Translate

10 Mar 2019

Ibadah Pendalaman Alkitab. 8 Maret 2019.


KEPUTUSAN TUHAN MENGHUKUM AMON DAN MOAB:
Amos 1:13-15
1:13 Beginilah firman TUHAN: "Karena tiga perbuatan jahat bani Amon, bahkan empat, Aku tidak akan menarik kembali keputusan-Ku: Oleh karena mereka membelah perut perempuan-perempuan hamil di Gilead dengan maksud meluaskan daerah mereka sendiri,
1:14 Aku akan menyalakan api di dalam tembok Raba, sehingga purinya dimakan habis, diiringi sorak-sorai pada waktu pertempuran, diiringi angin badai pada waktu puting beliung;
1:15 dan raja mereka harus pergi sebagai orang buangan, ia bersama-sama dengan pembesar-pembesarnya," firman TUHAN.
Amos 2:1-3
2:1 Beginilah firman TUHAN: "Karena tiga perbuatan jahat Moab, bahkan empat, Aku tidak akan menarik kembali keputusan-Ku: Oleh karena ia telah membakar tulang-tulang raja Edom menjadi kapur,
2:2 Aku akan melepas api ke dalam Moab, sehingga puri Keriot dimakan habis; Moab akan mati di dalam kegaduhan, diiringi sorak-sorai pada saat sangkakala berbunyi;
2:3 Aku akan melenyapkan penguasa dari antaranya dan membunuh segala pembesarnya bersama-sama dengan dia," firman TUHAN.

Amon dan Moab ini dua bangsa yang berasal dari keturuan Lot.
Amon berasal dari putri Lot yang lebih muda yang bernama Ben – Ami.
Sedangkan Moab berasal dari putri sulung dari Lot, yang kemudian diberi nama Moab.

Kej 19:36-38
19:36 Lalu mengandunglah kedua anak Lot itu dari ayah mereka.
19:37 Yang lebih tua melahirkan seorang anak laki-laki, dan menamainya Moab; dialah bapa orang Moab yang sekarang.
19:38 Yang lebih muda pun melahirkan seorang anak laki-laki, dan menamainya Ben-Ami; dialah bapa bani Amon yang sekarang.

Disebuah goa yang ada dipegunungan ketika Lot berhasil lolos dari hukuman Sodom dan Gomora, maka disitulah terjadi peristiwa yang memalukan dimana Lot telah jatuh dalam dosa dengan anak-anaknya sendiri.
Jadi Amon dan Moab ini adalah berasal dari nikah yang menyimpang, dimana ayah telah menodai kedua anak perempuannya.

Dikemudian hari terjadilah keturunan Moab dan Amon ini tidak diperbolehkan masuk ke jemaat Tuhan, sampai pada keturunan yang ke sepuluh.

Ul 23:3-6
23:3 Seorang Amon atau seorang Moab janganlah masuk jemaah TUHAN, bahkan keturunannya yang kesepuluh pun tidak boleh masuk jemaah TUHAN sampai selama-lamanya,
23:4 karena mereka tidak menyongsong kamu dengan roti dan air pada waktu perjalananmu keluar dari Mesir, dan karena mereka mengupah Bileam bin Beor dari Petor di Aram-Mesopotamia melawan engkau, supaya dikutukinya engkau.
23:5 Tetapi TUHAN, Allahmu, tidak mau mendengarkan Bileam dan TUHAN, Allahmu, telah mengubah kutuk itu menjadi berkat bagimu, karena TUHAN, Allahmu, mengasihi engkau.
23:6 Selama engkau hidup, janganlah engkau mengikhtiarkan kesejahteraan dan kebahagiaan mereka sampai selama-lamanya.

Ada dua kesalahan dua bangsa ini kepada Allah dan Israel:
1.- Karena mereka tidak menyongsong kamu dengan roti dan air, pada waktu perjalananmu keluar dari Mesir.
2.- Mengupah Bileam untukmengutuki bangsa Israel.

