Translate

5 Agu 2019

Ibadah Raya. 5 Agustus 2019. Anak Domba Dan PengikutNya Yang DitebusNya



Ibadah Raya. 5 Agustus 2019.
Anak Domba Dan PengikutNya Yang DitebusNya


Penglihatan Yohanes mengenai Anak Domba yang berdiri di bukit Sion

Wahyu 14:1-5 (TB) 
1 Dan aku melihat: sesungguhnya, Anak Domba berdiri di bukit Sion dan bersama-sama dengan Dia seratus empat puluh empat ribu orang dan di dahi mereka tertulis nama-Nya dan nama Bapa-Nya.
2 Dan aku mendengar suatu suara dari langit bagaikan desau air bah dan bagaikan deru guruh yang dahsyat. Dan suara yang kudengar itu seperti bunyi pemain-pemain kecapi yang memetik kecapinya.
3 Mereka menyanyikan suatu nyanyian baru di hadapan takhta dan di depan keempat makhluk dan tua-tua itu, dan tidak seorang pun yang dapat mempelajari nyanyian itu selain dari pada seratus empat puluh empat ribu orang yang telah ditebus dari bumi itu.
4 Mereka adalah orang-orang yang tidak mencemarkan dirinya dengan perempuan-perempuan, karena mereka murni sama seperti perawan. Mereka adalah orang-orang yang mengikuti Anak Domba itu ke mana saja Ia pergi. Mereka ditebus dari antara manusia sebagai korban-korban sulung bagi Allah dan bagi Anak Domba itu.
5 Dan di dalam mulut mereka tidak terdapat dusta; mereka tidak bercela. 

Yohanes melihat Anak Domba berdiri di Bukit Sion
Sion menunjuk Bait Allah, tempat umat berkumpul dan beribadah.

Bukit Sion adalah kota Allah : Yerusalem sorgawi. Penyelengaraan ibadah yang besar

Ibrani 12:22-24 (TB)
22 Tetapi kamu sudah datang ke Bukit Sion, ke kota Allah yang hidup, Yerusalem sorgawi dan kepada beribu-ribu malaikat, suatu kumpulan yang meriah,
23 dan kepada jemaat anak-anak sulung, yang namanya terdaftar di sorga, dan kepada Allah, yang menghakimi semua orang, dan kepada roh-roh orang-orang benar yang telah menjadi sempurna,
24 dan kepada Yesus, Pengantara perjanjian baru, dan kepada darah pemercikan, yang berbicara lebih kuat dari pada darah Habel.

Oleh Firman Kebenaran, kita menjadi anak sulung pada tingkat tertentu.

Yakobus 1:18 (TB)  Atas kehendak-Nya sendiri Ia telah menjadikan kita oleh firman kebenaran, supaya kita pada tingkat yang tertentu menjadi anak sulung di antara semua ciptaan-Nya.

Sulung berarti memberikan yang terbaik untuk Tuhan. Seperti persembahan Kain dan Habel. Habel memberikan yang sulung yang terbaik.
  Bagaimana cara memberikan persembahan pada Tuhan? Dalam melayani pekerjaan Tuhan? Sudahkah memberikan yang terbaik? (Yang sulung)

Wahyu 14:3 (TB)  Mereka menyanyikan suatu nyanyian baru di hadapan takhta dan di depan keempat makhluk dan tua-tua itu, dan tidak seorang pun yang dapat mempelajari nyanyian itu selain dari pada seratus empat puluh empat ribu orang yang telah ditebus dari bumi itu.

Dalam ibadah harus merasakan suasana penebusan seperti 144.000 orang yang ditebus dari bumi yang menyanyikan nyanyian baru. Dan mereka ditebus dari antara manusia.

