Translate

14 Jul 2013

Ibadah Raya 14 Juli 2013: Anak-Anak Terang Yang Berbuahkan Kebenaran



Ibadah Raya 14 Juli 2013: Anak-Anak Terang Yang Berbuahkan Kebenaran
Pembicara : Pdt.Pogiono dari Palangkaraya



Ef 5:8,9
5:8 Memang dahulu kamu adalah kegelapan, tetapi sekarang kamu adalah terang di dalam Tuhan. Sebab itu hiduplah sebagai anak-anak terang,
5:9 karena terang hanya berbuahkan kebaikan dan keadilan dan kebenaran,

Dulu kita hidup dalam kegelapan, sekarang hidup terang, disiapkan menjadi penghuni kota terang yaitu Yerusalem Baru

Ciri anak-anak terang yaitu berbuahkan kebaikan, keadilan, kebenaran
Disini kita akan membahas yang kebenaran
Benar artinya jujur
Berarti rohani dan jiwa orang tersebut sehat bila ada kebenaran / kejujuran,

3 Yoh 1:1-3 Segalanya baik, lancar, berhasil karena hidup dalam kebenaran / kejujuran
1:1 Dari penatua kepada Gayus yang kekasih, yang kukasihi dalam kebenaran.
1:2 Saudaraku yang kekasih, aku berdoa, semoga engkau baik-baik dan sehat-sehat saja dalam segala sesuatu, sama seperti jiwamu baik-baik saja.
1:3 Sebab aku sangat bersukacita, ketika beberapa saudara datang dan memberi kesaksian tentang hidupmu dalam kebenaran, sebab memang engkau hidup dalam kebenaran.

Anak Tuhan jujur dalam hal:
1.Pengajaran , yaitu menyampaikan firman apa adanya tidak ditambahi dan dikurangi

Titus 2:1,7
2:1 Tetapi engkau, beritakanlah apa yang sesuai dengan ajaran yang sehat:
2:7 dan jadikanlah dirimu sendiri suatu teladan dalam berbuat baik. Hendaklah engkau jujur dan bersungguh-sungguh dalam pengajaranmu,

Suratan Titus dtulis Rasul Paulus untuk Titus, dalam Tabernakel terkena Surat Tahbisan, yaitu pentahbisan Imam yang benar.
Sangat ditekankan mengenai pengajaran. Bila pengajaran sehat maka tahbisan jadi benar

Seorang hamba Tuhan harus menyampaikan firman apa adanya walaupun firman Tuhan seperti palu yang menghancurkan bukit batu

Yer 23 :28-30
23:28 Nabi yang beroleh mimpi, biarlah menceritakan mimpinya itu, dan nabi yang beroleh firman-Ku, biarlah menceritakan firman-Ku itu dengan benar! Apakah sangkut-paut jerami dengan gandum? demikianlah firman TUHAN.
23:29 Bukankah firman-Ku seperti api, demikianlah firman TUHAN dan seperti palu yang menghancurkan bukit batu?
23:30 Sebab itu, sesungguhnya, Aku akan menjadi lawan para nabi, demikianlah firman TUHAN, yang mencuri firman-Ku masing-masing dari temannya.

Dituliskan dalam Yer 23:9-11. bahwa hati Tuhan hancur karena tahbisan Imam yang tidak benar yang menyebabkan pengajaran yang tidak sehat
23:9 Mengenai nabi-nabi. Hatiku hancur dalam dadaku, segala tulangku goyah. Keadaanku seperti orang mabuk, seperti laki-laki yang terlalu banyak minum anggur, oleh karena TUHAN dan oleh karena firman-Nya yang kudus.
23:10 Negeri telah penuh dengan orang-orang berzinah; sungguh, oleh karena kutuk ini gersanglah negeri dan layulah padang-padang rumput di gurun; apa yang dikejar mereka adalah kejahatan, dan kekuatan mereka adalah ketidakadilan.
23:11 "Sungguh, baik nabi maupun imam berlaku fasik; di rumah-Kupun juga Aku mendapati kejahatan mereka, demikianlah firman TUHAN

Dan sebaliknya bila dibibir imam-imam ada pengajaran yang benar:
Mal 2:6-9
2:6 Pengajaran yang benar ada dalam mulutnya dan kecurangan tidak terdapat pada bibirnya. Dalam damai sejahtera dan kejujuran ia mengikuti Aku dan banyak orang dibuatnya berbalik dari pada kesalahan.
2:7 Sebab bibir seorang imam memelihara pengetahuan dan orang mencari pengajaran dari mulutnya, sebab dialah utusan TUHAN semesta alam.
2:8 Tetapi kamu ini menyimpang dari jalan; kamu membuat banyak orang tergelincir dengan pengajaranmu; kamu merusakkan perjanjian dengan Lewi, firman TUHAN semesta alam.
2:9 Maka Akupun akan membuat kamu hina dan rendah bagi seluruh umat ini, oleh karena kamu tidak mengikuti jalan yang Kutunjukkan, tetapi memandang bulu dalam pengajaranmu.

