Translate

3 Agu 2015

Ibadah Pendalaman Alkitab. 31 Juli 2015. Esau Memandang Rendah Hak Kesulungannya.



Ibadah Pendalaman Alkitab
31 Juli 2015

ESAU MEMANDANG RENDAH HAK KESULUNGANNYA:

KEJ 25:29-34
25:29 Pada suatu kali Yakub sedang memasak sesuatu, lalu datanglah Esau dengan lelah dari padang.
25:30 Kata Esau kepada Yakub: "Berikanlah kiranya aku menghirup sedikit dari yang merah-merah itu, karena aku lelah." Itulah sebabnya namanya disebutkan Edom.
25:31 Tetapi kata Yakub: "Juallah dahulu kepadaku hak kesulunganmu."
25:32 Sahut Esau: "Sebentar lagi aku akan mati; apakah gunanya bagiku hak kesulungan itu?"
25:33 Kata Yakub: "Bersumpahlah dahulu kepadaku." Maka bersumpahlah ia kepada Yakub dan dijualnyalah hak kesulungannya kepadanya.
25:34 Lalu Yakub memberikan roti dan masakan kacang merah itu kepada Esau; ia makan dan minum, lalu berdiri dan pergi. Demikianlah Esau memandang ringan hak kesulungan itu.

Ibr 12:16
12:16 Janganlah ada orang yang menjadi cabul atau yang mempunyai nafsu yang rendah seperti Esau, yang menjual hak kesulungannya untuk sepiring makanan.

Dalam Maleakhi 1 ini Allah sangat membenci Esau, tapi Allah sangat mengasihi Yakub.
Zaman akhir ini adalah zaman pembangunan. Di samping orang berlomba dalam pembangunan secara fisik seperti yang dikatakan oleh Tuhan Yesus dalam Injil Luk 17:28-30
17:28 Demikian juga seperti yang terjadi di zaman Lot: mereka makan dan minum, mereka membeli dan menjual, mereka menanam dan membangun.
17:29 Tetapi pada hari Lot pergi keluar dari Sodom turunlah hujan api dan hujan belerang dari langit dan membinasakan mereka semua.
17:30 Demikianlah halnya kelak pada hari, di mana Anak Manusia menyatakan diri-Nya.

Sedangkan kita sekarang berada pada pembangunan rohani.
Pembangunan secara rohani yang dikerjakan oleh Firman dan Roh Kudus, dan ini yang akan membawa kita masuk dalam pembentukan Tubuh Kristus yang besar.

Jangan hanya fisik saja yang dibangun!
Kalau kehidupan Kristen itu membiarkan dagingnya berkembang, maka rohaninya akan merana. Sebab antara dua ini selalu bertentangan juga dalam masa pembangunan.
Oleh sebab itu rohani jangan tinggal pasif, kalau tidak nanti kalah.
Gal 5:17
5:17 Sebab keinginan daging berlawanan dengan keinginan Roh dan keinginan Roh berlawanan dengan keinginan daging -- karena keduanya bertentangan -- sehingga kamu setiap kali tidak melakukan apa yang kamu kehendaki.

Mal 1:4
1:4 Apabila Edom berkata: "Kami telah hancur, tetapi kami akan membangun kembali reruntuhan itu," maka beginilah firman TUHAN semesta alam: "Mereka boleh membangun, tetapi Aku akan merobohkannya; dan orang akan menyebutkannya daerah kefasikan dan bangsa yang kepadanya TUHAN murka sampai selama-lamanya."

Gerak pembangunan dari Esau (daging) ini ditandai dengan kebinasaan.
Mereka hanya ada kapital / modal uang dan kepandaian, tapi miskin rohani, maka mereka akan mengalami kerobohan. Inilah ciri khas dari daging, daging ini ditandai dengan kebinasaan, tapi Firman Allah ditandai dengan kekekalan.

