Translate

27 Jul 2013

Pendalaman alkitab 23 Juli 2013, Amos 4:1-3 Terhadap perempuan-perempuan Samaria yang mabuk kemewahan


Pendalaman alkitab 23 Juli 2013, Amos 4:1-3 Terhadap perempuan-perempuan Samaria yang mabuk kemewahan

Amos 4 :1-3
4:1 "Dengarlah firman ini, hai lembu-lembu Basan, yang ada di gunung Samaria, yang memeras orang lemah, yang menginjak orang miskin, yang mengatakan kepada tuan-tuanmu: bawalah ke mari, supaya kita minum-minum!
4:2 Tuhan ALLAH telah bersumpah demi kekudusan-Nya: sesungguhnya, akan datang masanya bagimu, bahwa kamu diangkat dengan kait dan yang tertinggal di antara kamu dengan kail ikan.
4:3 Kamu akan keluar melalui belahan tembok, masing-masing lurus ke depan, dan kamu akan diseret ke arah Hermon," demikianlah firman TUHAN.

Lembu Basan merupakan lembu yang ada di Samaria

Asal usul kota Samaria
1 Raj 16:23,24
16:23 Dalam tahun ketiga puluh satu zaman Asa, raja Yehuda, Omri menjadi raja atas Israel dan ia memerintah dua belas tahun lamanya. Di Tirza ia memerintah enam tahun lamanya.
16:24 Kemudian ia membeli gunung Samaria dari pada Semer dengan dua talenta perak. Ia mendirikan suatu kota di gunung itu dan menamainya Samaria, menurut nama Semer, pemilik gunung itu.

Samaria terletak di daerah timur Galilea, sangat,subur, rimbun akan pohon Tarbantin Basan.

Yes 2:13
2:13 untuk menghukum semua pohon aras di Libanon yang tumbuh meninggi dan tetap menjulang, dan menghukum semua pohon tarbantin di Basan;

Yeh 39 :18 lembu Basan disini dikaitkan dengan ternak
39:18 Daging para pahlawan akan kamu makan dan darah para pemimpin dunia akan kamu minum, mereka semuanya ibarat domba jantan, anak domba, kambing jantan dan lembu jantan, ternak gemukan dari Basan.

Jadi lembu Basan adalah lembu yang sangat gemuk dan bagus perawakannya dikarenakan tinggal di Samaria yang subur

Dalam Amos 4:1 perempuan-perempuan Samaria menyebabkan suaminya menjadi hamba minuman keras
“….supaya kita minum-minum”, karena mereka dilimpahi berkat, sehingga menjadi kaya dan suka pesta, bermabuk-mabukan.
Suaminya menginjak dan memeras orang miskin, dan istri semacam ini lah yang menyebabkan suaminya berbuat jahat, seperti korupsi.

Peranan istri sangat penting. Banyak rumah tangga berantakan karena istri yang menuntut banyak dari suaminya

Ams 14:1
14:1 Perempuan yang bijak mendirikan rumahnya, tetapi yang bodoh meruntuhkannya dengan tangannya sendiri.

Hukuman atas istri-istri ini pasti akan terjadi (Amos 4:2)

Kembali ke lembu Basan, sebutan untuk perempuan Samaria
Lembu yang gemuk ( karena pemeliharaan yaitu rumput-rumput hijau sebagai sumber makanan) seharusnya dipersembahkan pada Tuhan
Mzm 66:13-15
66:13 Aku akan masuk ke dalam rumah-Mu dengan membawa korban-korban bakaran, aku akan membayar kepada-Mu nazarku,
66:14 yang telah diucapkan bibirku, dan dikatakan mulutku pada waktu aku susah.
66:15 Korban-korban bakaran dari binatang gemuk akan kupersembahkan kepada-Mu, dengan asap korban dari domba-domba jantan; aku akan menyediakan lembu-lembu dan kambing-kambing jantan. Sela

Tetapi kenyatannya mereka hidup berfoya-foya dan tidak mempersembahkan dirinya pada Tuhan
Rm 12 :1
12:1 Karena itu, saudara-saudara, demi kemurahan Allah aku menasihatkan kamu, supaya kamu mempersembahkan tubuhmu sebagai persembahan yang hidup, yang kudus dan yang berkenan kepada Allah: itu adalah ibadahmu yang sejati.

