Translate

12 Agu 2019

Ibadah Raya 11 Agustus 2019. Pemberitahuan Tentang Penghakiman



Ibadah Raya 11 Agustus 2019.
Pemberitahuan Tentang Penghakiman

Why 14: 6-13
Pemberitahuan tentang penghakiman
(6)Dan aku melihat seorang malaikat lain terbang di tengah-tengah langit dan padanya ada Injil yang kekal untuk diberitakannya kepada mereka yang diam di atas bumi dan kepada semua bangsa dan suku dan bahasa dan kaum, 
(7)dan ia berseru dengan suara nyaring: "Takutlah akan Allah dan muliakanlah Dia, karena telah tiba saat penghakiman-Nya, dan sembahlah Dia yang telah menjadikan langit dan bumi dan laut dan semua mata air." 
(8)Dan seorang malaikat lain, malaikat kedua, menyusul dia dan berkata: "Sudah rubuh, sudah rubuh Babel, kota besar itu, yang telah memabukkan segala bangsa dengan anggur hawa nafsu cabulnya." 
(9)Dan seorang malaikat lain, malaikat ketiga, menyusul mereka, dan berkata dengan suara nyaring: "Jikalau seorang menyembah binatang dan patungnya itu, dan menerima tanda pada dahinya atau pada tangannya,
(10)maka ia akan minum dari anggur murka Allah, yang disediakan tanpa campuran dalam cawan murka-Nya; dan ia akan disiksa dengan api dan belerang di depan mata malaikat-malaikat kudus dan di depan mata Anak Domba.
(11)Maka asap api yang menyiksa mereka itu naik ke atas sampai selama-lamanya, dan siang malam mereka tidak henti-hentinya disiksa, yaitu mereka yang menyembah binatang serta patungnya itu, dan barangsiapa yang telah menerima tanda namanya." 
(12)Yang penting di sini ialah ketekunan orang-orang kudus, yang menuruti perintah Allah dan iman kepada Yesus. 
(13)Dan aku mendengar suara dari sorga berkata: Tuliskan: "Berbahagialah orang-orang mati yang mati dalam Tuhan, sejak sekarang ini." "Sungguh," kata Roh, "supaya mereka boleh beristirahat dari jerih lelah mereka, karena segala perbuatan mereka menyertai mereka."

Ada 3 malaikat yang diutus
  1. Malaikat pertama = memberitakan injil (ay 7). Ada yang menerima , ada yang menolak. 
  2. Malaikat kedua = menyampaikan berita robohnya Babel (ay 8)
  3. Malaikat ketiga = menyampaikan berita mengenai nasib orang yang menyembah anti kris dan menerima tanda pada dahi dan tangan mereka, akan dianiaya (ay 10 & 11)

Pertama , Injil Keselamatan
Malaikat pertama memberitakan injil, sebagai bukti kasih Allah. Allah tidak membedakan ras dan suku bangsa.  Ia tidak mengingkan satu orang pun binasa.

2 Ptr 3:9b
.....karena Ia menghendaki supaya jangan ada yang binasa, melainkan supaya semua orang berbalik dan bertobat. 

Tuhan masih belum datang, karena masih banyak yang belum bertobat. Injil keselamatan akan menolong manusia dari murka Allah.

Tuhan Yesus juga berpesan untuk memberitakan injil keseluruh bumi. 
Kis 1:8
(8)Tetapi kamu akan menerima kuasa, kalau Roh Kudus turun ke atas kamu, dan kamu akan menjadi saksi-Ku di Yerusalem dan di seluruh Yudea dan Samaria dan sampai ke ujung bumi." 

Mrk 16:15-16
(15)Lalu Ia berkata kepada mereka: "Pergilah ke seluruh dunia, beritakanlah Injil kepada segala makhluk. 
(16)Siapa yang percaya dan dibaptis akan diselamatkan, tetapi siapa yang tidak percaya akan dihukum. 

Injil ( pemberitaan mengenai Yesus)yang mampu menyelamatkan manusia dari hukuman.  Keselamatan hanya ada dalam Yesus.

