Translate

19 Okt 2014

Ibadah Raya. 19 Oktober 2014. Suasana Surga

Ibadah Raya. 19 Oktober 2014
SUASANA SURGA


Setelah kita mempelajari koreksi Tuhan kepada 7 jemaat di Asia Kecil, maka sekarang pandangan kita diarahkan kepada Why 4 & 5.

Kitab Wahyu fs 4 dan 5 ini dalam terangnya Tabernakel terkena Tabut Perjanjian.
Gereja Tuhan sudah menjadi Tabut Perjanjian (Gereja Mempelai).

Sedangkan dalam fs 2 & 3 itu terkena percikan darah dimuka Peti Perjanjian, yang berbicara tentang penyucian atas gereja-Nya.

Kalau pada fs 2 & 3 kita melihat adanya kekurangan-kekurangan pada gereja Tuhan,  tapi pada fs 4 & 5 ini gereja Tuhan dibawa masuk dalam kesempurnaan.
Fs 4 & 5 ini sebenarnya menjadi satu bagian, dan kalau kita lihat pada fs - fs ini bicara tentang kerajaan Sorga, jadi bukan lagi berbicara tentang yang ada dibumi, tapi segala sesuatu yang di Sorga.
Why 4:1-11.
1  Kemudian dari pada itu aku melihat: Sesungguhnya, sebuah pintu terbuka di sorga dan suara yang dahulu yang telah kudengar, berkata kepadaku seperti bunyi sangkakala, katanya: Naiklah ke mari dan Aku akan menunjukkan kepadamu apa yang harus terjadi sesudah ini.
2  Segera aku dikuasai oleh Roh dan lihatlah, sebuah takhta terdiri di sorga, dan di takhta itu duduk Seorang.
3  Dan Dia yang duduk di takhta itu nampaknya bagaikan permata yaspis dan permata sardis; dan suatu pelangi melingkungi takhta itu gilang-gemilang bagaikan zamrud rupanya.
4  Dan sekeliling takhta itu ada dua puluh empat takhta, dan di takhta-takhta itu duduk dua puluh empat tua-tua, yang memakai pakaian putih dan mahkota emas di kepala mereka.
5  Dan dari takhta itu keluar kilat dan bunyi guruh yang menderu, dan tujuh obor menyala-nyala di hadapan takhta itu: itulah ketujuh Roh Allah.
6  Dan di hadapan takhta itu ada lautan kaca bagaikan kristal; di tengah-tengah takhta itu dan di sekelilingnya ada empat makhluk penuh dengan mata, di sebelah muka dan di sebelah belakang.
7  Adapun makhluk yang pertama sama seperti singa, dan makhluk yang kedua sama seperti anak lembu, dan makhluk yang ketiga mempunyai muka seperti muka manusia, dan makhluk yang keempat sama seperti burung nasar yang sedang terbang.
8  Dan keempat makhluk itu masing-masing bersayap enam, sekelilingnya dan di sebelah dalamnya penuh dengan mata, dan dengan tidak berhenti-hentinya mereka berseru siang dan malam: "Kudus, kudus, kuduslah Tuhan Allah, Yang Mahakuasa, yang sudah ada dan yang ada dan yang akan datang."
9  Dan setiap kali makhluk-makhluk itu mempersembahkan puji-pujian, dan hormat dan ucapan syukur kepada Dia, yang duduk di atas takhta itu dan yang hidup sampai selama-lamanya,
10  maka tersungkurlah kedua puluh empat tua-tua itu di hadapan Dia yang duduk di atas takhta itu, dan mereka menyembah Dia yang hidup sampai selama-lamanya. Dan mereka melemparkan mahkotanya di hadapan takhta itu, sambil berkata:
11  "Ya Tuhan dan Allah kami, Engkau layak menerima puji-pujian dan hormat dan kuasa; sebab Engkau telah menciptakan segala sesuatu; dan oleh karena kehendak-Mu semuanya itu ada dan diciptakan."

Aku melihat sebuah pintu terbuka di sorga:
Kita dibawa untuk melihat suasana sorga.
Kalau gereja Tuhan mengalami penyucian, maka gereja Tuhan itu akan mendapatkan pembukaan Pintu sorga.
Rasul Yohanes disuruh naik: “Naiklah kemari dan Aku akan menunjukan kepadamu apa yang harus terjadi sesudah ini”

Kata naik ini berarti menunjuk suatu peningkatan.
Ini bicara soal peningkatan rohani.
Kalau kita mau melihat perkara-perkara sorga, maka kita harus mau ditingkatkan rohani kita, seperti yang dialami oleh Natanel.
Yoh 1:47-51
47  Kata Filipus kepadanya: "Mari dan lihatlah!" Yesus melihat Natanael datang kepada-Nya, lalu berkata tentang dia: "Lihat, inilah seorang Israel sejati, tidak ada kepalsuan di dalamnya!"
48  Kata Natanael kepada-Nya: "Bagaimana Engkau mengenal aku?" Jawab Yesus kepadanya: "Sebelum Filipus memanggil engkau, Aku telah melihat engkau di bawah pohon ara."
49  Kata Natanael kepada-Nya: "Rabi, Engkau Anak Allah, Engkau Raja orang Israel!"
50  Yesus menjawab, kata-Nya: "Karena Aku berkata kepadamu: Aku melihat engkau di bawah pohon ara, maka engkau percaya? Engkau akan melihat hal-hal yang lebih besar dari pada itu."
51  Lalu kata Yesus kepadanya: "Aku berkata kepadamu, sesungguhnya engkau akan melihat langit terbuka dan malaikat-malaikat Allah turun naik kepada Anak Manusia."

