Translate

4 Okt 2015

Ibadah Pendalaman Alkitab. 2 Oktober 2015. Allah Zebaoth.



Ibadah Pendalaman Alkitab
2 Oktober 2015

“ALLAH ZEBAOTH”
Mal 1:6-9
1:6 Seorang anak menghormati bapanya dan seorang hamba menghormati tuannya. Jika Aku ini bapa, di manakah hormat yang kepada-Ku itu? Jika Aku ini tuan, di manakah takut yang kepada-Ku itu? firman TUHAN semesta alam kepada kamu, hai para imam yang menghina nama-Ku. Tetapi kamu berkata: "Dengan cara bagaimanakah kami menghina nama-Mu?"
1:7 Kamu membawa roti cemar ke atas mezbah-Ku, tetapi berkata: "Dengan cara bagaimanakah kami mencemarkannya?" Dengan cara menyangka: "Meja TUHAN boleh dihinakan!"
1:8 Apabila kamu membawa seekor binatang buta untuk dipersembahkan, tidakkah itu jahat? Apabila kamu membawa binatang yang timpang dan sakit, tidakkah itu jahat? Cobalah menyampaikannya kepada bupatimu, apakah ia berkenan kepadamu, apalagi menyambut engkau dengan baik? firman TUHAN semesta alam.
1:9 Maka sekarang: "Cobalah melunakkan hati Allah, supaya Ia mengasihani kita!" Oleh tangan kamulah terjadi hal itu, masakan Ia akan menyambut salah seorang dari padamu dengan baik? firman TUHAN semesta alam.

Firman Tuhan semesta alam itu disebut “Allah Zebaoth”
Allah Zebaoth itu akan membalas atas kehidupan yang hanya mementingkan diri sendiri.

Imam-imam yang berbuat salah ini langsung dihadapkan dengan Allah Zebaoth.
Istilah Tuhan semesta alam ini ada 22 x.
Bagian pertama ada 11 dan bagian kedua juga 11.

Maksud teguran – teguran Allah ini supaya terjadi penyucian. Sebab kalau tidak nanti kita akan mempertanggung jawabkan perbuatan kita kepada Allah Zebaoth.
Dalam Perjanjian Baru juga dikatakan tentang Allah Zebaoth ini:  diantaranya dalam surat
Yak 5:4-5  
5:4  Sesungguhnya telah terdengar teriakan besar, karena upah yang kamu tahan dari buruh yang telah menuai hasil ladangmu, dan telah sampai ke telinga Tuhan semesta alam keluhan mereka yang menyabit panenmu.
5:5 Dalam kemewahan kamu telah hidup dan berfoya-foya di bumi, kamu telah memuaskan hatimu sama seperti pada hari penyembelihan.

Roma 9:29
9:29 Dan seperti yang dikatakan Yesaya sebelumnya: "Seandainya Tuhan semesta alam tidak meninggalkan pada kita keturunan, kita sudah menjadi seperti Sodom dan sama seperti Gomora."

 Juga dalam kitab Samuel:
1 Sam 17:45
17:45 Tetapi Daud berkata kepada orang Filistin itu: "Engkau mendatangi aku dengan pedang dan tombak dan lembing, tetapi aku mendatangi engkau dengan nama TUHAN semesta alam, Allah segala barisan Israel yang kautantang itu.

Allah semesta alam : Allah Zebaoth.
Maksud Allah Zebaoth ini disebutkan yaitu supaya manusia ini mempertanggung jawabkan kehidupan selama didunia ini, kalau cara hidupnya itu hanya untuk kepentingan diri sendiri, maka nanti akan dihadapkan kepada pengadilan Allah.

Kalau Allah Zebaoth ini sampai 22 x disebutkan dalam kitab Maleakhi,ini mau membahasakan: Kalau kita tidak mau disucikan seperti pada bagian yang pertama: Yaitu pribadi anak-anak Tuhan yang digambarkan seperti Yakub dan Esau, yang kedua yaitu kepada para imam, yang ketiga yaitu bangsa-bangsa.

Tuhan tegur itu dengan sekeras-keras teguran, agar jangan sampai kita salah
Sebab hukuman Allah itu begitu hebat atas kehidupan yang salah.