Bil 22:1-6
22:1 Kemudian berangkatlah orang Israel, dan berkemah di dataran Moab, di daerah seberang sungai Yordan dekat Yerikho.
22:2 Balak bin Zipor melihat segala yang dilakukan Israel kepada orang Amori.
22:3 Maka sangat gentarlah orang Moab terhadap bangsa itu, karena jumlahnya banyak, lalu muak dan takutlah orang Moab karena orang Israel.
22:4 Lalu berkatalah orang Moab kepada para tua-tua Midian: "Tentu saja laskar besar itu akan membabat habis segala sesuatu yang di sekeliling kita, seperti lembu membabat habis tumbuh-tumbuhan hijau di padang." Adapun pada waktu itu Balak bin Zipor menjadi raja Moab.
22:5 Raja ini mengirim utusan kepada Bileam bin Beor, ke Petor yang di tepi sungai Efrat, ke negeri teman-teman sebangsanya, untuk memanggil dia, dengan pesan: "Ketahuilah, ada suatu bangsa keluar dari Mesir; sungguh, sampai tertutup permukaan bumi olehnya, dan mereka sedang berkemah di depanku.
22:6 Karena itu, datanglah dan kutuk bangsa itu bagiku, sebab mereka lebih kuat dari padaku; mungkin aku sanggup mengalahkannya dan menghalaunya dari negeri ini, sebab aku tahu: siapa yang kauberkati, dia beroleh berkat, dan siapa yang kaukutuk, dia kena kutuk."

Tuhan tidak suka bangsa Israel bersekutu dengan bangsa Moab dan Amon.
Neh 13:1-3
13:1 Pada masa itu bagian-bagian dari pada kitab Musa dibacakan dengan didengar oleh rakyat. Didapati tertulis dalam kitab itu, bahwa orang Amon dan orang Moab tidak boleh masuk jemaah Allah untuk selamanya.
13:2 Karena mereka tidak menyongsong orang Israel dengan roti dan air, malah mengupah Bileam melawan orang Israel supaya dikutukinya. Tetapi Allah kami mengubah kutuk itu menjadi berkat.
13:3 Ketika mereka mendengar pembacaan Taurat itu mereka memisahkan semua peranakan dari orang Israel.

Disini ada kisah tentang kawin campur yang tidak disetujui oleh Allah, Allah melarang umat Israel berhubungan / menikah dengan dengan dua bangsa ini.

2 Kor 6:14-18
6:14 Janganlah kamu merupakan pasangan yang tidak seimbang dengan orang-orang yang tak percaya. Sebab persamaan apakah terdapat antara kebenaran dan kedurhakaan? Atau bagaimanakah terang dapat bersatu dengan gelap?
6:15 Persamaan apakah yang terdapat antara Kristus dan Belial? Apakah bagian bersama orang-orang percaya dengan orang-orang tak percaya?
6:16 Apakah hubungan bait Allah dengan berhala? Karena kita adalah bait dari Allah yang hidup menurut firman Allah ini:  "Aku akan diam bersama-sama dengan mereka dan hidup di tengah-tengah mereka, dan Aku akan menjadi Allah mereka, dan mereka akan menjadi umat-Ku.
6:17 Sebab itu:  Keluarlah kamu dari antara mereka,  dan pisahkanlah dirimu dari mereka, firman Tuhan,  dan janganlah menjamah apa yang najis, maka Aku akan menerima kamu.
6:18 Dan Aku akan menjadi Bapamu,  dan kamu akan menjadi anak-anak-Ku laki-laki dan anak-anak-Ku perempuan  demikianlah firman Tuhan, Yang Mahakuasa."

Tuhan ingin kudusnya suatu pernikahan.
Sebab itu:  Keluarlah kamu dari antara mereka,  dan pisahkanlah dirimu dari mereka, firman Tuhan,  dan janganlah menjamah apa yang najis, maka Aku akan menerima kamu.

Band: Neh 13:3
Ketika mereka mendengar pembacaan Taurat itu mereka memisahkan semua peranakan dari orang Israel.

