Translate

26 Jul 2015

Ibadah Pendalaman Alkitab. 24 Juli 2015. Kitab Maleakhi



Ibadah Pendalaman Alkitab
24 Juli 2015

Kitab Maleakhi:
Mal 1:2-5
2  "Aku mengasihi kamu," firman TUHAN. Tetapi kamu berkata: "Dengan cara bagaimanakah Engkau mengasihi kami?" "Bukankah Esau itu kakak Yakub?" demikianlah firman TUHAN. "Namun Aku mengasihi Yakub,
3   tetapi membenci Esau. Sebab itu Aku membuat pegunungannya menjadi sunyi sepi dan tanah pusakanya Kujadikan padang gurun."
4 Apabila Edom berkata: "Kami telah hancur, tetapi kami akan membangun kembali reruntuhan itu," maka beginilah firman TUHAN semesta alam: "Mereka boleh membangun, tetapi Aku akan merobohkannya; dan orang akan menyebutkannya daerah kefasikan dan bangsa yang kepadanya TUHAN murka sampai selama-lamanya."
5 Matamu akan melihat dan kamu sendiri akan berkata: "TUHAN maha besar sampai di luar daerah Israel."

Tuhan membuktikan bahwa Tuhan mengasihi Yakub.
Nama lain dari Yakub ialah Israel.
Kej 32:24-28
32:24 Lalu tinggallah Yakub seorang diri. Dan seorang laki-laki bergulat dengan dia sampai fajar menyingsing.
32:25 Ketika orang itu melihat, bahwa ia tidak dapat mengalahkannya, ia memukul sendi pangkal paha Yakub, sehingga sendi pangkal paha itu terpelecok, ketika ia bergulat dengan orang itu.
32:26 Lalu kata orang itu: "Biarkanlah aku pergi, karena fajar telah menyingsing." Sahut Yakub: "Aku tidak akan membiarkan engkau pergi, jika engkau tidak memberkati aku."
32:27 Bertanyalah orang itu kepadanya: "Siapakah namamu?" Sahutnya: "Yakub."
32:28 Lalu kata orang itu: "Namamu tidak akan disebutkan lagi Yakub, tetapi Israel, sebab engkau telah bergumul melawan Allah dan manusia, dan engkau menang."

Kalau Esau disebut Edom.
Kej 25:30
 30  Kata Esau kepada Yakub: "Berikanlah kiranya aku menghirup sedikit dari yang merah-merah itu, karena aku lelah." Itulah sebabnya namanya disebutkan Edom

Kej 36:8-9
8 Maka menetaplah Esau di pegunungan Seir; Esau itulah Edom.
9 Inilah keturunan Esau, bapa orang Edom, di pegunungan Seir.

Dari satu pribadi timbul bangsa lain:
Dari Yakub timbul bangsa Israel (bangsa pilihan Allah)
Dari Esau timbul Edom.
Dari dosa Esau timbul bangsa Edom ; Ini menunjuk pada kematangannya dosa.

Kebencian Allah sangat bertambah – tambah terhadap Edom = kenajisan, dan dari Yakub timbul kasih Allah.

Segala sesuatu itu berasal dari yang kecil.
Ada permulaan dari Yakub menimbulkan kasih Allah terhadap Israel, dan dari Esau juga terbit kebencian Allah terhadap bangsa Edom.

Kita harus berusaha menjadikan kehidupan rohani yang berkembang, yaitu kehidupan yang mau disucikan.
Menerima Firman Allah bukan sekedar menambah pengetahuan, tapi agar hidup ini mau disucikan oleh Firman Allah tersebut.

Soal perkembangan menuju kemasakan rohani itu dimulai dari Yakub.                         Bagaimana kita merindukan berkat, kalau diri ini tidak mau sungguh-sungguh dari permulaannya, yaitu untuk memanfaatkan waktu dari Allah.
Yakub pernah bergumul dengan Allah sedemikian rupa sampai ia menang.

Ketetapan Allah untuk membalas Edom.
Edom itu kematangan dari Esau; Esau itu pribadi dari satu orang, sedangkan Edom itu banyak.
Kalau Esau itu sudah matang menjadi Edom maka Allah akan membalas habis-habisan.
Yeh 25:12-14
25:12 Beginilah firman Tuhan ALLAH: "Oleh karena Edom membalaskan dendam kesumat terhadap kaum Yehuda dan membuat kesalahan besar dengan melakukan pembalasan terhadap mereka,
25:13 oleh sebab itu beginilah firman Tuhan ALLAH, Aku akan mengacungkan tangan-Ku melawan Edom dan melenyapkan dari padanya manusia dan binatang dan Aku membuatnya menjadi reruntuhan; dari Téman sampai Dedan mereka akan mati rebah oleh pedang.
25:14 Aku akan melakukan pembalasan-Ku terhadap Edom dengan tangan umat-Ku Israel. Dan mereka akan memperlakukan Edom selaras dengan murka-Ku dan amarah-Ku, dan mereka akan mengetahui, bahwa Akulah yang membalas, demikianlah firman Tuhan ALLAH."