Roma 8:5-11
8:5 Sebab mereka yang hidup menurut daging, memikirkan hal-hal yang dari daging; mereka yang hidup menurut Roh, memikirkan hal-hal yang dari Roh.
8:6 Karena keinginan daging adalah maut, tetapi keinginan Roh adalah hidup dan damai sejahtera.
8:7 Sebab keinginan daging adalah perseteruan terhadap Allah, karena ia tidak takluk kepada hukum Allah; hal ini memang tidak mungkin baginya.
8:8 Mereka yang hidup dalam daging, tidak mungkin berkenan kepada Allah.
8:9 Tetapi kamu tidak hidup dalam daging, melainkan dalam Roh, jika memang Roh Allah diam di dalam kamu. Tetapi jika orang tidak memiliki Roh Kristus, ia bukan milik Kristus.
8:10 Tetapi jika Kristus ada di dalam kamu, maka tubuh memang mati karena dosa, tetapi roh adalah kehidupan oleh karena kebenaran.
8:11 Dan jika Roh Dia, yang telah membangkitkan Yesus dari antara orang mati, diam di dalam kamu, maka Ia, yang telah membangkitkan Kristus Yesus dari antara orang mati, akan menghidupkan juga tubuhmu yang fana itu oleh Roh-Nya, yang diam di dalam kamu.

Daging ini seperti rumput: Rasul Petrus mengemukakan 2 perkara yang bertentangan: Daging seperti rumput, tapi Firman Allah itu kekal.

Tuhan membenci kepada Esau, karena Esau memilih daging.
Kej 25:29-30
25:29 Pada suatu kali Yakub sedang memasak sesuatu, lalu datanglah Esau dengan lelah dari padang.
25:30 Kata Esau kepada Yakub: "Berikanlah kiranya aku menghirup sedikit dari yang merah-merah itu, karena aku lelah." Itulah sebabnya namanya disebutkan Edom.

Karena persoalan perutlah, maka Esau sudah menghinakan hak kesulungannya.
Didalam surat 1 Kor 6:12-13 Rasul Paulus menulis disitu:
6:12 Segala sesuatu halal bagiku, tetapi bukan semuanya berguna. Segala sesuatu halal bagiku, tetapi aku tidak membiarkan diriku diperhamba oleh suatu apa pun.
6:13 Makanan adalah untuk perut dan perut untuk makanan: tetapi kedua-duanya akan dibinasakan Allah. Tetapi tubuh bukanlah untuk percabulan, melainkan untuk Tuhan, dan Tuhan untuk tubuh.

Tuhan terpaksa membenci Esau, karena Tuhan ada bukti-bukti dari Esau, karena ada perkara-perkara yang tidak ada gunanya untuk pembangunan Tubuh Kristus.

Hak kesulungan itu sudah dihina – dijual – dan dibuang.
Tuhan tidak mau jika daging ini dicampur dengan hak kesulungan. Sebab Roh Allah tidak mau berhubungan / berbantah dengan daging.
Kej 6:3
6:3 Berfirmanlah TUHAN: "Roh-Ku tidak akan selama-lamanya tinggal di dalam manusia, karena manusia itu adalah daging, tetapi umurnya akan seratus dua puluh tahun saja."

 120 tahun ini dihitung dengan tahun Yobel: 1 Yobel = 50 tahun. Jadi 120 x 50 = 6000 tahun umur manusia.

Yang sulung itu yang menjadi miliknya Tuhan, bukan yang daging ini.
Sebab itu rohani itu harus murni tidak dicampur dengan yang daging.
Itulah sebabnya Tuhan itu tidak bisa menerima kelahiran yang pertama, tanpa disusul dengan kelahiran kedua yaitu lahir baru.
1 Yoh 2:29
2:29 Jikalau kamu tahu, bahwa Ia adalah benar, kamu harus tahu juga, bahwa setiap orang, yang berbuat kebenaran, lahir dari pada-Nya.

Untuk berbuat kebenaran maka harus ada proses kelahiran baru.
Untuk menjadi orang sulung, kesempatan terbuka kalau kita mau dilahirkan baru didalam Kristus. Seperti halnya Yakub, secara jasmani ia menjadi bungsu, tapi oleh Firman Allah ia menjadi sulung.