Dalam ayat yang kita baca tadi; dimana Tuhan menuntut agar pada anak-anak Tuhan dan hamba-hamba Tuhan itu ada suatu penghormatan dan rasa takut terhadap Allah yang besar.

Ini berarti kepada imam-imam dituntut untuk harus bisa menyanyi, memuji  dan menyembah ( = persembahan rohani).
Imam-imam jangan menghinakan nama Allah, melainkan harus ada penghormatan. Penghormatan yang tidak hanya dalam kata-kata saja, tapi dalam perbuatan.

Jangan nanti kita dikatakan membawa roti cemar / haram, persembahan yang buta diatas meja Tuhan, sehingga nanti ditolak oleh Tuhan.

Jangan kita mengadakan ibadah salah itu secara berlarut-larut, sehingga menjadi imam-imam yang pada akhirnya akan dihukum oleh Tuhan atau ditolak / dibuang. 1 Kor 9:27, 24-26.
9:27 Tetapi aku melatih tubuhku dan menguasainya seluruhnya, supaya sesudah memberitakan Injil kepada orang lain, jangan aku sendiri ditolak.
9:24 Tidak tahukah kamu, bahwa dalam gelanggang pertandingan semua peserta turut berlari, tetapi bahwa hanya satu orang saja yang mendapat hadiah? Karena itu larilah begitu rupa, sehingga kamu memperolehnya!
9:25 Tiap-tiap orang yang turut mengambil bagian dalam pertandingan, menguasai dirinya dalam segala hal. Mereka berbuat demikian untuk memperoleh suatu mahkota yang fana, tetapi kita untuk memperoleh suatu mahkota yang abadi.
9:26 Sebab itu aku tidak berlari tanpa tujuan dan aku bukan petinju yang sembarangan saja memukul.

1 Pet 2:1-2
Menjadi seperti bayi yang baru lahir.
2:1 Karena itu buanglah segala kejahatan, segala tipu muslihat dan segala macam kemunafikan, kedengkian dan fitnah.
2:2 Dan jadilah sama seperti bayi yang baru lahir, yang selalu ingin akan air susu yang murni dan yang rohani, supaya olehnya kamu bertumbuh dan beroleh keselamatan,

Kalau kita tidak sungguh-sungguh menghormati nama Tuhan, maka Tuhan ancam dengan hukuman yang begitu berat.
Jika kita mengatakan sudah menghormati nama Tuhan, maka harus kita tes / uji dengan Firman Tuhan.

Sebagai hamba kita harus ada rasa takut dan gentar, dan sebagai anak kita harus menjadi lain dari pada yag lain, bukan seperti bangsa yang bengkok, tapi seperti bintang-bintang yang bercahaya dan juga harus menjaga lidah kita.

Flp 2:14-16
2:14 Lakukanlah segala sesuatu dengan tidak bersungut-sungut dan berbantah-bantahan,
2:15 supaya kamu tiada beraib dan tiada bernoda, sebagai anak-anak Allah yang tidak bercela di tengah-tengah angkatan yang bengkok hatinya dan yang sesat ini, sehingga kamu bercahaya di antara mereka seperti bintang-bintang di dunia,
2:16 sambil berpegang pada firman kehidupan, agar aku dapat bermegah pada hari Kristus, bahwa aku tidak percuma berlomba dan tidak percuma bersusah-susah.

Jangan jadi hamba yang bersungut-sungut! (ayat 14)
“Kamu para imam sudah menghina nama-KU”

Namun para imam itu membantah.
Pelayanan imam-imam yang tidak menghormati Allah dalam pelayanannya.

Kalau kita ingat Esau: Megapa Esau ini terkutuk? Sebab dia sudah menghinakan kehidupan sulungnya. Tuhan menuntut persembahan sulung!

Sampai Tuhan tuntutkan agar Lewi itu mempersembahkan yang sulung. Imam itu dituntut mempersembahkan yang sulung.
Kalau kita menjadi imam-imam jangan mempersembahkan yang sembarangan dihadapan Tuhan.

Nama Allah harus tetap dibesarkan. Sekalipun pernah dihinakan, namun nama Allah itu dikehendaki agar tetap besar.
Mal 1:11
1:11 Sebab dari terbitnya sampai kepada terbenamnya matahari nama-Ku besar di antara bangsa-bangsa, dan di setiap tempat dibakar dan dipersembahkan korban bagi nama-Ku dan juga korban sajian yang tahir; sebab nama-Ku besar di antara bangsa-bangsa, firman TUHAN semesta alam.

