Translate

13 Mar 2016

Ibadah Raya. 13 Maret 2016. Mimpi Firaun



Ibadah Raya. 13 Maret 2016.
MIMPI FIRAUN:
 Kej 41:1-57
Ayat 1-7
41:1 Setelah lewat dua tahun lamanya, bermimpilah Firaun, bahwa ia berdiri di tepi sungai Nil.
41:2 Tampaklah dari sungai Nil itu keluar tujuh ekor lembu yang indah bangunnya dan gemuk badannya; lalu memakan rumput yang di tepi sungai itu.
41:3 Kemudian tampaklah juga tujuh ekor lembu yang lain, yang keluar dari dalam sungai Nil itu, buruk bangunnya dan kurus badannya, lalu berdiri di samping lembu-lembu yang tadi, di tepi sungai itu.
41:4 Lembu-lembu yang buruk bangunnya dan kurus badannya itu memakan ketujuh ekor lembu yang indah bangunnya dan gemuk itu. Lalu terjagalah Firaun.
41:5 Setelah itu tertidur pulalah ia dan bermimpi kedua kalinya: Tampak timbul dari satu tangkai tujuh bulir gandum yang bernas dan baik.
41:6 Tetapi kemudian tampaklah juga tumbuh tujuh bulir gandum yang kurus dan layu oleh angin timur.
41:7 Bulir yang kurus itu menelan ketujuh bulir yang bernas dan berisi tadi. Lalu terjagalah Firaun. Agaknya ia bermimpi!

Ayat 1 : Setelah lewat 2 tahun lamanya bermimpilah Firaun.
Jadi setelah 2 tahun Yusuf dipenjara (kelepasan bagi Yusuf).
Tidak harus Yusuf dipenjara terus, sudah tiba saatnya ia dibebaskan, dan ini berarti sesuatu yang ada pada Yusuf itu akan dinyatakan.

Gereja mempelai akan tampil diakhir zaman ini untuk membuka misteri yang tidak bisa dimengerti oleh dunia ini; sama seperti orang-orang pintar di Mesir yang tidak dapat mengartikan mimpi Firaun.

Kej 41:8
41:8 Pada waktu pagi gelisahlah hatinya, lalu disuruhnyalah memanggil semua ahli dan semua orang berilmu di Mesir. Firaun menceritakan mimpinya kepada mereka, tetapi seorang pun tidak ada yang dapat mengartikannya kepadanya.

 Sudah tiba saatnya gereja harus tampil ditengah-tengah dunia yang menghadapi persoalan yang tidak terpecahkan ini, agar gereja (gereja mempelai) khususnya untuk memberikan solusi bagi kondisi yang dialami manusia pada akhir zaman ini.
Mimpi Firaun ini menyangkut kondisi dunia internasional.

Kej 41:57
41:57 Juga dari seluruh bumi datanglah orang ke Mesir untuk membeli gandum dari Yusuf, sebab hebat kelaparan itu di seluruh bumi.

Kalau Yusuf menghadapi impian dari pegawai minuman dan makanan, ini mempunyai sifat khusus, sebab terjadi dilingkungan penjara.

Tapi impian Firaun ini sifatnya umum = terbuka, sebab meliputi kepentingan dunia internasional = seluruh dunia.

Firaun bermimpi berdiri ditepi sungai Nil. Sungai Nil ini adalah kebanggaan orang Mesir. Sungai ini tidak pernah berhenti mengalir sepanjang negeri Mesir.
Ini menunjuk aliran pasang surutnya dunia.

Pasang surut = adanya suatu kegiatan yang terus bergerak. Dan semua kegerakan yang tejadi itu, baik itu perdagangan, ekonomi, politik, kegoncangan moneter, semuanya itu adalah permainannya Iblis. Sama dengan sungai Nil yang indentik dengan Firaun.

Kalau Firaun adalah gambaran dari Iblis, dialah penguasa / penghulu dunia ini.

Ef 6:12
6:12 karena perjuangan kita bukanlah melawan darah dan daging, tetapi melawan pemerintah-pemerintah, melawan penguasa-penguasa, melawan penghulu-penghulu dunia yang gelap ini, melawan roh-roh jahat di udara.

Iblislah yang bermain dibelakang dari semua kegoncangan yang terjadi didunia ini.
Mimpi yang mistirius, tidak mampu dipecahkan:
Nanti ada satu saat pemerintah didunia ini dihadapkan dengan sesuatu yang mereka tidak mampu memecahkan (=baik orang-orang pintar disitu dilibatkan) tapi tidak ada yang bisa menafsirkan.

Dari sungai Nil itu muncul 7 ekor lembu yang sedang makan rumput ditepi sungai Nil. Kemudian muncul pula 7 ekor lembu yang kurus yang memakan habis 7 ekor yang tambun tadi.

