Translate

11 Okt 2014

Ibadah Pendalaman Alkitab. 10 Oktober 2014



Ibadah Pendalaman Alkitab. 5 Oktober 2014

Yud ayat 14-16
14 Juga tentang mereka Henokh, keturunan ketujuh dari Adam, telah bernubuat, katanya: "Sesungguhnya Tuhan datang dengan beribu-ribu orang kudus-Nya,
15 hendak menghakimi semua orang dan menjatuhkan hukuman atas orang-orang fasik karena semua perbuatan fasik, yang mereka lakukan dan karena semua kata-kata nista, yang diucapkan orang-orang berdosa yang fasik itu terhadap Tuhan."
16 Mereka itu orang-orang yang menggerutu dan mengeluh tentang nasibnya, hidup menuruti hawa nafsunya, tetapi mulut mereka mengeluarkan perkataan-perkataan yang bukan-bukan dan mereka menjilat orang untuk mendapat keuntungan.

Henoch tubuhnya begitu dekat dengan Tuhan, sehingga badannya naik ke Surga. Henoch tahu bagaimana ia harus menjaga badan dan rohaninya, sampai ia naik ke Surga. Henoch memberi dirinya untuk mampu hidup bersama dengan Tuhan selama 300 tahun.

Henoch ini dalam sejarah hidupnya tidak pernah disebutkan ia bernubuat, tapi Yudas (Yehuda) menyebutkan bahwa Henoch ini bernubuat perihal orang yang berlaku atas hawa nafsunya.
Henoch turunan ke 7 lewat Set, bukan lewat Kain. Tapi turunan ke 3 lewat Kain juga ada yang bernama Henoch. Tapi keturunan ke 7 dari Adam lewat Kain itulah Lamekh, orang yang pertama berpoligami. Turunan ke 7 Adam lewat Set itulah Henoch, dan itulah yang pada jalur penyempurnaan.
Kej 4:17-19.
17 Kain bersetubuh dengan isterinya dan mengandunglah perempuan itu, lalu melahirkan Henokh; kemudian Kain mendirikan suatu kota dan dinamainya kota itu Henokh, menurut nama anaknya.
18 Bagi Henokh lahirlah Irad, dan Irad itu memperanakkan Mehuyael dan Mehuyael memperanakkan Metusael, dan Metusael memperanakkan Lamekh.
19 Lamekh mengambil isteri dua orang; yang satu namanya Ada, yang lain Zila.

Henoch turunan Adam lewat Kain. Lamekh turunan ke 7 dari adam lewat Kain.

Kain dengan dosa membunuhnya, ini sama dengan merusak tubuh.
Kej 4:15 Tuntutan pembalasan karena tidak menghargai tubuh.
15 Firman TUHAN kepadanya: "Sekali-kali tidak! Barangsiapa yang membunuh Kain akan dibalaskan kepadanya tujuh kali lipat." Kemudian TUHAN menaruh tanda pada Kain, supaya ia jangan dibunuh oleh barangsiapapun yang bertemu dengan dia.

Kej 5:4 Anak laki-laki dan perempuan Adam.
4 Umur Adam, setelah memperanakkan Set, delapan ratus tahun, dan ia memperanakkan anak-anak lelaki dan perempuan.

Kej 4:23 Perkembangan untuk tidak menghargai tubuh itu menjadi semakin lebih besar, sampai pada keturunan ke 7.
23  Berkatalah Lamekh kepada kedua isterinya itu: "Ada dan Zila, dengarkanlah suaraku: hai isteri-isteri Lamekh, pasanglah telingamu kepada perkataanku ini: Aku telah membunuh seorang laki-laki karena ia melukai aku, membunuh seorang muda karena ia memukul aku sampai bengkak;

Tidak menghargai daging / tubuh ini nanti mengarah pada kesempurnaan dalam pembunuhan, sebab pada keturunan ke 7 (tujuh angka sempurna) Itu sebabnya Tuhan mau agar kita memelihara tubuh ini.
Menghargai tubuhnya orang lain, itu harus menjadi praktek hidup kita, bukan hidup untuk dirinya sendiri tapi ingat pada orang lain. Jadi terlalu over itu tidak menghargai orang lain, terlalu kurang juga tidak menghargai orang lain.
Itu sebabnya kita harus bertindak wajar. Tuhan mau kita menghargai manusia secara wajar, seperti menghargai diri sendiri.

Contohnya : Pada orang buta yang disembuhkan oleh Tuhan Yesus. Pertama-tama dia melihat manusia itu seperti pohon yang berjalan-jalan. Ini bagaikan tidak menghargai orang lain, orang lain dikatakan pohon. Oleh sebab itu Tuhan sembuhkan orang itu secara sempurna agar bisa jadi anggota tubuh Kristus, yaitu dengan sehat matanya. Ini bicara dari hal menghargai manusia.

Mark 8:22-26
22  Kemudian tibalah Yesus dan murid-murid-Nya di Betsaida. Di situ orang membawa kepada Yesus seorang buta dan mereka memohon kepada-Nya, supaya Ia menjamah dia.
23 Yesus memegang tangan orang buta itu dan membawa dia ke luar kampung. Lalu Ia meludahi mata orang itu dan meletakkan tangan-Nya atasnya, dan bertanya: "Sudahkah kaulihat sesuatu?"
24 Orang itu memandang ke depan, lalu berkata: "Aku melihat orang, sebab melihat mereka berjalan-jalan, tetapi tampaknya seperti pohon-pohon."
25 Yesus meletakkan lagi tangan-Nya pada mata orang itu, maka orang itu sungguh-sungguh melihat dan telah sembuh, sehingga ia dapat melihat segala sesuatu dengan jelas. 26 Sesudah itu Yesus menyuruh dia pulang ke rumahnya dan berkata: "Jangan masuk ke kampung!"

