Translate

19 Mar 2016

Ibadah Pendalaman Alkitab. 18 Maret 2015. PENGLIHATAN KETIGA ZAKHARIA.




Ibadah Pendalaman Alkitab. 18 Maret 2015
PENGLIHATAN KE TIGA:
Seorang yang memegang tali ukur:
Zac 2:1-13
2:1 Aku melayangkan mataku dan melihat: tampak seorang yang memegang tali pengukur.
2:2 Lalu aku bertanya: "Ke manakah engkau ini pergi?" Maka ia menjawab aku: "Ke Yerusalem, untuk mengukurnya, untuk melihat berapa lebarnya dan panjangnya."
2:3 Dan sementara malaikat yang berbicara dengan aku itu maju ke depan, majulah seorang malaikat lain mendekatinya,
2:4 yang diberi perintah: "Berlarilah, katakanlah kepada orang muda yang di sana itu, demikian: Yerusalem akan tetap tinggal seperti padang terbuka oleh karena banyaknya manusia dan hewan di dalamnya.
2:5 Dan Aku sendiri, demikianlah firman TUHAN, akan menjadi tembok berapi baginya di sekelilingnya, dan Aku akan menjadi kemuliaan di dalamnya."
2:6 Ayo, ayo, larilah dari Tanah Utara, demikianlah firman TUHAN; sebab ke arah keempat mata angin Aku telah menyerakkan kamu, demikianlah firman TUHAN.
2:7 Ayo, luputkanlah dirimu ke Sion, hai, penduduk Babel!
2:8 Sebab beginilah firman TUHAN semesta alam, yang dalam kemuliaan-Nya telah mengutus aku, mengenai bangsa-bangsa yang telah menjarah kamu -- sebab siapa yang menjamah kamu, berarti menjamah biji mata-Nya --:
2:9 "Sesungguhnya Aku akan menggerakkan tangan-Ku terhadap mereka, dan mereka akan menjadi jarahan bagi orang-orang yang tadinya takluk kepada mereka. Maka kamu akan mengetahui bahwa TUHAN semesta alam yang mengutus aku.
2:10 Bersorak-sorailah dan bersukarialah, hai puteri Sion, sebab sesungguhnya Aku datang dan diam di tengah-tengahmu, demikianlah firman TUHAN;
2:11 dan banyak bangsa akan menggabungkan diri kepada TUHAN pada waktu itu dan akan menjadi umat-Ku dan Aku akan diam di tengah-tengahmu." Maka engkau akan mengetahui, bahwa TUHAN semesta alam yang mengutus aku kepadamu.
2:12 Dan TUHAN akan mengambil Yehuda sebagai milik-Nya di tanah yang kudus, dan Ia akan memilih Yerusalem pula.
2:13 Berdiam dirilah, hai segala makhluk, di hadapan TUHAN, sebab Ia telah bangkit dari tempat kediaman-Nya yang kudus.

Pada zaman kerajaan Medi dan Persi Yerusalem mengalami perbaikan. Tembok-tembok Kaabah Allah dibangun, sebab bangsa Israel diperbolehkan kembali kenegerinya. Atas biaya Raja Darius sempat Yerusalem dibangun kembali.

Yerusalem harus diukur, berarti konstruksi daripada bangunan itu tidak boleh semau-maunya, tetapi harus menurut ukuran daripada Tuhan.
Yang mengukur disini seorang laki-laki atau malaikat, ini menunjuk Tuhan Yesus sendiri.

Lebih dahulu Yerusalem harus diperbaiki, berarti kehidupan Kristen harus mengalami perbaikan yang dikerjakan oleh kuasa Firman Tuhan.              

Setelah zaman rasul-rasul gereja Tuhan tercerai berai, Tubuh Kristus menjadi berhamburan oleh kekuatan 4 tanduk yang sukar dipersatukan. Tapi pada zaman akhir, umat Tuhan akan dipersatukan kembali dengan cara kembali pada Firman Tuhan, kita harus kembali seperti  Gereja Hujan Awal.

Pada Gereja Hujan Akhir, Tuhan akan memilih 12 rasul-rasul supaya genap 24 tua-tua yang menduduki 24 kursi dihadapan Allah.
Why 4:4
4:4 Dan sekeliling takhta itu ada dua puluh empat takhta, dan di takhta-takhta itu duduk dua puluh empat tua-tua, yang memakai pakaian putih dan mahkota emas di kepala mereka.