Bani Amon ini yang sudah menyesatkan umat Israel untuk menyembah berhala mereka. Hak 10:6
10:6 Orang Israel itu melakukan pula apa yang jahat di mata TUHAN; mereka beribadah kepada para Baal dan para Asytoret, kepada para allah orang Aram, para allah orang Sidon, para allah orang Moab, para allah bani Amon dan para allah orang Filistin, tetapi TUHAN ditinggalkan mereka dan kepada Dia mereka tidak beribadah.

Ini merupakan alasan mengapa Allah melarang umatNya agar tidak mengadakan perjanjian dengan bangsa Amon dan Moab.
Keturunan orang beriman yang telah menyimpang dari iman.
Asal bangsa Amon dan Moab  dari Lot.
Israel berasal dari Yakub – Ishak – Abraham.
Abraham dengan Lot masih ada hubungan family (paman dan keponakan)
Ini menggambarkan orang yang mengaku orang yang beriman tapi perbuatannya sama seperti orang kafir, yaitu hidup dalam kenajisan, penyembahan berhala dll.

1 Kor 5:9-12
5:9 Dalam suratku telah kutuliskan kepadamu, supaya kamu jangan bergaul dengan orang-orang cabul.
5:10 Yang aku maksudkan bukanlah dengan semua orang cabul pada umumnya dari dunia ini atau dengan semua orang kikir dan penipu atau dengan semua penyembah berhala, karena jika demikian kamu harus meninggalkan dunia ini.
5:11 Tetapi yang kutuliskan kepada kamu ialah, supaya kamu jangan bergaul dengan orang, yang sekalipun menyebut dirinya saudara, adalah orang cabul, kikir, penyembah berhala, pemfitnah, pemabuk atau penipu; dengan orang yang demikian janganlah kamu sekali-kali makan bersama-sama.
5:12 Sebab dengan wewenang apakah aku menghakimi mereka, yang berada di luar jemaat? Bukankah kamu hanya menghakimi mereka yang berada di dalam jemaat?

Soal bersekutu ini rasul Paulus dengan tegas mengingatkan agar anak-anak Tuhan yang ada di Tesalonika untuk menjauhkan diri dari setiap saudara yang melakukan pekerjaan dan yang tidak menurut ajaran yang telah kamu terima dari kami.

2 Tes 3:6
3:6 Tetapi kami berpesan kepadamu, saudara-saudara, dalam nama Tuhan Yesus Kristus, supaya kamu menjauhkan diri dari setiap saudara yang tidak melakukan pekerjaannya dan yang tidak menurut ajaran yang telah kamu terima dari kami.

Ajaran apa yang kita terima saat ini?
Kita memiliki pengajaran yang sehat, dan Tuhan mau agar kita berpegang teguh dengan ajaran ini.

2 Tes 2:15
2:15 Sebab itu, berdirilah teguh dan berpeganglah pada ajaran-ajaran yang kamu terima dari kami, baik secara lisan, maupun secara tertulis.

Kembali soal berteman atau bersahabat dengan orang Amon.
Dalam kitab Nehemia ada kisah tentang persahabatan antara seorang imam dengan orang Amon, yaitu Imam Elyasib dengan Tobia.

Neh 13:4-9
13:4 Tetapi sebelum masa itu imam Elyasib yang diangkat untuk mengawasi bilik-bilik rumah Allah kami, dan yang mempunyai hubungan erat dengan Tobia,
13:5 menyediakan sebuah bilik besar bagi Tobia itu. Sebelumnya orang membawa ke bilik itu korban sajian, kemenyan, perkakas-perkakas dan persembahan persepuluhan dari pada gandum, anggur dan minyak yang menjadi hak orang-orang Lewi, para penyanyi dan para penunggu pintu gerbang, dan persembahan khusus bagi para imam.
13:6 Ketika peristiwa itu terjadi aku tidak ada di Yerusalem, karena pada tahun ketiga puluh dua pemerintahan Artahsasta, raja Babel, aku pergi menghadap raja. Tetapi sesudah beberapa waktu aku minta izin dari raja untuk pergi.
13:7 Lalu aku tiba di Yerusalem dan melihat kejahatan yang dibuat Elyasib untuk keuntungan Tobia, sebab bagi Tobia ini telah disediakannya sebuah bilik di pelataran rumah Allah.
13:8 Aku menjadi sangat kesal, lalu kulempar semua perabot rumah Tobia ke luar bilik itu.
13:9 Kemudian kusuruh tahirkan bilik itu, sesudah itu kubawa kembali ke sana perkakas-perkakas rumah Allah, korban sajian dan kemenyan.

