Translate

17 Mar 2019

Ibadah Raya 17 Maret 2019. TANDA AJAIB NABI YUNUS DAN HIKMAT SALOMO


Ibadah Raya 17 Maret 2019.
TANDA AJAIB NABI YUNUS DAN HIKMAT SALOMO

Mat 12:38-42
12:38 Pada waktu itu berkatalah beberapa ahli Taurat dan orang Farisi kepada Yesus: "Guru, kami ingin melihat suatu tanda dari pada-Mu."
12:39 Tetapi jawab-Nya kepada mereka: "Angkatan yang jahat dan tidak setia ini menuntut suatu tanda. Tetapi kepada mereka tidak akan diberikan tanda selain tanda nabi Yunus.
12:40 Sebab seperti Yunus tinggal di dalam perut ikan tiga hari tiga malam, demikian juga Anak Manusia akan tinggal di dalam rahim bumi tiga hari tiga malam.
12:41 Pada waktu penghakiman, orang-orang Niniwe akan bangkit bersama angkatan ini dan menghukumnya juga. Sebab orang-orang Niniwe itu bertobat setelah mendengar pemberitaan Yunus, dan sesungguhnya yang ada di sini lebih dari pada Yunus!
12:42 Pada waktu penghakiman, ratu dari Selatan itu akan bangkit bersama angkatan ini dan ia akan menghukumnya juga. Sebab ratu ini datang dari ujung bumi untuk mendengar hikmat Salomo, dan sesungguhnya yang ada di sini lebih dari pada Salomo!"

Orang-orang Farisi dan ahli-ahli Torat ingin melihat tanda dari Tuhan Yesus. Dan Tuhan Yesus tunjukan kepada mereka kisah tentang nabi Yunus dan hikmad Salomo.
Yunus pernah berada didalam perut ikan selama 3 hari 3 malam, dan ini ada maksud Tuhan supaya Yunus mau sadar dari kesalahannya dan menjalankan perintah Tuhan.

Yunus 1:17
1:17 Maka atas penentuan TUHAN datanglah seekor ikan besar yang menelan Yunus; dan Yunus tinggal di dalam perut ikan itu tiga hari tiga malam lamanya.
Yunus ini diperintahkan Tuhan untuk pergi ke Ninewe untuk mengabarkan Injil agar orang-orang Ninewe mau bertobat, tapi dia malah lari ke Tarsis.
Yunus mencoba menjauhi dari Tuhan

Yunus 1:1-4
1:1 Datanglah firman TUHAN kepada Yunus bin Amitai, demikian:
1:2 "Bangunlah, pergilah ke Niniwe, kota yang besar itu, berserulah terhadap mereka, karena kejahatannya telah sampai kepada-Ku."
1:3 Tetapi Yunus bersiap untuk melarikan diri ke Tarsis, jauh dari hadapan TUHAN; ia pergi ke Yafo dan mendapat di sana sebuah kapal, yang akan berangkat ke Tarsis. Ia membayar biaya perjalanannya, lalu naik kapal itu untuk berlayar bersama-sama dengan mereka ke Tarsis, jauh dari hadapan TUHAN.
1:4 Tetapi TUHAN menurunkan angin ribut ke laut, lalu terjadilah badai besar, sehingga kapal itu hampir-hampir terpukul hancur.

Apakah Yunus dapat menjauhi hadirat Tuhan?
Daud berkata dalam kitab Maz 139:7-10
139:7 Ke mana aku dapat pergi menjauhi roh-Mu, ke mana aku dapat lari dari hadapan-Mu?
139:8 Jika aku mendaki ke langit, Engkau di sana; jika aku menaruh tempat tidurku di dunia orang mati, di situ pun Engkau.
139:9 Jika aku terbang dengan sayap fajar, dan membuat kediaman di ujung laut,
139:10 juga di sana tangan-Mu akan menuntun aku, dan tangan kanan-Mu memegang aku.

Sekalipun berada diseberang lautan, Tuhan juga ada disana.
Jadi Yunus ini adalah orang yang lari dari hadapan Tuhan.
Adanya Yunus didalam perut ikan ini karena dia lari dari hadapan Tuhan.
Perut ikan  = pencobaan.
Adanya pencobaan itu adalah suatu usaha dari Tuhan untuk menyadarkan seorang dari kesalahannya.
Kalau Yunus tidak dibuang kedalam perut ikan, maka orang yang ada didalam kapal waktu itu pasti binasa.

