Translate

18 Okt 2014

Ibadah Pendalaman Alkitab. 17 Oktober 2014. Tabernakel


Ibadah Pendalaman Alkitab.
17 Oktober 2014
TABERNAKEL.
Perintah Tuhan untuk membuat Tabernakel.
Kel 25:10-22
10  "Haruslah mereka membuat tabut dari kayu penaga, dua setengah hasta panjangnya, satu setengah hasta lebarnya dan satu setengah hasta tingginya.
11  Haruslah engkau menyalutnya dengan emas murni; dari dalam dan dari luar engkau harus menyalutnya dan di atasnya harus kaubuat bingkai emas sekelilingnya.
12  Haruslah engkau menuang empat gelang emas untuk tabut itu dan pasanglah gelang itu pada keempat penjurunya, yaitu dua gelang pada rusuknya yang satu dan dua gelang pada rusuknya yang kedua.
13  Engkau harus membuat kayu pengusung dari kayu penaga dan menyalutnya dengan emas.
14  Haruslah engkau memasukkan kayu pengusung itu ke dalam gelang yang ada pada rusuk tabut itu, supaya dengan itu tabut dapat diangkut.
15  Kayu pengusung itu haruslah tetap tinggal dalam gelang itu, tidak boleh dicabut dari dalamnya.
16  Dalam tabut itu haruslah kautaruh loh hukum, yang akan Kuberikan kepadamu.
17  Juga engkau harus membuat tutup pendamaian dari emas murni, dua setengah hasta panjangnya dan satu setengah hasta lebarnya.
18  Dan haruslah kaubuat dua kerub dari emas, kaubuatlah itu dari emas tempaan, pada kedua ujung tutup pendamaian itu.
19  Buatlah satu kerub pada ujung sebelah sini dan satu kerub pada ujung sebelah sana; seiras dengan tutup pendamaian itu kamu buatlah kerub itu di atas kedua ujungnya.
20  Kerub-kerub itu harus mengembangkan kedua sayapnya ke atas, sedang sayap-sayapnya menudungi tutup pendamaian itu dan mukanya menghadap kepada masing-masing; kepada tutup pendamaian itulah harus menghadap muka kerub-kerub itu.
21  Haruslah kauletakkan tutup pendamaian itu di atas tabut dan dalam tabut itu engkau harus menaruh loh hukum, yang akan Kuberikan kepadamu.
22  Dan di sanalah Aku akan bertemu dengan engkau dan dari atas tutup pendamaian itu, dari antara kedua kerub yang di atas tabut hukum itu, Aku akan berbicara dengan engkau tentang segala sesuatu yang akan Kuperintahkan kepadamu untuk disampaikan kepada orang Israel."

Pembuatan ini dimulaikan dengan Peti Perjanjian.
Sebelum perintah pembuatan Peti Perjanjian ini maka didahului dengan ibadah persembahan dari bangsa Israel, sebab dengan persembahan-persembahan itu kemudian dipakai untuk membuat Tabernakel.

Persembahan-persembahan mereka dalam bentuk logam mulia, seperti emas – perak dll.
Berkat-berkat yang Tuhan sediakan pada kita itu, maksud Tuhan agar dapat diperuntukan bagi kepentingan pembangunan Tabernakel.

Seperti yang pernah dialami oleh bangsa Israel sewaktu mereka terima persembahan dari orang-orang Mesir.
Persembahan-persembahan ini hampir dapat dikatakan tidak pernah terpakai, sebab di padang pasir mereka sudah dipelihara oleh Allah, maka pada saat pembangunan Tabernakel, persembahan itu Tuhan kehendaki agar dipersembahkan bagi kepentingan pembuatan Tabernakel.

Namun Tuhan kehendaki agar persembahan itu merupakan persembahan kasih.

Kel 25:1-9
1  Berfirmanlah TUHAN kepada Musa:
2  "Katakanlah kepada orang Israel, supaya mereka memungut bagi-Ku persembahan khusus; dari setiap orang yang terdorong hatinya, haruslah kamu pungut persembahan khusus kepada-Ku itu.
3  Inilah persembahan khusus yang harus kamu pungut dari mereka: emas, perak, tembaga;
4  kain ungu tua, kain ungu muda, kain kirmizi, lenan halus, bulu kambing;
5  kulit domba jantan yang diwarnai merah, kulit lumba-lumba dan kayu penaga;
6  minyak untuk lampu, rempah-rempah untuk minyak urapan dan untuk ukupan dari wangi-wangian,
7  permata krisopras dan permata tatahan untuk baju efod dan untuk tutup dada.
8  Dan mereka harus membuat tempat kudus bagi-Ku, supaya Aku akan diam di tengah-tengah mereka.
9  Menurut segala apa yang Kutunjukkan kepadamu sebagai contoh Kemah Suci dan sebagai contoh segala perabotannya, demikianlah harus kamu membuatnya."