Mimpin ini mengejutkan hati Firaun sehingga ia terjaga dari tidurnya, tapi kemudian ia tidur lagi, dan ia bermimpi pada kali yang kedua.

Mimpi yang kedua: Firaun melihat 7 bulir gandum yang gemuk dan 7 bulir gandum yang kurus.
Ke 7 bulir gandum yang gemuk ini dimakan oleh 7 bulir gandum yang kurus. Dan kembali ia dikejutkan oleh impian itu sampai ia bangun.
Mimpi ini membuat hati Firaun gelisah.

Kej 41:8
41:8 Pada waktu pagi gelisahlah hatinya, lalu disuruhnyalah memanggil semua ahli dan semua orang berilmu di Mesir. Firaun menceritakan mimpinya kepada mereka, tetapi seorang pun tidak ada yang dapat mengartikannya kepadanya.

7 tahun kelimpahan dan 7 tahun kelaparan:
Ini arti dari mimpinya Firaun.
Pada waktu Yusuf menjelaskan mimpi Firaun Yusuf menyarankan agar Firaun mencari orang yang bijaksana untuk mengatur logistik pada zaman kelimpahan itu.

Kej 41: 33-36
41:33 Oleh sebab itu, baiklah tuanku Firaun mencari seorang yang berakal budi dan bijaksana, dan mengangkatnya menjadi kuasa atas tanah Mesir.
41:34 Baiklah juga tuanku Firaun berbuat begini, yakni menempatkan penilik-penilik atas negeri ini dan dalam ketujuh tahun kelimpahan itu memungut seperlima dari hasil tanah Mesir.
41:35 Mereka harus mengumpulkan segala bahan makanan dalam tahun-tahun baik yang akan datang ini dan, di bawah kuasa tuanku Firaun, menimbun gandum di kota-kota sebagai bahan makanan, serta menyimpannya.
41:36 Demikianlah segala bahan makanan itu menjadi persediaan untuk negeri ini dalam ketujuh tahun kelaparan yang akan terjadi di tanah Mesir, supaya negeri ini jangan binasa karena kelaparan itu."

Saran Yusuf untuk memanfaatkan masa kelimpahan: Menimbun gandum dan menyimpannya. Jemaat yang siap menampung gandum.

Apa yang dialami pada zamnanya Yusuf ini juga akan terjadi melanda manusia diakhir zaman, seperti yang dinubuatkan oleh nabi Amos.

Amos 8:11-14
8:11 "Sesungguhnya, waktu akan datang," demikianlah firman Tuhan ALLAH, "Aku akan mengirimkan kelaparan ke negeri ini, bukan kelaparan akan makanan dan bukan kehausan akan air, melainkan akan mendengarkan firman TUHAN.
8:12 Mereka akan mengembara dari laut ke laut dan menjelajah dari utara ke timur untuk mencari firman TUHAN, tetapi tidak mendapatnya.
8:13 Pada hari itu akan rebah lesu anak-anak dara yang cantik dan anak-anak teruna karena haus;
8:14 mereka yang bersumpah demi Asima, dewi Samaria dan yang berkata: Demi allahmu yang hidup, hai Dan! serta: Demi dewa kekasihmu yang hidup, hai Bersyeba! mereka itu akan rebah dan tidak akan bangkit-bangkit lagi."

Karena tidak mendapatkan firman, mereka lebah lesu. Dan yang menjadi korban kelaparan ini banyak dari kehidupan muda (kehidupan muda generasi = generasi akhir ini) menjadi korban karena tidak mendapatkan firman Tuhan. Sebab itu pergunakan waktu untuk mendapatkan firman dengan sungguh-sungguh.

Kej 41:37-45 Pengangkatan Yusuf:
41:37 Usul itu dipandang baik oleh Firaun dan oleh semua pegawainya.
41:38 Lalu berkatalah Firaun kepada para pegawainya: "Mungkinkah kita mendapat orang seperti ini, seorang yang penuh dengan Roh Allah?"
41:39 Kata Firaun kepada Yusuf: "Oleh karena Allah telah memberitahukan semuanya ini kepadamu, tidaklah ada orang yang demikian berakal budi dan bijaksana seperti engkau.
41:40 Engkaulah menjadi kuasa atas istanaku, dan kepada perintahmu seluruh rakyatku akan taat; hanya takhta inilah kelebihanku dari padamu."
41:41 Selanjutnya Firaun berkata kepada Yusuf: "Dengan ini aku melantik engkau menjadi kuasa atas seluruh tanah Mesir."
41:42 Sesudah itu Firaun menanggalkan cincin meterainya dari jarinya dan mengenakannya pada jari Yusuf; dipakaikannyalah kepada Yusuf pakaian dari pada kain halus dan digantungkannya kalung emas pada lehernya.
41:43 Lalu Firaun menyuruh menaikkan Yusuf dalam keretanya yang kedua, dan berserulah orang di hadapan Yusuf: "Hormat!" Demikianlah Yusuf dilantik oleh Firaun menjadi kuasa atas seluruh tanah Mesir.
41:44 Berkatalah Firaun kepada Yusuf: "Akulah Firaun, tetapi dengan tidak setahumu, seorang pun tidak boleh bergerak di seluruh tanah Mesir."
41:45 Lalu Firaun menamai Yusuf: Zafnat-Paaneah, serta memberikan Asnat, anak Potifera, imam di On, kepadanya menjadi isterinya. Demikianlah Yusuf muncul sebagai kuasa atas seluruh tanah Mesir.