Kita ke gereja mencari pengajaran yang benar
Yes 2:2-4
2:2 Akan terjadi pada hari-hari yang terakhir: gunung tempat rumah TUHAN akan berdiri tegak di hulu gunung-gunung dan menjulang tinggi di atas bukit-bukit; segala bangsa akan berduyun-duyun ke sana,
2:3 dan banyak suku bangsa akan pergi serta berkata: "Mari, kita naik ke gunung TUHAN, ke rumah Allah Yakub, supaya Ia mengajar kita tentang jalan-jalan-Nya, dan supaya kita berjalan menempuhnya; sebab dari Sion akan keluar pengajaran dan firman TUHAN dari Yerusalem."
2:4 Ia akan menjadi hakim antara bangsa-bangsa dan akan menjadi wasit bagi banyak suku bangsa; maka mereka akan menempa pedang-pedangnya menjadi mata bajak dan tombak-tombaknya menjadi pisau pemangkas; bangsa tidak akan lagi mengangkat pedang terhadap bangsa, dan mereka tidak akan lagi belajar perang.

Dalam Amsal 2 terdapat janji-janji Tuhan bila kita menyimpan firman Tuhan, bukan perkara lain dan mengejarnya / mencari firman seperti harta yang terpendam.
Sebagai umat kejar firman selagi ada kesempatan

Sebagai contoh dalam Markus 12:13-17 Yesus(yang dalam Injil Markus digambarkan
sebagai hamba yang sempurna) jujur dalam menyampaikan firman, tidak pandang muka

12:14 Orang-orang itu datang dan berkata kepada-Nya: "Guru, kami tahu, Engkau adalah seorang yang jujur, dan Engkau tidak takut kepada siapapun juga, sebab Engkau tidak mencari muka, melainkan dengan jujur mengajar jalan Allah dengan segala kejujuran. Apakah diperbolehkan membayar pajak kepada Kaisar atau tidak? Haruskah kami bayar atau tidak?"

2.Jujur dalam kata-kata, tidak berdusta
Why 14:5
Dan di dalam mulut mereka tidak terdapat dusta; mereka tidak bercela.

Mat 5:37
Jika ya, hendaklah kamu katakan: ya, jika tidak, hendaklah kamu katakan: tidak. Apa yang lebih dari pada itu berasal dari si jahat

Jujur dalam perkataan diawali dengan jujur mengaku dosa
1 Yoh 1:5-10
1:5 Dan inilah berita, yang telah kami dengar dari Dia, dan yang kami sampaikan kepada kamu: Allah adalah terang dan di dalam Dia sama sekali tidak ada kegelapan.
1:6 Jika kita katakan, bahwa kita beroleh persekutuan dengan Dia, namun kita hidup di dalam kegelapan, kita berdusta dan kita tidak melakukan kebenaran.
1:7 Tetapi jika kita hidup di dalam terang sama seperti Dia ada di dalam terang, maka kita beroleh persekutuan seorang dengan yang lain, dan darah Yesus, Anak-Nya itu, menyucikan kita dari pada segala dosa.
1:8 Jika kita berkata, bahwa kita tidak berdosa, maka kita menipu diri kita sendiri dan kebenaran tidak ada di dalam kita.
1:9 Jika kita mengaku dosa kita, maka Ia adalah setia dan adil, sehingga Ia akan mengampuni segala dosa kita dan menyucikan kita dari segala kejahatan.
1:10 Jika kita berkata, bahwa kita tidak ada berbuat dosa, maka kita membuat Dia menjadi pendusta dan firman-Nya tidak ada di dalam kita

