Translate

4 Jul 2013

Pendalaman Alkitab, 2 Juli 2013 : Amos, 2:6-16 Hukuman Atas Israel



Pendalaman Alkitab, 2 Juli 2013 : Amos, 2:6-16 Hukuman Atas Israel


Amos 2:6-16
2: 6 Beginilah firman TUHAN: "Karena tiga perbuatan jahat Israel, bahkan empat, Aku tidak akan menarik kembali keputusan-Ku: Oleh karena mereka menjual orang benar karena uang dan orang miskin karena sepasang kasut;
2:7 mereka menginjak-injak kepala orang lemah ke dalam debu dan membelokkan jalan orang sengsara; anak dan ayah pergi menjamah seorang perempuan muda, sehingga melanggar kekudusan nama-Ku;
2:8 mereka merebahkan diri di samping setiap mezbah di atas pakaian gadaian orang, dan minum anggur orang-orang yang kena denda di rumah Allah mereka.
2:9 Padahal Akulah yang memunahkan dari depan mereka, orang Amori, yang tingginya seperti tinggi pohon aras dan yang kuat seperti pohon tarbantin; Aku telah memunahkan buahnya dari atas dan akarnya dari bawah.
2:10 Padahal Akulah yang menuntun kamu keluar dari tanah Mesir dan memimpin kamu empat puluh tahun lamanya di padang gurun, supaya kamu menduduki negeri orang Amori;
2:11 Aku telah membangkitkan sebagian dari anak-anakmu menjadi nabi dan sebagian dari teruna-terunamu menjadi nazir. Bukankah betul-betul begitu, hai orang Israel?" demikianlah firman TUHAN.
2:12 "Tetapi kamu memberi orang nazir minum anggur dan memerintahkan kepada para nabi: Jangan kamu bernubuat!
2:13 Sesungguhnya, Aku akan mengguncangkan tempat kamu berpijak seperti goncangan kereta yang sarat dengan berkas gandum.
2:14 Orang cepat tidak mungkin lagi melarikan diri, orang kuat tidak dapat menggunakan kekuatannya, dan pahlawan tidak dapat melarikan diri.
2:15 Pemegang panah tidak dapat bertahan, orang yang cepat kaki tidak akan terluput dan penunggang kuda tidak dapat meluputkan diri.
2:16 Juga orang yang berhati berani di antara para pahlawan akan melarikan diri dengan telanjang pada hari itu," demikianlah firman TUHAN.


Berbicara mengenai hukuman bangsa Israel, artinya akan terjadi hukuman atas rumah Allah / gereja Tuhan. Gereja Tuhan harus terlebih dahulu disucikan, supaya tidak ikut terhukum bersama dunia. Setelah Tuhan menghakimi gereja, Tuhan akan menghakimi bumi. Seperti yang tertulis pada
1 Ptr 4:17
Karena sekarang telah tiba saatnya penghakiman dimulai, dan pada rumah Allah sendiri yang harus pertama-tama dihakimi. Dan jika penghakiman itu dimulai pada kita, bagaimanakah kesudahannya dengan mereka yang tidak percaya pada Injil Allah?


Dalam Amos 2:6-16 berikut kesalahan bangsa Israel
1.Menjual orang benar karena uang dan orang miskin karena sepasang kasut ( ay 6)
Contoh orang benar yang dijual adalah Yusuf yang dijual oleh saudara-saudaranya
Kej 37:27,28
37: 27 Marilah kita jual dia kepada orang Ismael ini, tetapi janganlah kita apa-apakan dia, karena ia saudara kita, darah daging kita." Dan saudara-saudaranya mendengarkan perkataannya itu.
37:28 Ketika ada saudagar-saudagar Midian lewat, Yusuf diangkat ke atas dari dalam sumur itu, kemudian dijual kepada orang Ismael itu dengan harga dua puluh syikal perak. Lalu Yusuf dibawa mereka ke Mesir.