Pengangkatan Yusuf adalah gambar dari gereja mempelai yang akan menduduki tempat tertinggi.

Hikmat yang dimiliki Yusuf adalah hikmat ilahi: Ini bukan hikmat dunia, kalau hikmat dunia tidak bisa bertahan lama, akan dibinasakan oleh Allah.

Orang pandai di Mesir tidak mampu menafsirkan mimpi Firaun.
Hikmat yang dimiliki oleh sidang mempelai (Yusuf) adalah hikmat dari Allah dan tidak sembarang dikenal oleh manusia, sebab merupakan firman yang diilhamkan atau dibukakan.

1 Kor 1:19, 20, 27.
1:19 Karena ada tertulis: "Aku akan membinasakan hikmat orang-orang berhikmat dan kearifan orang-orang bijak akan Kulenyapkan."
1:20 Di manakah orang yang berhikmat? Di manakah ahli Taurat? Di manakah pembantah dari dunia ini? Bukankah Allah telah membuat hikmat dunia ini menjadi kebodohan?
1:27 Tetapi apa yang bodoh bagi dunia, dipilih Allah untuk memalukan orang-orang yang berhikmat, dan apa yang lemah bagi dunia, dipilih Allah untuk memalukan apa yang kuat,

Yusuf menjadi pemimpin dibantu oleh penilik-penilik.
Kej 41:34
41:34 Baiklah juga tuanku Firaun berbuat begini, yakni menempatkan penilik-penilik atas negeri ini dan dalam ketujuh tahun kelimpahan itu memungut seperlima dari hasil tanah Mesir.

Penilik ini = gembala.
1 Tim 3:1-7
3:1 Benarlah perkataan ini: "Orang yang menghendaki jabatan penilik jemaat menginginkan pekerjaan yang indah."
3:2 Karena itu penilik jemaat haruslah seorang yang tak bercacat, suami dari satu isteri, dapat menahan diri, bijaksana, sopan, suka memberi tumpangan, cakap mengajar orang,
3:3 bukan peminum, bukan pemarah melainkan peramah, pendamai, bukan hamba uang,
3:4 seorang kepala keluarga yang baik, disegani dan dihormati oleh anak-anaknya.
3:5 Jikalau seorang tidak tahu mengepalai keluarganya sendiri, bagaimanakah ia dapat mengurus Jemaat Allah?
3:6 Janganlah ia seorang yang baru bertobat, agar jangan ia menjadi sombong dan kena hukuman Iblis.
3:7 Hendaklah ia juga mempunyai nama baik di luar jemaat, agar jangan ia digugat orang dan jatuh ke dalam jerat Iblis.

Penggembalaan itu penting. Ini adalah sistim Tuhan, supaya sidangnya itu dalam keadaan terpelihara oleh Firman Allah.
Penilik itu diusulkan Yusuf pada masa kelimpahan gandum, supaya gandum dapat ditampung dengan baik agar tidak morat marit.

Dalam penggembalaan harus ada pemimpin-pemimpin yang bertanggung jawab. Karena firman yang dibuka tidak dapat dipisahkan dengan pemimpin.

Dalam mimpi itu Firaun melihat :
Lembu-lembu = bicara mengenai kegiatan-kegiatan.
Mayang-mayang gandum = buah-buah.
Lembu yang gemuk dan mayang gandum gemuk.

Ini bicara mengenai aksi Allah.
Kelimpahan gandum  kegerakan hujan akhir. Ini adalah aksinya Allah mengadakan kegerakan rohani.
Iblis takut melihat aksinya Allah, sebab waktunya baginya untuk dihukumkan itu sudah dekat.

