Translate

11 Mar 2016

Ibadah Pendalaman Alkitab. 11 Maret 2016. PENGLIHATAN KEDUA



Ibadah Pendalaman Alkitab. 11 Maret 2016
PENGLIHATAN KEDUA:
EMPAT TANDUK DAN EMPAT TUKANG BESI:
Zac 1:18-21
1:18 Aku melayangkan mataku dan melihat: tampak empat tanduk.
1:19 Lalu aku bertanya kepada malaikat yang berbicara dengan aku itu: "Apakah arti semuanya ini?" Maka ia menjawab aku: "Inilah tanduk-tanduk yang telah menyerakkan Yehuda, Israel dan Yerusalem."
1:20 Kemudian TUHAN memperlihatkan kepadaku empat tukang besi.
1:21 Lalu aku bertanya: "Orang-orang ini datang untuk melakukan apa?" Maka ia menjawab: "Ini pun adalah tanduk-tanduk yang telah menyerakkan Yehuda, sehingga tidak seorang pun berani mengangkat kepalanya. Dan semuanya ini datang untuk mengejutkan mereka, yakni untuk menghempaskan tanduk bangsa-bangsa yang telah mengangkat tanduk terhadap tanah Yehuda hendak menyerakkannya."

4 Tanduk sebagai kekuatan dari bangsa kafir yang sudah mecerai beraikan umat Allah.
Angka 4 menunjuk 4 penjuru.
4 tanduk bekerja menunjuk sesuatu kekuatan besar yang akan menyatakan kekuatan dan kekuasaanya memimpin umat Tuhan diseluruh muka bumi.

Menyebabkan banyak anak Tuhan yang tawar hati dimana saja mereka berada.
Tidak ada satupun yang lewat dari pengujian, dan tidak dapat menghindarkan diri dari bencana ini. Dan kitapun harus menerima kenyataan 4 tanduk ini terus bekerja. Tetapi tanduk inipun hanya merupakan satu benda saja yang dapat dibuat bermacam-macam bentuk. Tukang besilah yang mengerjakan benda-benda itu dan berkuasa membuat menurut sesuka hatinya.

Jadi sekalipun 4 tanduk berkuasa, tetapi empat tukang besi ini lebih berkuasa dari bahan itu sendiri.
Ini berarti Tuhan akan mengadakan pertolongan pada kita semua. Dan Ia akan mengadakan pembalasan pada yang mencerai beraikan umat Allah.

1 Pet 4:16-19
4:16 Tetapi, jika ia menderita sebagai orang Kristen, maka janganlah ia malu, melainkan hendaklah ia memuliakan Allah dalam nama Kristus itu.
4:17 Karena sekarang telah tiba saatnya penghakiman dimulai, dan pada rumah Allah sendiri yang harus pertama-tama dihakimi. Dan jika penghakiman itu dimulai pada kita, bagaimanakah kesudahannya dengan mereka yang tidak percaya pada Injil Allah?
4:18 Dan jika orang benar hampir-hampir tidak diselamatkan, apakah yang akan terjadi dengan orang fasik dan orang berdosa?
4:19 Karena itu baiklah juga mereka yang harus menderita karena kehendak Allah, menyerahkan jiwanya, dengan selalu berbuat baik, kepada Pencipta yang setia.

Setiap anak Tuhan dimanapun berada akan mengalami sengsara, tetapi bila mengerti, ini berarti ia akan masuk dalam bagian yang akan dipermuliakan Allah. Ini kalau ia menurut firman Tuhan, bila tidak ia nanti akan mengalami bencana kebinasaan yang hebat.

Kegenapan firman Tuhan diterangkan oleh rasul Petrus lebih dahulu anak Tuhan yang terkena oleh hukuman atau ujian, sebab itu kebinasaan bagi orang-orang yang hidup dalam dosa.

Jadi arti dari 2 penglihatan :
4 tanduk : menunjuk sengsara besar yang menimpa umat Tuhan diseluruh muka bumi.
4 tukang besi yang melawan 4 tanduk : menunjuk hukuman yang jatuh pada kehidupan fasik atau orang-orang yang hidup didalam dosa.

Kalau kita menderita sengsara pada zaman dimana sudah waktunya Tuhan menghakimi rumah-Nya, kita tidak usah malu, tapi harus menggantungkan diri pada Pencipta. Karena Ia akan melindungi kita.