Merupakan koreksi bagi kita yang mendapat kelimpahan firman, apakah sudah mempersembahkan hidup yang kudus?

Seperti kehidupan Anak2 Eli yang telah berbuat dosa, yaitu:
1. memandang rendah korban, mereka mengambil korban yang seharusnya dipersembahkan untuk Tuhan (1 Sam 2:12-17)
Bila seseorang sudah meremehkan korban Tuhan maka kehidupan bertambah rusak, seperti sudah tidak ada rem-nya

2:12 Adapun anak-anak lelaki Eli adalah orang-orang dursila; mereka tidak mengindahkan TUHAN,
2:13 ataupun batas hak para imam terhadap bangsa itu. Setiap kali seseorang mempersembahkan korban sembelihan, sementara daging itu dimasak, datanglah bujang imam membawa garpu bergigi tiga di tangannya
2:14 dan dicucukkannya ke dalam bejana atau ke dalam kuali atau ke dalam belanga atau ke dalam periuk. Segala yang ditarik dengan garpu itu ke atas, diambil imam itu untuk dirinya sendiri. Demikianlah mereka memperlakukan semua orang Israel yang datang ke sana, ke Silo.
2:15 Bahkan sebelum lemaknya dibakar, bujang imam itu datang, lalu berkata kepada orang yang mempersembahkan korban itu: "Berikanlah daging kepada imam untuk dipanggang, sebab ia tidak mau menerima dari padamu daging yang dimasak, hanya yang mentah saja."
2:16 Apabila orang itu menjawabnya: "Bukankah lemak itu harus dibakar dahulu, kemudian barulah ambil bagimu sesuka hatimu," maka berkatalah ia kepada orang itu: "Sekarang juga harus kauberikan, kalau tidak, aku akan mengambilnya dengan kekerasan."
2:17 Dengan demikian sangat besarlah dosa kedua orang muda itu di hadapan TUHAN, sebab mereka memandang rendah korban untuk TUHAN.

2. Menajiskan rumah Allah
1 Sam 2:22-25
2:22 Eli telah sangat tua. Apabila didengarnya segala sesuatu yang dilakukan anak-anaknya terhadap semua orang Israel dan bahwa mereka itu tidur dengan perempuan-perempuan yang melayani di depan pintu Kemah Pertemuan,
2:23 berkatalah ia kepada mereka: "Mengapa kamu melakukan hal-hal yang begitu, sehingga kudengar dari segenap bangsa ini tentang perbuatan-perbuatanmu yang jahat itu?
2:24 Janganlah begitu, anak-anakku. Bukan kabar baik yang kudengar itu bahwa kamu menyebabkan umat TUHAN melakukan pelanggaran.
2:25 Jika seseorang berdosa terhadap seorang yang lain, maka Allah yang akan mengadili; tetapi jika seseorang berdosa terhadap TUHAN, siapakah yang menjadi perantara baginya?" Tetapi tidaklah didengarkan mereka perkataan ayahnya itu, sebab TUHAN hendak mematikan mereka.

Akhirnya anak-anak Eli tewas
1 Sam 4:10,11
4:10 Lalu berperanglah orang Filistin, sehingga orang Israel terpukul kalah. Mereka melarikan diri masing-masing ke kemahnya. Amatlah besar kekalahan itu: dari pihak Israel gugur tiga puluh ribu orang pasukan berjalan kaki.
4:11 Lagipula tabut Allah dirampas dan kedua anak Eli, Hofni dan Pinehas, tewas.