Nehemia bertindak tegas untuk mengusir Tobia dari bilik Rumah Allah. (7-9)
Bagaimana orang ang sudah disebut imam (pelayan Tuhan), tapi mengadakan persahabatan dengan orang-orang yang tidak beriman. Ini suatu peringatan.
Sekarang kita beralih ke bangsa Moab.
Digambarkan seperti apa bani Moab ini?
Orang yang gagal dalam ibadahnya.

Yes 16:12-14
16:12 Maka sekalipun Moab pergi beribadah dan bersusah payah di atas bukit pengorbanan dan masuk ke tempat kudusnya untuk berdoa, ia tidak akan mencapai apa-apa.
16:13 Itulah firman yang diucapkan TUHAN tentang Moab pada waktu yang lalu.
16:14 Maka sekarang TUHAN berfirman: "Dalam tiga tahun, menurut masa kerja prajurit upahan, maka kemuliaan Moab, serta dengan keramaiannya yang besar, akan menjadi kehinaan, dan orang yang tertinggal akan sangat sedikit dan tiada berkuasa."

Band: 1 Tim 6:6-10
6:6 Memang ibadah itu kalau disertai rasa cukup, memberi keuntungan besar.
6:7 Sebab kita tidak membawa sesuatu apa ke dalam dunia dan kita pun tidak dapat membawa apa-apa ke luar.
6:8 Asal ada makanan dan pakaian, cukuplah.
6:9 Tetapi mereka yang ingin kaya terjatuh ke dalam pencobaan, ke dalam jerat dan ke dalam berbagai-bagai nafsu yang hampa dan yang mencelakakan, yang menenggelamkan manusia ke dalam keruntuhan dan kebinasaan.
6:10 Karena akar segala kejahatan ialah cinta uang. Sebab oleh memburu uanglah beberapa orang telah menyimpang dari iman dan menyiksa dirinya dengan berbagai-bagai duka.

Itulah kegagalan dalam ibadah, kemudian diikuti dengan segala akibatnya.
Yes 25:10-12
25:10 Sebab tangan TUHAN akan melindungi gunung ini, tetapi Moab akan diinjak-injak di tempatnya sendiri, sebagai jerami diinjak-injak dalam lobang kotoran.
25:11 Apabila Moab mengembangkan tangannya di dalamnya seperti cara perenang mengembangkannya untuk berenang, maka TUHAN akan mematahkan kecongkakkan mereka dengan segala daya upaya mereka.
25:12 Maka kubu-kubu tembokmu yang tinggi akan ditumbangkan-Nya dan dirubuhkan-Nya, dan dicampakkan-Nya ke tanah dan debu.

Hal ini sangat berbeda dengan bangsa-bangsa yang ada di Sion.
Yes 25:6-9
25:6 TUHAN semesta alam akan menyediakan di gunung Sion ini bagi segala bangsa-bangsa suatu perjamuan dengan masakan yang bergemuk, suatu perjamuan dengan anggur yang tua benar, masakan yang bergemuk dan bersumsum, anggur yang tua yang disaring endapannya.
25:7 Dan di atas gunung ini TUHAN akan mengoyakkan kain perkabungan yang diselubungkan kepada segala suku bangsa dan tudung yang ditudungkan kepada segala bangsa-bangsa.
25:8 Ia akan meniadakan maut untuk seterusnya; dan Tuhan ALLAH akan menghapuskan air mata dari pada segala muka; dan aib umat-Nya akan dijauhkan-Nya dari seluruh bumi, sebab TUHAN telah mengatakannya.
25:9 Pada waktu itu orang akan berkata: "Sesungguhnya, inilah Allah kita, yang kita nanti-nantikan, supaya kita diselamatkan. Inilah TUHAN yang kita nanti-nantikan; marilah kita bersorak-sorak dan bersukacita oleh karena keselamatan yang diadakan-Nya!"