Yes 54:13-17
54:13 Semua anakmu akan menjadi murid TUHAN, dan besarlah kesejahteraan mereka;
54:14 engkau akan ditegakkan di atas kebenaran. Engkau akan jauh dari pemerasan, sebab engkau tidak usah lagi takut, dan engkau akan jauh dari kekejutan, sebab ia tidak akan mendekat kepadamu.
54:15 Apabila orang menyerbu, itu bukanlah dari pada-Ku; siapa pun yang menyerbu engkau, ia akan rebah melawan engkau.
54:16 Sesungguhnya, Akulah yang menciptakan tukang besi yang menghembus api dan menghasilkan senjata menurut kecakapannya, tetapi Akulah juga yang menciptakan pemusnah untuk merusakkannya.
54:17 Setiap senjata yang ditempa terhadap engkau tidak akan berhasil, dan setiap orang yang melontarkan tuduhan melawan engkau dalam pengadilan, akan engkau buktikan salah. Inilah yang menjadi bagian hamba-hamba TUHAN dan kebenaran yang mereka terima dari pada-Ku, demikianlah firman TUHAN.

Kalau umat Tuhan bercerai berai, Tuhan bermaksud akan mengumpulkan menjadi satu, artinya Ia akan membentuk satu tubuh yang tidak dapat diceraiberaikan, sebab Tuhan mengadakan pembelaan terhadap Tubuh-Nya yang menjadi milik-Nya.

Sebab itu kita harus menyerahkan diri pada Khalik / Pencipta dan harus sadar, betapa pentingnya memiliki Kabar Mempelai untuk terwujudnya Tubuh Kristus atau sidang Mempelai Tuhan.

Sudah cukup waktunya kedududkan keKristenan kita diluar rencana Allah, terbukti dengan adanya banyak problem atau persoalan yang menimpa kehidupan kita, sepertinya Tuhan biarkan hukuman menimpa kehidupan Kristen, sehingga itu terhambur kemana-mana dan tidak kena mengena dengan pembentukan Tubuh Kristus.

Satu waktu Tuhan akan menyatakan perkara lain sebab hati-Nya ingin supaya umat-Nya mendapat suatu perlindungan dan si pemecah belah akan menerima hukuman.

Kesempatan kalau kita diuji, kena pencobaan dan problem-problem, kita harus sadar karena hidup kita tercerai dari rencana Allah, perbuatan kita menyimpang dari rencana Allah, tidak kena mengena dengan pembentukan Tubuh Kristus, masih mementingkan perkara-perkara dunia, tidak mengenal tubuh rohani dan hanya mementingkan tubuh jasmani.

Kalau kita cepat menyadarinya, sesudah itu hukuman Allah akan beralih dan kita diberi kesempatan untuk diselamatkan, tetapi kita harus menyerahkan hidup kita pada pencipta.

Yes 54:1-9
54:1 Bersorak-sorailah, hai si mandul yang tidak pernah melahirkan! Bergembiralah dengan sorak-sorai dan memekiklah, hai engkau yang tidak pernah menderita sakit bersalin! Sebab yang ditinggalkan suaminya akan mempunyai lebih banyak anak dari pada yang bersuami, firman TUHAN.
54:2 Lapangkanlah tempat kemahmu, dan bentangkanlah tenda tempat kediamanmu, janganlah menghematnya; panjangkanlah tali-tali kemahmu dan pancangkanlah kokoh-kokoh patok-patokmu!
54:3 Sebab engkau akan mengembang ke kanan dan ke kiri, keturunanmu akan memperoleh tempat bangsa-bangsa, dan akan mendiami kota-kota yang sunyi.
54:4 Janganlah takut, sebab engkau tidak akan mendapat malu, dan janganlah merasa malu, sebab engkau tidak akan tersipu-sipu. Sebab engkau akan melupakan malu keremajaanmu, dan tidak akan mengingat lagi aib kejandaanmu.
54:5 Sebab yang menjadi suamimu ialah Dia yang menjadikan engkau, TUHAN semesta alam nama-Nya; yang menjadi Penebusmu ialah Yang Mahakudus, Allah Israel, Ia disebut Allah seluruh bumi.
54:6 Sebab seperti isteri yang ditinggalkan dan yang bersusah hati TUHAN memanggil engkau kembali; masakan isteri dari masa muda akan tetap ditolak? firman Allahmu.
54:7 Hanya sesaat lamanya Aku meninggalkan engkau, tetapi karena kasih sayang yang besar Aku mengambil engkau kembali.
54:8 Dalam murka yang meluap Aku telah menyembunyikan wajah-Ku terhadap engkau sesaat lamanya, tetapi dalam kasih setia abadi Aku telah mengasihani engkau, firman TUHAN, Penebusmu.
54:9 Keadaan ini bagi-Ku seperti pada zaman Nuh: seperti Aku telah bersumpah kepadanya bahwa air bah tidak akan meliputi bumi lagi, demikianlah  Aku telah bersumpah bahwa Aku tidak akan murka terhadap engkau dan tidak akan menghardik engkau lagi.

