Translate

18 Okt 2015

Ibadah Pendalaman Alkitab. 16 Oktober 2015.Koreksi Tuhan Kepada Para Imam-Imam.



Ibadah Pendalaman Alkitab
 16 Oktober 2015

KOREKSI TUHAN KEPADA PARA IMAM-IMAM:
Maleakhi 2:1-9 Ini merupakan teguran yang kedua:
2:1 Maka sekarang, kepada kamulah tertuju perintah ini, hai para imam!
2:2 Jika kamu tidak mendengarkan, dan jika kamu tidak memberi perhatian untuk menghormati nama-Ku, firman TUHAN semesta alam, maka Aku akan mengirimkan kutuk ke antaramu dan akan membuat berkat-berkatmu menjadi kutuk, dan Aku telah membuatnya menjadi kutuk, sebab kamu ini tidak memperhatikan.
2:3 Sesungguhnya, Aku akan mematahkan lenganmu dan akan melemparkan kotoran ke mukamu, yakni kotoran korban dari hari-hari rayamu, dan orang akan menyeret kamu ke kotoran itu.
2:4 Maka kamu akan sadar, bahwa Kukirimkan perintah ini kepadamu, supaya perjanjian-Ku dengan Lewi tetap dipegang, firman TUHAN semesta alam.
2:5 Perjanjian-Ku dengan dia pada satu pihak ialah kehidupan dan sejahtera dan itu Kuberikan kepadanya -- pada pihak lain ketakutan -- dan ia takut kepada-Ku dan gentar terhadap nama-Ku.
2:6 Pengajaran yang benar ada dalam mulutnya dan kecurangan tidak terdapat pada bibirnya. Dalam damai sejahtera dan kejujuran ia mengikuti Aku dan banyak orang dibuatnya berbalik dari pada kesalahan.
2:7 Sebab bibir seorang imam memelihara pengetahuan dan orang mencari pengajaran dari mulutnya, sebab dialah utusan TUHAN semesta alam.
2:8 Tetapi kamu ini menyimpang dari jalan; kamu membuat banyak orang tergelincir dengan pengajaranmu; kamu merusakkan perjanjian dengan Lewi, firman TUHAN semesta alam.
2:9 Maka Aku pun akan membuat kamu hina dan rendah bagi seluruh umat ini, oleh karena kamu tidak mengikuti jalan yang Kutunjukkan, tetapi memandang bulu dalam pengajaranmu.

Firman Tuhan yang ditujukan kepada para imam-imam, dan ini merupakan teguran yang sangat keras kepada para imam-imam jika tidak menurut Firman Tuhan.

Tuhan mau terus terang saja pada kehidupan para imam-imam, sehingga akhirnya kehidupan itu dihadapkan dengan dua alternatif, yaitu kehidupan yang sangat diberkati atau terkena kutuk.

Tuhan menjadikan kita imam-imam, tapi harus sesuai dengan kehendak Tuhan, yaitu tahu menghormati nama Tuhan. Tapi kalau kehidupan imam itu najis atau kotor, maka langsung dihadapkan dengan kutukan dari Allah.
Ini tidak bisa dikurangi supaya kita memahami ini.

Kalau kita dalam pemberitaaan Firman Tuhan dalam suasana pembentukan tubuh Kristus, jangan kita berada pada golongan yang terkena kutuk hukuman Allah, tapi kita berusaha untuk berada pada golongan yang sangat diberkati Tuhan.

Biarlah kita semua diakui dihadapan Tuhan sebagai imam-imam yang pasti diberkati oleh Tuhan yaitu dengan jalan memasuki proyek pembentukan tubuh Kristus lewat  menerima pengajaran mempelai ini.

Kalau imam-imam itu hidupnya mau diberkati oleh Tuhan yaitu memiliki kasih kepada sesama. Kalau kita ingin diberkati Tuhan, maka kita harus menjadi sidang yang tidak boleh memandang bulu, membeda-bedakan yang kaya dengan yang miskin.

Mal 2:9
2:9 Maka Aku pun akan membuat kamu hina dan rendah bagi seluruh umat ini, oleh karena kamu tidak mengikuti jalan yang Kutunjukkan, tetapi memandang bulu dalam pengajaranmu.

Orang yang memandang bulu/membedakan sesama itu Tuhan katakan sudah melanggar hukum Allah.
Kesimpulannya: Kalau kita sudah terima pengajaran, tapi masih memandang bulu, maka nanti kehidupan itu dikuatirkan dosanya ditetapkan oleh Allah.

Kalau imam-imam memandang bulu, maka dosanya itu ditetapkan oleh Allah dan tinggal menunggu hukuman.

