Translate

31 Mar 2019

Ibadah Pendalaman Alkitab 29 Maret 2019. KAUM YANG PERNAH KU TUNTUN KELUAR DARI TANAH MESIR.


Ibadah Pendalaman Alkitab 29 Maret 2019.
KAUM YANG PERNAH KU TUNTUN KELUAR DARI TANAH MESIR.
Amos 3:1-8
3:1 Dengarlah firman ini, yang diucapkan TUHAN tentang kamu, hai orang Israel, tentang segenap kaum yang telah Kutuntun keluar dari tanah Mesir, bunyinya:
3:2 "Hanya kamu yang Kukenal dari segala kaum di muka bumi, sebab itu Aku akan menghukum kamu karena segala kesalahanmu.
3:3 Berjalankah dua orang bersama-sama, jika mereka belum berjanji?
3:4 Mengaumkah seekor singa di hutan, apabila tidak mendapat mangsa? Bersuarakah singa muda dari sarangnya, jika belum menangkap apa-apa?
3:5 Jatuhkah seekor burung ke dalam perangkap di tanah, apabila tidak ada jerat terhadapnya? Membingkaskah perangkap dari tanah, jika tidak ditangkapnya sesuatu?
3:6 Adakah sangkakala ditiup di suatu kota, dan orang-orang tidak gemetar? Adakah terjadi malapetaka di suatu kota, dan TUHAN tidak melakukannya?
3:7 Sungguh, Tuhan ALLAH tidak berbuat sesuatu tanpa menyatakan keputusan-Nya kepada hamba-hamba-Nya, para nabi.
3:8 Singa telah mengaum, siapakah yang tidak takut? Tuhan ALLAH telah berfirman, siapakah yang tidak bernubuat?"
Bagaimana cara Allah menuntun kaum Israel ini keluar dari tanah Mesir, dari tanah perbudakan?
Kel 13:14 Dengan kekuatan tanganNya.
13:14 Dan apabila anakmu akan bertanya kepadamu di kemudian hari: Apakah artinya itu? maka haruslah engkau berkata kepadanya: Dengan kekuatan tangan-Nya TUHAN telah membawa kita keluar dari Mesir, dari rumah perbudakan.

Kel 12:24-27 Korban Paskah (menyelamatkan rumah-rumah orang Israel yang ada tanda darah.
12:24 Kamu harus memegang ini sebagai ketetapan sampai selama-lamanya bagimu dan bagi anak-anakmu.
12:25 Dan apabila kamu tiba di negeri yang akan diberikan TUHAN kepadamu, seperti yang difirmankan-Nya, maka kamu harus pelihara ibadah ini.
12:26 Dan apabila anak-anakmu berkata kepadamu: Apakah artinya ibadahmu ini?
12:27 maka haruslah kamu berkata: Itulah korban Paskah bagi TUHAN yang melewati rumah-rumah orang Israel di Mesir, ketika Ia menulahi orang Mesir, tetapi menyelamatkan rumah-rumah kita." Lalu berlututlah bangsa itu dan sujud menyembah.

Ul 16:1-3 Seumur hidupmu engkau ingat akan hari engkau keluar dari tanah Mesir.

Untuk membawa bangsa Israel keluar dari tanah Mesir, maka Allah telah mengorbankan Domba Paskah (korbannya Kristus).
Itu sebabnya bangsa Israel disebut bangsa pilihan Allah. Secara rohani kehidupan yang sudah ditebus oleh darah Yesus juga merupakan bangsa pilihan Allah.

1 Pet  2:9-10
2:9 Tetapi kamulah bangsa yang terpilih, imamat yang rajani, bangsa yang kudus, umat kepunyaan Allah sendiri, supaya kamu memberitakan perbuatan-perbuatan yang besar dari Dia, yang telah memanggil kamu keluar dari kegelapan kepada terang-Nya yang ajaib:
2:10 kamu, yang dahulu bukan umat Allah, tetapi yang sekarang telah menjadi umat-Nya, yang dahulu tidak dikasihani tetapi yang sekarang telah beroleh belas kasihan.

Hanya kamu yang Ku kenal dari segala bangsa dimuka bumi.