Kej 25:23-26
25:23 Firman TUHAN kepadanya: "Dua bangsa ada dalam kandunganmu, dan dua suku bangsa akan berpencar dari dalam rahimmu; suku bangsa yang satu akan lebih kuat dari yang lain, dan anak yang tua akan menjadi hamba kepada anak yang muda."
25:24 Setelah genap harinya untuk bersalin, memang anak kembar yang di dalam kandungannya.
25:25 Keluarlah yang pertama, warnanya merah, seluruh tubuhnya seperti jubah berbulu; sebab itu ia dinamai Esau.
25:26 Sesudah itu keluarlah adiknya; tangannya memegang tumit Esau, sebab itu ia dinamai Yakub. Ishak berumur enam puluh tahun pada waktu mereka lahir.

Waktu Yakub lahir, dia memegang tumit kakaknya. Tumit itu bicara soal kekuatan; ini berarti Yakub rindu untuk bertumbuh cepat lebih dari kakaknya.

Flp 3:13-16
3:13 Saudara-saudara, aku sendiri tidak menganggap, bahwa aku telah menangkapnya, tetapi ini yang kulakukan: aku melupakan apa yang telah di belakangku dan mengarahkan diri kepada apa yang di hadapanku,
3:14 dan berlari-lari kepada tujuan untuk memperoleh hadiah, yaitu panggilan sorgawi dari Allah dalam Kristus Yesus.
3:15 Karena itu marilah kita, yang sempurna, berpikir demikian. Dan jikalau lain pikiranmu tentang salah satu hal, hal itu akan dinyatakan Allah juga kepadamu.
3:16 Tetapi baiklah tingkat pengertian yang telah kita capai kita lanjutkan menurut jalan yang telah kita tempuh.

Firman Allah itu merupakan benih yang langsung menuju kepada Kristus, yaitu Firman Allah yang hidup dan kekal.

1 Pet 1:23
1:23 Karena kamu telah dilahirkan kembali bukan dari benih yang fana, tetapi dari benih yang tidak fana, oleh firman Allah, yang hidup dan yang kekal.

Firman Allah itu yang membangkitkan keyakinan.
Benih yang dimasud itu hanya satu, bukan benih-benihnya yang berarti banyak, tetapi kepada benihmu, yaitu Kristus.

Gal 3:16
3:16 Adapun kepada Abraham diucapkan segala janji itu dan kepada keturunannya. Tidak dikatakan "kepada keturunan-keturunannya" seolah-olah dimaksud banyak orang, tetapi hanya satu orang: "dan kepada keturunanmu", yaitu Kristus.

Didalam benih itu ada kuasa kebangkitan.
Benih rohani yang menghasilkan tubuh rohani, tubuh rohani inilah yang nanti akan mengalami keubahan.
Klimaks dari kelahiran dari Allah yaitu ingin menjadikan kita menjadi tubuh rohani.

1 Kor 15:50-54 (Bicara soal Kebangkitan dan Keubahan)
15:50 Saudara-saudara, inilah yang hendak kukatakan kepadamu, yaitu bahwa daging dan darah tidak mendapat bagian dalam Kerajaan Allah dan bahwa yang binasa tidak mendapat bagian dalam apa yang tidak binasa.
15:51 Sesungguhnya aku menyatakan kepadamu suatu rahasia: kita tidak akan mati semuanya, tetapi kita semuanya akan diubah,
15:52 dalam sekejap mata, pada waktu bunyi nafiri yang terakhir. Sebab nafiri akan berbunyi dan orang-orang mati akan dibangkitkan dalam keadaan yang tidak dapat binasa dan kita semua akan diubah.
15:53 Karena yang dapat binasa ini harus mengenakan yang tidak dapat binasa, dan yang dapat mati ini harus mengenakan yang tidak dapat mati.
15:54 Dan sesudah yang dapat binasa ini mengenakan yang tidak dapat binasa dan yang dapat mati ini mengenakan yang tidak dapat mati, maka akan genaplah firman Tuhan yang tertulis: "Maut telah ditelan dalam kemenangan.

Allah menghendaki agar kehidupan kita ditebus untuk dijadikan buah sulung, seperti seorang perawan yang tak bercacat cela / begitu suci dan cemerlang.
Sebab yang sulung itu menjadi miliknya Tuhan.