Tuhan Yesus berkata kepada Natanael: “Aku berkata kepadamu, sesungguhnya engkau akan melihat langit terbuka dan malaikat-malaikat Allah turun naik kepada Anak Manusia.” (kata langit = sorga).
Langit terbuka: bandingkan dengan penglihatan yang dilihat oleh Rasul Yohanes: “Aku melihat sebuah pintu terbuka disorga”

Apa yang dilihat Yohanes selanjutnya?
Sebuah takhta terdiri di sorga dan diatas takhta itu duduk Seorang.
Bicara soal takhta itu ada hubungannya dengan kerajaan.
Seorang ini menunjuk pada pribadi Allah sendiri.
Sorga adalah tempat kediaman Allah, dan mereka yang dekat sekali dengan Dia.

Orang Israel kalau berdoa berkata: “Jenguklah dari tempat kediaman-Mu yang kudus, dari dalam sorga.”
Ul 26:15
15 Jenguklah dari tempat kediaman-Mu yang kudus, dari dalam sorga, dan berkatilah umat-Mu Israel, dan tanah yang telah Kauberikan kepada kami, seperti yang telah Kaujanjikan dengan sumpah kepada nenek moyang kami  —  suatu negeri yang berlimpah-limpah susu dan madunya."

Mat 5:45
45 Karena dengan demikianlah kamu menjadi anak-anak Bapamu yang di sorga, yang menerbitkan matahari bagi orang yang jahat dan orang yang baik dan menurunkan hujan bagi orang yang benar dan orang yang tidak benar.

Mat 7:21
21 Bukan setiap orang yang berseru kepada-Ku: Tuhan, Tuhan! akan masuk ke dalam Kerajaan Sorga, melainkan dia yang melakukan kehendak Bapa-Ku yang di sorga.

Allah tidak tinggal sendiri di sorga:
Neh 9:6 (bala tentara langit tinggal bersama Allah dan sujud menyembah Dia).
6 "Hanya Engkau adalah TUHAN! Engkau telah menjadikan langit, ya langit segala langit dengan segala bala tentaranya, dan bumi dengan segala yang ada di atasnya, dan laut dengan segala yang ada di dalamnya. Engkau memberi hidup kepada semuanya itu dan bala tentara langit sujud menyembah kepada-Mu.

Mark 13:32 (Malaikat-malaikat di sorga tinggal bersama Allah)
32 Tetapi tentang hari atau saat itu tidak seorangpun yang tahu, malaikat-malaikat di sorga tidak, dan Anakpun tidak, hanya Bapa saja."

Sorga adalah tujuan terakhir kita, dan disana Tuhan menyediakan tempat yang kekal buat kita.
1 Pet 1:3-4
3  Terpujilah Allah dan Bapa Tuhan kita Yesus Kristus, yang karena rahmat-Nya yang besar telah melahirkan kita kembali oleh kebangkitan Yesus Kristus dari antara orang mati, kepada suatu hidup yang penuh pengharapan,
4 untuk menerima suatu bagian yang tidak dapat binasa, yang tidak dapat cemar dan yang tidak dapat layu, yang tersimpan di sorga bagi kamu.

Bagian yang akan kita terima yang tersimpan di sorga.
Ayat  ini bicara tentang ahli waris. Bagaimana kita disebut sebagai pewaris kerajaan sorga ? Jalannya yaitu jika kita harus menjadi anak-anak Allah.
Rm 8:16-17
16  Roh itu bersaksi bersama-sama dengan roh kita, bahwa kita adalah anak-anak Allah.
17  Dan jika kita adalah anak, maka kita juga adalah ahli waris, maksudnya orang-orang yang berhak menerima janji-janji Allah, yang akan menerimanya bersama-sama dengan Kristus, yaitu jika kita menderita bersama-sama dengan Dia, supaya kita juga dipermuliakan bersama-sama dengan Dia.

Sejak kapan seorang itu disebut sebagai anak-anak Allah?
Sejak dia menerima Yesus sebagai Tuhan dan Jurus selamatnya.
Yoh 1:12
12 Tetapi semua orang yang menerima-Nya diberi-Nya kuasa supaya menjadi anak-anak Allah, yaitu mereka yang percaya dalam nama-Nya;

Kitab Wahyu fs 4 & 5 ini becara soal penyembahan:
Why 4:9-11
9  Dan setiap kali makhluk-makhluk itu mempersembahkan puji-pujian, dan hormat dan ucapan syukur kepada Dia, yang duduk di atas takhta itu dan yang hidup sampai selama-lamanya,
10  maka tersungkurlah kedua puluh empat tua-tua itu di hadapan Dia yang duduk di atas takhta itu, dan mereka menyembah Dia yang hidup sampai selama-lamanya. Dan mereka melemparkan mahkotanya di hadapan takhta itu, sambil berkata:
11  "Ya Tuhan dan Allah kami, Engkau layak menerima puji-pujian dan hormat dan kuasa; sebab Engkau telah menciptakan segala sesuatu; dan oleh karena kehendak-Mu semuanya itu ada dan diciptakan."

Why 5:13-14
13  Dan aku mendengar semua makhluk yang di sorga dan yang di bumi dan yang di bawah bumi dan yang di laut dan semua yang ada di dalamnya, berkata: "Bagi Dia yang duduk di atas takhta dan bagi Anak Domba, adalah puji-pujian dan hormat dan kemuliaan dan kuasa sampai selama-lamanya!"
14  Dan keempat makhluk itu berkata: "Amin". Dan tua-tua itu jatuh tersungkur dan menyembah.

Tuhan Yesus memberkati!