Kata Ibrani untuk “mengenal” adalah suatu istilah yang penting.
Pertama-tama harus ditekankan bahwa “mengenal” adalah atas dasar pengalaman dan saling berhubungan, atau “memasuki” hubungan hidup dengan seseorang.

Selanjutnya kata itu juga dapat diterjemahkan dengan “mengindahkan”, “menghiraukan” nasib seseorang. Misalnya Hos 13:5
13:5 Akulah yang mengenal engkau di padang gurun, di tanah yang gersang.

Apabila Allah “mengenal” seseorang dengan cara demikian, maka hal itu berarti suatu “pemilihan” yang mengandung suatu tujuan yang tertentu, suatu perintah dan suatu tugas.

Kej 18:19
18:19 Sebab Aku telah memilih dia, supaya diperintahkannya kepada anak-anaknya dan kepada keturunannya supaya tetap hidup menurut jalan yang ditunjukkan TUHAN, dengan melakukan kebenaran dan keadilan, dan supaya TUHAN memenuhi kepada Abraham apa yang dijanjikan-Nya kepadanya."

Allah memilih Abraham dengan suatu maksud.
Allah mengenal dan Allah memilih untuk membawa mereka keluar dari negeri perbudakan, agar mereka hidup sebagai bangsa yang dikuduskan, diasingkan untuk mengabdi kepadaNYa, yaitu untuk memuliakan Dia dengan hidup menurut pengajaranNya.

Selanjutnya dalam Amos 3:3 Tuhan berfirman:
3:3 Berjalankah dua orang bersama-sama, jika mereka belum berjanji?

Ini merupakan kelanjutan dari suatu hubungan.
Kalau kita bisa hidup sesuai dengan kehendaknya Tuhan, maka kita bisa berjalan bersama Dia.
Apa keuntungannya kalau kita berjalan sertaNya?
Berada ditengah-tengah api (pencobaan) tapi tak merasakan panas.

Dan 3:24-27
3:24 Kemudian terkejutlah raja Nebukadnezar lalu bangun dengan segera; berkatalah ia kepada para menterinya: "Bukankah tiga orang yang telah kita campakkan dengan terikat ke dalam api itu?" Jawab mereka kepada raja: "Benar, ya raja!"
3:25 Katanya: "Tetapi ada empat orang kulihat berjalan-jalan dengan bebas di tengah-tengah api itu; mereka tidak terluka, dan yang keempat itu rupanya seperti anak dewa!"
3:26 Lalu Nebukadnezar mendekati pintu perapian yang bernyala-nyala itu; berkatalah ia: "Sadrakh, Mesakh dan Abednego, hamba-hamba Allah yang maha tinggi, keluarlah dan datanglah ke mari!" Lalu keluarlah Sadrakh, Mesakh dan Abednego dari api itu.
3:27 Dan para wakil raja, para penguasa, para bupati dan para menteri raja datang berkumpul; mereka melihat, bahwa tubuh orang-orang ini tidak mempan oleh api itu, bahwa rambut di kepala mereka tidak hangus, jubah mereka tidak berubah apa-apa, bahkan bau kebakaran pun tidak ada pada mereka.

Menyebrang melalui air aku akan menyertai engkau. Yes 43:1-2
43:1 Tetapi sekarang, beginilah firman TUHAN yang menciptakan engkau, hai Yakub, yang membentuk engkau, hai Israel: "Janganlah takut, sebab Aku telah menebus engkau, Aku telah memanggil engkau dengan namamu, engkau ini kepunyaan-Ku.
43:2 Apabila engkau menyeberang melalui air, Aku akan menyertai engkau, atau melalui sungai-sungai, engkau tidak akan dihanyutkan; apabila engkau berjalan melalui api, engkau tidak akan dihanguskan, dan nyala api tidak akan membakar engkau.

Nyala api tidak membakar engkau.
Yes 40:29-31
40:29 Dia memberi kekuatan kepada yang lelah dan menambah semangat kepada yang tiada berdaya.
40:30 Orang-orang muda menjadi lelah dan lesu dan teruna-teruna jatuh tersandung,
40:31 tetapi orang-orang yang menanti-nantikan TUHAN mendapat kekuatan baru: mereka seumpama rajawali yang naik terbang dengan kekuatan sayapnya; mereka berlari dan tidak menjadi lesu, mereka berjalan dan tidak menjadi lelah.
Berlari tidak menjadi lesu dan berjalan tidak menjadi lelah.

