Translate

10 Jul 2013

Pendalaman Alkitab, 9 Juli 2013, Amos 3:1-8 Seruan Allah Kepada Israel


Pendalaman Alkitab, 9 Juli 2013, Amos 3:1-8 Seruan Allah Kepada Israel

Amos 3:1-8
3:1 Dengarlah firman ini, yang diucapkan TUHAN tentang kamu, hai orang Israel, tentang segenap kaum yang telah Kutuntun keluar dari tanah Mesir, bunyinya:
3:2 "Hanya kamu yang Kukenal dari segala kaum di muka bumi, sebab itu Aku akan menghukum kamu karena segala kesalahanmu.
3:3 Berjalankah dua orang bersama-sama, jika mereka belum berjanji?
3:4 Mengaumkah seekor singa di hutan, apabila tidak mendapat mangsa? Bersuarakah singa muda dari sarangnya, jika belum menangkap apa-apa?
3:5 Jatuhkah seekor burung ke dalam perangkap di tanah, apabila tidak ada jerat terhadapnya? Membingkaskah perangkap dari tanah, jika tidak ditangkapnya sesuatu?
3:6 Adakah sangkakala ditiup di suatu kota, dan orang-orang tidak gemetar? Adakah terjadi malapetaka di suatu kota, dan TUHAN tidak melakukannya?
3:7 Sungguh, Tuhan ALLAH tidak berbuat sesuatu tanpa menyatakan keputusan-Nya kepada hamba-hamba-Nya, para nabi.
3:8 Singa telah mengaum, siapakah yang tidak takut? Tuhan ALLAH telah berfirman, siapakah yang tidak bernubuat?"


Dalam kitab Amos 3:1-8 ada beberapa hal mengenai seruan Allah kepada bangsa Israel, yaitu :

1. Kaum yang telah Kutuntun keluar dari tanah Mesir (ay 1)
Perbuatan Allah yang heran dan besar saat mengeluarkan bangsa Israel dari perbudakan tersiar hingga ke seluruh bangsa- bangsa, yaitu saat Laut Teberau terbelah dua.

Ada 3 hal yang Allah ingin bangsa Israel selalu ingat, yaitu:
•Kekuatan tangan Allah yang telah membawa bangsa Israel keluar dari tanah Mesir
Kel 13:14
Dan apabila anakmu akan bertanya kepadamu di kemudian hari: Apakah artinya itu? maka haruslah engkau berkata kepadanya: Dengan kekuatan tangan-Nya TUHAN telah membawa kita keluar dari Mesir, dari rumah perbudakan.

•Allah ingin bangsa Israel untuk selalu memelihara ibadah paskah, yaitu dengan memperingati korbanNya Kristus (waktu itu dengan penyembelihan anak domba). Suatu peristiwa besar ketika Allah mengutus malaikat untuk membunuh orang Mesir yang tidak ada tanda darah .Orang Mesir jijik terhadap binatang korban ( lembu, domba). Padahal dibalik tanda darah itu adalah keselamatan. Dan akhirnya ada jeritan tangis dari bangsa Mesir
Kel 12:24-27
12:24 Kamu harus memegang ini sebagai ketetapan sampai selama-lamanya bagimu dan bagi anak-anakmu.
12:25 Dan apabila kamu tiba di negeri yang akan diberikan TUHAN kepadamu, seperti yang difirmankan-Nya, maka kamu harus pelihara ibadah ini.
12:26 Dan apabila anak-anakmu berkata kepadamu: Apakah artinya ibadahmu ini?
12:27 maka haruslah kamu berkata: Itulah korban Paskah bagi TUHAN yang melewati rumah-rumah orang Israel di Mesir, ketika Ia menulahi orang Mesir, tetapi menyelamatkan rumah-rumah kita." Lalu berlututlah bangsa itu dan sujud menyembah.


Sebagai Israel rohani kita juga harus selalu mengingat korbanNya Kristus.

