Translate

12 Okt 2015

Ibadah Pendalaman Alkitab. 9 Oktober 2015. Perhatian Tuhan Dialihkan.



Ibadah Pendalaman Alkitab
9 Oktober 2015

PERHATIAN TUHAN DIALIHKAN:
Jika nama Tuhan itu tidak dihargai oleh bangsa Israel, maka Tuhan akan pindahkan perhatian-Nya kepada bangsa kafir.

Mal 1:11-14
1:11 Sebab dari terbitnya sampai kepada terbenamnya matahari nama-Ku besar di antara bangsa-bangsa, dan di setiap tempat dibakar dan dipersembahkan korban bagi nama-Ku dan juga korban sajian yang tahir; sebab nama-Ku besar di antara bangsa-bangsa, firman TUHAN semesta alam.
1:12 Tetapi kamu ini menajiskannya, karena kamu menyangka: "Meja Tuhan memang cemar dan makanan yang ada di situ boleh dihinakan!"
1:13 Kamu berkata: "Lihat, alangkah susah payahnya!" dan kamu menyusahkan Aku, firman TUHAN semesta alam. Kamu membawa binatang yang dirampas, binatang yang timpang dan binatang yang sakit, kamu membawanya sebagai persembahan. Akan berkenankah Aku menerimanya dari tanganmu? firman TUHAN.
1:14 Terkutuklah penipu, yang mempunyai seekor binatang jantan di antara kawanan ternaknya, yang dinazarkannya, tetapi ia mempersembahkan binatang yang cacat kepada Tuhan. Sebab Aku ini Raja yang besar, firman TUHAN semesta alam, dan nama-Ku ditakuti di antara bangsa-bangsa.

Dari terbit sampai terbenamnya matahari nama Tuhan itu besar diantara bangsa kafir.

Sehubungan dengan nama Tuhan tidak mendapat kehormatan dari imam-imam, seperti Tuhan itu memalingkan wajah-Nya dari atara imam-imam, dan beralih kepada bangsa kafir.

Kalau imam-imam tidak mau disucikan, yaitu terbukti masih mempertahankan dosa-dosanya, tidak ada perkembangan / pasif, maka Tuhan beralih kepada bangsa kafir. Sebab nama Tuhan itu harus dibesarkan, nama Tuhan itu harus ditinggikan.

Jika nama Tuhan itu sempat diserukan oleh bangsa kafir, maka bangsa kafir itu nanti akan melagukan puji-pujian, seperti yang pernah terjadi dengan bayi-bayi / anak-anak yang bibirnya menyanyikan pujian bagi Allah, ini disebabkan karena imam-imam sudah mengabaikan penyucian, sehingga terjadi praktek-praktek yang tidak sehat, menjadikan rumah Allah menjadi sarang penyamun.

Maz 8:3
8:3 Dari mulut bayi-bayi dan anak-anak yang menyusu telah Kauletakkan dasar kekuatan karena lawan-Mu, untuk membungkamkan musuh dan pendendam.

Bandingkan: Mat 21:15-17
21:15 Tetapi ketika imam-imam kepala dan ahli-ahli Taurat melihat mujizat-mujizat yang dibuat-Nya itu dan anak-anak yang berseru dalam Bait Allah: "Hosana bagi Anak Daud!" hati mereka sangat jengkel,
21:16 lalu mereka berkata kepada-Nya: "Engkau dengar apa yang dikatakan anak-anak ini?" Kata Yesus kepada mereka: "Aku dengar; belum pernahkah kamu baca: Dari mulut bayi-bayi dan anak-anak yang menyusu Engkau telah menyediakan puji-pujian?"
21:17 Lalu Ia meninggalkan mereka dan pergi ke luar kota ke Betania dan bermalam di situ.

Kalau sempat dari mulut anak-anak itu ada pujian, maka betapa besar kuasa puji-puian itu. Oleh sebab itu jika kita mengikuti kebaktian, usaha mengikutinya dari sejak permulaan puji-pujian, supaya kita mengalami kuasa puji-pujian yang mengandung kuasa untuk membungkam mulut dari musuh-musuh kita.

Maz 8:5 Apakah manusia itu?
8:5 apakah manusia, sehingga Engkau mengingatnya? Apakah anak manusia, sehingga Engkau mengindahkannya?

Perhatian Tuhan itu diwujudkan dalam ketebusan-Nya.
Kalau kita bisa memuji Tuhan dengan menyerukan nama-Nya dalam urapan, maka didalamnya ada perjanjian Tuhan yaitu berkuasa membungkam mulut dari lawan kita.