Gereja Tuhan yang tidak mengerti Firman Mempelai, berarti tidak menerima Kristus sebagai Mempelai Laki-laki, tentu akan mandul rohani dan tidak ada perkembangan rohani.

Menyerahkan diri pada Pencipta berarti mengambil kedudukan sebagai seorang istri. Hati Tuhan sebagai seorang suami tidak mau melupakan istri masa mudanya. Untuk sementara waktu ditinggalkan Gereja-Nya dalam kedudukan tertimpa oleh macam-macam persoalan hidup, oleh percobaan dan macam-macam keadaan.

Kalau kita mengerti, semua ini diijinkan Tuhan, dan merupakan panggilan Allah untuk mendorong kita masuk dalam pembentukan tubuh Kristus.
Janganlah kita menolak kalau kehidupan nikah kita dikoreksi. Firman Tuhan adalah pernyataan kasih Tuhan pada kita yang tertimpa bermacam-macam persoalan.

Ada rencana Tuhan buat kita yang mau menerima firman Tuhan dan diluar rencana itu semua akan dihukum.
2 Kor 4:3-8.
4:3 Jika Injil yang kami beritakan masih tertutup juga, maka ia tertutup untuk mereka, yang akan binasa,
4:4 yaitu orang-orang yang tidak percaya, yang pikirannya telah dibutakan oleh ilah zaman ini, sehingga mereka tidak melihat cahaya Injil tentang kemuliaan Kristus, yang adalah gambaran Allah.
4:5 Sebab bukan diri kami yang kami beritakan, tetapi Yesus Kristus sebagai Tuhan, dan diri kami sebagai hambamu karena kehendak Yesus.
4:6 Sebab Allah yang telah berfirman: "Dari dalam gelap akan terbit terang!", Ia juga yang membuat terang-Nya bercahaya di dalam hati kita, supaya kita beroleh terang dari pengetahuan tentang kemuliaan Allah yang nampak pada wajah Kristus.
4:7 Tetapi harta ini kami punyai dalam bejana tanah liat, supaya nyata, bahwa kekuatan yang melimpah-limpah itu berasal dari Allah, bukan dari diri kami.
4:8 Dalam segala hal kami ditindas, namun tidak terjepit; kami habis akal, namun tidak putus asa;

Harta itu adalah Injil supaya kita tahan menghadapi segala tantangan. Dan jangan kita tawar hati kalau diuji dan terkena segala serangan-serangan. Tetapi kita boleh sedikit menanggung sengsara untuk mencapai kemulyaan yang kekal.

2 Kor 4:17                                                                4:17 Sebab penderitaan ringan yang sekarang ini, mengerjakan bagi kami kemuliaan kekal yang melebihi segala-galanya, jauh lebih besar dari pada penderitaan kami.

Dahulu ada 4 kerajaan besar yang sudah menghamburkan bangsa Israel sampai pada jaman Kristus, Israel masih dijajah oleh kerajaan Romawi.
1.- Sejak Raja Yoyakim ditawan kenegeri Babel dengan rajanya Nebukatnezar, yang kemudian diganti oleh putranya Belsasar. Belsasar dihukum Tuhan karena ia mencampurkan benda-benda dari kabah Allah dengan pesta kenegaraan yang penuh dengan kenajisan, sehingga ada tangan yang menulis ditembok: “Mene-mene tekail ufarsin” Pada malam itu negeri Babel hancur.

2.- Kemudian kerajaan Medi dan Persi dengan rajanya Ahasyweros yang kemudian diganti oleh anaknya Darius.

3.- Lalu negara Gerika mengalahkan Kerajaan Medi dan Persi. Daniel hidup pada jaman Babel, Medi Persi sampai Gerika.