Sekali Ia memilih Yerusalem Ia tidak pernah kecewa dengan pilihannya.    Dahulu Yerusalem jasmani, nanti pada akhir zaman gereja Tuhan yang telah mengalami perbaikan menjadi satu wujud atau bentuk tertentu disebut Yerusalem Baru, yaitu Gereja Mempelai Tuhan.

Zac 2:12                                                                 2:12 Dan TUHAN akan mengambil Yehuda sebagai milik-Nya di tanah yang kudus, dan Ia akan memilih Yerusalem pula.

Why 21:2
21:2 Dan aku melihat kota yang kudus, Yerusalem yang baru, turun dari sorga, dari Allah, yang berhias bagaikan pengantin perempuan yang berdandan untuk suaminya.

Kalau sekarang kehidupan Kristen banyak tertarik pada perkara-perkara dunia atau didalam gereja banyak peraturan organisasi atau manusia, sehingga kekuatan firman Tuhan tidak ada, maka kita harus kembali tertarik pada pembukaan firman Tuhan dan senang memperhatikan firman Tuhan. Supaya bangunan rohani sesuai dengan ketentuan firman Tuhan.

Kalau Tuhan sudah memegang ukuran untuk mengukur panjang dan lebarnya Yerusalem, maka ada perkataan:
Zac 2:6
2:6 Ayo, ayo, larilah dari Tanah Utara, demikianlah firman TUHAN; sebab ke arah keempat mata angin Aku telah menyerakkan kamu, demikianlah firman TUHAN.

Ini berarti jangan lambat-lambat, cepat pergunakan waktu yang sedikit ini.     Keluar dari negeri Utara, berarti keluar dari pengaruh dunia. Jangan sia-siakan waktu! Inilah panggilan Tuhan, bahwa Ia akan mengukur kehidupan Kristen, sebab waktunya sudah singkat sekali. Tuhan mau menjadikan kehidupan kita menurut ketentuan-Nya. Sebab orang yang dikenal itu ditentukan Tuhan untuk nanti menjadi sama mulia seperti Dia.

Sebab itu kita harus menjadi orang yang dikenal Tuhan lewat firman Tuhan, artinya kita memberi hidup pada Tuhan, mau dikoreksi dan ditegur dosa-dosa kita oleh firman Tuhan. Kehidupan yang dikenal Tuhan harus lebih hari lebih menyerahkan kehidupannya.

Roma 8:29
8:29 Sebab semua orang yang dipilih-Nya dari semula, mereka juga ditentukan-Nya dari semula untuk menjadi serupa dengan gambaran Anak-Nya, supaya Ia, Anak-Nya itu, menjadi yang sulung di antara banyak saudara.

Kalau sekarang Tuhan belum datang dalam kemuliaan-Nya, berarti ada kesempatan buat kita untuk dikenali Tuhan dan menjadi sama dengan Dia.  Menjadi sama dengan Dia berarti kita dengan Dia menjadi satu. Kalau Dia sama dengan Bapa, berarti Ia dengan Bapa menjadi satu.

Kita sekarang belum menjadi sama, berarti kita masih terpisah dengan Tuhan.
Ada doa Imamat dari Imam Besar yang sungguh-sungguh berdoa buat kita, supaya kehidupan rohani kita terangkat dan menjadi satu dengan dia.

Yoh  17:20-23
17:20 Dan bukan untuk mereka ini saja Aku berdoa, tetapi juga untuk orang-orang, yang percaya kepada-Ku oleh pemberitaan mereka;
17:21 supaya mereka semua menjadi satu, sama seperti Engkau, ya Bapa, di dalam Aku dan Aku di dalam Engkau, agar mereka juga di dalam Kita, supaya dunia percaya, bahwa Engkaulah yang telah mengutus Aku.
17:22 Dan Aku telah memberikan kepada mereka kemuliaan, yang Engkau berikan kepada-Ku, supaya mereka menjadi satu, sama seperti Kita adalah satu:
17:23 Aku di dalam mereka dan Engkau di dalam Aku supaya mereka sempurna menjadi satu, agar dunia tahu, bahwa Engkau yang telah mengutus Aku dan bahwa Engkau mengasihi mereka, sama seperti Engkau mengasihi Aku.