Oleh sebab itu ada anjuran “Jangan datang terlambat!” sebab ini juga menyangkut dengan bagaimana penghormatan kita kepada Tuhan.

Bangsa kafir nanti akan mempersembahkan dupa, yaitu persembahan harum; seperti minyak narwastu yang sudah dipersembahkan oleh wanita itu guna tubuh Tuhan.

“Nama-Ku besar diantara bangsa kafir, dan disetiap tempat ada persembahan dupa” (Terjemahan Lama: bau-bauan Korban Dupa)

Disatu pihak ibadahnya imam-imam ini sudah mengalami kejemuan dan payah / capek, sehingga meja Tuhan itu dinajiskan.

Mal 1:12-13
1:12 Tetapi kamu ini menajiskannya, karena kamu menyangka: "Meja Tuhan memang cemar dan makanan yang ada di situ boleh dihinakan!"
1:13 Kamu berkata: "Lihat, alangkah susah payahnya!" dan kamu menyusahkan Aku, firman TUHAN semesta alam. Kamu membawa binatang yang dirampas, binatang yang timpang dan binatang yang sakit, kamu membawanya sebagai persembahan. Akan berkenankah Aku menerimanya dari tanganmu? firman TUHAN.

Tapi dilain pihak akan timbul suatu gairah untuk mempersembahkan  persembahan yang suci. Bangsa kafir akan mempersembahkan dupa, mempersembahkan makanan yang suci.

Dan oleh sebab sikap-sikap bangsa kafir ini nanti akan menimbulkan gairah baru bagi bangsa Israel untuk mempersembahkan persembahan yang baik.

Kalau makanan itu tidak najis, tapi suci, maka Tuhan suka menerimanya. Sebab makanan-Ku ialah melakukan kehendak Bapa dan menyelesaikan pekerjaan-Nya.

Yoh 4:31-34
4:31 Sementara itu murid-murid-Nya mengajak Dia, katanya: "Rabi, makanlah."
4:32 Akan tetapi Ia berkata kepada mereka: "Pada-Ku ada makanan yang tidak kamu kenal."
4:33 Maka murid-murid itu berkata seorang kepada yang lain: "Adakah orang yang telah membawa sesuatu kepada-Nya untuk dimakan?"
4:34 Kata Yesus kepada mereka: "Makanan-Ku ialah melakukan kehendak Dia yang mengutus Aku dan menyelesaikan pekerjaan-Nya.

Ini ada hubungannya dengan persembahan hidup dari wanita Samaria ini (ini gambar dari bangsa kafir). Sebab perjumpaan dengan Mesias, maka hatinya didorong untuk menyembah Allah.

Dikatakan dalam Maleakhi bahwa bangsa kafir akan mengagungkan nama Tuhan. Walaupun bangsa kafir itu begitu amoral, begitu dalam jatuh dalam dosa, namun Tuhan sanggup mengubahkannya, sehingga boleh mempersembahkan yang baik bagi Tuhan.

Kita juga termasuk bangsa kafir, yang dituntut oleh Tuhan untuk dapat mempersembahkan persembahan yag baik bagi Tuhan.

Kita turut serta mempersembahkan / merampungkan pekerjaan-Nya, yaitu dengan cara memberi hidup ini untuk dikerjakan oleh firman-Nya sampai pada kegenapannya, yaitu sampai ada perkataan “Sudah Genap”

Kegenapan dalam pekerjaan-Nya itu mulai diserukan sejak Ia tergantung di kayu salib, sampai nanti pada akhirnya gereja Tuhan menjadi cemerlang.

Why 21:2,5-6.
21:2 Dan aku melihat kota yang kudus, Yerusalem yang baru, turun dari sorga, dari Allah, yang berhias bagaikan pengantin perempuan yang berdandan untuk suaminya.
21:5 Ia yang duduk di atas takhta itu berkata: "Lihatlah, Aku menjadikan segala sesuatu baru!" Dan firman-Nya: "Tuliskanlah, karena segala perkataan ini adalah tepat dan benar."
21:6 Firman-Nya lagi kepadaku: "Semuanya telah terjadi. Aku adalah Alfa dan Omega, Yang Awal dan Yang Akhir. Orang yang haus akan Kuberi minum dengan cuma-cuma dari mata air kehidupan.

Semua jadi baru, tidak ada tanda-tanda ketuaan.
Semuanya telah terjadi / telah digenapkan. Jadi kegenapan dari pekerjaan Tuhan yaitu semua akan jadi baru; tidak ada tangis -  tidak ada jeritan – semua dijadikan baru.
Kita harus megerti ini: “Apa artinya nama Tuhan diagungkan diantara bangsa kafir? “ sebab bangsa kafir sudah mempersembahkan dupa harum bagi Tuhan.