Contoh lain mengenai orang benar yang dijual adalah kisah janda miskin yang hendak menjual anaknya karena miskin, tapi tidak jadi dijual karena Tuhan menolong melalui nabi Elisa
2 Raj 4:1-7
4:1 Salah seorang dari isteri-isteri para nabi mengadukan halnya kepada Elisa, sambil berseru: "Hambamu, suamiku, sudah mati dan engkau ini tahu, bahwa hambamu itu takut akan TUHAN. Tetapi sekarang, penagih hutang sudah datang untuk mengambil kedua orang anakku menjadi budaknya."
4:2 Jawab Elisa kepadanya: "Apakah yang dapat kuperbuat bagimu? Beritahukanlah kepadaku apa-apa yang kaupunya di rumah." Berkatalah perempuan itu: "Hambamu ini tidak punya sesuatu apapun di rumah, kecuali sebuah buli-buli berisi minyak."
4:3 Lalu berkatalah Elisa: "Pergilah, mintalah bejana-bejana dari luar, dari pada segala tetanggamu, bejana-bejana kosong, tetapi jangan terlalu sedikit.
4:4 Kemudian masuklah, tutuplah pintu sesudah engkau dan anak-anakmu masuk, lalu tuanglah minyak itu ke dalam segala bejana. Mana yang penuh, angkatlah!"
4:5 Pergilah perempuan itu dari padanya; ditutupnyalah pintu sesudah ia dan anak-anaknya masuk; dan anak-anaknya mendekatkan bejana-bejana kepadanya, sedang ia terus menuang.
4:6 Ketika bejana-bejana itu sudah penuh, berkatalah perempuan itu kepada anaknya: "Dekatkanlah kepadaku sebuah bejana lagi," tetapi jawabnya kepada ibunya: "Tidak ada lagi bejana." Lalu berhentilah minyak itu mengalir.
4:7 Kemudian pergilah perempuan itu memberitahukannya kepada abdi Allah, dan orang ini berkata: "Pergilah, juallah minyak itu, bayarlah hutangmu, dan hiduplah dari lebihnya, engkau serta anak-anakmu."


Tuhan memberi suatu jalan keluar yang ajaib dalam kondisi terpuruk sekalipun.Semua yang di punyai janda ini sudah tidak ada, hanya minyak, dan cara Tuhan luar biasa dalam memenuhi kebutuhannya (ay 2)

Tuhan memberi berkat sesuai daya tampung, seperti janda tersebut yang mengisi minyak sesuai kemampuannya mengumpulkan bejana kosong (ay 6)

1 Kor 2:9 semua kebutuhan disediakan oleh Allah.
Tetapi seperti ada tertulis: "Apa yang tidak pernah dilihat oleh mata, dan tidak pernah didengar oleh telinga, dan yang tidak pernah timbul di dalam hati manusia: semua yang disediakan Allah untuk mereka yang mengasihi Dia."

Tuhan ingin kita beriman, siapa yang berpikir bahwa minyak yang sedikit dapat dipakai Tuhan untuk menolong janda

Kesalahan bangsa Israel :
2. mereka menginjak-injak kepala orang lemah ke dalam debu ( ay 7)

Ams 22 :22,23
22:22 Janganlah merampasi orang lemah, karena ia lemah, dan janganlah menginjak-injak orang yang berkesusahan di pintu gerbang.
22:23 Sebab TUHAN membela perkara mereka, dan mengambil nyawa orang yang merampasi mereka.

Dalam Amos 2:6,7a
Yang dibahas ada : orang benar, orang miskin, orang lemah, orang yang sengsara artinya yaitu manusia yang tidak mempunyai pengharapan kepada apapun terutama pada manusia, tapi masih memiliki harapan pada Allah, dengan cara merendahkan diri

Mzm 77:3 cari pertolongan pada Tuhan
Pada hari kesusahanku aku mencari Tuhan; malam-malam tanganku terulur dan tidak menjadi lesu, jiwaku enggan dihiburkan.

Hasil dari orang yang mencari Tuhan terus ( berdoa tiada henti) :
Mzm 106:44
Namun Ia menilik kesusahan mereka, ketika Ia mendengar teriak mereka.