Hofni; arti rohani tukang tinju, suka kelahi
Phineas : arti nya Mulut ular

Dalam tiap ibadah, firman Allah dan perjamuan suci yang menyucikan kehidupan kita, sehingga kehidupan mengalami pembaharuan tiap hari. Oleh karena itu kita harus bersungguh-sungguh dalam beribadah

Kehidupan perempuan di Samaria mendapatkan berkat yang seharusnya diberikan pada Tuhan, yaitu kehidupan yang dipersembahkan bagiNya, bukan dipakai untuk kepentingan sendiri
Seperti dalam Yoh 4:1-42 perempuan Samaria yang menggunakan kecantikannya untuk menggaet laki-laki

Amos 4:2,3
4:2 Tuhan ALLAH telah bersumpah demi kekudusan-Nya: sesungguhnya, akan datang masanya bagimu, bahwa kamu diangkat dengan kait dan yang tertinggal di antara kamu dengan kail ikan.
4:3 Kamu akan keluar melalui belahan tembok, masing-masing lurus ke depan, dan kamu akan diseret ke arah Hermon," demikianlah firman TUHAN

Diangkat dengan kait ,yaitu kelikir / tali rotan / tali yang dipakai untuk dicocokan dihidungnya kerbau

2 Raj 19:27,28
19:27 Aku tahu, jika engkau bangun atau duduk jika keluar atau masuk, atau jika engkau mengamuk terhadap Aku.
19:28 Oleh karena engkau telah mengamuk terhadap Aku, dan kata-kata keangkuhanmu telah naik sampai ke telinga-Ku, maka Aku akan menaruh kelikir-Ku pada hidungmu dan kekang-Ku pada bibirmu, dan Aku akan memulangkan engkau melalui jalan, dari mana engkau datang.

Yeh 38: 4
38:4 Aku akan menarik engkau dengan mengenakan kelikir pada rahangmu dan membawa engkau ke luar beserta seluruh tentaramu, yaitu pasukan berkuda, semuanya berpakaian lengkap, suatu kumpulan orang banyak dengan perisai besar dan kecil dan semuanya berpedang di tangannya.

Seharusnya yang terkena kelikir adalah lembu
Tapi disini suatu bentuk hukuman yang sama dengan keadaan lembu yang dicocokkan tali kelikir pada hidungnya lalu diseret menggunakan tali yang sama.

Bandingkan dengan lembu yang mengenal pemiliknya
Yes 1:3
1:3 Lembu mengenal pemiliknya, tetapi Israel tidak; keledai mengenal palungan yang disediakan tuannya, tetapi umat-Ku tidak memahaminya."

Kegenapan lembu yang diseret ini adalah ketika mereka ditawan oleh Babel

Yer 1:13,14
1:13 Firman TUHAN datang kepadaku untuk kedua kalinya, bunyinya: "Apakah yang kaulihat?" Jawabku: "Aku melihat sebuah periuk yang mendidih; datangnya dari sebelah utara."
1:14 Lalu firman TUHAN kepadaku: "Dari utara akan mengamuk malapetaka menimpa segala penduduk negeri ini.

Periuk berisi air yang mendidih adalah lambang kemarahan

Nubuatan bangsa Israel akan diseret, dibuang dalam pembuangan
Yer 4:6
Angkatlah panji-panji ke arah Sion! Cepat-cepatlah kamu mengungsi, jangan tinggal diam! Sebab Aku mendatangkan malapetaka dari utara dan kehancuran yang besar

Arah utara: menunjuk pada tempat datangnya bahaya, malapetaka, yaitu Babel

Berbicara mengenai malapetaka, Daud mengalami berbagai malapetaka
Mzm 40:13
Sebab malapetaka mengepung aku sampai tidak terbilang banyaknya. Aku telah terkejar oleh kesalahanku, sehingga aku tidak sanggup melihat; lebih besar jumlahnya dari rambut di kepalaku, sehingga hatiku menyerah