Mark 1:23-28
1:23 Pada waktu itu di dalam rumah ibadat itu ada seorang yang kerasukan roh jahat. Orang itu berteriak:
1:24 "Apa urusan-Mu dengan kami, hai Yesus orang Nazaret? Engkau datang hendak membinasakan kami? Aku tahu siapa Engkau: Yang Kudus dari Allah."
1:25 Tetapi Yesus menghardiknya, kata-Nya: "Diam, keluarlah dari padanya!"
1:26 Roh jahat itu menggoncang-goncang orang itu, dan sambil menjerit dengan suara nyaring ia keluar dari padanya.
1:27 Mereka semua takjub, sehingga mereka memperbincangkannya, katanya: "Apa ini? Suatu ajaran baru. Ia berkata-kata dengan kuasa. Roh-roh jahat pun diperintah-Nya dan mereka taat kepada-Nya."
1:28 Lalu tersebarlah dengan cepat kabar tentang Dia ke segala penjuru di seluruh Galilea.

Iblis takut ketika melihat Yesus ia berkata: “Apa urusan-Mu dengan kami, hai Yesus orang Nazareth? Engkau datang hendak membinasakan kami? Aku tahu siapa Engkau: Yang Kudus dari Allah”

Mat 8:28-29
8:28 Setibanya di seberang, yaitu di daerah orang Gadara, datanglah dari pekuburan dua orang yang kerasukan setan menemui Yesus. Mereka sangat berbahaya, sehingga tidak seorang pun yang berani melalui jalan itu.
8:29 Dan mereka itu pun berteriak, katanya: "Apa urusan-Mu dengan kami, hai Anak Allah? Adakah Engkau ke mari untuk menyiksa kami sebelum waktunya?"

Iblis tahu waktunya sudah dekat. Waktu apa?
Waktu pehukuman baginya.

Why 12:12
12:12 Karena itu bersukacitalah,  hai sorga dan hai kamu sekalian yang diam di dalamnya,  celakalah kamu, hai bumi dan laut!  karena Iblis telah turun kepadamu,  dalam geramnya yang dahsyat,  karena ia tahu, bahwa waktunya sudah singkat."

Ketika Firaun melihat dalam mimpinya itu dia ketakutan.
Iblis takut akan aksi Allah yang besar ini. Sebab ini menandakan umur Iblis tidak panjang lagi, sebab dia akan mengalami pehukuman yang kekal.

Why 20:7-10
20:7 Dan setelah masa seribu tahun itu berakhir, Iblis akan dilepaskan dari penjaranya,
20:8 dan ia akan pergi menyesatkan bangsa-bangsa pada keempat penjuru bumi, yaitu Gog dan Magog, dan mengumpulkan mereka untuk berperang dan jumlah mereka sama dengan banyaknya pasir di laut.
20:9 Maka naiklah mereka ke seluruh dataran bumi, lalu mengepung perkemahan tentara orang-orang kudus dan kota yang dikasihi itu. Tetapi dari langit turunlah api menghanguskan mereka,
20:10 dan Iblis, yang menyesatkan mereka, dilemparkan ke dalam lautan api dan belerang, yaitu tempat binatang dan nabi palsu itu, dan mereka disiksa siang malam sampai selama-lamanya.

Firaun nampak begitu baik terhadap Yusuf, Yusuf diberikan cincin (cincin kerajaan) dikenakan pada jarinya, pakaian halus, kalung emas.
Yusuf diberikan penghormatan dan tempat yang tinggi. Tetapi Firaun tidak menyerahkan tahtanya.

Kej 41:42-44,40.
41:42 Sesudah itu Firaun menanggalkan cincin meterainya dari jarinya dan mengenakannya pada jari Yusuf; dipakaikannyalah kepada Yusuf pakaian dari pada kain halus dan digantungkannya kalung emas pada lehernya.
41:43 Lalu Firaun menyuruh menaikkan Yusuf dalam keretanya yang kedua, dan berserulah orang di hadapan Yusuf: "Hormat!" Demikianlah Yusuf dilantik oleh Firaun menjadi kuasa atas seluruh tanah Mesir.
41:44 Berkatalah Firaun kepada Yusuf: "Akulah Firaun, tetapi dengan tidak setahumu, seorang pun tidak boleh bergerak di seluruh tanah Mesir."
41:40 Engkaulah menjadi kuasa atas istanaku, dan kepada perintahmu seluruh rakyatku akan taat; hanya takhta inilah kelebihanku dari padamu."

Tahta = kedudukan yang tertinggi.
Yusuf tidak mementingkan hal itu, sebab bagi dia yang penting adalah bekerja untuk menyelamatkan bangsa yang besar.
Yusuf diberi nama baru oleh Firaun. Ini sama dengan pengakuan Firaun atas diri Yusuf.

Zatnat Paaneah = artinya penyelamat dunia atau penebus dunia.
Iblis harus mengakui bahwa sidang mempelai adalah sidang yang memberitakan kabar keselamatan bagi umat manusia di zaman akhir ini.

Tuhan Yesus memberkati.