Persembahan itu dinilai bukan semata-mata bendanya, tapi kasihnya kepada Allah.

Tuhan memberikan kesempatan kepada kita untuk mempersembahkan benda-benda itu dalam rangka pembentukan tubuh Kristus. Begitu juga dengan perolehan kita atas firman Allah (berkat rohani), ini juga diperuntukkan bagi pembangunan tubuh Kristus.

Kedudukan Peti itu dibawah dari tutupan. Begitu nanti sampai di Sorga pun kedudukan kita tetap dibawah / sebagai tubuh yang harus dikepalai.
Why 17:5-7 ; 18:6-7 Wanita Babel yang mau beremansipasi untuk hal yang negative.
Sebagai wanita ia duduk diatas binatang (antikrist), ini sikap menghojat Peti Perjanjian.
5  Dan pada dahinya tertulis suatu nama, suatu rahasia: "Babel besar, ibu dari wanita-wanita pelacur dan dari kekejian bumi."
6  Dan aku melihat perempuan itu mabuk oleh darah orang-orang kudus dan darah saksi-saksi Yesus. Dan ketika aku melihatnya, aku sangat heran.
7  Lalu kata malaikat itu kepadaku: "Mengapa engkau heran? Aku akan mengatakan kepadamu rahasia perempuan itu dan rahasia binatang yang memikulnya, binatang yang berkepala tujuh dan bertanduk sepuluh itu.

Why 18:6-7
6  Balaskanlah kepadanya, sama seperti dia juga membalaskan, dan berikanlah kepadanya dua kali lipat menurut pekerjaannya, campurkanlah baginya dua kali lipat di dalam cawan pencampurannya;
7  berikanlah kepadanya siksaan dan perkabungan, sebanyak kemuliaan dan kemewahan, yang telah ia nikmati. Sebab ia berkata di dalam hatinya: Aku bertakhta seperti ratu, aku bukan janda, dan aku tidak akan pernah berkabung.

Ini sikap menghujat dari ketentuan Allah. Sebab manusia itu diciptakan menurut teladan Allah, tidak boleh diubah-ubah.
Itulah sebabnya banyak terjadi kehancuran nikah, sebab seorang wanita yang ingin beremansipasi ini, salah kedudukan salah tempatnya.

Peti Perjanjian itu dibuat dari kayu penaga yang luar dalamnya dibungkus dengan emas.
Manusia yang disalut dengan Roh Kudus diluar dalamnya, sehingga kalau diperiksa tidak tertampak kayu, hanya emas saja = kemuliaan dari Roh Kudus.

Manusia itu seperti rumput, dan kemuliaannya bagaikan bunga rumput.
Yak 1:10-11 Jangan menaruh harap pada kekayaan.
10  dan orang kaya karena kedudukannya yang rendah sebab ia akan lenyap seperti bunga rumput.
11  Karena matahari terbit dengan panasnya yang terik dan melayukan rumput itu, sehingga gugurlah bunganya dan hilanglah semaraknya. Demikian jugalah halnya dengan orang kaya; di tengah-tengah segala usahanya ia akan lenyap.

1 Pet 1:24,25 Daging ini seperti rumput.
24 Sebab: "Semua yang hidup adalah seperti rumput dan segala kemuliaannya seperti bunga rumput, rumput menjadi kering, dan bunga gugur,
25  tetapi firman Tuhan tetap untuk selama-lamanya." Inilah firman yang disampaikan Injil kepada kamu.

Jadi seperti kayu itu tersalut / terkontrolkan dengan emas = sifat ilahi.
Tuhan mau menampilkan gereja-Nya dalam sifat ilahi.
1 Kor 11:3
3  Tetapi aku mau, supaya kamu mengetahui hal ini, yaitu Kepala dari tiap-tiap laki-laki ialah Kristus, kepala dari perempuan ialah laki-laki dan Kepala dari Kristus ialah Allah.

Tunduknya seorang istri kepada suaminya itu selaku anggota tubuh yang tunduk kepada kepala.
Begitu juga dengan suami yang harus tunduk kepada kepala yaitu Kristus.

Pada Peti itu ada bingkai:
Bingkai itu ada pada Petinya, bukan pada Tutupnya.
Ini seperti mahkota pada mempelai Perempuan. Ini menunjuk persekutuan dengan mempelai laki-laki.