Tapi pendirian Daud tetap percaya pertolongan Tuhan, berserah dan Tuhan telah melindunginya

Habakuk 3:17,18
3:17 Sekalipun pohon ara tidak berbunga, pohon anggur tidak berbuah, hasil pohon zaitun mengecewakan, sekalipun ladang-ladang tidak menghasilkan bahan makanan, kambing domba terhalau dari kurungan, dan tidak ada lembu sapi dalam kandang,
3:18 namun aku akan bersorak-sorak di dalam TUHAN, beria-ria di dalam Allah yang menyelamatkan aku.

Ini mengajarkan pada kita bahwa walaupun kita mengalami berbagai masalah, bagi Tuhan pasti ada jalan keluar

Amsal 13:21
Orang berdosa dikejar oleh malapetaka, tetapi Ia membalas orang benar dengan kebahagiaan.

Amsal 22:3
Kalau orang bijak melihat malapetaka, bersembunyilah ia, tetapi orang yang tak berpengalaman berjalan terus, lalu kena celaka.

Dan sebagai anak-anakNya ada janji perlindungan Tuhan dalam menghadapi malapetaka
Mzm 91:1-13
91:1 Orang yang duduk dalam lindungan Yang Mahatinggi dan bermalam dalam naungan Yang Mahakuasa
91:2 akan berkata kepada TUHAN: "Tempat perlindunganku dan kubu pertahananku, Allahku, yang kupercayai."
91:3 Sungguh, Dialah yang akan melepaskan engkau dari jerat penangkap burung, dari penyakit sampar yang busuk.
91:4 Dengan kepak-Nya Ia akan menudungi engkau, di bawah sayap-Nya engkau akan berlindung, kesetiaan-Nya ialah perisai dan pagar tembok.
91:5 Engkau tak usah takut terhadap kedahsyatan malam, terhadap panah yang terbang di waktu siang,
91:6 terhadap penyakit sampar yang berjalan di dalam gelap, terhadap penyakit menular yang mengamuk di waktu petang.
91:7 Walau seribu orang rebah di sisimu, dan sepuluh ribu di sebelah kananmu, tetapi itu tidak akan menimpamu.
91:8 Engkau hanya menontonnya dengan matamu sendiri dan melihat pembalasan terhadap orang-orang fasik.
91:9 Sebab TUHAN ialah tempat perlindunganmu, Yang Mahatinggi telah kaubuat tempat perteduhanmu,
91:10 malapetaka tidak akan menimpa kamu, dan tulah tidak akan mendekat kepada kemahmu;
91:11 sebab malaikat-malaikat-Nya akan diperintahkan-Nya kepadamu untuk menjaga engkau di segala jalanmu.
91:12 Mereka akan menatang engkau di atas tangannya, supaya kakimu jangan terantuk kepada batu.
91:13 Singa dan ular tedung akan kaulangkahi, engkau akan menginjak anak singa dan ular naga.

Malapetka menimpa orang yang meninggalkan Tuhan
Rut 1:21
Dengan tangan yang penuh aku pergi, tetapi dengan tangan yang kosong TUHAN memulangkan aku. Mengapakah kamu menyebutkan aku Naomi, karena TUHAN telah naik saksi menentang aku dan Yang Mahakuasa telah mendatangkan malapetaka kepadaku."

Yer 17:13
yakni pegunungan di padang. --Harta kekayaanmu dan segala barang perbendaharaanmu akan Kuberikan dirampas sebagai ganjaran atas dosamu di segenap daerahmu.

Dan tentunya kita akan mendapat pertolongan dari Tuhan
Mzm 80:8
Ya Allah semesta alam, pulihkanlah kami, buatlah wajah-Mu bersinar, maka kami akan selamat

Tuhan Yesus memberkati