Why 14:4-5
14:4 Mereka adalah orang-orang yang tidak mencemarkan dirinya dengan perempuan-perempuan, karena mereka murni sama seperti perawan. Mereka adalah orang-orang yang mengikuti Anak Domba itu ke mana saja Ia pergi. Mereka ditebus dari antara manusia sebagai korban-korban sulung bagi Allah dan bagi Anak Domba itu.
14:5 Dan di dalam mulut mereka tidak terdapat dusta; mereka tidak bercela.

Adanya orang sulung yang dipilih oleh Tuhan.
Bil 8:17-19
8:17 Sebab semua anak sulung yang ada pada orang Israel, baik dari manusia maupun dari hewan, adalah kepunyaan-Ku; pada waktu Aku membunuh semua anak sulung di tanah Mesir, Aku telah menguduskan semuanya bagi-Ku.
8:18 Maka Aku mengambil orang Lewi ganti semua anak sulung yang ada pada orang Israel,
8:19 dan Aku menyerahkan orang Lewi dari tengah-tengah orang Israel sebagai pemberian kepada Harun dan anak-anaknya untuk melakukan segala pekerjaan jabatan bagi orang Israel di Kemah Pertemuan, dan untuk mengadakan pendamaian bagi orang Israel, supaya orang Israel jangan kena tulah apabila mereka mendekat ke tempat kudus."

Untuk apa Tuhan memilih orang sulung?
1.- Untuk jabatan pelayanan didalam rumah Allah.
2.- Untuk perdamaian bagi orang Israel
3.- Untuk supaya bangsa Israel tidak kena bela.
Tidak kena bela berarti mendapat perlindungan dari Tuhan.

Oleh sebab Tuhan menerima orang Lewi sebagai orang sulung, maka akan ada:
1.- Pelayanan.
2.- Perdamaian.
3.- Perlindungan.

Kalau kita memakai kebiasaan dalam ibadah,maka sebagaima kita biasa, maka begitupun dengan apa yang kita terima itu biasa. Ibadah kita harus ada peningkatan.
Nah kalau kita mendapat pelayanan dari Tuhan, apa yang bakal terjadi ?
Dari kehidupan yang dilayani itu Tuhan bermaksud ingin mengadakan hubungan.

Kembali pada persoalan Edom:
Edom diancam akan ditumpas oleh Allah; “PedangKu dilangit sudah megamuk, lihat! Ia turun menghakimi Edom, bangsa yang Ku khususkan untuk ditumpas.”

Yes 34:5-6
34:5 Sebab pedang-Ku yang di langit sudah mengamuk, lihat, ia turun menghakimi Edom, bangsa yang Kukhususkan untuk ditumpas.
34:6 TUHAN mempunyai sebilah pedang yang berlumuran darah dan yang penuh lemak, yaitu darah anak-anak domba dan kambing-kambing jantan dan lemak buah pinggang domba-domba jantan. Sebab TUHAN mengadakan penyembelihan korban di Bozra dan pembantaian besar di tanah Edom.

Hukuman yang semestinya ditanggung oleh Edom itu, hukuman itu sudah ditanggung oleh Tuhan (ayat 6) Darah anak domba yang tersembelih oleh pedang.
Tuhan mempunyai sebilah pedang yang berlumuran darah.

Edom itu artinya merah, sedangkan merah itu warnanya darah.
Allah pergi ke Edom untuk berlumuran darah. Bajunya berlumuran darah.
Dia yang dahulunya berpakaian kemuliaan-Nya dengan semarak, tapi sekarang pakaiannya menjadi merah karena darah.

Yes 63:1-6 “Siapa Dia yang datang dari Edom?”
63:1 "Siapa dia yang datang dari Edom, yang datang dari Bozra dengan baju yang merah, dia yang bersemarak dengan pakaiannya, yang melangkah dengan kekuatannya yang besar?" "Akulah yang menjanjikan keadilan dan yang berkuasa untuk menyelamatkan!"
63:2 "Mengapakah pakaian-Mu semerah itu, dan baju-Mu seperti baju pengirik buah anggur?"
63:3 "Aku seorang dirilah yang melakukan pengirikan, dan dari antara umat-Ku tidak ada yang menemani Aku! Aku telah mengirik bangsa-bangsa dalam murka-Ku, dan Aku telah menginjak-injak mereka dalam kehangatan amarah-Ku; semburan darah mereka memercik kepada baju-Ku, dan seluruh pakaian-Ku telah cemar.
63:4 Sebab hari pembalasan telah Kurencanakan dan tahun penuntutan bela telah datang.
63:5 Aku melayangkan pandangan-Ku: tidak ada yang menolong; Aku tertegun: tidak ada yang membantu. Lalu tangan-Ku memberi Aku pertolongan, dan kehangatan amarah-Ku, itulah yang membantu Aku.
63:6 Aku memijak-mijak bangsa-bangsa dalam murka-Ku, menghancurkan mereka dalam kehangatan amarah-Ku dan membuat semburan darah mereka mengalir ke tanah."

