Translate

18 Agu 2019

Ibadah Raya 18 Agustus 2019. Pemberitahuan Tentang Penghakiman ( Bag 2) Why 14:6-13


Ibadah Raya 18 Agustus 2019.
Pemberitahuan Tentang Penghakiman.

Why 14:6-13
(6)Dan aku melihat seorang malaikat lain terbang di tengah-tengah langit dan padanya ada Injil yang kekal untuk diberitakannya kepada mereka yang diam di atas bumi dan kepada semua bangsa dan suku dan bahasa dan kaum, 
(7)dan ia berseru dengan suara nyaring: "Takutlah akan Allah dan muliakanlah Dia, karena telah tiba saat penghakiman-Nya, dan sembahlah Dia yang telah menjadikan langit dan bumi dan laut dan semua mata air." 
(8)Dan seorang malaikat lain, malaikat kedua, menyusul dia dan berkata: "Sudah rubuh, sudah rubuh Babel, kota besar itu, yang telah memabukkan segala bangsa dengan anggur hawa nafsu cabulnya." 
(9)Dan seorang malaikat lain, malaikat ketiga, menyusul mereka, dan berkata dengan suara nyaring: "Jikalau seorang menyembah binatang dan patungnya itu, dan menerima tanda pada dahinya atau pada tangannya, 
(10)maka ia akan minum dari anggur murka Allah, yang disediakan tanpa campuran dalam cawan murka-Nya; dan ia akan disiksa dengan api dan belerang di depan mata malaikat-malaikat kudus dan di depan mata Anak Domba.
(11)Maka asap api yang menyiksa mereka itu naik ke atas sampai selama-lamanya, dan siang malam mereka tidak henti-hentinya disiksa, yaitu mereka yang menyembah binatang serta patungnya itu, dan barangsiapa yang telah menerima tanda namanya." 
(12)Yang penting di sini ialah ketekunan orang-orang kudus, yang menuruti perintah Allah dan iman kepada Yesus. 
(13)Dan aku mendengar suara dari sorga berkata: Tuliskan: "Berbahagialah orang-orang mati yang mati dalam Tuhan, sejak sekarang ini." "Sungguh," kata Roh, "supaya mereka boleh beristirahat dari jerih lelah mereka, karena segala perbuatan mereka menyertai mereka."

Dalam suatu peradilan pasti memiliki saksi-saksi.
Perbuatan kita yang akan menjadi saksi dari peradilan. Oleh karena itu kita harus selalu disucikan. 

Malaikat pertama memberitakan Injil Keselamatan (penjelasan minggu lalu)

Malaikat kedua memberitahukan tentang Babel yang sudah rubuh. Babel adalah kota besar yang menunjuk pada dunia ini yang penuh dengan dosa yang akan diadili.

Malaikat ketiga menyampaikan berita tentang orang-orang yang menyembah Anti-Kris.

Ibadah harus sampai kepada penyembahan (Mezbah Dupa), sebelumnya harus diisi dengan FT dan Roh Kudus , kalau tidak kita bisa tertipu oleh penyembahan lain, yaitu Anti-Kris.

Dibutuhkan ketekunan setiap saat untuk mencari Tuhan.

Perbuatan kita akan menentukan apakah kita mendapat upah atau tidak (mahkota atau hukuman)

Yang akan dihakimi terlebih dahulu adalah kita (orang Kristen).
1 Ptr 4:17
Karena sekarang telah tiba saatnya penghakiman dimulai, dan pada rumah Allah sendiri yang harus pertama-tama dihakimi. Dan jika penghakiman itu dimulai pada kita, bagaimanakah kesudahannya dengan mereka yang tidak percaya pada Injil Allah? 

Penghakiman Allah adalah adil, menguji batin dan hati
Yer 11:20
Tetapi, TUHAN semesta alam, yang menghakimi dengan adil, yang menguji batin dan hati, biarlah aku melihat pembalasan-Mu terhadap mereka, sebab kepada-Mulah kuserahkan perkaraku. 

Tuhan mengajarkan agar kita tidak menghakimi sesama. 
Mat 7:1-5
Hal menghakimi
(1)"Jangan kamu menghakimi, supaya kamu tidak dihakimi.
(2)Karena dengan penghakiman yang kamu pakai untuk menghakimi, kamu akan dihakimi dan ukuran yang kamu pakai untuk mengukur, akan diukurkan kepadamu. 
(3)Mengapakah engkau melihat selumbar di mata saudaramu, sedangkan balok di dalam matamu tidak engkau ketahui? 
(4)Bagaimanakah engkau dapat berkata kepada saudaramu: Biarlah aku mengeluarkan selumbar itu dari matamu, padahal ada balok di dalam matamu. 
(5)Hai orang munafik, keluarkanlah dahulu balok dari matamu, maka engkau akan melihat dengan jelas untuk mengeluarkan selumbar itu dari mata saudaramu."

Yoh 7:24
Janganlah menghakimi menurut apa yang nampak, tetapi hakimilah dengan adil."