4.- Lalu disusul oleh kerajaan Romawi sampai kelahiran Yesus.
Sejak ditawan Babel bangsa Israel tercerai berai dan sukar dipersatukan. Waktu jaman Kerajaan Medi Persi dan Koresy, diijinkan kembali membangun Kaabah di Yerusalem, ini diterangkan oleh kita Hagai dan Zakharia, tapi bangsa Israel belum kembali seluruhnya. Baru pada jaman Romawi, ketika Yesus dilahirkan, secara jasmani Israel kembali kenegrinya. Tetapi secara rohani, Israel sudah tersebar luas.

Yang disatukan waktu Roh Kudus melalui 120 murid di Yerusalem pada gereja mula-mula yang terdiri bangsa Irael dari berbagai-bagai negeri.

Kis 2:1-4, 7-12.
2:1 Ketika tiba hari Pentakosta, semua orang percaya berkumpul di satu tempat.
2:2 Tiba-tiba turunlah dari langit suatu bunyi seperti tiupan angin keras yang memenuhi seluruh rumah, di mana mereka duduk;
2:3 dan tampaklah kepada mereka lidah-lidah seperti nyala api yang bertebaran dan hinggap pada mereka masing-masing.
2:4 Maka penuhlah mereka dengan Roh Kudus, lalu mereka mulai berkata-kata dalam bahasa-bahasa lain, seperti yang diberikan oleh Roh itu kepada mereka untuk mengatakannya.
2:7 Mereka semua tercengang-cengang dan heran, lalu berkata: "Bukankah mereka semua yang berkata-kata itu orang Galilea?
2:8 Bagaimana mungkin kita masing-masing mendengar mereka berkata-kata dalam bahasa kita sendiri, yaitu bahasa yang kita pakai di negeri asal kita:
2:9 kita orang Partia, Media, Elam, penduduk Mesopotamia, Yudea dan Kapadokia, Pontus dan Asia,
2:10 Frigia dan Pamfilia, Mesir dan daerah-daerah Libia yang berdekatan dengan Kirene, pendatang-pendatang dari Roma,
2:11 baik orang Yahudi maupun penganut agama Yahudi, orang Kreta dan orang Arab, kita mendengar mereka berkata-kata dalam bahasa kita sendiri tentang perbuatan-perbuatan besar yang dilakukan Allah."
2:12 Mereka semuanya tercengang-cengang dan sangat termangu-mangu sambil berkata seorang kepada yang lain: "Apakah artinya ini?"

Tuhan menyatukan segala bangsa-bangsa. Rasul Petrus menerangkan ia tidak mabuk anggur, tetapi berkata tentang kitab Yoel, dimana Tuhan sudah memenuhkan janji-Nya. Dan bangsa Yahudi yang datang dari berbagai-bagai negeri sekaligus bertobat 3000 orang.

Tuhan mematahkan 4 tanduk, yaitu:
.- Kerajaan Babel.
.- Kerajaan Medi dan Persi.
.- Kerajaan Gerika.
.- Kerajaan Romawi.

Bangsa Israel yang sudah berhamburan disatukan kembali oleh kepenuhan Roh Kudus, ini menunjuk Gereja Hujan Awal.
Dan pada Gereja Hujan Akhir Tuhan menyatukan umat-Nya, supaya gereja Tuhan tidak bercerai berai dan bersatu dalam pembentukan Tubuh Kristus.

Gereja Tuhan saat ini berbeda-beda pengajarannya, masuk kelompok ini dan itu, dan gereja ditawan oleh pengaruh dunia. Berarti oleh kekuatan 4 tanduk, umat Kristen berhamburan. Dan akan disatukan kembali bukan oleh akal manusia atau organisasi, tapi persatuan itu akan dikerjakan oleh firman Tuhan.
Dimana semua akan menjadi satu dan disebut tubuh Kristus.

Ef 4:3-6
4:3 Dan berusahalah memelihara kesatuan Roh oleh ikatan damai sejahtera:
4:4 satu tubuh, dan satu Roh, sebagaimana kamu telah dipanggil kepada satu pengharapan yang terkandung dalam panggilanmu,
4:5 satu Tuhan, satu iman, satu baptisan,
4:6 satu Allah dan Bapa dari semua, Allah yang di atas semua dan oleh semua dan di dalam semua.