Tuhan membalas Edom (daging) karena Sion (rohani)
Yes 34:6,8
34:6 TUHAN mempunyai sebilah pedang yang berlumuran darah dan yang penuh lemak, yaitu darah anak-anak domba dan kambing-kambing jantan dan lemak buah pinggang domba-domba jantan. Sebab TUHAN mengadakan penyembelihan korban di Bozra dan pembantaian besar di tanah Edom.
34:8 Sebab TUHAN mendatangkan hari pembalasan dan tahun pengganjaran karena perkara Sion.

Oleh sebab persoalan rohani yang diganggu daging, maka Tuhan mengadakan pembalasan.
Dalam Yesaya 63 Tuhan membalas itu atas diri-Nya; Ia menyerahkan diri-Nya.
Waktu Ia ada diatas kayu salib Dia berseru: “Eloi – Eloi lama sabach tani.”
Yang artinya: Ya Bapa, ya Bapa, mengapa Engkau meninggalkan Aku?
Kutuk itu telah ditimpakan keatas tubuh Kristus, tak ada seorangpun yang mau menolong-Nya.

Kita semua telah ditandai dengan Edom. Siapa itu? Yaitu kita yang telah mebuangkan kesempatan rohani yang begitu indah.
Edom dibinasakan; maka itu berarti kedagingan itu akan dibinasakan.

Zaman akhir ini hanya ada dua perkara bagi kehidupan manusia; yaitu dikasihani atau dibenci oleh Tuhan.

Mal 1:2-5 Kalau tidak dikasihani ya dibenci.
Jangan kita menjadi orang yang dibenci oleh Allah. Oleh sebab itu kejarlah kesulungan (peliharalah)
“Kuduskanlah bagi-Ku semua yang sulung.”
Sulung itu miliknya Tuhan, oleh sebab itu yang sulung ini harus disucikan.
Harus kita menyediakan diri untuk disucikan.

Kel 13:1-2
13:1 Berfirmanlah TUHAN kepada Musa:
13:2 "Kuduskanlah bagi-Ku semua anak sulung, semua yang lahir terdahulu dari kandungan pada orang Israel, baik pada manusia maupun pada hewan; Akulah yang empunya mereka."

Sidang jemaat yang disebut perhimpunan jemaat anak-anak sulung: itu dikatakan oleh surat

Ibr 12:22-28
12:22 Tetapi kamu sudah datang ke Bukit Sion, ke kota Allah yang hidup, Yerusalem sorgawi dan kepada beribu-ribu malaikat, suatu kumpulan yang meriah,
12:23 dan kepada jemaat anak-anak sulung, yang namanya terdaftar di sorga, dan kepada Allah, yang menghakimi semua orang, dan kepada roh-roh orang-orang benar yang telah menjadi sempurna,
12:24 dan kepada Yesus, Pengantara perjanjian baru, dan kepada darah pemercikan, yang berbicara lebih kuat dari pada darah Habel.
12:25 Jagalah supaya kamu jangan menolak Dia, yang berfirman. Sebab jikalau mereka, yang menolak Dia yang menyampaikan firman Allah di bumi, tidak luput, apa lagi kita, jika kita berpaling dari Dia yang berbicara dari sorga?
12:26 Waktu itu suara-Nya menggoncangkan bumi, tetapi sekarang Ia memberikan janji: "Satu kali lagi Aku akan menggoncangkan bukan hanya bumi saja, melainkan langit juga."
12:27 Ungkapan "Satu kali lagi" menunjuk kepada perubahan pada apa yang dapat digoncangkan, karena ia dijadikan supaya tinggal tetap apa yang tidak tergoncangkan.
12:28 Jadi, karena kita menerima kerajaan yang tidak tergoncangkan, marilah kita mengucap syukur dan beribadah kepada Allah menurut cara yang berkenan kepada-Nya, dengan hormat dan takut.