Nama ini tidak pernah berubah, seingga kepada-Nya itu harus ada kepujian.
Kepada bangsa kafir yang begitu hina, nanti nama Tuhan itu akan mengangkatnya.

Nama Tuhan itu besar, nama Tuhan itu kekal, tidak bisa dikecilkan dan harus dijunjung tinggi.
Maz 113:1-9
113:1 Haleluya! Pujilah, hai hamba-hamba TUHAN, pujilah nama TUHAN!
113:2 Kiranya nama TUHAN dimasyhurkan, sekarang ini dan selama-lamanya.
113:3 Dari terbitnya sampai kepada terbenamnya matahari terpujilah nama TUHAN.
113:4 TUHAN tinggi mengatasi segala bangsa, kemuliaan-Nya mengatasi langit.
113:5 Siapakah seperti TUHAN, Allah kita, yang diam di tempat yang tinggi,
113:6 yang merendahkan diri untuk melihat ke langit dan ke bumi?
113:7 Ia menegakkan orang yang hina dari dalam debu dan mengangkat orang yang miskin dari lumpur,
113:8 untuk mendudukkan dia bersama-sama dengan para bangsawan, bersama-sama dengan para bangsawan bangsanya.
113:9 Ia mendudukkan perempuan yang mandul di rumah sebagai ibu anak-anak, penuh sukacita. Haleluya!

Hamba-hamba Tuhan harus memuji nama Tuhan.
Ijinkan Tuhan menyucikan kehidupan kita agar kita tidak mempersembahkan persembahan buta dan timpang.

Jangan kita berontak terhadap penyucian Tuhan. Kalau kita tidak mau disucikan, nanti tidak terjadi mujizat dalam kehidupan kita.

Tuhan mengadakan penyucian, supaya Kabah Allah ini jangan ada berhala-berhala, sebab rumah Ku akan disebut rumah sembahyang.
Jangan salah paham kalau Firman Allah bicara soal keuangan.

Kalau Tuhan terpaksa bertindak demi penyucian, sehingga Ia putar balikan meja-meja penukar uang itu. Dengan maksud penyucian ini sehingga terjadi suatu pujian : “Hosana bagi Anak Daud”

Mat 21:12-16 Ini fasal percikan darah.
21:12 Lalu Yesus masuk ke Bait Allah dan mengusir semua orang yang berjual beli di halaman Bait Allah. Ia membalikkan meja-meja penukar uang dan bangku-bangku pedagang merpati
21:13 dan berkata kepada mereka: "Ada tertulis: Rumah-Ku akan disebut rumah doa. Tetapi kamu menjadikannya sarang penyamun."
21:14 Maka datanglah orang-orang buta dan orang-orang timpang kepada-Nya dalam Bait Allah itu dan mereka disembuhkan-Nya.
21:15 Tetapi ketika imam-imam kepala dan ahli-ahli Taurat melihat mujizat-mujizat yang dibuat-Nya itu dan anak-anak yang berseru dalam Bait Allah: "Hosana bagi Anak Daud!" hati mereka sangat jengkel,
21:16 lalu mereka berkata kepada-Nya: "Engkau dengar apa yang dikatakan anak-anak ini?" Kata Yesus kepada mereka: "Aku dengar; belum pernahkah kamu baca: Dari mulut bayi-bayi dan anak-anak yang menyusu Engkau telah menyediakan puji-pujian?"

Kalau gereja itu buta dan timpang, maka sampai pada persoalan persembahanpun masih timpang dan buta.
Mal 1:8,14.
1:8 Apabila kamu membawa seekor binatang buta untuk dipersembahkan, tidakkah itu jahat? Apabila kamu membawa binatang yang timpang dan sakit, tidakkah itu jahat? Cobalah menyampaikannya kepada bupatimu, apakah ia berkenan kepadamu, apalagi menyambut engkau dengan baik? firman TUHAN semesta alam.
1:14 Terkutuklah penipu, yang mempunyai seekor binatang jantan di antara kawanan ternaknya, yang dinazarkannya, tetapi ia mempersembahkan binatang yang cacat kepada Tuhan. Sebab Aku ini Raja yang besar, firman TUHAN semesta alam, dan nama-Ku ditakuti di antara bangsa-bangsa.