Tuhan harus membalas 4 tanduk, sebab Ia akan melindungi tubuh-Nya. Tanduk adalah kekuatan dari bangsa kafir dunia dan pemerintahan 4 kerajaan. Nanti 4 tanduk menjadi 10 tanduk.

Ia mencurahkan Roh-Nya pada seluruh umat dimuka bumi, supaya Tubuh Kristus segera terbentuk. Karena nanti akan kita jumpa 10 tanduk, kekuatan yang lebih hebat, kekuatan terakhir dari kuasa kegelapan untuk menghancurkan sidang Tuhan.

Kita harus masuk dalam kelompok Mempelai Perempuan Tuhan, bila tidak kita akan terpengaruh oleh mempelai perempuan lain, yaitu Babel besar, perempuan jalang yang terbesar mengendarai satu binatang yang berkepala 7 dan bertanduk 10.

Why 17:1-6
17:1 Lalu datanglah seorang dari ketujuh malaikat, yang membawa ketujuh cawan itu dan berkata kepadaku: "Mari ke sini, aku akan menunjukkan kepadamu putusan atas pelacur besar, yang duduk di tempat yang banyak airnya.
17:2 Dengan dia raja-raja di bumi telah berbuat cabul, dan penghuni-penghuni bumi telah mabuk oleh anggur percabulannya."
17:3 Dalam roh aku dibawanya ke padang gurun. Dan aku melihat seorang perempuan duduk di atas seekor binatang yang merah ungu, yang penuh tertulis dengan nama-nama hujat. Binatang itu mempunyai tujuh kepala dan sepuluh tanduk.
17:4 Dan perempuan itu memakai kain ungu dan kain kirmizi yang dihiasi dengan emas, permata dan mutiara, dan di tangannya ada suatu cawan emas penuh dengan segala kekejian dan kenajisan percabulannya.
17:5 Dan pada dahinya tertulis suatu nama, suatu rahasia: "Babel besar, ibu dari wanita-wanita pelacur dan dari kekejian bumi."
17:6 Dan aku melihat perempuan itu mabuk oleh darah orang-orang kudus dan darah saksi-saksi Yesus. Dan ketika aku melihatnya, aku sangat heran.

Umat manusia didunia begitu terpengaruh oleh percabulannya. Kekuatan yang hebat sekali, kalau Tuhan tidak tolong kita, kitapun akan binasa. Tanduk keselamatan Tuhan harus kita pegang.

Kebanyakan manusia sekarang sudah terseret oleh roh amoral percabulan dan perjinahan. Ini baru permulaan, dan bersamaan pembentukan tubuh Mempelai Perempuan Tuhan, juga dibentuk mempelai perempuan Iblis yaitu perempuan Babel besar.

Why 17:7-14
17:7 Lalu kata malaikat itu kepadaku: "Mengapa engkau heran? Aku akan mengatakan kepadamu rahasia perempuan itu dan rahasia binatang yang memikulnya, binatang yang berkepala tujuh dan bertanduk sepuluh itu.
17:8 Adapun binatang yang telah kaulihat itu, telah ada, namun tidak ada, ia akan muncul dari jurang maut, dan ia menuju kepada kebinasaan. Dan mereka yang diam di bumi, yaitu mereka yang tidak tertulis di dalam kitab kehidupan sejak dunia dijadikan, akan heran, apabila mereka melihat, bahwa binatang itu telah ada, namun tidak ada, dan akan muncul lagi.
17:9 Yang penting di sini ialah akal yang mengandung hikmat: ketujuh kepala itu adalah tujuh gunung, yang di atasnya perempuan itu duduk,
17:10 ketujuhnya adalah juga tujuh raja: lima di antaranya sudah jatuh, yang satu ada dan yang lain belum datang, dan jika ia datang, ia akan tinggal seketika saja.
17:11 Dan binatang yang pernah ada dan yang sekarang tidak ada itu, ia sendiri adalah raja kedelapan dan namun demikian satu dari ketujuh itu dan ia menuju kepada kebinasaan.
17:12 Dan kesepuluh tanduk yang telah kaulihat itu adalah sepuluh raja, yang belum mulai memerintah, tetapi satu jam lamanya mereka akan menerima kuasa sebagai raja, bersama-sama dengan binatang itu.
17:13 Mereka seia sekata, kekuatan dan kekuasaan mereka mereka berikan kepada binatang itu.
17:14 Mereka akan berperang melawan Anak Domba. Tetapi Anak Domba akan mengalahkan mereka, karena Ia adalah Tuan di atas segala tuan dan Raja di atas segala raja. Mereka bersama-sama dengan Dia juga akan menang, yaitu mereka yang terpanggil, yang telah dipilih dan yang setia."