Yun 1:12
1:12 Sahutnya kepada mereka: "Angkatlah aku, campakkanlah aku ke dalam laut, maka laut akan menjadi reda dan tidak menyerang kamu lagi. Sebab aku tahu, bahwa karena akulah badai besar ini menyerang kamu."

Perut ikan bagi Yunus adalah suatu pemrosesan. Diperut ikan itu Yunus belajar suatu yang tidak pernah dia alami sebelumnya.
Adakalanya Tuhan itu membawa kita pada jalan kematian, untuk kemudian dibawa kebangkitan sampai pada kemulyaan.
Perut ikan bagi Yunus adalah awal  dari suatu pemakaian Tuhan, sebab setelah itu Yunus pergi ke Ninewe untuk mengingatkan penduduk Ninewe akan hukuman Allah yang bakal menimpa mereka.

Yun 3:4
3:4 Mulailah Yunus masuk ke dalam kota itu sehari perjalanan jauhnya, lalu berseru: "Empat puluh hari lagi, maka Niniwe akan ditunggangbalikkan."

Angka 40 adalah angka dari tamatnya daging.
Selama 40 hari 40 malam Tuhan Yesus berpuasa, disana daging itu dimatikan
Kalau penduduk Ninewe mulai dari rajanya sampai seluruh rakyatnya mau merendahkan diri dihadapan Tuhan, dengan jalan berpuasa dan berkabung, maka Tuhan telah mengubah keputusannya.

Yun 3:10
3:10 Ketika Allah melihat perbuatan mereka itu, yakni bagaimana mereka berbalik dari tingkah lakunya yang jahat, maka menyesallah Allah karena malapetaka yang telah dirancangkan-Nya terhadap mereka, dan Ia pun tidak jadi melakukannya.

Begitu besar kasih Allah kepada penduduk Ninewe, sehingga Allah membatalkan hukumannya. Itu sebabnya Tuhan Yesus berkata:

Mat 12:41
12:41 Pada waktu penghakiman, orang-orang Niniwe akan bangkit bersama angkatan ini dan menghukumnya juga. Sebab orang-orang Niniwe itu bertobat setelah mendengar pemberitaan Yunus, dan sesungguhnya yang ada di sini lebih dari pada Yunus!

Orang-orang Ninewe akan bangkit bersama angkatan ini dan menghukumnya juga. Ini dikarenakan orang-orang Ninewe itu bertobat setelah mendengarkan pemberitaan Yunus.
Masih ada kesempatan bagi manusia untuk bertobat, sekalipun dosa-dosanya itu begitu besar. Sebab semakin bertambah dosa, kasih Allah itu juga semakin bertambah. Rm 5:20b
; dan di mana dosa bertambah banyak, di sana kasih karunia menjadi berlimpah-limpah,

Sama seperti Yunus berada diperut ikan selama 3 hari 3 malam, demikianpun Anak Manusia berada dirahim bumi. Mat 12:40
12:40 Sebab seperti Yunus tinggal di dalam perut ikan tiga hari tiga malam, demikian juga Anak Manusia akan tinggal di dalam rahim bumi tiga hari tiga malam.
Perut ikan >< rahim bumi.

Kalau diukur perut ikan dengan rahim bumi, itu beda jauh.
Itu sebabnya Tuhan Yesus mengatakan : Sesungguhnya yang ada disini lebih dari pada Yunus.
Kalau Yunus diutus untuk menyelamatkan penduduk Ninewe, tapi Tuhan Yesus misinya adalah untuk menjadi Juru Selamat dunia.
Jadi tanda nabi Yunus ini adalah tanda kematian dan kebangkitan.
Bedanya Yunus diperut ikan selama 3 hari 3 malam dan Tuhan Yesus diperut bumi selama 3 hari 3 malam, kalau Yunus berada diperut ikan karena  ia mencoba lari dari hadapan Allah, kemudian Allah menangkap Yunus dan diberi pelajaran.

Sedangkan Tuhan Yesus mati selama 3 hari 3 malam itu karena IA menjalankan misinya Allah yaitu untuk menebus dosa manusia.
Kemudian Tuhan Yesus bicara tentang hikmad Salomo Mat 12:42
12:42 Pada waktu penghakiman, ratu dari Selatan itu akan bangkit bersama angkatan ini dan ia akan menghukumnya juga. Sebab ratu ini datang dari ujung bumi untuk mendengar hikmat Salomo, dan sesungguhnya yang ada di sini lebih dari pada Salomo!"