Tuhan menyediakan perjamuan dengan masakan yang bergemuk, anggur yang tua yang disaring endapannya. Ini menunjuk adanya suatu pesta bagi yang ada di Sion. (ayat 6)
Perkabungan ditiadakan (ayat 7)
Juga kematian (ayat 8). Tuhan akan menghapuskan airmata juga segala aib.
Siapakah bangsa-bangsa yang ada di Sion ini?
Sion artinya diangkat.

Putri Sion = Mat 21:5
21:5 "Katakanlah kepada puteri Sion: Lihat, Rajamu datang kepadamu, Ia lemah lembut dan mengendarai seekor keledai, seekor keledai beban yang muda."

Zac 9:9
9:9 Bersorak-soraklah dengan nyaring, hai puteri Sion, bersorak-sorailah, hai puteri Yerusalem! Lihat, rajamu datang kepadamu; ia adil dan jaya. Ia lemah lembut dan mengendarai seekor keledai, seekor keledai beban yang muda.

Kehidupan dari gereja Tuhan yang dipersiapkan untuk menyongsong kedatangan Sang Raja.
“Lihatlah rajamu datang kepadamu, Ia adil dan jaya, Ia lemah lembut.

Ini digenapkan ketika Tuhan Yesus masuk ke kota Yerusalem dengan mengendarai seekor keledai beban yang muda.
Tadinya keledai ini tertambat, kemudian Tuhan Yesus memerintahkan agar 2 muridNya ini melepaskannya.

Mat 21:2
21:2 dengan pesan: "Pergilah ke kampung yang di depanmu itu, dan di situ kamu akan segera menemukan seekor keledai betina tertambat dan anaknya ada dekatnya. Lepaskanlah keledai itu dan bawalah keduanya kepada-Ku.

Keledai yang tadinya terikat dan terbeban, = kehidupan yang terikat dan terbeban ini yang dicari Tuhan untuk dijadikan tungganganNya, tapi harus dilepaskan lebih dahulu.
Keledai = bayangan bangsa kafir. Jika keledai ini tidak mengalami ditebus, maka batang lehernya harus dipatahkannya.

Kel 34:20a
34:20 Tetapi anak yang lahir terdahulu dari keledai haruslah kautebus dengan seekor domba; jika tidak kautebus, haruslah kaupatahkan batang lehernya.

Leher ini adalah tempat dimana seorang itu menerima pelukan. Kalau itu suatu pelukan tanda dari suatu perdamaian, maka itu berarti tidak perlu dipatahkannya.

Leher yang dipeluk : Kej 33:4
33:4 Tetapi Esau berlari mendapatkan dia, didekapnya dia, dipeluk lehernya dan diciumnya dia, lalu bertangis-tangisanlah mereka.

Leher itu juga tempatnya amarah, itu sebabnya ada istilah bersitegang leher.

Ams 29:1
29:1 Siapa bersitegang leher, walaupun telah mendapat teguran, akan sekonyong-konyong diremukkan tanpa dapat dipulihkan lagi.

Maz 75:6 Bersitegang = tidak mau mengalah.
75:6 Jangan mengangkat tandukmu tinggi-tinggi, jangan berbicara dengan bertegang leher!"

Kita dihadapkan dengan 2 pilihan:
Mau dipeluk = diperdamaikan lewat korbanNya Kristus, atau dipatahkan, tanpa dipulihkan lagi.
Kehidupan seperti Amon dan Moab ini yang dikoreksi oleh firman Tuhan.

Berikan hdup saudara untuk mengalami kelepasan, agar tidak dipatahkan batang lehernya. Sebab kalau batang leher patah berarti tidak ada hubungan lagi dengan sang kepala yaitu Kristus.