Edom menerima pembalasan karena Edom, pernah membalas. Ini berarti jika hidup ini menolak korban Kristus dan pekerjaan Roh Kudus zaman akhir, maka Allah akan membalas.
Ibr 10:29-31
10:29 Betapa lebih beratnya hukuman yang harus dijatuhkan atas dia, yang menginjak-injak Anak Allah, yang menganggap najis darah perjanjian yang menguduskannya, dan yang menghina Roh kasih karunia?
10:30 Sebab kita mengenal Dia yang berkata: "Pembalasan adalah hak-Ku. Akulah yang akan menuntut pembalasan." Dan lagi: "Tuhan akan menghakimi umat-Nya."
10:31 Ngeri benar, kalau jatuh ke dalam tangan Allah yang hidup

Jangan sampai menghinakan darah Yesus dan menghinakan Roh Kudus (pekerjaan Allah terakhir).
Edom zaman modern menjadi matang, dan nanti diancam oleh Allah.
Dosa dari Esau menjadi Edom, dan Allah segera akan membalasnya (ngeri benar jikalau jatuh ke tangan Allah yang hidup itu).

Israel itu artinya pahlawan Allah:
Dalam kitab Wahyu selalu disebut “Siapa yang menang” dan ini berarti pahlawan.
(Why 2:7, 11b, 17b, 26; 3:5, 12,21.)

Ucapan 7 x bagi yang menang.
Ketujuh sidang di kitab Wahyu dijanjikan suatu kemenangan.
Israel rohani yang menang menerima berkat-berkat dari pada Allah. Dan berkat-berkat ini dijanjikan bagi yang menang.
Allah melihat sikap pergumulan Yakub (Israel).

Esau tidak mau bergumul: pada masa kelaparannya ia menjual hak kesulungannya hanya karena sepiring kacang merah.
Esau tidak menjadi pahlawan, tidak mau bergumul, oleh sebab itu ia tidak memperoleh kemenangan.

Kita adalah Israel akhir zaman, seperti Yakub yang mau bergumul di sungai Yabok, dan ia memperoleh berkat karena ia mau bergumul.
Tuhan mengasihi kehidupan yang mau bergumul. Kita bertempur supaya mendapatkan kemenangan. Yang menang mendapat mahkota (sebesar-besar berkat).
Jangan kita cemburu dengan berkat-berkat orang lain.

Kalau Tuhan mengasihi Israel, itu termasuk kita bangsa kafir itu diterima oleh Tuhan.
Rm 9:10-14,24-25, 30-31
9:10 Tetapi bukan hanya itu saja. Lebih terang lagi ialah Ribka yang mengandung dari satu orang, yaitu dari Ishak, bapa leluhur kita.
9:11 Sebab waktu anak-anak itu belum dilahirkan dan belum melakukan yang baik atau yang jahat, -- supaya rencana Allah tentang pemilihan-Nya diteguhkan, bukan berdasarkan perbuatan, tetapi berdasarkan panggilan-Nya --
9:12 dikatakan kepada Ribka: "Anak yang tua akan menjadi hamba anak yang muda,"
9:13 seperti ada tertulis: "Aku mengasihi Yakub, tetapi membenci Esau."
9:14 Jika demikian, apakah yang hendak kita katakan? Apakah Allah tidak adil? Mustahil!
9:24 yaitu kita, yang telah dipanggil-Nya bukan hanya dari antara orang Yahudi, tetapi juga dari antara bangsa-bangsa lain,
9:25 seperti yang difirmankan-Nya juga dalam kitab nabi Hosea: "Yang bukan umat-Ku akan Kusebut: umat-Ku dan yang bukan kekasih: kekasih."
9:30 Jika demikian, apakah yang hendak kita katakan? Ini: bahwa bangsa-bangsa lain yang tidak mengejar kebenaran, telah beroleh kebenaran, yaitu kebenaran karena iman.
9:31 Tetapi: bahwa Israel, sungguhpun mengejar hukum yang akan mendatangkan kebenaran, tidaklah sampai kepada hukum itu.

Kalau Allah mengasihi kita bangsa kafir ini, bermaksud untuk membangkitkan rasa cemburu bangsa Israel, agar bangsa Israel bergairah kalau melihat bangsa kafir yang diberi kesempatan oleh Allah.
Rm 11:11
11:11 Maka aku bertanya: Adakah mereka tersandung dan harus jatuh? Sekali-kali tidak! Tetapi oleh pelanggaran mereka, keselamatan telah sampai kepada bangsa-bangsa lain, supaya membuat mereka cemburu

Bangsa Israel mencari kebenaran tetapi tidak menerimanya, sedangkan bangsa kafir diterima Allah karena iman. Dan Allah mau pakai bangsa kafir untuk membangkitkan cemburu bangsa Israel.
Waktunya bagi bangsa kafir itu terbatas. Tuhan akan segera berpindah kepada bangsa Israel.
Rm 11:25-29
11:25 Sebab, saudara-saudara, supaya kamu jangan menganggap dirimu pandai, aku mau agar kamu mengetahui rahasia ini: Sebagian dari Israel telah menjadi tegar sampai jumlah yang penuh dari bangsa-bangsa lain telah masuk.
11:26 Dengan jalan demikian seluruh Israel akan diselamatkan, seperti ada tertulis: "Dari Sion akan datang Penebus, Ia akan menyingkirkan segala kefasikan dari pada Yakub.
11:27 Dan inilah perjanjian-Ku dengan mereka, apabila Aku menghapuskan dosa mereka."
11:28 Mengenai Injil mereka adalah seteru Allah oleh karena kamu, tetapi mengenai pilihan mereka adalah kekasih Allah oleh karena nenek moyang.
11:29 Sebab Allah tidak menyesali kasih karunia dan panggilan-Nya.

Kasih Tuhan itu terasa begitu besar dalam hidup kita.
“Kasih Tuhan kasih yang menyelamatkan”

Tuhan Yesus memberkati.