Ditebus dari bumi
Sebab bumi ini sudah terkena kutuk, agar tehindar kutuk maka harus ditebus

Kejadian 3:17-19 (TB)
17  Lalu firman-Nya kepada manusia itu: "Karena engkau mendengarkan perkataan isterimu dan memakan dari buah pohon, yang telah Kuperintahkan kepadamu: Jangan makan dari padanya, maka terkutuklah tanah karena engkau; dengan bersusah payah engkau akan mencari rezekimu dari tanah seumur hidupmu: 
18 semak duri dan rumput duri yang akan dihasilkannya bagimu, dan tumbuh-tumbuhan di padang akan menjadi makananmu;
19 dengan berpeluh engkau akan mencari makananmu, sampai engkau kembali lagi menjadi tanah, karena dari situlah engkau diambil; sebab engkau debu dan engkau akan kembali menjadi debu."

 Adam dan Hawa jatuh dalam dosa, tanah (bumi) dikutuk Allah. Mereka harus susah payah mengolah bumi (mencari rejeki).

Wahyu 22:1-5 (TB)
1  Lalu ia menunjukkan kepadaku sungai air kehidupan, yang jernih bagaikan kristal, dan mengalir ke luar dari takhta Allah dan takhta Anak Domba itu.
2 Di tengah-tengah jalan kota itu, yaitu di seberang-menyeberang sungai itu, ada pohon-pohon kehidupan yang berbuah dua belas kali, tiap-tiap bulan sekali; dan daun pohon-pohon itu dipakai untuk menyembuhkan bangsa-bangsa. 
3 Maka tidak akan ada lagi laknat. Takhta Allah dan takhta Anak Domba akan ada di dalamnya dan hamba-hamba-Nya akan beribadah kepada-Nya,
4 dan mereka akan melihat wajah-Nya, dan nama-Nya akan tertulis di dahi mereka.
5 Dan malam tidak akan ada lagi di sana, dan mereka tidak memerlukan cahaya lampu dan cahaya matahari, sebab Tuhan Allah akan menerangi mereka, dan mereka akan memerintah sebagai raja sampai selama-lamanya.

Di dalam kota Yerusalem Baru ada sungai kehidupan yang mengalir.
Dan ada pohon2 kehidupan yang selalu berbuah dan menjadi obat.
Ditebus dari bumi = penebusan dari sengsara di bumi ini

Aturan penebusan soal tanah
Imamat 25:23-28 (TB)
23 "Tanah jangan dijual mutlak, karena Akulah pemilik tanah itu, sedang kamu adalah orang asing dan pendatang bagi-Ku.
24 Di seluruh tanah milikmu haruslah kamu memberi hak menebus tanah.
25 Apabila saudaramu jatuh miskin, sehingga harus menjual sebagian dari miliknya, maka seorang kaumnya yang berhak menebus, yakni kaumnya yang terdekat harus datang dan menebus yang telah dijual saudaranya itu.
26 Apabila seseorang tidak mempunyai penebus, tetapi kemudian ia mampu, sehingga didapatnya yang perlu untuk menebus miliknya itu,
27 maka ia harus memasukkan tahun-tahun sesudah penjualannya itu dalam perhitungan, dan kelebihannya haruslah dikembalikannya kepada orang yang membeli dari padanya, supaya ia boleh pulang ke tanah miliknya.
28 Tetapi jikalau ia tidak mampu untuk mengembalikannya kepadanya, maka yang telah dijualnya itu tetap di tangan orang yang membelinya sampai kepada tahun Yobel; dalam tahun Yobel tanah itu akan bebas, dan orang itu boleh pulang ke tanah miliknya."

Daudpun dalam hidup  merasakan kesengsaraan
Mazmur 9:-14Kasihanilah aku, ya TUHAN; lihatlah sengsaraku, disebabkan oleh orang-orang yang membenci aku, ya Engkau, yang mengangkat aku dari pintu gerbang maut,

Memohon Allah menilik sengsara kita
Mazmur 25:18 (TB)  Tiliklah sengsaraku dan kesukaranku, dan ampunilah segala dosaku.

Sengsara membuat kekuatan merosot dan tulang menjadi lemah.
Mazmur 31:11Sebab hidupku habis dalam duka dan tahun-tahun umurku dalam keluh kesah; kekuatanku merosot karena sengsaraku, dan tulang-tulangku menjadi lemah.

Bila kita putus asa, maka iblis yang bersorak-sorai.