Dalam kesulitan carilah Tuhan,jangan berharap pada pertolongan manusia karena pasti akan kecewa

3.Membelokkan jalan orang sengsara( ay 7a)
Berarti lurus kemudian di belokkan, biasanya hukum yang dibelokkan,

Kel 23:2 membelokkan hukum
Janganlah engkau turut-turut kebanyakan orang melakukan kejahatan, dan dalam memberikan kesaksian mengenai sesuatu perkara janganlah engkau turut-turut kebanyakan orang membelokkan hukum

Ams 17:23 pekerjaan orang fasik membelokkan hukum
Orang fasik menerima hadiah suapan dari pundi-pundi untuk membelokkan jalan hukum.


4. Anak dan ayah pergi menjamah perempuan muda ( melanggar kekudusan, perbuatan cabul)

1 Tes 4:3-5 jauhi percabulan
4:3 Karena inilah kehendak Allah: pengudusanmu, yaitu supaya kamu menjauhi percabulan,
4:4 supaya kamu masing-masing mengambil seorang perempuan menjadi isterimu sendiri dan hidup di dalam pengudusan dan penghormatan,
4:5 bukan di dalam keinginan hawa nafsu, seperti yang dibuat oleh orang-orang yang tidak mengenal Allah,



Surat Tesalonika berbicara banyak mengenai kedatangan Tuhan, yaitu hidup menjaga kekudusan

Dosa kenajisan dan percabulan semakin menonjol dalam akhir jaman
Why 17:1-5
17:1 Lalu datanglah seorang dari ketujuh malaikat, yang membawa ketujuh cawan itu dan berkata kepadaku: "Mari ke sini, aku akan menunjukkan kepadamu putusan atas pelacur besar, yang duduk di tempat yang banyak airnya.
17:2 Dengan dia raja-raja di bumi telah berbuat cabul, dan penghuni-penghuni bumi telah mabuk oleh anggur percabulannya."
17:3 Dalam roh aku dibawanya ke padang gurun. Dan aku melihat seorang perempuan duduk di atas seekor binatang yang merah ungu, yang penuh tertulis dengan nama-nama hujat. Binatang itu mempunyai tujuh kepala dan sepuluh tanduk.
17:4 Dan perempuan itu memakai kain ungu dan kain kirmizi yang dihiasi dengan emas, permata dan mutiara, dan di tangannya ada suatu cawan emas penuh dengan segala kekejian dan kenajisan percabulannya.
17:5 Dan pada dahinya tertulis suatu nama, suatu rahasia: "Babel besar, ibu dari wanita-wanita pelacur dan dari kekejian bumi."



Tempat yang banyak airnya menunjuk pada bangsa- bangsa di bumi yang sudah dikuasai perempuan Babel.

Why 19:1,2 akhirnya perempuan Babel ( pelacur besar) dihukum oleh Tuhan
19:1 Kemudian dari pada itu aku mendengar seperti suara yang nyaring dari himpunan besar orang banyak di sorga, katanya: "Haleluya! Keselamatan dan kemuliaan dan kekuasaan adalah pada Allah kita,
19:2 sebab benar dan adil segala penghakiman-Nya, karena Ialah yang telah menghakimi pelacur besar itu, yang merusakkan bumi dengan percabulannya; dan Ialah yang telah membalaskan darah hamba-hamba-Nya atas pelacur itu."

5.mereka merebahkan diri di samping setiap mezbah di atas pakaian gadaian orang dan minum anggur orang-orang yang kena denda di rumah Allah mereka
Yaitu mezbah berhala, lalu minum sampai mabuk, dan berakhir dengan perbuatan jinah

Kejadian serupa juga terjadi saat bangsa Israel berpesta setelah menyembah lembu anak emas
Kel 32:6
Dan keesokan harinya pagi-pagi maka mereka mempersembahkan korban bakaran dan korban keselamatan, sesudah itu duduklah bangsa itu untuk makan dan minum; kemudian bangunlah mereka dan bersukaria.