Tuhan mencari siapa-siapa yang tidak menjadi goyah.

Sekali lagi Tuhan akan menggoncangkan ,..........dan Tuhan mau membuktikan yang digoncangkan itu akan tergoncang atau tidak.
1 Kor 15:58
15:58 Karena itu, saudara-saudaraku yang kekasih, berdirilah teguh, jangan goyah, dan giatlah selalu dalam pekerjaan Tuhan! Sebab kamu tahu, bahwa dalam persekutuan dengan Tuhan jerih payahmu tidak sia-sia.

Ibrani 12 ini menunjuk Esau yang memilih daging dan hawa nafsu, dan segera akan dibinasakan oleh Allah.
Kalau kita diberi hak kelahiran baru, maka disitu Tuhan menuntut agar hidup kita ini mau disucikan.
Tuhan periksa persembahan kita, seperti yang diperbuat oleh Kain dan Habil.
Kej 4:1-7
4:1 Kemudian manusia itu bersetubuh dengan Hawa, isterinya, dan mengandunglah perempuan itu, lalu melahirkan Kain; maka kata perempuan itu: "Aku telah mendapat seorang anak laki-laki dengan pertolongan TUHAN."
4:2 Selanjutnya dilahirkannyalah Habel, adik Kain; dan Habel menjadi gembala kambing domba, Kain menjadi petani.
4:3 Setelah beberapa waktu lamanya, maka Kain mempersembahkan sebagian dari hasil tanah itu kepada TUHAN sebagai korban persembahan;
4:4 Habel juga mempersembahkan korban persembahan dari anak sulung kambing dombanya, yakni lemak-lemaknya; maka TUHAN mengindahkan Habel dan korban persembahannya itu,
4:5 tetapi Kain dan korban persembahannya tidak diindahkan-Nya. Lalu hati Kain menjadi sangat panas, dan mukanya muram.
4:6 Firman TUHAN kepada Kain: "Mengapa hatimu panas dan mukamu muram?
4:7 Apakah mukamu tidak akan berseri, jika engkau berbuat baik? Tetapi jika engkau tidak berbuat baik, dosa sudah mengintip di depan pintu; ia sangat menggoda engkau, tetapi engkau harus berkuasa atasnya."

Sekalipun Habel itu bukan yang sulung, tapi persembahanya menjadi sulung (terbaik) dari pada Kain.
Tuhan mau bukan persembahan sembarangan: Habel sudah memberikan yang sulung dari domba-dombanya, sedangkan Kain memberikan sebagian dari hasil ladangnya.

Tuhan menuntut dari kekristenan kita ini suatu ibadah yang sungguh-sungguh.
Dari proses kelahirannya Tuhan memeriksa persembahannya.
Orang yang tidak mau disucikan, maka itu berarti hidupnya tinggal didalam perbuatan / solah tingkah biasa.

Mengapa Tuhan tidak menerima persembahan Kain?
Apakah karena persembahan Kain berasal dari hasil bumi, kemudian Tuhan menolaknya?
Sedangkan Kain pekerjaannya memang peladang. Bukannya Tuhan menolak hasil dari ladang, jika itu diberikan yang sulung / yang terbaik Tuhan pasti akan menerimanya.
Yang sulung dari hasil bumi yang Tuhan kehendaki.
Bil 18:12-13, 15.
18:12 Segala yang terbaik dari minyak dan segala yang terbaik dari anggur dan dari gandum, yakni yang sebagai hasil pertamanya dipersembahkan mereka kepada TUHAN, Aku berikan kepadamu.
18:13 Hulu hasil dari segala yang tumbuh di tanahnya yang dipersembahkan mereka kepada TUHAN adalah juga bagianmu; setiap orang yang tahir dari seisi rumahmu boleh memakannya.
18:15 Semua yang terdahulu lahir dari kandungan segala yang hidup, yang dipersembahkan mereka kepada TUHAN, baik dari manusia maupun dari binatang, adalah bagianmu; hanya haruslah kamu menebus anak sulung manusia, juga anak sulung binatang yang najis haruslah kamu tebus.