Sengsara juga disebabkan terkena cambuk murka Allah
Ratapan 3:1 (TB)  Akulah orang yang melihat sengsara disebabkan cambuk murka-Nya.

Allah datang dengan kasih lembut atau dengan cambuk. Sebelumnya Allah pasti memberikan peringatan.
1 Korintus 4:21 (TB)  Apakah yang kamu kehendaki? Haruskah aku datang kepadamu dengan cambuk atau dengan kasih dan dengan hati yang lemah lembut?

Sengsara juga bisa karena tidak tergembala, berarti suka mengabaikan Firman Allah. Berkeliaran tanpa gembala dan menjadi sengsara
Zakharia 10:2b .......Oleh sebab itu bangsa itu berkeliaran seperti kawanan domba dan menderita sengsara sebab tidak ada gembala. 

Tuhan mau kita digembalakan, karena kita seperti domba di tengah-tengah serigala
Matius 10:16 (TB)  "Lihat, Aku mengutus kamu seperti domba ke tengah-tengah serigala, sebab itu hendaklah kamu cerdik seperti ular dan tulus seperti merpati.

Yesus adalah Gembala yang Baik
Yohanes 10:11 (TB)  Akulah gembala yang baik. Gembala yang baik memberikan nyawanya bagi domba-dombanya;

Ia mengenal domba-dombaNya dan gembala dikenal oleh domba2Nya

Yohanes 10:14-15 (TB)  Akulah gembala yang baik dan Aku mengenal domba-domba-Ku dan domba-domba-Ku mengenal Aku
sama seperti Bapa mengenal Aku dan Aku mengenal Bapa, dan Aku memberikan nyawa-Ku bagi domba-domba-Ku.

Gembala dan domba-dombanya terlindungi.
Yohanes 10:27-28 (TB)
27 Domba-domba-Ku mendengarkan suara-Ku dan Aku mengenal mereka dan mereka mengikut Aku,
28 dan Aku memberikan hidup yang kekal kepada mereka dan mereka pasti tidak akan binasa sampai selama-lamanya dan seorang pun tidak akan merebut mereka dari tangan-Ku.

Ditebus dari antara manusia ( Why 14:4)
Yaitu nereka yang tidak mencemarkan diri dari dosa dan keadaan manusia akhir zaman

2 Korintus 7:1 (TB)  Saudara-saudaraku yang kekasih, karena kita sekarang memiliki janji-janji itu, marilah kita menyucikan diri kita dari semua pencemaran jasmani dan rohani, dan dengan demikian menyempurnakan kekudusan kita dalam takut akan Allah.

Menyucikan diri dari pencemaran jasmani dan rohani
Pencemaran rohani berarti dosa di dalam pikiran dan hati.

Mereka ini mengikut kemana Anak Domba itu pergi, yakni jalan kematian dan kebangkitan serta dipermuliakan

Ciri-ciri lain yang mengikut Anak Domba
Mulut tiada dusta dan cela (Wahyu 14 : 5)
Tidak bersalah dalam perkataan dan dapat menjaga mulutnya dari dusta

Tidak bersalah dalam omongan = orang yang sempurna
Yakobus 3:2 (TB)  Sebab kita semua bersalah dalam banyak hal; barangsiapa tidak bersalah dalam perkataannya, ia adalah orang sempurna, yang dapat juga mengendalikan seluruh tubuhnya.

Jangan membiasakan diri untuk bersumpah
Ibrani 6:16 (TB)  Sebab manusia bersumpah demi orang yang lebih tinggi, dan sumpah itu menjadi suatu pengokohan baginya, yang mengakhiri segala bantahan.

Sebaliknya katakan Ya jika Ya, dan Tidak jika tidak
Yakobus 5:12 (TB)  Tetapi yang terutama, saudara-saudara, janganlah kamu bersumpah demi sorga maupun demi bumi atau demi sesuatu yang lain. Jika ya, hendaklah kamu katakan ya, jika tidak hendaklah kamu katakan tidak, supaya kamu jangan kena hukuman.