Betsaida = Rumah Ikan. Ikan = manusia, dibawa ke Rumah Allah.
 “Sudahkah kau lihat sesuatu?” Ini berarti Tuhan suruh orang ini untuk menghargai orang lain.

Ada dua kali Tuhan meletakan tangan pada mata orang buta ini: Peletakan tangan pertama (23) itu gerakan hujan awal. Peletakan tangan ke dua (25) itu gerakan hujan akhir.
Orang itu dapat melihat segala sesuatu (25) Itu artinya dia juga bisa melihat Tuhan artinya bisa menghargaai Tuhan sebagai kepala. Menghargai orang lain secara rohani itu adalah menghargai orang lain sebagai anggota tubuh Kristus.

Pengalaman dari Henokh dalam pengangkatan daging yang tidak mengalami kebinasaan. Tubuh yang terpelihara ini nanti akan berlanjut pada tubuh yang dibangkitkan atau mengalami keubahan. Begitu pula dengan tubuh yang dihukum itu nanti tidak akan habis-habisnya.
Why 20;13-15 Mati kedua lautan api.
13 Maka laut menyerahkan orang-orang mati yang ada di dalamnya, dan maut dan kerajaan maut menyerahkan orang-orang mati yang ada di dalamnya, dan mereka dihakimi masing-masing menurut perbuatannya.
14 Lalu maut dan kerajaan maut itu dilemparkanlah ke dalam lautan api. Itulah kematian yang kedua: lautan api.
15 Dan setiap orang yang tidak ditemukan namanya tertulis di dalam kitab kehidupan itu, ia dilemparkan ke dalam lautan api itu
.
Mark 9:42-48 Api yang tidak terpadamkan dan ulat yang tidak akan mati.
42 "Barangsiapa menyesatkan salah satu dari anak-anak kecil yang percaya ini, lebih baik baginya jika sebuah batu kilangan diikatkan pada lehernya lalu ia dibuang ke dalam laut.
43 Dan jika tanganmu menyesatkan engkau, penggallah, karena lebih baik engkau masuk ke dalam hidup dengan tangan kudung dari pada dengan utuh kedua tanganmu dibuang ke dalam neraka, ke dalam api yang tak terpadamkan;
44 (di tempat itu ulatnya tidak akan mati, dan apinya tidak akan padam.)
45 Dan jika kakimu menyesatkan engkau, penggallah, karena lebih baik engkau masuk ke dalam hidup dengan timpang, dari pada dengan utuh kedua kakimu dicampakkan ke dalam neraka;
46 (di tempat itu ulatnya tidak akan mati, dan apinya tidak akan padam.)
47 Dan jika matamu menyesatkan engkau, cungkillah, karena lebih baik engkau masuk ke dalam Kerajaan Allah dengan bermata satu dari pada dengan bermata dua dicampakkan ke dalam neraka,
48 di mana ulat-ulat bangkai tidak mati dan api tidak padam.

Ini puncaknya dari penghukuman, yaitu api neraka, dimana tubuh ini disiksa siang dan malam.
Itu sebabnya ada tudung Mina Gajah, tudung yang menolak segala hukuman yang dasyat atas badan ini.

Buku-buku yang terkena bagian-bagian Tabernakel. 9 buku yang terkena Halaman. – Matius s/d Galatia.
9 buku yang terkena Ruangan Suci. – Efesus s/d Filemon
9 buku yang terkena Ruang Maha Suci. – Ibrani s/d Wahyu

Kitab Wahyu fs 1 s/d fs 12 Bicara soal Peti Perjanjian aslinya.
Fs 13 s/d fs 22 Bicara soal Peti Perjanjian tiruannya.

Kitab Wahyu itu dititik beratkan pada hubungan nikah.
Wahyu fs 8 Hubungan nikah selama ½ jam.
Wahyu 19 Hubungan nikah yang ke dua kalinya.
Wahyu 21 Hubungan nikah yang ke tiga kalinya.
Ini menunjuk pada Allah Tri Tunggal yang ada hubungan nikah dengan sidang mempelai-Nya.

Pada hubungan nikah yang pertama itu dipestakan dengan pembakaran dupa (Why 8) Pada hubungan nikah yang ke dua itu dipestakan dengan sorak sorai. (Why 19) Pada hubungan nikah yang ke tiga itu menuju pada pesta kekal di Yerusalem Baru. (Why 21)

Jadi surat Ibrani itu sebagai pembuka jalan untuk masuk kesempurnaan, sebab surat Ibrani itu terkena tirai.

Yakobus: ada bicara soal pakaian iaman dari Elia : ini terkena tudung Tabernakel.
Kemudian pakaian Kesucian : Pakaian Pengharapan. (itulah suratan 1 dan 2 Petrus)
Kemudian pakaian Kasih : itulah surat I, II, III Yohanes Dengan berbekal tiga pakaian ini kita dihindarkan dari segala hukuman (kitab Yehuda / Tudung Mina Gajah = Pehukuman).

Kalau sudah melewati ini kemudian kita dibawa pada hubungan nikah, yaitu kitab Wahyu.

Semoga Roh Kudus memberikan pengertian kepada kita semua. Tuhan Yesus memberkati.