Tuhan akan menetapkan suatu hari dimana Ia akan mengadili dengan adil. 
Kis 17:31
Karena Ia telah menetapkan suatu hari, pada waktu mana Ia dengan adil akan menghakimi dunia oleh seorang yang telah ditentukan-Nya, sesudah Ia memberikan kepada semua orang suatu bukti tentang hal itu dengan membangkitkan Dia dari antara orang mati." 

Yesus yang akan mengadili semua manusia dan suku bangsa.
Yesus juga pernah berbicara tentang hari penghakiman.

Akan ada golongan domba dan kambing. Domba yang disebelah kanan akan memasuki Kerajaan Sorga, dan sebaliknya.

Mat 25:31-36
(31)"Apabila Anak Manusia datang dalam kemuliaan-Nya dan semua malaikat bersama-sama dengan Dia, maka Ia akan bersemayam di atas takhta kemuliaan-Nya. 
(32)Lalu semua bangsa akan dikumpulkan di hadapan-Nya dan Ia akan memisahkan mereka seorang dari pada seorang, sama seperti gembala memisahkan domba dari kambing,
(33)dan Ia akan menempatkan domba-domba di sebelah kanan-Nya dan kambing-kambing di sebelah kiri-Nya. 
(34)Dan Raja itu akan berkata kepada mereka yang di sebelah kanan-Nya: Mari, hai kamu yang diberkati oleh Bapa-Ku, terimalah Kerajaan yang telah disediakan bagimu sejak dunia dijadikan. 
(35)Sebab ketika Aku lapar, kamu memberi Aku makan; ketika Aku haus, kamu memberi Aku minum; ketika Aku seorang asing, kamu memberi Aku tumpangan; 
(36)ketika Aku telanjang, kamu memberi Aku pakaian; ketika Aku sakit, kamu melawat Aku; ketika Aku di dalam penjara, kamu mengunjungi Aku.

Yang ada di sebelah kiri, yaitu kambing.
Mat 25:37-46
(37)Maka orang-orang benar itu akan menjawab Dia, katanya: Tuhan, bilamanakah kami melihat Engkau lapar dan kami memberi Engkau makan, atau haus dan kami memberi Engkau minum? 
(38)Bilamanakah kami melihat Engkau sebagai orang asing, dan kami memberi Engkau tumpangan, atau telanjang dan kami memberi Engkau pakaian? 
(39)Bilamanakah kami melihat Engkau sakit atau dalam penjara dan kami mengunjungi Engkau? 
(40)Dan Raja itu akan menjawab mereka: Aku berkata kepadamu, sesungguhnya segala sesuatu yang kamu lakukan untuk salah seorang dari saudara-Ku yang paling hina ini, kamu telah melakukannya untuk Aku. 
(41)Dan Ia akan berkata juga kepada mereka yang di sebelah kiri-Nya: Enyahlah dari hadapan-Ku, hai kamu orang-orang terkutuk, enyahlah ke dalam api yang kekal yang telah sedia untuk Iblis dan malaikat-malaikatnya. 
(42)Sebab ketika Aku lapar, kamu tidak memberi Aku makan; ketika Aku haus, kamu tidak memberi Aku minum;
(43)ketika Aku seorang asing, kamu tidak memberi Aku tumpangan; ketika Aku telanjang, kamu tidak memberi Aku pakaian; ketika Aku sakit dan dalam penjara, kamu tidak melawat Aku. 
(44)Lalu merekapun akan menjawab Dia, katanya: Tuhan, bilamanakah kami melihat Engkau lapar, atau haus, atau sebagai orang asing, atau telanjang atau sakit, atau dalam penjara dan kami tidak melayani Engkau? 
(45)Maka Ia akan menjawab mereka: Aku berkata kepadamu, sesungguhnya segala sesuatu yang tidak kamu lakukan untuk salah seorang dari yang paling hina ini, kamu tidak melakukannya juga untuk Aku. 
(46)Dan mereka ini akan masuk ke tempat siksaan yang kekal, tetapi orang benar ke dalam hidup yang kekal."

Ay 34
Kerajaan ( Surga) itu sudah lama dijadikan bagi kita, yaitu domba-domba yang setia mendengarkan suara Gembala, dan mengikuti kemana mereka akan digembalakan,

Siapakah diri kita? Golongan domba atau kambing?
Yoh 10: 3-5
(3)Untuk dia penjaga membuka pintu dan domba-domba mendengarkan suaranya dan ia memanggil domba-dombanya masing-masing menurut namanya dan menuntunnya ke luar. 
(4)Jika semua dombanya telah dibawanya ke luar, ia berjalan di depan mereka dan domba-domba itu mengikuti dia, karena mereka mengenal suaranya. 
(5)Tetapi seorang asing pasti tidak mereka ikuti, malah mereka lari dari padanya, karena suara orang-orang asing tidak mereka kenal." 