Setiap perkataan dusta / bohong berasal dari iblis.
Matius 5:36-37 (TB)
36 janganlah juga engkau bersumpah demi kepalamu, karena engkau tidak berkuasa memutihkan atau menghitamkan sehelai rambut pun.
37 Jika ya, hendaklah kamu katakan: ya, jika tidak, hendaklah kamu katakan: tidak. Apa yang lebih dari pada itu berasal dari si jahat.

Allah menghendaki jemaat yang cemerlang, tanpa cacat atau kerut. Ini dapat dicapai dengan melewati  pergumulan.
Efesus 5:27 (TB)  supaya dengan demikian Ia menempatkan jemaat di hadapan diri-Nya dengan cemerlang tanpa cacat atau kerut atau yang serupa itu, tetapi supaya jemaat kudus dan tidak bercela.

Mereka menyanyikan nyanyian baru, yang tidak dapat dipelajari orang lain.
Wahyu 14:3 (TB)  Mereka menyanyikan suatu nyanyian baru di hadapan takhta dan di depan keempat makhluk dan tua-tua itu, dan tidak seorang pun yang dapat mempelajari nyanyian itu selain dari pada seratus empat puluh empat ribu orang yang telah ditebus dari bumi itu.

Nyanyian Baru= Menunjuk pengalaman hidup dalam mengikuti jejak Anak Domba, yang berbeda satu dengan yang lain. Harus punya pengalaman pribadi dengan Tuhan, itu yang akan menjadi nyanyian baru buat kita dan kita bisa bersaksi.

Hanya 144 000 saja yang akan mengikut kemana Anak Domba.

Nubuatan mengenai keturunan Abraham akan menjadi budak di negeri asing selama 400 tahun
Kejadian 15:12-13 (TB) 
12 Menjelang matahari terbenam, tertidurlah Abram dengan nyenyak. Lalu turunlah meliputinya gelap gulita yang mengerikan.
13 Firman TUHAN kepada Abram: "Ketahuilah dengan sesungguhnya bahwa keturunanmu akan menjadi orang asing dalam suatu negeri, yang bukan kepunyaan mereka, dan bahwa mereka akan diperbudak dan dianiaya, empat ratus tahun lamanya. 

Mereka akan diperbudak 400 hari
1 tahun = 365 hari
400 tahun = 144.000 hari

400 dan 144.000 merupakan angka sengsara. Tuhan mau menebus kita dari sengsara di bumi

Allah melepaskan mereka keluar dari tanah Mesir
Keluaran 3:7-8 (TB)
7  Dan TUHAN berfirman: "Aku telah memperhatikan dengan sungguh kesengsaraan umat-Ku di tanah Mesir, dan Aku telah mendengar seruan mereka yang disebabkan oleh pengerah-pengerah mereka, ya, Aku mengetahui penderitaan mereka.
8 Sebab itu Aku telah turun untuk melepaskan mereka dari tangan orang Mesir dan menuntun mereka keluar dari negeri itu ke suatu negeri yang baik dan luas, suatu negeri yang berlimpah-limpah susu dan madunya, ke tempat orang Kanaan, orang Het, orang Amori, orang Feris, orang Hewi dan orang Yebus.

Di dunia ini kita menghadapi penganiayaan namun Yesus mengatakan : Kuatkanlah hatimu! sebab Yesus telah mengalahkan dunia


Yoh 16:33 (TB)  Semuanya itu Kukatakan kepadamu, supaya kamu beroleh damai sejahtera dalam Aku. Dalam dunia kamu menderita penganiayaan, tetapi kuatkanlah hatimu, Aku telah mengalahkan dunia."

Kita mengalahkan dunia dengan IMAN kita.
1 Yohanes 5:4-5 (TB) 
4 sebab semua yang lahir dari Allah, mengalahkan dunia. Dan inilah kemenangan yang mengalahkan dunia: iman kita.
5 Siapakah yang mengalahkan dunia, selain dari pada dia yang percaya, bahwa Yesus adalah Anak Allah?

Kita bukan lagi ditaklukkan oleh pengaruh dunia/ dosa. Hargai FT, karena iman timbul dari FT.