkan di rumahmu.
2:19 Setiap orang yang keluar nanti dari pintu rumahmu, harus sendiri menanggung akibatnya, kalau darahnya tertumpah, dan kami tidak bersalah; tetapi siapapun juga yang ada di dalam rumahmu, jika ada orang yang menciderainya, kamilah yang menanggung akibat pertumpahan darahnya.
2:20 Tetapi jika engkau mengabarkan perkara kami ini, maka bebaslah kami dari sumpah kepadamu itu, yang telah kausuruh kami ikrarkan."
2:21 Perempuan itupun berkata: "Seperti yang telah kamu katakan, demikianlah akan terjadi." Sesudah itu dilepasnyalah orang-orang itu pergi, maka berangkatlah mereka. Kemudian perempuan itu mengikatkan tali kirmizi itu pada jendela.


Tanda darah pada tiap pintu rumah Israel dan tanda benang kirmisi ini mempunyai pengertian yang sama, yaitu menunjuk korban Kristus.
Karena Rahab mentaati pesan dari dua pengintai ini, maka ia dengan seluruh keluarganya diselamatkan. (Yos 6:22-26)

Yos 6:25
"Demikianlah Rahab, perempuan sundal itu dan keluarganya serta semua orang yang bersama-sama dengan dia dibiarkan hidup oleh Yosua."


Tuhan menyelamatkan keluarga Israel yang ada tanda darah. Mengapa harus "darah" yang menjadi tanda! Karena tanpa penumpahan darah tidak ada pengampunan.

Ibn 9:22b
"Dan hampir segala sesuatu disucikan menurut hukum Taurat dengan darah, dan tanpa penumpahan darah tidak ada pengampunan."

Tuhan Yesus sendiri yang mengatakan bahwa darah-Nya berkuasa untuk mengampuni segala dosa manusia

Mat 26:28
"Sebab inilah darah-Ku, darah perjanjian, yang ditumpahkan bagi banyak orang untuk pengampunan dosa."

Sebab sama seperti Rahab harus memasang benang kirmisi pada jendela rumahnya, hubungan dengan tanda benang kirmisi untuk dapat beroleh keselamatan, begitulah kita harus menjalin hubungan dengan korban-Nya Kristus, agar beroleh keselamatan dari hukuman Allah.
Sebab sama dengan Yerikho (kota yang terkutuk, Yos 6:26) yang harus dimusnakan, begitu pula dengan dunia ini yang akan dimusnakan kelak, hanya berlindung didalam korbanNya Kristus manusia berdosa ini dapat di selamatkan.

Darah itu yang mengerjakan pengampunan, bukti pengampunan yaitu kelepasan.

Ef 1:7)
"Sebab didalam Dia dan oleh darahNya kita beroleh penebusan, yaitu pengampunan dosa, menurut kekayaan kasih karuniaNya."

Dalam menantikan kedatangan Yesus kali kedua ini, tanda darah harus tetap ada bersama dengan kita, kemana saja kita pergi dan berada.
DarahNya bukan saja disini mengampuni dosa, tetapi juga membenarkan kita.

Darah Yesus membenarkan kita.
Roma 5:9
"Lebih-lebih, karena kita sekarang telah dibenarkan oleh darah-Nya, kita pasti akan diselamatkan dari murka Allah."

Darah Yesus berkuasa menyucikan kita
1 Yoh 1:7
"Tetapi jika kita hidup di dalam terang sama seperti Dia ada di dalam terang, maka kita beroleh persekutuan seorang dengan yang lain, dan darah Yesus, Anak-Nya itu, menyucikan kita dari pada segala dosa"

Ibn 13:12
"Itu jugalah sebabnya Yesus telah menderita di luar pintu gerbang untuk menguduskan umat-Nya dengan darah-Nya sendiri."

Ibn 9:14.
betapa lebihnya darah Kristus, yang oleh Roh yang kekal telah mempersembahkan diri-Nya sendiri kepada Allah sebagai persembahan yang tak bercacat, akan menyucikan hati nurani kita dari perbuatan-perbuatan yang sia-sia, supaya kita dapat beribadah kepada Allah yang hidup

Darah Yesus menyempurnakan
Ibn 10:14
Sebab oleh satu korban saja Ia telah menyempurnakan untuk selama-lamanya mereka yang Ia kuduskan

Dalam Tabernakel:
Membenarkan : terkena Halaman Tabernakel.
Menyucikan : terkena Ruangan Suci.
Menyempurnakan : terkena Ruangan Maha Suci.

Tanda darah itu membawa peningkatan rohani kita. Tidak saja di halaman, hidup yang sudah dibenarkan oleh korbanNya Kristus, tapi ditingkatkan ke Ruangan Suci dan akhirnya sampai ke Ruangan Maha Suci.

Bukan seperti yang dialami oleh pemuda yang bernama Euthikus, yang tidak menghargai firman Allah, pada waktu firman Alllah disampaikan oleh Rasul Paulus ia tertidur, akhirnya ia jatuh dari tingkat tiga, lalu mati
Kis 20:7-12
20:7 Pada hari pertama dalam minggu itu, ketika kami berkumpul untuk memecah-mecahkan roti, Paulus berbicara dengan saudara-saudara di situ, karena ia bermaksud untuk berangkat pada keesokan harinya. Pembicaraan itu berlangsung sampai tengah malam.
20:8 Di ruang atas, di mana kami berkumpul, dinyalakan banyak lampu.
20:9 Seorang muda bernama Eutikhus duduk di jendela. Karena Paulus amat lama berbicara, orang muda itu tidak dapat menahan kantuknya. Akhirnya ia tertidur lelap dan jatuh dari tingkat ketiga ke bawah. Ketika ia diangkat orang, ia sudah mati.
20:10 Tetapi Paulus turun ke bawah. Ia merebahkan diri ke atas orang muda itu, mendekapnya, dan berkata: "Jangan ribut, sebab ia masih hidup."
20:11 Setelah kembali di ruang atas, Paulus memecah-mecahkan roti lalu makan; habis makan masih lama lagi ia berbicara, sampai fajar menyingsing. Kemudian ia berangkat.
20:12 Sementara itu mereka mengantarkan orang muda itu hidup ke rumahnya, dan mereka semua merasa sangat terhibur.

Tingkat ke tiga ini kalau di Tabernakel adalah Ruangan Maha Suci, jatuh kebawah dan mati.
Berapa banyak kehidupan Kristen yang mengalami kejatuhan dan akhirnya mati rohaninya.
Untuk yang mengalami tidur rohani, terlebih kematian rohani, ada seruan : "Bangunlah hai kamu yang tidur dan bangkitlah dari antara orang mati dan Kristus akan bercahaya atas kamu." (Ef 5:14).

Rahab diselamatkan beserta keluarganya, (Yos 2:18 ) bandingkan Kis 16:31 kepala penjara Pilipi diselamatkan beserta dengan keluarganya.
16:31 Jawab mereka: "Percayalah kepada Tuhan Yesus Kristus dan engkau akan selamat, engkau dan seisi rumahmu."

Bagaimana dengan Anda? Apakah keluargamu sudah diselamatkan?
Darah itu yang menyelamatkan seisi rumah Israel.
"Apabila Aku melihat darah itu, Aku akan lewat dari kamu."
Pastikan tanda darah itu tetap melekat pada diri Anda.

Tuhan Yesus memberkati.