Tanpa doa Tuhan, kita tidak dapat mencapai kehidupan yang sempurna dan mulia.
2 Kor 3:18
3:18 Dan kita semua mencerminkan kemuliaan Tuhan dengan muka yang tidak berselubung. Dan karena kemuliaan itu datangnya dari Tuhan yang adalah Roh, maka kita diubah menjadi serupa dengan gambar-Nya, dalam kemuliaan yang semakin besar.

Ukuran manusia yaitu secara pandangan mata jasmani dan mengukur dengan perkara-perkara yang lahir. Tuhan mengukur kita dengan Ia memberikan pembukaan Firman Tuhan, supaya hidup kita dipermuliakan dan dibawa pada kemuliaan untuk selama-lamanya.

Mat 6:28-29
6:28 Dan mengapa kamu kuatir akan pakaian? Perhatikanlah bunga bakung di ladang, yang tumbuh tanpa bekerja dan tanpa memintal,
6:29 namun Aku berkata kepadamu: Salomo dalam segala kemegahannya pun tidak berpakaian seindah salah satu dari bunga itu.

ayat 29 Ini bicara mengenai kemuliaan Pengantin Tuhan.
Kid Ag 2:2
2:2 -- Seperti bunga bakung di antara duri-duri, demikianlah manisku di antara gadis-gadis.

Kerinduan Mempelai Laki-laki yaitu Mempelai Perempuan-Nya sederajad dengan bunga bakung yang begitu suci dan tak ada cacat celanya.
Ada undangan untuk masuk dalam bangunan Tuhan yang sangat dirindukan-Nya sebelum Tuhan mengadakan pengukuran.

Dalam praktek hidup rohani kita, kita harus memempergunakan ukuran Kristus.
Ef 4:13-16
4:13 sampai kita semua telah mencapai kesatuan iman dan pengetahuan yang benar tentang Anak Allah, kedewasaan penuh, dan tingkat pertumbuhan yang sesuai dengan kepenuhan Kristus,
4:14 sehingga kita bukan lagi anak-anak, yang diombang-ambingkan oleh rupa-rupa angin pengajaran, oleh permainan palsu manusia dalam kelicikan mereka yang menyesatkan,
4:15 tetapi dengan teguh berpegang kepada kebenaran di dalam kasih kita bertumbuh di dalam segala hal ke arah Dia, Kristus, yang adalah Kepala.
4:16 Dari pada-Nyalah seluruh tubuh, -- yang rapi tersusun dan diikat menjadi satu oleh pelayanan semua bagiannya, sesuai dengan kadar pekerjaan tiap-tiap anggota -- menerima pertumbuhannya dan membangun dirinya dalam kasih.

Banyak kehidupan Kristen yang tidak ada pengajaran dan kehidupan rohaninya kanak-kanak akan mudah turut terpengaruh dunia dan pengajaran palsu dan hanyut dalam dosa.
Kita harus bertumbuh dalam rohani kita menuju Kristus yang menjadi kepala dan kita harus dibangun menjadi tubuh-Nya.

Zac  3:1-4
2:1 Aku melayangkan mataku dan melihat: tampak seorang yang memegang tali pengukur.
2:2 Lalu aku bertanya: "Ke manakah engkau ini pergi?" Maka ia menjawab aku: "Ke Yerusalem, untuk mengukurnya, untuk melihat berapa lebarnya dan panjangnya."
2:3 Dan sementara malaikat yang berbicara dengan aku itu maju ke depan, majulah seorang malaikat lain mendekatinya,
2:4 yang diberi perintah: "Berlarilah, katakanlah kepada orang muda yang di sana itu, demikian: Yerusalem akan tetap tinggal seperti padang terbuka oleh karena banyaknya manusia dan hewan di dalamnya.

Orang yang mengukur itu mengukur dengan cepat dan Zakharia masih muda harus lari untuk mengikuti perkembangan pengukuran itu, supaya jangan sampai tertinggal.

Jangan heran kalau hari-hari terakhir ini cepat berlalu, juga hari-hari yang akan datang begitu cepat, sebab Tuhan sudah mengeluarkan tali pengukur untuk mengukur Sidang Tuhan.                                                                                        
Kalau Yerusalem belum dipagari tidak akan diukur! Baru sesudah dipagari pengukuran itu dilakukan.
Sidang Tuhan sekarang sedang mengalami pembangunan, setelah sekian lama mengalami kehancuran, melewati firman Mempelai sesuai dengan ukuran Allah. Kalau kehidupan Kristen tidak sesuai dengan ukuran Allah, itu akan diinjak-injak oleh Antikrist.