Dan ini berarti bangsa kafir akan masuk dalam pembentukan tubuh Kristus.
Banyak kita menemukan kehidupan Kristen itu pada mulanya begitu baik, begitu setia, tapi pada akhirnya terjadi kejemuhan dan kecapekan.

Ibadah kita bukan dinilai oleh manusia, tapi ibadah kita harus sesuai dengan ketentuan Firman Tuhan.

Nama Tuhan itu tidak boleh dihinakan.
Kalau zaman Taurat saja nama Tuhan tidak boleh dihinakan, terlebih zaman akhir ini, nama-Nya disebut dalam kelengkapannya, yaitu: Tuhan Yesus Kristus. Nama ini yang sanggup menyatukan bangsa-bangsa kafir bersama-sama dengan bangsa Israel.

Roma 15:7-13, 6.
15:7 Sebab itu terimalah satu akan yang lain, sama seperti Kristus juga telah menerima kita, untuk kemuliaan Allah.
15:8 Yang aku maksudkan ialah, bahwa oleh karena kebenaran Allah Kristus telah menjadi pelayan orang-orang bersunat untuk mengokohkan janji yang telah diberikan-Nya kepada nenek moyang kita,
15:9 dan untuk memungkinkan bangsa-bangsa, supaya mereka memuliakan Allah karena rahmat-Nya, seperti ada tertulis: "Sebab itu aku akan memuliakan Engkau di antara bangsa-bangsa dan menyanyikan mazmur bagi nama-Mu."
15:10 Dan selanjutnya: "Bersukacitalah, hai bangsa-bangsa, dengan umat-Nya."
15:11 Dan lagi: "Pujilah Tuhan, hai kamu semua bangsa-bangsa, dan biarlah segala suku bangsa memuji Dia."
15:12 Dan selanjutnya kata Yesaya: "Taruk dari pangkal Isai akan terbit, dan Ia akan bangkit untuk memerintah bangsa-bangsa, dan kepada-Nyalah bangsa-bangsa akan menaruh harapan."
15:13 Semoga Allah, sumber pengharapan, memenuhi kamu dengan segala sukacita dan damai sejahtera dalam iman kamu, supaya oleh kekuatan Roh Kudus kamu berlimpah-limpah dalam pengharapan.
15:6 sehingga dengan satu hati dan satu suara kamu memuliakan Allah dan Bapa Tuhan kita, Yesus Kristus.

Tuhan memberi kesempatan kepada bangsa kafir untuk memperoleh suatu pengharapan, yaitu mencapai hidup untuk dipermuliakan.
Kita pakai kesempatan yang berharga ini dalam waktu yang tinggal tersisa ini.
Maleakhi menyebutkan : Ayat 14

1:14 Terkutuklah penipu, yang mempunyai seekor binatang jantan di antara kawanan ternaknya, yang dinazarkannya, tetapi ia mempersembahkan binatang yang cacat kepada Tuhan. Sebab Aku ini Raja yang besar, firman TUHAN semesta alam, dan nama-Ku ditakuti di antara bangsa-bangsa.

Kepada kehidupan yang mempersembahkan persembahan yag cacat itu langsung dihadapkan kepada raja yang maha besar.
Tuhan menolak segala persembahan yang cacat, dan nanti kesempatan itu akan diberikan kepada orang lain.

Jangan kita asal-asal saja dalam mempersembahkan persembahan kepada TUHAN ! sebab nanti Ia akan bangkit sebagai raja.

Artinya Dia akan mengadili dalam kehidupannya sebagai raja.
Sebab Tuhan akan membinasakan siapa saja manusia yang tidak menghargai nama-Nya.

Tuhan ingin memeteraikan nama-Nya dalam kehidupan kita untuk menghadapi kekuasaan dari Antikrist nanti. Sebab dunia akan mutlak dikuasai oleh Antikrist.
Dan Antikrist ini akan berbuat semau-maunya. Tapi Allah akan menghukum setan untuk selama-lamanya.

Oleh sebab itu Tuhan memberi kesempatan sekarang ini untuk mengagungkan nama-Nya, jangan nanti dalam masa Antikrist, sebab sudah terlalu sulit. Sebab waktu itu bukan nama Allah yang dimeteraikan, tapi nama dari Antikrist.