Seorang laki-laki itu berhutang untuk membayar kepada istrinya, berhutang membayar kerelaan, begitu juga sebaliknya.
1 Kor 7:3-4
3  Hendaklah suami memenuhi kewajibannya terhadap isterinya, demikian pula isteri terhadap suaminya.
4  Isteri tidak berkuasa atas tubuhnya sendiri, tetapi suaminya, demikian pula suami tidak berkuasa atas tubuhnya sendiri, tetapi isterinya.

Istri itu tidak berkuasa atas tubuhnya sendiri, seperti Tutupan Peti itu bertugas mengayomi. Tetapi dari pihak wanita harus ada kerelaan untuk diayomi oleh Tutupan ini.
Ini bicara mengenai hubungan nikah yang tidak bisa diubah.
Itu sebabnya pada Peti itu ada bingkai / perhiasan.

Pada Peti itu ditaruhkan pikulan. Pikulan ini tidak boleh lepas dari Peti itu. Ini adalah kasih Allah yang begitu kuat, yang mempunyai kekuatan menanggung / memikul dan menopang, yang diberikan pada sidang mempelai-Nya.

Suka menanggung beban orang lain untuk maksud yang baik terutama yang ada hubungannya dengan pembentukan tubuh.
Ini harus menjadi sifat dari sidang mempelai Tuhan.

Kalau diajak untuk menanggung beban dari pembentukan tubuh, itu suka sekali. Ini menjadi ciri khas dari gereja yang aktif dan bergerak.pikul = itu artinya agar tidak pasif, tapi bisa berpindah-pindah.

Penanggung itu harus ada pada pikulan itu, tidak boleh diganti dengan roda, seperti pada zamannya Daud
2 Sam 6:3-14
3  Mereka menaikkan tabut Allah itu ke dalam kereta yang baru setelah mengangkatnya dari rumah Abinadab yang di atas bukit. Lalu Uza dan Ahyo, anak-anak Abinadab, mengantarkan kereta itu.
4  Uza berjalan di samping tabut Allah itu, sedang Ahyo berjalan di depan tabut itu.
5  Daud dan seluruh kaum Israel menari-nari di hadapan TUHAN dengan sekuat tenaga, diiringi nyanyian, kecapi, gambus, rebana, kelentung dan ceracap.
6 Ketika mereka sampai ke tempat pengirikan Nakhon, maka Uza mengulurkan tangannya kepada tabut Allah itu, lalu memegangnya, karena lembu-lembu itu tergelincir.
7  Maka bangkitlah murka TUHAN terhadap Uza, lalu Allah membunuh dia di sana karena keteledorannya itu; ia mati di sana dekat tabut Allah itu.
8  Daud menjadi marah, karena TUHAN telah menyambar Uza demikian hebatnya; maka tempat itu disebut orang Peres-Uza sampai sekarang.
9  Pada waktu itu Daud menjadi takut kepada TUHAN, lalu katanya: "Bagaimana tabut TUHAN itu dapat sampai kepadaku?"
10  Sebab itu Daud tidak mau memindahkan tabut TUHAN itu ke tempatnya, ke kota Daud, tetapi Daud menyimpang dan membawanya ke rumah Obed-Edom, orang Gat itu.
11  Tiga bulan lamanya tabut Tuhan itu tinggal di rumah Obed-Edom, orang Gat itu, dan TUHAN memberkati Obed-Edom dan seisi rumahnya.
12  Diberitahukanlah kepada raja Daud, demikian: "TUHAN memberkati seisi rumah Obed-Edom dan segala yang ada padanya oleh karena tabut Allah itu." Lalu Daud pergi mengangkut tabut Allah itu dari rumah Obed-Edom ke kota Daud dengan sukacita.
13  Apabila pengangkat-pengangkat tabut TUHAN itu melangkah maju enam langkah, maka ia mengorbankan seekor lembu dan seekor anak lembu gemukan.
14  Dan Daud menari-nari di hadapan TUHAN dengan sekuat tenaga; ia berbaju efod dari kain lenan.

Jadi penanggung itu tidak boleh dilenyapkan, tidak boleh mengambil jalan gampang seperti roda tadi.
Melayani pekerjaan Tuhan yang bermaksud menanggung itu yang baik.

Imam-imam itu penanggung beban dari Peti Perjanjian.
Dalam sidang itu harus ada imam-imam selain anggota biasa, yang bertanggung jawab menanggung beban, imam-imam yang dipilih melewati suatu tahbisan yang benar.

Tuhan Yesus memberkati!