Dalam Yer 8:4-8 Bila kita tersandung dan tersesat dalam hidup ini, mari kita bangun dan kembali. Ada penyesalan dan pertobatan
8:4 Engkau harus mengatakan kepada mereka: "Beginilah firman TUHAN: Apabila orang jatuh, masakan ia tidak bangun kembali? Apabila orang berpaling, masakan ia tidak kembali?
8:5 Mengapakah bangsa ini berpaling, berpaling terus-menerus? Mereka berpegang pada tipu, mereka menolak untuk kembali.
8:6 Aku telah memperhatikan dan mendengarkan: mereka tidak berkata dengan jujur! Tidak ada yang menyesal karena kejahatannya dengan mengatakan: Apakah yang telah kulakukan ini! Sambil berlari semua mereka berpaling, seperti kuda yang menceburkan diri ke dalam pertempuran.
8:7 Bahkan burung ranggung di udara mengetahui musimnya, burung tekukur, burung layang-layang dan burung bangau berpegang pada waktu kembalinya, tetapi umat-Ku tidak mengetahui hukum TUHAN.
8:8 Bagaimanakah kamu berani berkata: Kami bijaksana, dan kami mempunyai Taurat TUHAN? Sesungguhnya, pena palsu penyurat sudah membuatnya menjadi bohong.

Akan terjadi kebinasaan karena tidak mengerti hukum Tuhan, tidak ada pengetahuan mengenai firman Tuhan, dan akhirnya yang ada adalah pena palsu, pengukir dusta dalam hati

Sedangkan kebenaran firman Tuhan ditulis atau diukir oleh Roh Kudus
2 Kor 3:3
Karena telah ternyata, bahwa kamu adalah surat Kristus, yang ditulis oleh pelayanan kami, ditulis bukan dengan tinta, tetapi dengan Roh dari Allah yang hidup, bukan pada loh-loh batu, melainkan pada loh-loh daging, yaitu di dalam hati manusia.

Lidah kita juga seperti pena
Mzm 45:2
Hatiku meluap dengan kata-kata indah, aku hendak menyampaikan sajakku kepada raja; lidahku ialah pena seorang jurutulis yang mahir.

Bila terdapat pena kebenaran / lidah pengajaran yang benar, maka tahbisan menjadi benar, dan sebaliknya.
Dalam kehidupan nikah, apakah anak-anak sudah ditulisi oleh kebenaran Firman Tuhan dari lidah orang tua? Karena lidah bagaikan pena yang akan terukir dalam hati

Dalam Yer 17:1 dosa telah mendarah daging karena tertulis dengan pena besi.
"Dosa Yehuda telah tertulis dengan pena besi, yang matanya dari intan, terukir pada loh hati mereka dan pada tanduk-tanduk mezbah mereka

Akibat dari dosa yang mendarah daging yaitu perlindungan dan pemeliharaan Tuhan dicabut
Yer 17:3,4
17:3 yakni pegunungan di padang. Harta kekayaanmu dan segala barang perbendaharaanmu akan Kuberikan dirampas sebagai ganjaran atas dosamu di segenap daerahmu.
17:4 Engkau terpaksa lepas tangan dari milik pusakamu yang telah Kuberikan kepadamu, dan Aku akan membuat engkau menjadi budak musuhmu di negeri yang tidak kaukenal, sebab dalam murka-Ku api telah mencetus yang akan menyala untuk selama-lamanya."

Seruan untuk bertobat.
Bila ada pengakuan dan penyesalan maka akan ada pengampunan dan akan dipulihkan kembali
Hos 14:2-4
14:2 Bertobatlah, hai Israel, kepada TUHAN, Allahmu, sebab engkau telah tergelincir karena kesalahanmu.
14:3 Bawalah sertamu kata-kata penyesalan, dan bertobatlah kepada TUHAN! katakanlah kepada-Nya: "Ampunilah segala kesalahan, sehingga kami mendapat yang baik, maka kami akan mempersembahkan pengakuan kami.

Dan janji pemulihan Tuhan:
Hosea 14:5-6
14:5 Aku akan memulihkan mereka dari penyelewengan, Aku akan mengasihi mereka dengan sukarela, sebab murka-Ku telah surut dari pada mereka.
14:6 Aku akan seperti embun bagi Israel, maka ia akan berbunga seperti bunga bakung dan akan menjulurkan akar-akarnya seperti pohon hawar.