•Untuk selalu mengingat saat keluar dari tanah Mesir, yaitu lepas dari dosa
Ul 16:1-3
16:1 "Ingatlah akan bulan Abib dan rayakanlah Paskah bagi TUHAN, Allahmu, sebab dalam bulan Abib itulah TUHAN, Allahmu, membawa engkau keluar dari Mesir pada waktu malam.
16:2 Maka engkau harus menyembelih kambing domba dan lembu sapi sebagai korban Paskah bagi TUHAN, Allahmu, di tempat yang akan dipilih TUHAN untuk membuat nama-Nya diam di sana.
16:3 Janganlah engkau makan sesuatu yang beragi besertanya; tujuh hari lamanya engkau harus makan roti yang tidak beragi besertanya, yakni roti penderitaan, sebab dengan buru-buru engkau keluar dari tanah Mesir. Maksudnya supaya seumur hidupmu engkau teringat akan hari engkau keluar dari tanah Mesir.

Ket : pada waktu malam (ay 1) : menunjuk gelapnya dunia ini, banyak terjadi kejahatan, kekotoran

Kita telah dibebaskan dari dosa, kemudian dibaptis yaitu merupakan suatu tanda kelepasan ( roti penderitaan). Setiap hendak berbuat dosa, harus berpikir karena pengorbanan Tuhan sungguh besar.

Bangsa Israel adalah bangsa pilihan Allah
Karena proses untuk mendapat Israel, Allah mengorbankan putraNya,
Dan bagi kita bangsa kafir bila kita percaya akan ketebusanNya, maka kita juga sah menjadi milik Allah (bangsa Israel secara rohani)

1 Ptr 2:9,10
2:9 Tetapi kamulah bangsa yang terpilih, imamat yang rajani, bangsa yang kudus, umat kepunyaan Allah sendiri, supaya kamu memberitakan perbuatan-perbuatan yang besar dari Dia, yang telah memanggil kamu keluar dari kegelapan kepada terang-Nya yang ajaib:
2:10 kamu, yang dahulu bukan umat Allah, tetapi yang sekarang telah menjadi umat-Nya, yang dahulu tidak dikasihani tetapi yang sekarang telah beroleh belas kasihan.


Dalam ayat ini mengandung janji yaitu bangsa terpilih, imamat rajani, bangsa yang kudus, umat kepunyaan Allah , itu lah predikat kita


2. Hanya kamu yang Kukenal dari kaum di bumi (Amos 3:2)

Kata mengenal dalam bahasa Ibrani artinya kata dasar pengalaman dan saling berhubungan atau memasuki hubungan hidup dengan seseorang.

Bila kita ingin dikenal dan mengenal Allah harus memasuki suatu hubungan. Allah tahu semua hal tentang kita
Apakah kita tahu apa yang Allah kehendaki atau pemikiran-pemikiranNya?
Jawabannya adalah melalui Roh Kudus
Rm 8:26,27
8:26 Demikian juga Roh membantu kita dalam kelemahan kita; sebab kita tidak tahu, bagaimana sebenarnya harus berdoa; tetapi Roh sendiri berdoa untuk kita kepada Allah dengan keluhan-keluhan yang tidak terucapkan.
8:27 Dan Allah yang menyelidiki hati nurani, mengetahui maksud Roh itu, yaitu bahwa Ia, sesuai dengan kehendak Allah, berdoa untuk orang-orang kudus.


Hos 13:5
13:5 Akulah yang mengenal engkau di padang gurun, di tanah yang gersang.
Tuhan selalu peduli dan bersama kita dalam hal yang tidak nyaman (kesakitan, penderitaan,dsb)


Penderitaan yang kita alami merupakan cara Allah dalam memproses kehidupan, supaya kita dapat dimiliki oleh Allah seutuhnya.
Kita dilatih terus dalam kehidupan ini, untuk terus meningkat, semakin dekat denganNya

Tuhan ingin agar semua keluarga Abraham mengenal Dia , dan sekarang menunjuk pada kehidupan kita,
Kej 18:19
Sebab Aku telah memilih dia, supaya diperintahkannya kepada anak-anaknya dan kepada keturunannya supaya tetap hidup menurut jalan yang ditunjukkan TUHAN, dengan melakukan kebenaran dan keadilan, dan supaya TUHAN memenuhi kepada Abraham apa yang dijanjikan-Nya kepadanya."