Domba: 
  1. Mendengar suara Gembala. Suara asing berbahaya, yaitu suara pencuri dan perampok yang membunuh dan membinasakan.
Mat 10:8-10
(8)Semua orang yang datang sebelum Aku, adalah pencuri dan perampok, dan domba-domba itu tidak mendengarkan mereka. 
(9)Akulah pintu; barangsiapa masuk melalui Aku, ia akan selamat dan ia akan masuk dan keluar dan menemukan padang rumput. 
(10)Pencuri datang hanya untuk mencuri dan membunuh dan membinasakan; Aku datang, supaya mereka mempunyai hidup, dan mempunyainya dalam segala kelimpahan.

Yoh 10:2,7
2 ”Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya siapa yang masuk ke dalam kandang domba dengan tidak melalui pintu, tetapi dengan memanjat tembok, ia adalah seorang pencuri dan seorang perampok.
 7 Maka kata Yesus sekali lagi: "Aku berkata kepadamu, sesungguhnya Akulah pintu ke domba-domba itu.

Pasal 10 terkena Pintu Tirai dalam Tabernakel,  berarti perobekan daging, melalui jalan yang sempit penuh pergumulan.

Dengar-dengaran adalah bukti bahwa daging sudah robek.
Berjuanglah melalui pintu yang sempit (Luk 13:23-24)

Masuk pintu berarti ada penggembalaan.
Firaun tidak suka dengan penggembalaan. 
Kej 46:33-34
(33)Apabila Firaun memanggil kamu dan bertanya: Apakah pekerjaanmu? 
(34)maka jawablah: Hamba-hambamu ini pemelihara ternak, sejak dari kecil sampai sekarang, baik kami maupun nenek moyang kami dengan maksud supaya kamu boleh diam di tanah Gosyen." Sebab segala gembala kambing domba adalah suatu kekejian bagi orang Mesir.

Pemelihara ternak = adanya penggembalaan. 
Orang Mesir (orang dunia) membenci penggembalaan. 
Mau digembalakan berarti posisi kita akan ada di sebelah kanan.

2. Mengenal suara Gembala. Ada pengingkatan dari mendengar menjadi mengenal.
Hosea 4:6
(6)Umat-Ku binasa karena tidak mengenal Allah; karena engkaulah yang menolak pengenalan itu maka Aku menolak engkau menjadi imam-Ku; dan karena engkau melupakan pengajaran Allahmu, maka Aku juga akan melupakan anak-anakmu. 

Pengenalan meningkat hingga menjadi istri.
Hosea 2:18-19
18 Aku akan menjadikan engkau isteri-Ku untuk selama-lamanya dan Aku akan menjadikan engkau isteri-Ku dalam keadilan dan kebenaran, dalam kasih setia dan kasih sayang. 19 Aku akan menjadikan engkau isteri-Ku dalam kesetiaan, sehingga engkau akan mengenal TUHAN.

Sebelum menikah, ditunangkan.
2 Kor 11:2
Sebab aku cemburu kepada kamu dengan cemburu ilahi. Karena aku telah mempertunangkan kamu kepada satu laki-laki untuk membawa kamu sebagai perawan suci kepada Kristus. 

Mengikuti Gembala


Why 14:4
Mereka adalah orang-orang yang tidak mencemarkan dirinya dengan perempuan-perempuan, karena mereka murni sama seperti perawan. Mereka adalah orang-orang yang mengikuti Anak Domba itu ke mana saja Ia pergi. Mereka ditebus dari antara manusia sebagai korban-korban sulung bagi Allah dan bagi Anak Domba itu.

Yesus sebagai Anak Domba.
Why 19:6-8
Perjamuan kawin Anak Domba
(6)Lalu aku mendengar seperti suara himpunan besar orang banyak, seperti desau air bah dan seperti deru guruh yang hebat, katanya: "Haleluya! Karena Tuhan, Allah kita, Yang Mahakuasa, telah menjadi raja. 
(7)Marilah kita bersukacita dan bersorak-sorai, dan memuliakan Dia! Karena hari perkawinan Anak Domba telah tiba, dan pengantin-Nya telah siap sedia. 
(8)Dan kepadanya dikaruniakan supaya memakai kain lenan halus yang berkilau-kilauan dan yang putih bersih!" (Lenan halus itu adalah perbuatan-perbuatan yang benar dari orang-orang kudus.) 

Anak Domba disini dikaitkan dengan pengorbananNya.
Kehidupan yang sudah ditebus itulah yang akan menjadi calon mempelaiNya.

Yohanes memperkenalkan Yesus sebagai Anak Domba pada murid-muridNya.
Yoh 1: 29, 35-37
 (29) Pada keesokan harinya Yohanes melihat Yesus datang kepadanya dan ia berkata: "Lihatlah Anak domba Allah, yang menghapus dosa dunia.
(35)Pada keesokan harinya Yohanes berdiri di situ pula dengan dua orang muridnya. 
(36)Dan ketika ia melihat Yesus lewat, ia berkata: "Lihatlah Anak domba Allah!" 
(37)Kedua murid itu mendengar apa yang dikatakannya itu, lalu mereka pergi mengikut Yesus. 

Dimana posisi kita? Sebagai domba disebelah kanan atau kambing di sebelah kiri?