Why 11:1-2
11:1 Kemudian diberikanlah kepadaku sebatang buluh, seperti tongkat pengukur rupanya, dengan kata-kata yang berikut: "Bangunlah dan ukurlah Bait Suci Allah dan mezbah dan mereka yang beribadah di dalamnya.
11:2 Tetapi kecualikan pelataran Bait Suci yang di sebelah luar, janganlah engkau mengukurnya, karena ia telah diberikan kepada bangsa-bangsa lain dan mereka akan menginjak-injak Kota Suci empat puluh dua bulan lamanya."

Kecualikan pelataran bait Suci yang disebelah luar........
Zac 2:5
2:5 Dan Aku sendiri, demikianlah firman TUHAN, akan menjadi tembok berapi baginya di sekelilingnya, dan Aku akan menjadi kemuliaan di dalamnya."

Ini adalah permintaan Allah yang harus cepat kita laksanakan, supaya janji Allah menjadi kenyataan. Tidak cukup kita mendapat perlindungan dari manusia, sebab manusia sendiri membutuhkan perlindungan dari Allah.

Kalau manusia mau masuk dalam perlindungan Tuhan ada ajakan dua kali: “Ayo” berati harus cepat keluar dari negeri sebelah Utara.

Negeri sebelah Utara adalah negeri asal dari ideologi Atheis yang dikenal komunis. Suatu ideologi dari setan, suatu faham yang melawan pada Tuhan. kita harus keluar dari paham ini supaya tidak terkena dosanya dan hukumannya.

Why 18:4
18:4 Lalu aku mendengar suara lain dari sorga berkata: "Pergilah kamu, hai umat-Ku, pergilah dari padanya supaya kamu jangan mengambil bagian dalam dosa-dosanya, dan supaya kamu jangan turut ditimpa malapetaka-malapetakanya.

Band: Zac 2:7
2:7 Ayo, luputkanlah dirimu ke Sion, hai, penduduk Babel!

Kegenapan ayat ini ada dalam Wahyu 18.
Kita harus keluar dari Babel, yaitu dunia yang penuh dengan dosa, jangan bersekutu dengan dosa!

Tentang raja babel:
Raja Babel dahulu namanya Bintang Kejora atau Lucifer (Bhs Ibrani) yaitu setan:
Yes 14:4,12                                                             14:4 maka engkau akan memperdengarkan ejekan ini tentang raja Babel, dan berkata: "Wah, sudah berakhir si penindas sudah berakhir orang lalim!
14:12 "Wah, engkau sudah jatuh dari langit, hai Bintang Timur, putera Fajar, engkau sudah dipecahkan dan jatuh ke bumi, hai yang mengalahkan bangsa-bangsa!

Sebab apa bintang Kejora jatuh seperti bintang? Karena ia selalu menunjukan “aku nya”, dan ingin menjadi sama seperti Allah.

Yes 14: 13,14
14:13 Engkau yang tadinya berkata dalam hatimu: Aku hendak naik ke langit, aku hendak mendirikan takhtaku mengatasi bintang-bintang Allah, dan aku hendak duduk di atas bukit pertemuan, jauh di sebelah utara.
14:14 Aku hendak naik mengatasi ketinggian awan-awan, hendak menyamai Yang Mahatinggi!

Keluar dari negeri Utara, berarti kita harus menjadi orang Kristen yang murni dalam pengajaran, tidak dipengaruhi oleh pengajaran-pengajaran atau idiologi-ideologi dunia.
Pengajaran Firman Tuhan akan membawa orang-orang kafir untuk masuk menjadi umat Allah. Berarti ada pekerjaan perdamaian oleh korban Kristus.

Kol 1:26-28
1:26 yaitu rahasia yang tersembunyi dari abad ke abad dan dari turunan ke turunan, tetapi yang sekarang dinyatakan kepada orang-orang kudus-Nya.
1:27 Kepada mereka Allah mau memberitahukan, betapa kaya dan mulianya rahasia itu di antara bangsa-bangsa lain, yaitu: Kristus ada di tengah-tengah kamu, Kristus yang adalah pengharapan akan kemuliaan!
1:28 Dialah yang kami beritakan, apabila tiap-tiap orang kami nasihati dan tiap-tiap orang kami ajari dalam segala hikmat, untuk memimpin tiap-tiap orang kepada kesempurnaan dalam Kristus.

Tuhan Yesus memberkati.