Kalau Yunus bicara soal kematian dan kebangkitan, sedangkan hikmad Salomo ini bicara tentang kemulyaan.

Ratu dari Selatan ini adalah ratu Syeba 1Raj 10:1-10
10:1 Ketika ratu negeri Syeba mendengar kabar tentang Salomo, berhubung dengan nama TUHAN, maka datanglah ia hendak mengujinya dengan teka-teki.
10:2 Ia datang ke Yerusalem dengan pasukan pengiring yang sangat besar, dengan unta-unta yang membawa rempah-rempah, sangat banyak emas dan batu permata yang mahal-mahal. Setelah ia sampai kepada Salomo, dikatakannyalah segala yang ada dalam hatinya kepadanya.
10:3 Dan Salomo menjawab segala pertanyaan ratu itu; bagi raja tidak ada yang tersembunyi, yang tidak dapat dijawabnya untuk ratu itu.
10:4 Ketika ratu negeri Syeba melihat segala hikmat Salomo dan rumah yang telah didirikannya,
10:5 makanan di mejanya, cara duduk pegawai-pegawainya, cara pelayan-pelayannya melayani dan berpakaian, minumannya dan korban bakaran yang biasa dipersembahkannya di rumah TUHAN, maka tercenganglah ratu itu.
10:6 Dan ia berkata kepada raja: "Benar juga kabar yang kudengar di negeriku tentang engkau dan tentang hikmatmu,
10:7 tetapi aku tidak percaya perkataan-perkataan itu sampai aku datang dan melihatnya dengan mataku sendiri; sungguh setengahnya pun belum diberitahukan kepadaku; dalam hal hikmat dan kemakmuran, engkau melebihi kabar yang kudengar.
10:8 Berbahagialah para isterimu, berbahagialah para pegawaimu ini yang selalu melayani engkau dan menyaksikan hikmatmu!
10:9 Terpujilah TUHAN, Allahmu, yang telah berkenan kepadamu sedemikian, hingga Ia mendudukkan engkau di atas takhta kerajaan Israel! Karena TUHAN mengasihi orang Israel untuk selama-lamanya, maka Ia telah mengangkat engkau menjadi raja untuk melakukan keadilan dan kebenaran."
10:10 Lalu diberikannyalah kepada raja seratus dua puluh talenta emas, dan sangat banyak rempah-rempah dan batu permata yang mahal-mahal; tidak pernah datang lagi begitu banyak rempah-rempah seperti yang diberikan ratu negeri Syeba kepada raja Salomo itu.

Ratu Syeba ini datang dengan teka-teki, ia ingin menguji hikmad Salomo dengan suatu teka-teki.
Teka-teki ini sama dengan pertanyaan yang membutuhkan jawabannya.
Hikmad Salomo diuji dengan teka-teki.
Yang ada disini lebih dari hikmad Salomo. Ini berarti Dia yaitu Yesus lebih dari Salomo dengan hikmadnya.

1 Kor 1:24 Kristus adalah hikmad Allah.
1:24 tetapi untuk mereka yang dipanggil, baik orang Yahudi, maupun orang bukan Yahudi, Kristus adalah kekuatan Allah dan hikmat Allah.

Kalau ratu Syiba datang dengan teka-tekinya, ini bicara tentang keadaan manusia yang penuh dengan persoalan dan membutuhkan jawaban.
Sedangkan dari pihaknya Tuhan selalu ada jawaban. Tidak ada yang tidak dapat dijawabnya.

Maz 86:7
86:7 Pada hari kesesakanku aku berseru kepada-Mu, sebab Engkau menjawab aku.
Maz 138:3
138:3 Pada hari aku berseru, Engkau pun menjawab aku, Engkau menambahkan kekuatan dalam jiwaku.

Mengapa kita harus berseru kepada Tuhan? Sebab Ia sendiri berkata:
Yer 33:3
33:3 Berserulah kepada-Ku, maka Aku akan menjawab engkau dan akan memberitahukan kepadamu hal-hal yang besar dan yang tidak terpahami, yakni hal-hal yang tidak kauketahui.