Makan dan minum: pesta penyembahan berhala, minum anggur sampai bermabuk-mabukan lalu bangunlah mereka setelah berbuat dosa (najis/cabul)


Amsal 23:29-35 orang yang mabuk karena anggur

23:29 Siapa mengaduh? Siapa mengeluh? Siapa bertengkar? Siapa berkeluh kesah? Siapa mendapat cidera tanpa sebab? Siapa merah matanya?
23:30 Yakni mereka yang duduk dengan anggur sampai jauh malam, mereka yang datang mengecap anggur campuran.
23:31 Jangan melihat kepada anggur, kalau merah menarik warnanya, dan mengilau dalam cawan, yang mengalir masuk dengan nikmat,
23:32 tetapi kemudian memagut seperti ular, dan menyemburkan bisa seperti beludak.
23:33 Lalu matamu akan melihat hal-hal yang aneh, dan hatimu mengucapkan kata-kata yang kacau.
23:34 Engkau seperti orang di tengah ombak laut, seperti orang di atas tiang kapal.
23:35 Engkau akan berkata: "Orang memukul aku, tetapi aku tidak merasa sakit. Orang memalu aku, tetapi tidak kurasa. Bilakah aku siuman? Aku akan mencari anggur lagi."



Lot adalah petani anggur, dan karena minum sampai mabuk, terjadi percabulan antara Lot dan anak-anaknya

Kembali ke kitab Amos.
Tuhan pernah menolong bangsa Israel dari orang Amori yang tinggi, (ay 9)
Menggambarkan seperti orang Kristen yang pernah di tolong Tuhan melewati raksasa-raksasa dalam kehidupan

Banyak pertolongan Tuhan terhadap bangsa Israel, seperti saat mereka keluar dari Mesir yaitu laut dibelah, merupakan perbuatan Allah yang besar, dipelihara oleh manna, burung puyuh dan air kehidupan, dsb

Dalam Amos 2 :11-12
Nabi Tidak boleh bernubuat dan Nazir diberi minum anggur

Nazir: utusan Tuhan, seperti kisah Simson. Saat ibunya mengandung tidak boleh minum anggur
Ayat ini berarti melarang orang utusan Tuhan . Berbicara mengenai kehidupan yang menyia-nyiakan kepercayaan dari Tuhan

1 Kor 4:1-2
4:1 Demikianlah hendaknya orang memandang kami: sebagai hamba-hamba Kristus, yang kepadanya dipercayakan rahasia Allah.
4:2 Yang akhirnya dituntut dari pelayan-pelayan yang demikian ialah, bahwa mereka ternyata dapat dipercayai.

Apakah kita masih dapat dipercaya oleh Tuhan?

Keputusan Tuhan:

Amos 2: 13 akan mengalami kegoncangan
Sesungguhnya, Aku akan mengguncangkan tempat kamu berpijak seperti goncangan kereta yang sarat dengan berkas gandum

Yang bertahan saat mengalami kegoncangan:
Amsal 12: 3 orang benar yang sanggup bertahan, yang dibenarkan oleh Firman Allah
Orang tidak akan tetap tegak karena kefasikan, tetapi akar orang benar tidak akan goncang.

Semakin banyak firman, akan dapat menolong kita saat masalah terjadi, sehingga kehidupan akan disucikan

Dalam Amos 2:14 -16 semua tidak akan ada yang luput dari goncangan

Ibr 12:26-28 Yerusalem Baru sebagai kota yang tidak tergoncangkan,
12:26 Waktu itu suara-Nya menggoncangkan bumi, tetapi sekarang Ia memberikan janji: "Satu kali lagi Aku akan menggoncangkan bukan hanya bumi saja, melainkan langit juga."
12:27 Ungkapan "Satu kali lagi" menunjuk kepada perubahan pada apa yang dapat digoncangkan, karena ia dijadikan supaya tinggal tetap apa yang tidak tergoncangkan.
12:28 Jadi, karena kita menerima kerajaan yang tidak tergoncangkan, marilah kita mengucap syukur dan beribadah kepada Allah menurut cara yang berkenan kepada-Nya, dengan hormat dan takut.


Semua akan diuji, orang Kristen apakah mudah digoncangkan

Belajar hormat dan takut saat beribadah, karena saat beribadah kita langsung bertemu dengan Tuhan. Dan kita sudah menerima janji untuk menjadi mempelai Tuhan

Tuhan Yesus memberkati !