Tuhan membuat segala sesuatu dengan suatu maksud. Dibebaskan dari dosa, diproses dalam padang gurun, lalu menuju ke Kanaan (Tanah perjanjian)


3. Berjalankah dua orang bersama-sama, jika mereka belum berjanji?(Amos 3:3)
Menunjuk satu pihak Tuhan satu dari kita. Hal ini mengenai kelanjutan dari suatu hubungan.
Bila kita berjalan dengan Tuhan, maka kita harus hidup menurut kehendak Tuhan
Sudahkan kita tinggal dalam Dia, dengan firmanNya?

Yoh 15:7
Jikalau kamu tinggal di dalam Aku dan firman-Ku tinggal di dalam kamu, mintalah apa saja yang kamu kehendaki, dan kamu akan menerimanya.

Apa untungnya berjalan bersama Tuhan?
1.Berada ditengah api pencobaan tidak terasa panas
Dan 3:24-27
3:24 Kemudian terkejutlah raja Nebukadnezar lalu bangun dengan segera; berkatalah ia kepada para menterinya: "Bukankah tiga orang yang telah kita campakkan dengan terikat ke dalam api itu?" Jawab mereka kepada raja: "Benar, ya raja!"
3:25 Katanya: "Tetapi ada empat orang kulihat berjalan-jalan dengan bebas di tengah-tengah api itu; mereka tidak terluka, dan yang keempat itu rupanya seperti anak dewa!"
3:26 Lalu Nebukadnezar mendekati pintu perapian yang bernyala-nyala itu; berkatalah ia: "Sadrakh, Mesakh dan Abednego, hamba-hamba Allah yang maha tinggi, keluarlah dan datanglah ke mari!" Lalu keluarlah Sadrakh, Mesakh dan Abednego dari api itu.
3:27 Dan para wakil raja, para penguasa, para bupati dan para menteri raja datang berkumpul; mereka melihat, bahwa tubuh orang-orang ini tidak mempan oleh api itu, bahwa rambut di kepala mereka tidak hangus, jubah mereka tidak berubah apa-apa, bahkan bau kebakaranpun tidak ada pada mereka.

Ket :anak dewa dalam salinan Bahasa Inggris versi King James yaitu The Son of God

2.Dia akan menyertai kita saat berjalan melalui air
Yes 43:1,2
43:1 Tetapi sekarang, beginilah firman TUHAN yang menciptakan engkau, hai Yakub, yang membentuk engkau, hai Israel: "Janganlah takut, sebab Aku telah menebus engkau, Aku telah memanggil engkau dengan namamu, engkau ini kepunyaan-Ku.
43:2 Apabila engkau menyeberang melalui air, Aku akan menyertai engkau, atau melalui sungai-sungai, engkau tidak akan dihanyutkan; apabila engkau berjalan melalui api, engkau tidak akan dihanguskan, dan nyala api tidak akan membakar engkau.


3.Dia akan memberi kekuatan saat kita lemah dan lelah
Yes 40:29-31
40:29 Dia memberi kekuatan kepada yang lelah dan menambah semangat kepada yang tiada berdaya.
40:30 Orang-orang muda menjadi lelah dan lesu dan teruna-teruna jatuh tersandung,
40:31 tetapi orang-orang yang menanti-nantikan TUHAN mendapat kekuatan baru: mereka seumpama rajawali yang naik terbang dengan kekuatan sayapnya; mereka berlari dan tidak menjadi lesu, mereka berjalan dan tidak menjadi lelah.


