Translate

26 Mei 2013

Ibadah Raya, 26 Mei 2013 : Umat Yang Mencari Allah



Ibadah Raya, 26 Mei 2013

UMAT YANG MENCARI ALLAH.


Yesaya 65:1
Bangsa itu tidak mau berdoa kepada –Ku, walaupun Aku selalu siap menjawab, disini Aku! Aku akan menolong kamu.
(terjemahan bebas)

Kata disini Aku: disalin dalam dalam beberapa terjemahan:
“Bahwasanya Akulah hadir, Akulah hadir.” (TL)

“Ini Aku, ini Aku.” (TB)

“Lah Ingsun ana ing kene, lah Ingsun ana ing kene” (BhsJawa)

“Here Iam, here I am.” (Disini Aku, disini Aku)

Tuhan menyatakan keberadaan-Nya:
Aku hadir! – Aku ada disini! – Disini Aku!
Untuk apa Allah menyatakan keberadaan-Nya?
Agar kita tahu bahwa ada usaha Tuhan untuk siap menolong orang yang berusaha mencari-Nya dengan sungguh.

Yesaya 65:2-7.
Tuhan itu selalu siap untuk menjawab doa umat-Nya , tetapi mereka tidak mau berusaha untuk menemukan Tuhan.

Ayat 2 :Sepanjang hari Aku telah mengulurkan tangan-Ku (merentangkan tangan-Ku)
Ini sebagai bukti bahwa Tuhan tak henti-hentinya untuk menunggu umatNya yang mau berusaha mencari Dia.
Kita bandingkan dengan Hosea 11:4 . (Dia membungkuk untuk memberikan mereka makan)
Sampai sejauh itu usaha Tuhan untuk menunggu umat-Nya, tapi mereka telah menolaknya.

Tuhan menyebut mereka bangsa yang memberontak, yang menempuh jalan yang tidak baik, dan mengikuti rancangannya sendiri.

Bangsa yang menyakitkan hati-Ku senantiasa didepan mata-Ku.
Yang mempersembahakan korban ditaman-taman dewa dan membakar korban diatas bata.
Yang duduk dikuburan-kuburan dan bermalam disana digua-gua (bertapa) yang makan daging babi dan kuah daging najis.
Bahkan sengaja menjauh dari Tuhan. (Yes 62:3-5)

Mereka adalah orang yang meninggalkan Tuhan, yang telah melupakan gunung-Ku yang kudus. (Yesaya 65:11)

Ayat 12 : Tuhan menentukan kamu bagi pedang.
Ada dua macam pedang; ini adalah pedang hukuman karena menolak pedang firman Tuhan yang tajam. (Yes 1:20)
Bandingkan dengan Ibrani 4:12.

Waktu pedang Firman Tuhan datang itu bisa berbentuk PANGGILAN, tapi kamu tidak menjawab.
Ketika firman Tuhan datang dalam bentuk SUARA, tapi kamu tidak mendengar.
Sebaliknya kamu melakukan apa yang jahat dimata-Ku.
Kamu lebih menyukai apa yang tidak berkenan kepada-Ku!

Ada perbedaan antara orang yang mau mendengarkan nasihat firman Tuhan dengan orang yang menolak Firan Tuhan

Yes 65 :13-14.
Sesungguhnya hamba-Ku akan makan, tetapi kamu akan menderita kelaparan;
sesungguhnya, hamba-hambaKu akan minum, tetapi kamu akan menderita kehausan;
sesungguhnya, hamba-hambaKu akan bersukacita tetapi kamu akan mendapat malu;

Sesungguhnya hamba-hambaKu akan bersorak sorai karena gembira hatinya, tetapi kamu akan mengerang karena sedih hati dan kamu akan menangis karena patah semangat.


Sekarang kita akan melihat orang yang mau mendengarkan nasihat Tuhan.
Yes 65:8-10
Tandan buah anggur yang masih terdapat airnya: Janganlah musnakan itu, sebab didalamnya masih ada berkat!

Ini berarti masih ada tanda-tanda kehidupan, sebab tandan itu masih basah (berair).
Lain halnya kalau sudah kering!
Tuhan Yesus berfirman dalam injil Yohanes 15:5-6
Ranting yang kering dikumpulkan dibuang kedalam api.

Kering karena tidak ada persekutuan dengan Pokok Anggur.
Ini suatu peringatan buat kita!
Adakah kita seperti tandan buah anggur yang masih terdapat airnya, atau sebaliknya sudah menjadi kering.

Jangan biarkan rohani Anda kering!
Cepat ambil langkah untuk kembali bersekutu dengan Pokok yang benar.

Yang masih ada tandan air/basah : Jangan musnahkan dia! Sebab didalamnya masih ada berkat.

“Aku akan membangkitkan keturunan Yakub!”(Yes 65:9)
Yakub = Israel = orang percaya.

Janji Tuhan dalam Yesaya 65:10
Saron menjadi Padang Rumput bagi kambing domba: Ini menunjuk penggembalaan; selalu Tuhan sediakan rumput bagi domba-dombaNya= ada makanan rohani bagi jemaat Tuhan yang mau masuk dalam penggembalaan.

Saron = adalah tempat penggembalaan sejak zaman Daud (1 Taw 27:29)

Lembah Akhor menjadi tempat pembaringan bagi lembu sapi, untuk umatKu yang mencari Aku. (Yesaya 65:10B)
Lembah Akhor ini adalah tempat Akhan dilempari batu (Yosua 7:24-26)
Akhor artinya kesukaran.
Tuhan dapat mengubah keadaan sesukar apapun yang saat ini Anda hadapi.
Tempat yang tadinya menjadi tempat hukuman, sudah diubah oleh Tuhan menjadi tempat pembaringan bagi lembu sapi.

Semuanya ini disediakan Tuhan bagi: Umat Tuhan yang mencari Tuhan dengan sungguh.

By: A.M.