Orang Lewi diakui sebagai orang sulung dari Israel. Persembahan sulung dari umat Israel yang diserahkan kepada Allah itu harus diserahkan kepada Allah itu harus dilewatkan kepada orang Lewi.

Bil 18:21-24
18:21 Mengenai bani Lewi, sesungguhnya Aku berikan kepada mereka segala persembahan persepuluhan di antara orang Israel sebagai milik pusakanya, untuk membalas pekerjaan yang dilakukan mereka, pekerjaan pada Kemah Pertemuan.
18:22 Maka janganlah lagi orang Israel mendekat kepada Kemah Pertemuan, sehingga mereka mendatangkan dosa kepada dirinya, lalu mati;
18:23 tetapi orang Lewi, merekalah yang harus melakukan pekerjaan pada Kemah Pertemuan dan mereka harus menanggung akibat kesalahan mereka; itulah suatu ketetapan untuk selama-lamanya bagimu turun-temurun. Mereka tidak akan mendapat milik pusaka di tengah-tengah orang Israel,
18:24 sebab persembahan persepuluhan yang dipersembahkan orang Israel kepada TUHAN sebagai persembahan khusus Kuberikan kepada orang Lewi sebagai milik pusakanya; itulah sebabnya Aku telah berfirman tentang mereka: Mereka tidak akan mendapat milik pusaka di tengah-tengah orang Israel."

Lewi itu tugasnya adalah suatu pelayanan.
Dari pelayanan rohani itu ada perdamaian. Pelayanan rohani itu membawa kita mengikuti jejaknya Kristus, dan tidak mengikuti kemauan daging.
Why 14:4-5
14:4 Mereka adalah orang-orang yang tidak mencemarkan dirinya dengan perempuan-perempuan, karena mereka murni sama seperti perawan. Mereka adalah orang-orang yang mengikuti Anak Domba itu ke mana saja Ia pergi. Mereka ditebus dari antara manusia sebagai korban-korban sulung bagi Allah dan bagi Anak Domba itu.
14:5 Dan di dalam mulut mereka tidak terdapat dusta; mereka tidak bercela.

Jika kita tidak mengikuti jejaknya Kristus, artinya tidak mengikuti kemauan / kehendak rohani, maka akhirnya akan ditumpas. Sebab daging ini pasti akan dibinasakan, dan Tuhan tidak menghendaki darah dan daging ini masuk kerajaan Allah.
1 Kor 15:50
15:50 Saudara-saudara, inilah yang hendak kukatakan kepadamu, yaitu bahwa daging dan darah tidak mendapat bagian dalam Kerajaan Allah dan bahwa yang binasa tidak mendapat bagian dalam apa yang tidak binasa.

Tuhan mau agar kehidupan kita in imau ditebus untuk menjadi manusia rohani,sebab daging ini nanti pasti mengalami pembalasan.
Why 14:17-20
14:17 Dan seorang malaikat lain keluar dari Bait Suci yang di sorga; juga padanya ada sebilah sabit tajam.
14:18 Dan seorang malaikat lain datang dari mezbah; ia berkuasa atas api dan ia berseru dengan suara nyaring kepada malaikat yang memegang sabit tajam itu, katanya: "Ayunkanlah sabitmu yang tajam itu dan potonglah buah-buah pohon anggur di bumi, karena buahnya sudah masak."
14:19 Lalu malaikat itu mengayunkan sabitnya ke atas bumi, dan memotong buah pohon anggur di bumi dan melemparkannya ke dalam kilangan besar, yaitu murka Allah.
14:20 Dan buah-buah anggur itu dikilang di luar kota dan dari kilangan itu mengalir darah, tingginya sampai ke kekang kuda dan jauhnya dua ratus mil.