Yes 45:2
45:2 Aku sendiri hendak berjalan di depanmu dan hendak meratakan gunung-gunung, hendak memecahkan pintu-pintu tembaga dan hendak mematahkan palang-palang besi.

Amos 3:4-6
3:4 Mengaumkah seekor singa di hutan, apabila tidak mendapat mangsa? Bersuarakah singa muda dari sarangnya, jika belum menangkap apa-apa?
3:5 Jatuhkah seekor burung ke dalam perangkap di tanah, apabila tidak ada jerat terhadapnya? Membingkaskah perangkap dari tanah, jika tidak ditangkapnya sesuatu?
3:6 Adakah sangkakala ditiup di suatu kota, dan orang-orang tidak gemetar? Adakah terjadi malapetaka di suatu kota, dan TUHAN tidak melakukannya?

Singa mengaum = menakut-nakuti mangsanya. “mendapat mangsa” itu lebih tepat diterjemahkan “berhadapan dengan mangsanya”.
Burung yang jatuh kedalam perangkap karena ada jerat yang menjeratnya.
Sangkakala ditiup orang-orang gemetar.
Pada bagian ke 3 ini tidak lagi mengenai dunia binatang (singa – burung), tetapi mengenai dunia manusia.

Ketiga-tiganya ini merupakan suatu peringatan.
Peringatan itu bertambah keras!
Hos 11:10
11:10 Mereka akan mengikuti TUHAN, Ia akan mengaum seperti singa. Sungguh, Ia akan mengaum, maka anak-anak akan datang dengan gemetar dari barat,

Burung yang jatuh kedalam perangkap, bertambah sulit, sebab sudah jatuh kedalam perangkap. Ams 7:22-23
7:22 Maka tiba-tiba orang muda itu mengikuti dia seperti lembu yang dibawa ke pejagalan, dan seperti orang bodoh yang terbelenggu untuk dihukum,
7:23 sampai anak panah menembus hatinya; seperti burung dengan cepat menuju perangkap, dengan tidak sadar, bahwa hidupnya terancam.

Ams 22:5
22:5 Duri dan perangkap ada di jalan orang yang serong hatinya; siapa ingin memelihara diri menjauhi orang itu.

Sangkakala ditiup orang-orang gemetar.
Ini yang dimaksud adalah sangkakala Allah.
Pada saat sangkakala ditiup, orang dan sekitar tempat itu gemetar.

Kel 19:16 Peristiwa digunung Sinai.
19:16 Dan terjadilah pada hari ketiga, pada waktu terbit fajar, ada guruh dan kilat dan awan padat di atas gunung dan bunyi sangkakala yang sangat keras, sehingga gemetarlah seluruh bangsa yang ada di perkemahan.

Zef 1:14-16 Hari peniupan sangkakala.
1:14 Sudah dekat hari TUHAN yang hebat itu, sudah dekat dan datang dengan cepat sekali! Dengar, hari TUHAN pahit, pahlawan pun akan menangis.
1:15 Hari kegemasan hari itu, hari kesusahan dan kesulitan, hari kemusnahan dan pemusnahan, hari kegelapan dan kesuraman, hari berawan dan kelam,
1:16 hari peniupan sangkakala dan pekik tempur terhadap kota-kota yang berkubu dan terhadap menara penjuru yang tinggi.

1 Tes 4:16 Sangkala ketika Tuhan datang.
4:16 Sebab pada waktu tanda diberi, yaitu pada waktu penghulu malaikat berseru dan sangkakala Allah berbunyi, maka Tuhan sendiri akan turun dari sorga dan mereka yang mati dalam Kristus akan lebih dahulu bangkit;

Amos 3:7-8 Tuhan berbuat sesuatu setelah Ia memberi peringatan!
3:7 Sungguh, Tuhan ALLAH tidak berbuat sesuatu tanpa menyatakan keputusan-Nya kepada hamba-hamba-Nya, para nabi.
3:8 Singa telah mengaum, siapakah yang tidak takut? Tuhan ALLAH telah berfirman, siapakah yang tidak bernubuat?"