Kis 4:12
(12)Dan keselamatan tidak ada di dalam siapapun juga selain di dalam Dia, sebab di bawah kolong langit ini tidak ada nama lain yang diberikan kepada manusia yang olehnya kita dapat diselamatkan." 

Yoh 14:6
(6)Kata Yesus kepadanya: "Akulah jalan dan kebenaran dan hidup. Tidak ada seorangpun yang datang kepada Bapa, kalau tidak melalui Aku.

Hanya Yesus yang mampu membawa kita pada keselamatan.
Yoh 1:1, 14
(1)Pada mulanya adalah Firman; Firman itu bersama-sama dengan Allah dan Firman itu adalah Allah
(14)Firman itu telah menjadi manusia, dan diam di antara kita, dan kita telah melihat kemuliaan-Nya, yaitu kemuliaan yang diberikan kepada-Nya sebagai Anak Tunggal Bapa, penuh kasih karunia dan kebenaran. 

Yesus adalah Tuhan
Rm 10:9,10
(9)Sebab jika kamu mengaku dengan mulutmu, bahwa Yesus adalah Tuhan, dan percaya dalam hatimu, bahwa Allah telah membangkitkan Dia dari antara orang mati, maka kamu akan diselamatkan. 
(10)Karena dengan hati orang percaya dan dibenarkan, dan dengan mulut orang mengaku dan diselamatkan

Yang mengaku Yesus maka akan diakui juga oleh Yesus, dan sebaliknya.
Mat 10:32-33
(32)Setiap orang yang mengakui Aku di depan manusia, Aku juga akan mengakuinya di depan Bapa-Ku yang di sorga. (33)Tetapi barangsiapa menyangkal Aku di depan manusia, Aku juga akan menyangkalnya di depan Bapa-Ku yang di sorga."

Mengaku dan percaya bahwa Yesus adalah Tuhan.
1 Tim 2:5-6
(5)Karena Allah itu esa dan esa pula Dia yang menjadi pengantara antara Allah dan manusia, yaitu manusia Kristus Yesus, 
(6)yang telah menyerahkan diri-Nya sebagai tebusan bagi semua manusia: itu kesaksian pada waktu yang ditentukan.

Manusia Kristus menjadi pengantara, Yesus menjadi alat penebusan. 
Roh Kudus ada dalam rahim Maria, dan lahir lah bayi Yesus, Allah berwujud manusia.
Karena  manusia penuh dengan hawa nafsu,Allah tidak ingin berhubungan dengan manusia.
Untuk berhubungan dengan Allah, Yesus menjadi pengantara.

Kej 6:3
(3)Berfirmanlah TUHAN: "Roh-Ku tidak akan selama-lamanya tinggal di dalam manusia, karena manusia itu adalah daging, tetapi umurnya akan seratus dua puluh tahun saja." 

Umur manusia dibatasi 120 tahun. Padahal waktu itu umur manusia: ( Kej 5 )
Adam = 930 thn 
Set = 912 thn
Enos = 905 thn
Kenan = 910 thn
Yared = 962 thn
Metusalah = 969 thn
Umur mereka hampir mencapai 1000 thn

1000 thn berarti juga masa damai yang akan dialami oleh bumi. Iblis dipenjara. Iblis tidak suka perdamaian.

Why 20:1-3
Kerajaan seribu tahun
(1)Lalu aku melihat seorang malaikat turun dari sorga memegang anak kunci jurang maut dan suatu rantai besar di tangannya; 
(2)ia menangkap naga, si ular tua itu, yaitu Iblis dan Satan. Dan ia mengikatnya seribu tahun lamanya, 
(3)lalu melemparkannya ke dalam jurang maut, dan menutup jurang maut itu dan memeteraikannya di atasnya, supaya ia jangan lagi menyesatkan bangsa-bangsa, sebelum berakhir masa seribu tahun itu; kemudian dari pada itu ia akan dilepaskan untuk sedikit waktu lamanya.

Iblis adalah penuduh dan pendakwah. Darah Yesus mampu menyucikan dosa kita, sehingga iblis tidak bisa menuduh kita.