Waktu imam-imam mendengar pujian dari anak-anak kecil itu mereka menjadi marah. Mat 21:15
21:15 Tetapi ketika imam-imam kepala dan ahli-ahli Taurat melihat mujizat-mujizat yang dibuat-Nya itu dan anak-anak yang berseru dalam Bait Allah: "Hosana bagi Anak Daud!" hati mereka sangat jengkel,

Kalau terkena teguran Firman Allah kemudian marah, maka kedudukannya seperti imam-imam yang marah ini. Kalau marah tidak bisa menyembah!
1 Tim 2:8
Oleh karena itu aku ingin, supaya di mana-mana orang laki-laki berdoa dengan menadahkan tangan yang suci, tanpa marah dan tanpa perselisihan.

Dan pada akhirnya Tuhan tinggalkan.
Mat 21:17
21:17 Lalu Ia meninggalkan mereka dan pergi ke luar kota ke Betania dan bermalam di situ.

Dari mulut anak-anak kecil Aku menyediakan puji-pujian = ini menyembah.

Maz 8:2-6
8:2 Ya TUHAN, Tuhan kami, betapa mulianya nama-Mu di seluruh bumi! Keagungan-Mu yang mengatasi langit dinyanyikan.
8:3 Dari mulut bayi-bayi dan anak-anak yang menyusu telah Kauletakkan dasar kekuatan karena lawan-Mu, untuk membungkamkan musuh dan pendendam.
8:4 Jika aku melihat langit-Mu, buatan jari-Mu, bulan dan bintang-bintang yang Kautempatkan:
8:5 apakah manusia, sehingga Engkau mengingatnya? Apakah anak manusia, sehingga Engkau mengindahkannya?
8:6 Namun Engkau telah membuatnya hampir sama seperti Allah, dan telah memahkotainya dengan kemuliaan dan hormat.

Pasal ini menunjuk perhatian Tuhan yang begitu besar terhadap manusia. Siapakah manusia ini sehingga Tuhan menaruh perhatian yang begitu besar?

Bagi anak-anak yang berseru nama-Nya maka Tuhan ada ditengah-tengahnya.
Sebab Tuhan ingin menjadikan kita agar kehidupan kita mendapatkan perlindungan.

Ibr 2:6-9,17-18
2:6 Ada orang yang pernah memberi kesaksian di dalam suatu nas, katanya: "Apakah manusia, sehingga Engkau mengingatnya, atau anak manusia, sehingga Engkau mengindahkannya?
2:7 Namun Engkau telah membuatnya untuk waktu yang singkat sedikit lebih rendah dari pada malaikat-malaikat, dan telah memahkotainya dengan kemuliaan dan hormat,
2:8 segala sesuatu telah Engkau taklukkan di bawah kaki-Nya." Sebab dalam menaklukkan segala sesuatu kepada-Nya, tidak ada suatu pun yang Ia kecualikan, yang tidak takluk kepada-Nya. Tetapi sekarang ini belum kita lihat, bahwa segala sesuatu telah ditaklukkan kepada-Nya.
2:9 Tetapi Dia, yang untuk waktu yang singkat dibuat sedikit lebih rendah dari pada malaikat-malaikat, yaitu Yesus, kita lihat, yang oleh karena penderitaan maut, dimahkotai dengan kemuliaan dan hormat, supaya oleh kasih karunia Allah Ia mengalami maut bagi semua manusia.
2:17 Itulah sebabnya, maka dalam segala hal Ia harus disamakan dengan saudara-saudara-Nya, supaya Ia menjadi Imam Besar yang menaruh belas kasihan dan yang setia kepada Allah untuk mendamaikan dosa seluruh bangsa.
2:18 Sebab oleh karena Ia sendiri telah menderita karena pencobaan, maka Ia dapat menolong mereka yang dicobai.

Jika saudara adalah orang yang diperhatikan oleh Tuhan, maka tidak nanti saudara akan berdiam diri, saudara akan menggunakan lidahmu untuk memuliakan nama-Nya.

Tuhan Yesus memberkati.