Tujuh kepala menunjuk kekuasaan raja-raja didunia.
Sepuluh tanduk menunjuk kekuatan raja-raja di dunia.
Hanya Anak Domba Allah yaitu mempelai Laki-laki yang akan mengalahkan kekuasaan yang besar dari dunia yang mempengaruhi hidup kita.

Kalau kita tidak mau terpengaruh oleh kekuatan dunia, kita harus menyerahkan  hidup kita untuk menjadi mempelai Perempuan Tuhan.

Why 19:7
19:7 Marilah kita bersukacita dan bersorak-sorai, dan memuliakan Dia! Karena hari perkawinan Anak Domba telah tiba, dan pengantin-Nya telah siap sedia.

Ini berarti suatu kemenangan.
Why 19:15-17
19:15 Dan dari mulut-Nya keluarlah sebilah pedang tajam yang akan memukul segala bangsa. Dan Ia akan menggembalakan mereka dengan gada besi dan Ia akan memeras anggur dalam kilangan anggur, yaitu kegeraman murka Allah, Yang Mahakuasa.
19:16 Dan pada jubah-Nya dan paha-Nya tertulis suatu nama, yaitu: "Raja segala raja dan Tuan di atas segala tuan."                            19:17 Lalu aku melihat seorang malaikat berdiri di dalam matahari dan ia berseru dengan suara nyaring kepada semua burung yang terbang di tengah langit, katanya: "Marilah ke sini dan berkumpullah untuk turut dalam perjamuan Allah, perjamuan yang besar,

Ini pembalasan terakhir.
Kalau Ia sudah menerima Mempelai Perempuan-Nya yang sudah lengkap yang hidup suci, benar dan tak ada cacat celanya.
Sekarang kita mendapat kesempatan yang luas sebelum Wahyu 19, dan berusaha menjadi orang-orang yang berbuah Roh. Sebab semua daging akan dibinasakan oleh Tuhan, dan kalau hidup manusia hanya mementingkan daging semata-mata, ia akan menerima pembalasan Tuhan.

Gal 5 :22-24 (Ada 9 buah-buah Roh)
5:22 Tetapi buah Roh ialah: kasih, sukacita, damai sejahtera, kesabaran, kemurahan, kebaikan, kesetiaan,
5:23 kelemahlembutan, penguasaan diri. Tidak ada hukum yang menentang hal-hal itu.
5:24 Barangsiapa menjadi milik Kristus Yesus, ia telah menyalibkan daging dengan segala hawa nafsu dan keinginannya.

Gal 5:19-21 (Ada buah-buah daging)
5:19 Perbuatan daging telah nyata, yaitu: percabulan, kecemaran, hawa nafsu,
5:20 penyembahan berhala, sihir, perseteruan, perselisihan, iri hati, amarah, kepentingan diri sendiri, percideraan, roh pemecah,
5:21 kedengkian, kemabukan, pesta pora dan sebagainya. Terhadap semuanya itu kuperingatkan kamu -- seperti yang telah kubuat dahulu -- bahwa barangsiapa melakukan hal-hal yang demikian, ia tidak akan mendapat bagian dalam Kerajaan Allah.

Kalau kita tidak hidup dalam daging, berarti hidup didalam Roh.
Binatang itu semata-mata daging belaka.
Mempelai Perempuan yang menjadi miliknya Tuhan menyalibkan segala hawa nafsu daging, karena hidup dalam perkara-perkara rohani. Ini dapat dilihat dari langkah-langkah hidupnya.

Gal 5:25
5:25 Jikalau kita hidup oleh Roh, baiklah hidup kita juga dipimpin oleh Roh,
Hidup dipenuhi Roh, yaitu tindak tanduk didalam pimpinan Roh Kudus dan tidak dipengaruhi oleh hawa nafsu daging dari dunia.
Manusia hanya menghadapi 2 alternatif, yaitu:
Menjadi Mempelai Perempuan Tuhan atau
Menjadi mempelai perempuan Iblis.

Tuhan Yesus memberkati.