1000 thn menunjuk angka perdamaian. 
Umur manusia dibatasi 120 tahun. Jaraknya jauh, sedangkan jaman Adam mendekati 1000 thn. Manusia semakin jauh dari angka 1000, jadi damai itu semakin jauh. Manusia semakin tidak suka berdamai, damai semakin suka didapat.

Pada kitab Wahyu, muncul kuda merah. Damai diambil dari muka bumi.
Why 6:3-4
(3)Dan ketika Anak Domba itu membuka meterai yang kedua, aku mendengar makhluk yang kedua berkata: "Mari!" 
(4)Dan majulah seekor kuda lain, seekor kuda merah padam dan orang yang menungganginya dikaruniakan kuasa untuk mengambil damai sejahtera dari atas bumi, sehingga mereka saling membunuh, dan kepadanya dikaruniakan sebilah pedang yang besar. 

Saat ini masih ada kesempatan untuk berdamai, lepaskan pengampunan. Kalau tidak ada damai, maka manusia akan membunuh. Dosa yang sejajar dengan membunuh yaitu membenci. Dan yang “membunuh” sesama manusia, tidak akan menerima hidup kekal. 

1 Yoh 3:15 
(15)Setiap orang yang membenci saudaranya, adalah seorang pembunuh manusia. Dan kamu tahu, bahwa tidak ada seorang pembunuh yang tetap memiliki hidup yang kekal di dalam dirinya.

Benci dimulai dari iri hati.
Dari benci, lebih benci dan semakin benci.
Kej 37:3-8
(3)Israel lebih mengasihi Yusuf dari semua anaknya yang lain, sebab Yusuf itulah anaknya yang lahir pada masa tuanya; dan ia menyuruh membuat jubah yang maha indah bagi dia. 
(4)Setelah dilihat oleh saudara-saudaranya, bahwa ayahnya lebih mengasihi Yusuf dari semua saudaranya, maka bencilahmereka itu kepadanya dan tidak mau menyapanya dengan ramah. 
(5)Pada suatu kali bermimpilah Yusuf, lalu mimpinya itu diceritakannya kepada saudara-saudaranya; sebab itulah mereka lebih bencilagi kepadanya. 
(6)Karena katanya kepada mereka: "Coba dengarkan mimpi yang kumimpikan ini: 
(7)Tampak kita sedang di ladang mengikat berkas-berkas gandum, lalu bangkitlah berkasku dan tegak berdiri; kemudian datanglah berkas-berkas kamu sekalian mengelilingi dan sujud menyembah kepada berkasku itu." 
(8)Lalu saudara-saudaranya berkata kepadanya: "Apakah engkau ingin menjadi raja atas kami? Apakah engkau ingin berkuasa atas kami?" Jadimakin bencilahmereka kepadanya karena mimpinya dan karena perkataannya itu.

Saudara Yusuf membenci Yusuf ( lambang Gereja Mempelai) karena ia punya jubah yang maha indah (karunia). 
Yusuf juga diberi karunia mimpi (pembukaan Firman).

Bila ada roh kebencian, maka persekutuan akan rusak. 
Yak 3: 14-16
(14)Jika kamu menaruh perasaan iri hati dan kamu mementingkan diri sendiri, janganlah kamu memegahkan diri dan janganlah berdusta melawan kebenaran! 
(15)Itu bukanlah hikmat yang datang dari atas, tetapi dari dunia, dari nafsu manusia, dari setan-setan. 
(16)Sebab di mana ada iri hati dan mementingkan diri sendiri di situ ada kekacauan dan segala macam perbuatan jahat. 

120 thn hidup manusia kali 50 tahun yobel = 6000 tahun.
6 angka manusia. Manusia perlu ditebus karena fana.

Kita ditebus dengan harga yang mahal.
1 Ptr 1: 18-19
(18)Sebab kamu tahu, bahwa kamu telah ditebus dari cara hidupmu yang sia-sia yang kamu warisi dari nenek moyangmu itu bukan dengan barang yang fana, bukan pula dengan perak atau emas, 
(19)melainkan dengan darah yang mahal, yaitu darah Kristus yang sama seperti darah anak domba yang tak bernoda dan tak bercacat.