Kita tidak boleh mengecilkan seseorang, sebab orang yang miskin / kecil itu Tuhan pilih. Itu bukan berarti orang kaya tidak dipilih oleh Tuhan, sebab kalau orang kaya bisa menggunakan hartanya bagi pekerjaan Tuhan, Tuhan juga pilih. Tapi kalau orang kaya itu menggunakan matanya untuk memandang rendah kepada yang miskin, maka kehidupan ini sudah melanggar hukumnya Tuhan.
Sebab Tuhan itu pilih orang yang miskin yang hina, orang yang kecil, supaya jangan ada satu dagingpun bermegah-megah.

Sebab Tuhan tidak kehendaki ada satu dagingpun yang bermegah-megah.
1 Kor 1:26-29 (saat kita dipanggil).....
1:26 Ingat saja, saudara-saudara, bagaimana keadaan kamu, ketika kamu dipanggil: menurut ukuran manusia tidak banyak orang yang bijak, tidak banyak orang yang berpengaruh, tidak banyak orang yang terpandang.
1:27 Tetapi apa yang bodoh bagi dunia, dipilih Allah untuk memalukan orang-orang yang berhikmat, dan apa yang lemah bagi dunia, dipilih Allah untuk memalukan apa yang kuat,
1:28 dan apa yang tidak terpandang dan yang hina bagi dunia, dipilih Allah, bahkan apa yang tidak berarti, dipilih Allah untuk meniadakan apa yang berarti,
1:29 supaya jangan ada seorang manusia pun yang memegahkan diri di hadapan Allah.

Kita ini dipanggil bukan mempunyai kedudukan dalam dunia ini. Supaya jangan ada daging yang membanggakan diri dihadapan Allah.

Oleh sebab itu Tuhan tuntut agar kita tidak membeda-bedakan rupa seperti yang diperbuat oleh para imam-imam, sehingga

Tuhan tidak memberkati para imam-imam (hamba-hamba Tuhan).
Kalau imam-imam itu membeda-bedakan rupa, maka nanti kehidupannya akan dihinakan oleh Tuhan, akan direndahkan oleh Tuhan.

Yak 2:1-9
2:1 Saudara-saudaraku, sebagai orang yang beriman kepada Yesus Kristus, Tuhan kita yang mulia, janganlah iman itu kamu amalkan dengan memandang muka.
2:2 Sebab, jika ada seorang masuk ke dalam kumpulanmu dengan memakai cincin emas dan pakaian indah dan datang juga seorang miskin ke situ dengan memakai pakaian buruk,
2:3 dan kamu menghormati orang yang berpakaian indah itu dan berkata kepadanya: "Silakan tuan duduk di tempat yang baik ini!", sedang kepada orang yang miskin itu kamu berkata: "Berdirilah di sana!" atau: "Duduklah di lantai ini dekat tumpuan kakiku!",
2:4 bukankah kamu telah membuat pembedaan di dalam hatimu dan bertindak sebagai hakim dengan pikiran yang jahat?
2:5 Dengarkanlah, hai saudara-saudara yang kukasihi! Bukankah Allah memilih orang-orang yang dianggap miskin oleh dunia ini untuk menjadi kaya dalam iman dan menjadi ahli waris Kerajaan yang telah dijanjikan-Nya kepada barangsiapa yang mengasihi Dia?
2:6 Tetapi kamu telah menghinakan orang-orang miskin. Bukankah justru orang-orang kaya yang menindas kamu dan yang menyeret kamu ke pengadilan?
2:7 Bukankah mereka yang menghujat Nama yang mulia, yang oleh-Nya kamu menjadi milik Allah?
2:8 Akan tetapi, jikalau kamu menjalankan hukum utama yang tertulis dalam Kitab Suci: "Kasihilah sesamamu manusia seperti dirimu sendiri", kamu berbuat baik.
2:9 Tetapi, jikalau kamu memandang muka, kamu berbuat dosa, dan oleh hukum itu menjadi nyata, bahwa kamu melakukan pelanggaran.

Ini yang menjadi salah satu sebab mengapa kehidupan itu  tidak diberkati oleh Tuhan.
Memiliki kasih terhadap sesama itu dibuktikan dengan tidak membeda-bedakan orang miskin, maka kehidupan itu pasti akan diberkati oleh Tuhan.

Imam-imam itu akan diberkati oleh Tuhan, asal saja tidak menaruh harapnya atas apa-apa dari dunia ini, tapi pusakanya ada pada Allah.

Kalau imam-imam itu sangat menaruh harapnya kepada Allah,  maka kehidupannya itu sangat diberkati oleh Tuhan.