Why 13:16-18
13:16 Dan ia menyebabkan, sehingga kepada semua orang, kecil atau besar, kaya atau miskin, merdeka atau hamba, diberi tanda pada tangan kanannya atau pada dahinya,
13:17 dan tidak seorang pun yang dapat membeli atau menjual selain dari pada mereka yang memakai tanda itu, yaitu nama binatang itu atau bilangan namanya.
13:18 Yang penting di sini ialah hikmat: barangsiapa yang bijaksana, baiklah ia menghitung bilangan binatang itu, karena bilangan itu adalah bilangan seorang manusia, dan bilangannya ialah enam ratus enam puluh enam.

Siksaan bagi mereka yang mempunyai tanda namanya Antikrist.
Why 14:11
14:11 Maka asap api yang menyiksa mereka itu naik ke atas sampai selama-lamanya, dan siang malam mereka tidak henti-hentinya disiksa, yaitu mereka yang menyembah binatang serta patungnya itu, dan barangsiapa yang telah menerima tanda namanya."

Dan ini merupakan lawannya dari pihak mendapat tanda nama dari Allah dan anak-Nya, yaitu bagi mereka yang menyembah kepada Allah.

Why 14:1
14:1 Dan aku melihat: sesungguhnya, Anak Domba berdiri di bukit Sion dan bersama-sama dengan Dia seratus empat puluh empat ribu orang dan di dahi mereka tertulis nama-Nya dan nama Bapa-Nya.

Waktu sekarang ini Tuhan memberi kesempatan kepada kita untuk menyembah nama Tuhan, jangan nanti pada zaman yang begitu sulit, akan terjadi paksaan untuk menyembah nama Antikrist.

Kalau tidak ada penyembahan, sekalipun ada kesaksian dan firman, maka nanti Tuhan ijinkan untuk tertinggal, karena tidak memiliki hidup dalam penyembahan.

Why 12:17
12:17 Maka marahlah naga itu kepada perempuan itu, lalu pergi memerangi keturunannya yang lain, yang menuruti hukum-hukum Allah dan memiliki kesaksian Yesus.

Biarlah kita rela hidup kita dikoreksi oleh Firman Tuhan.
Kalau kita seru nama-Nya, maka Ia ada ditengah-tengah kita, dan kita harus sembah Dia.

Sebagai raja Ia akan menghukumkan, oleh sebab itu jangan kita mempermainkan nama-Nya.

Why 11:15-18
11:15 Lalu malaikat yang ketujuh meniup sangkakalanya, dan terdengarlah suara-suara nyaring di dalam sorga, katanya: "Pemerintahan atas dunia dipegang oleh Tuhan kita dan Dia yang diurapi-Nya, dan Ia akan memerintah sebagai raja sampai selama-lamanya."
11:16 Dan kedua puluh empat tua-tua, yang duduk di hadapan Allah di atas takhta mereka, tersungkur dan menyembah Allah,
11:17 sambil berkata: "Kami mengucap syukur kepada-Mu, ya Tuhan, Allah, Yang Mahakuasa, yang ada dan yang sudah ada, karena Engkau telah memangku kuasa-Mu yang besar dan telah mulai memerintah sebagai raja
11:18 dan semua bangsa telah marah, tetapi amarah-Mu telah datang dan saat bagi orang-orang mati untuk dihakimi dan untuk memberi upah kepada hamba-hamba-Mu, nabi-nabi dan orang-orang kudus dan kepada mereka yang takut akan nama-Mu, kepada orang-orang kecil dan orang-orang besar dan untuk membinasakan barangsiapa yang membinasakan bumi."

Setelah sangkakala yang ke 7 dibunyikan, maka terjadi pehukuman Allah.
Pribadi Tuhan tidak dapat dipisahkan dengan nama-Nya.
Sebelum waktu yang dasyat itu mengganggu manusia, maka Tuhan memberi
kesempatan kepada kita untuk mengagungkan nama-Nya.

Jika mulut ini menyeru nama-Nya, maka hidupnya nanti akan dipermuliakan.
Ibr 13:15
13:15 Sebab itu marilah kita, oleh Dia, senantiasa mempersembahkan korban syukur kepada Allah, yaitu ucapan bibir yang memuliakan nama-Nya.

Kalau kita mengucapkan nama itu dengan sepenuh hati, maka persembahan
kita akan diterima oleh Tuhan.
Kalau kita bersungguh-sungguh menyebut nama-Nya, maka didalamnya itu ada
perlindungan yang aman, sehingga Antikrist tidak sampai mengganggu atas
kehidupan kita.

Tuhan Yesus memberkati.