Biar Yesus selalu berjalan di depan , dalam segala hal
Yes 45:2
Aku sendiri hendak berjalan di depanmu dan hendak meratakan gunung-gunung, hendak memecahkan pintu-pintu tembaga dan hendak mematahkan palang-palang besi


Penjelasan Amos 3:4-6
1. Mengaumkah seekor singa di hutan, apabila tidak mendapat mangsa? (ay 4)
Singa mengaum, artinya menakut-nakuti mangsa , merupakan suatu peringatan
Hos 11:10
Mereka akan mengikuti TUHAN, Ia akan mengaum seperti singa. Sungguh, Ia akan mengaum, maka anak-anak akan datang dengan gemetar dari barat,

2. Jatuhkah seekor burung ke dalam perangkap di tanah, apabila tidak ada jerat (ay 5)

Artinya yaitu keadaan yang bertambah sulit
Ams 7:22.23
7:22 Maka tiba-tiba orang muda itu mengikuti dia seperti lembu yang dibawa ke pejagalan, dan seperti orang bodoh yang terbelenggu untuk dihukum,
7:23 sampai anak panah menembus hatinya; seperti burung dengan cepat menuju perangkap, dengan tidak sadar, bahwa hidupnya terancam


Amsal ini Berbicara mengenai kehidupan seorang pemuda yang terjebak oleh pelacur

3. Adakah sangkakala ditiup di suatu kota, dan orang-orang tidak gemetar? (Ay 6)

Menunjuk pada peringatan yang bertambah keras
Tuhan akan memberi peringatan sebelum seseorang jatuh dalam dosa. Biasanya orang sudah berbuat dosa terlebih dahulu dalam angan- angannya

Ams 22:5 sebelum terperangkap, hati sudah seronng
Duri dan perangkap ada di jalan orang yang serong hatinya; siapa ingin memelihara diri menjauhi orang itu.

Sangkakala artinya sangkakala Allah, yaitu firman Allah. Dimana firman Allah sering memberi peringatan pada kita

Kel 19:16
Dan terjadilah pada hari ketiga, pada waktu terbit fajar, ada guruh dan kilat dan awan padat di atas gunung dan bunyi sangkakala yang sangat keras, sehingga gemetarlah seluruh bangsa yang ada di perkemahan.

Sangkakala dibunyikan sehingga seluruh umat Allah gemetar ( suara firman Allah). Apakah ketika firman Allah diberitakan ada perasaan gemetar?
Bila ya, maka kehidupan akan tertolong dari dosa

Hari peniupan sangkakala telah dinubuatkan oleh Nabi Zefanya
Zefanya 1:14-16
1:14 Sudah dekat hari TUHAN yang hebat itu, sudah dekat dan datang dengan cepat sekali! Dengar, hari TUHAN pahit, pahlawanpun akan menangis.
1:15 Hari kegemasan hari itu, hari kesusahan dan kesulitan, hari kemusnahan dan pemusnahan, hari kegelapan dan kesuraman, hari berawan dan kelam,
1:16 hari peniupan sangkakala dan pekik tempur terhadap kota-kota yang berkubu dan terhadap menara penjuru yang tinggi.


Merupakan hari kedatangan Tuhan yang mencekam, tapi bagi orang beriman merupakan hari yang indah, karena kita telah diangkat

1 Tes 4:16, 17
4:16 Sebab pada waktu tanda diberi, yaitu pada waktu penghulu malaikat berseru dan sangkakala Allah berbunyi, maka Tuhan sendiri akan turun dari sorga dan mereka yang mati dalam Kristus akan lebih dahulu bangkit;
4:17 sesudah itu, kita yang hidup, yang masih tinggal, akan diangkat bersama-sama dengan mereka dalam awan menyongsong Tuhan di angkasa. Demikianlah kita akan selama-lamanya bersama-sama dengan Tuhan.



Penutup:
Amos 3:7,8
3:7 Sungguh, Tuhan ALLAH tidak berbuat sesuatu tanpa menyatakan keputusan-Nya kepada hamba-hamba-Nya, para nabi.
3:8 Singa telah mengaum, siapakah yang tidak takut? Tuhan ALLAH telah berfirman, siapakah yang tidak bernubuat?"


Tuhan berbuat sesuatu ketika Ia sudah memberikan peringatan pada anakNya
Tuhan memberkati!