Ul 28:1-14 Janji berkat dari Tuhan:
28:1 "Jika engkau baik-baik mendengarkan suara TUHAN, Allahmu, dan melakukan dengan setia segala perintah-Nya yang kusampaikan kepadamu pada hari ini, maka TUHAN, Allahmu, akan mengangkat engkau di atas segala bangsa di bumi.
28:2 Segala berkat ini akan datang kepadamu dan menjadi bagianmu, jika engkau mendengarkan suara TUHAN, Allahmu:
28:3 Diberkatilah engkau di kota dan diberkatilah engkau di ladang.
28:4 Diberkatilah buah kandunganmu, hasil bumimu dan hasil ternakmu, yakni anak lembu sapimu dan kandungan kambing dombamu.
28:5 Diberkatilah bakulmu dan tempat adonanmu.
28:6 Diberkatilah engkau pada waktu masuk dan diberkatilah engkau pada waktu keluar.
28:7 TUHAN akan membiarkan musuhmu yang maju berperang melawan engkau, terpukul kalah olehmu. Bersatu jalan mereka akan menyerangi engkau, tetapi bertujuh jalan mereka akan lari dari depanmu.
28:8 TUHAN akan memerintahkan berkat ke atasmu di dalam lumbungmu dan di dalam segala usahamu; Ia akan memberkati engkau di negeri yang diberikan kepadamu oleh TUHAN, Allahmu.
28:9 TUHAN akan menetapkan engkau sebagai umat-Nya yang kudus, seperti yang dijanjikan-Nya dengan sumpah kepadamu, jika engkau berpegang pada perintah TUHAN, Allahmu, dan hidup menurut jalan yang ditunjukkan-Nya.
28:10 Maka segala bangsa di bumi akan melihat, bahwa nama TUHAN telah disebut atasmu, dan mereka akan takut kepadamu.
28:11 Juga TUHAN akan melimpahi engkau dengan kebaikan dalam buah kandunganmu, dalam hasil ternakmu dan dalam hasil bumimu -- di tanah yang dijanjikan TUHAN dengan sumpah kepada nenek moyangmu untuk memberikannya kepadamu.
28:12 TUHAN akan membuka bagimu perbendaharaan-Nya yang melimpah, yakni langit, untuk memberi hujan bagi tanahmu pada masanya dan memberkati segala pekerjaanmu, sehingga engkau memberi pinjaman kepada banyak bangsa, tetapi engkau sendiri tidak meminta pinjaman.
28:13 TUHAN akan mengangkat engkau menjadi kepala dan bukan menjadi ekor, engkau akan tetap naik dan bukan turun, apabila engkau mendengarkan perintah TUHAN, Allahmu, yang kusampaikan pada hari ini kaulakukan dengan setia,
28:14 dan apabila engkau tidak menyimpang ke kanan atau ke kiri dari segala perintah yang kuberikan kepadamu pada hari ini, dengan mengikuti allah lain dan beribadah kepadanya."

Rajin dan melakukan Firman Tuhan maka janji Tuhan akan mengangkat kehidupan itu, dan segala berkat itu menjadi bagianmu.

Kembali kepada Mal 2:1
2:1 Maka sekarang, kepada kamulah tertuju perintah ini, hai para imam!

Sekarang = tidak ada waktu untuk menundanya.
Perintah Allah tidak untuk dilawan, tapi lebih baik menjadi imam-imam yang sangat diberkati oleh Tuhan.

Sebab kalau berkeras hati dan bertegar tengkuk, maka bukan berkat yang kita terima, melainkan kutuk.

Sehubungan dengan kehormatan nama-Nya maka adalah kehidupan yang suci yang ditetapkan, yaitu dengar-dengaran kepada firman-Nya dan melaksanakannya.

Ul 28:9-10
28:9 TUHAN akan menetapkan engkau sebagai umat-Nya yang kudus, seperti yang dijanjikan-Nya dengan sumpah kepadamu, jika engkau berpegang pada perintah TUHAN, Allahmu, dan hidup menurut jalan yang ditunjukkan-Nya.
28:10 Maka segala bangsa di bumi akan melihat, bahwa nama TUHAN telah disebut atasmu, dan mereka akan takut kepadamu.

Kalau tidak menerima ketetapan ini, maka berarti bukan berkat yang kita terima  tapi kutuk.
Kehidupan yang dengar-dengaran itu ditetapkan kesuciannya.
Kesucian hidup ini ditetapkan oleh frman-Nya.
Siapa yang melawan akan terkena kutuk.

Ul 28:15-20
28:15 "Tetapi jika engkau tidak mendengarkan suara TUHAN, Allahmu, dan tidak melakukan dengan setia segala perintah dan ketetapan-Nya, yang kusampaikan kepadamu pada hari ini, maka segala kutuk ini akan datang kepadamu dan mencapai engkau:
28:16 Terkutuklah engkau di kota dan terkutuklah engkau di ladang.
28:17 Terkutuklah bakulmu dan tempat adonanmu.
28:18 Terkutuklah buah kandunganmu, hasil bumimu, anak lembu sapimu dan kandungan kambing dombamu.
28:19 Terkutuklah engkau pada waktu masuk dan terkutuklah engkau pada waktu keluar.
28:20 TUHAN akan mendatangkan kutuk, huru-hara dan penghajaran ke antaramu dalam segala usaha yang kaukerjakan, sampai engkau punah dan binasa dengan segera karena jahat perbuatanmu, sebab engkau telah meninggalkan Aku.

Bersambung ke Ibadah Raya Tgl 18 Oktober 2015