Jika kita tidak berusaha mencapai kehidupan sulung, maka Tuhan nanti yang bermaksud membalasnya.
Kita berusaha berjalan mengikuti jejak Anak Domba.
Yoh 12:24-26
12:24 Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya jikalau biji gandum tidak jatuh ke dalam tanah dan mati, ia tetap satu biji saja; tetapi jika ia mati, ia akan menghasilkan banyak buah.
12:25 Barangsiapa mencintai nyawanya, ia akan kehilangan nyawanya, tetapi barangsiapa tidak mencintai nyawanya di dunia ini, ia akan memeliharanya untuk hidup yang kekal.
12:26 Barangsiapa melayani Aku, ia harus mengikut Aku dan di mana Aku berada, di situ pun pelayan-Ku akan berada. Barangsiapa melayani Aku, ia akan dihormati Bapa.

Jejak dari biji gandum: mati dan bangkit serta dipermuliakan.
Apa yang dimaksud dengan kehidupan sulung?
Yang sulung yaitu kehidupan kita sekarang yang sudah mengalami keubahan. Diubah oleh kuasa Firman Allah. Dan jika tidak mengikuti kehendak Allah, maka firman-Nya itu nanti yang akan menghukum kita. Yoh 12:47-48
12:47 Dan jikalau seorang mendengar perkataan-Ku, tetapi tidak melakukannya, Aku tidak menjadi hakimnya, sebab Aku datang bukan untuk menghakimi dunia, melainkan untuk menyelamatkannya.
12:48 Barangsiapa menolak Aku, dan tidak menerima perkataan-Ku, ia sudah ada hakimnya, yaitu firman yang telah Kukatakan, itulah yang akan menjadi hakimnya pada akhir zaman.

Kerajaan Sorga tidak bisa menerima darah dan daging:
Why 19:13-15, 17-18, 21
19:13 Dan Ia memakai jubah yang telah dicelup dalam darah dan nama-Nya ialah: "Firman Allah."
19:14 Dan semua pasukan yang di sorga mengikuti Dia; mereka menunggang kuda putih dan memakai lenan halus yang putih bersih.
19:15 Dan dari mulut-Nya keluarlah sebilah pedang tajam yang akan memukul segala bangsa. Dan Ia akan menggembalakan mereka dengan gada besi dan Ia akan memeras anggur dalam kilangan anggur, yaitu kegeraman murka Allah, Yang Mahakuasa.
19:17 Lalu aku melihat seorang malaikat berdiri di dalam matahari dan ia berseru dengan suara nyaring kepada semua burung yang terbang di tengah langit, katanya: "Marilah ke sini dan berkumpullah untuk turut dalam perjamuan Allah, perjamuan yang besar,
19:18 supaya kamu makan daging semua raja dan daging semua panglima dan daging semua pahlawan dan daging semua kuda dan daging semua penunggangnya dan daging semua orang, baik yang merdeka maupun hamba, baik yang kecil maupun yang besar."
19:21 Dan semua orang lain dibunuh dengan pedang, yang keluar dari mulut Penunggang kuda itu; dan semua burung kenyang oleh daging mereka.

Nanti jika gereja Tuhan sudah diterima jadi pengantin Tuhan, maka disanalah tamatnya segala pekerjaan daging.
Esau lahir dengan berbulu: bulu itu gambar dari kemuliaan dari Roh Kudus, tapi prakteknya Esau hidup di dalam daging.
Esau artinya merah: merah lambang dari ketebusan, tapi prakteknya Esau hidup menurut nafsu daging.
Tahu apa itu kemuliaan, apa itu ketebusan, tapi banyak kehidupan Kristen praktek hidupnya tidak sesuai dengan Firman Allah.

Ada praktek hawa nafsu, tidak sesuai dengan pengetahuan yang diketahuinya.
Mengasihi dan membenci ini akan berjalan bersama.

Tuhan sangat mengasihi mempelai perempuan-Nya yaitu gereja-Nya.
Dalam kitab Why 19:17 disebut tentang perjamuan malam yang besar:
19:17 Lalu aku melihat seorang malaikat berdiri di dalam matahari dan ia berseru dengan suara nyaring kepada semua burung yang terbang di tengah langit, katanya: "Marilah ke sini dan berkumpullah untuk turut dalam perjamuan Allah, perjamuan yang besar,

Sebelum perjamuan malam terjadi, kita boleh menikmati perjamuan suci, yang membawa kita untuk hidup secara rohani.

Kita tidak mengambil sikapnya Kain dan Esau.