Embun bagi Israel artinya pengajaran diturunkan. Dan rohani menjadi tumbuh kembali.
Bunga bakung di lembah gambaran mempelai Pria Surga, sedangkan bunga bakung di duri ( lambang di tengah kekawatiran) merupakan kehidupan kita.
Bertobat, dipulihkan lalu digembalakan adalah proses menuju Yerusalem Baru

Dan akhirnya digembalakan, dibawa ke mata air kehidupan.
Why 7:16-17
7:16 Mereka tidak akan menderita lapar dan dahaga lagi, dan matahari atau panas terik tidak akan menimpa mereka lagi.
7:17 Sebab Anak Domba yang di tengah-tengah takhta itu, akan menggembalakan mereka dan akan menuntun mereka ke mata air kehidupan. Dan Allah akan menghapus segala air mata dari mata mereka."


Ajakan Tuhan untuk mengakui kesalahan
Yer 3:12
Pergilah menyerukan perkataan-perkataan ini ke utara, katakanlah: Kembalilah, hai Israel, perempuan murtad, demikianlah firman TUHAN. Muka-Ku tidak akan muram terhadap kamu, sebab Aku ini murah hati, demikianlah firman TUHAN, tidak akan murka untuk selama-lamanya

Janganlah sembunyikan dosa, kita harus mengaku dan meninggalkannya
Ams 28:13
Siapa menyembunyikan pelanggarannya tidak akan beruntung, tetapi siapa mengakuinya dan meninggalkannya akan disayangi.

Jangan bersembunyi dibalik dosa
Yes 28:15-17
28:15 Karena kamu telah berkata: "Kami telah mengikat perjanjian dengan maut, dan dengan dunia maut kami telah mengadakan persetujuan; biarpun cemeti berdesik-desik dengan kerasnya, kami tidak akan kena; sebab kami telah membuat bohong sebagai perlindungan kami, dan dalam dusta kami menyembunyikan diri,"
28:16 sebab itu beginilah firman Tuhan ALLAH: "Sesungguhnya, Aku meletakkan sebagai dasar di Sion sebuah batu, batu yang teruji, sebuah batu penjuru yang mahal, suatu dasar yang teguh: Siapa yang percaya, tidak akan gelisah!
28:17 Dan Aku akan membuat keadilan menjadi tali pengukur, dan kebenaran menjadi tali sipat; hujan batu akan menyapu bersih perlindungan bohong, dan air lebat akan menghanyutkan persembunyian.


3. Jujur dalam keuangan, artinya tidak mencuri milik Tuhan yaitu persembahan sepersepuluh dan persembahan khusus.(Mal 3:8-10)
Orang jujur akan dipelihara Tuhan
Mal 2:6
Pengajaran yang benar ada dalam mulutnya dan kecurangan tidak terdapat pada bibirnya. Dalam damai sejahtera dan kejujuran ia mengikuti Aku dan banyak orang dibuatnya berbalik dari pada kesalahan.

Nasib orang yang tidak jujur, akan segera lisut seperti rumput layu
Mzm 37:1-2
37:1 Dari Daud. Jangan marah karena orang yang berbuat jahat, jangan iri hati kepada orang yang berbuat curang;
37:2 sebab mereka segera lisut seperti rumput dan layu seperti tumbuh-tumbuhan hijau.


Kebalikan dari yang tidak jujur, yaitu orang jujur
Yes 44:1-5
44:1 "Tetapi sekarang, dengarlah, hai Yakub, hamba-Ku, dan hai Israel, yang telah Kupilih!
44:2 Beginilah firman TUHAN yang menjadikan engkau, yang membentuk engkau sejak dari kandungan dan yang menolong engkau: Janganlah takut, hai hamba-Ku Yakub, dan hai Yesyurun, yang telah Kupilih!
44:3 Sebab Aku akan mencurahkan air ke atas tanah yang haus, dan hujan lebat ke atas tempat yang kering. Aku akan mencurahkan Roh-Ku ke atas keturunanmu, dan berkat-Ku ke atas anak cucumu.
44:4 Mereka akan tumbuh seperti rumput di tengah-tengah air, seperti pohon-pohon gandarusa di tepi sungai.
44:5 Yang satu akan berkata: Aku kepunyaan TUHAN, yang lain akan menyebut dirinya dengan nama Yakub, dan yang ketiga akan menuliskan pada tangannya: Kepunyaan TUHAN, dan akan menggelari dirinya dengan nama Israel."

Yesurun (nama lain Yakob/ Israel) sebagai kehidupan yang dibentuk,/ dipilih, yang berarti jujur

Dibentuk seperti penjunan membentuk tanah liat
Mari kita serahkan hidup kita kembali ke tangan Tuhan