Translate

7 Sep 2014

Ibadah Pendalaman Alkitab, 5 September 2014. "Tudung Bulu Kambing"



Ibadah Pendalaman Alkitab.  5 September 2014
TUDUNG BULU KAMBING (Tudung ke 2)

Kel 26:7-13
7  Juga haruslah engkau membuat tenda-tenda dari bulu kambing menjadi atap kemah yang menudungi Kemah Suci, sebelas tenda harus kaubuat.
8  Panjang tiap-tiap tenda harus tiga puluh hasta dan lebar tiap-tiap tenda empat hasta: yang sebelas tenda itu harus sama ukurannya.
9  Lima dari tenda itu haruslah kausambung dengan tersendiri, dan enam dari tenda itu dengan tersendiri, dan tenda yang keenam haruslah kaulipat dua, di sebelah depan kemah itu.
10  Haruslah engkau membuat lima puluh sosok pada rangkapan yang pertama di tepi satu tenda yang di ujung dan lima puluh sosok di tepi satu tenda pada rangkapan yang kedua.
11  Haruslah engkau membuat lima puluh kaitan tembaga dan memasukkan kaitan itu ke dalam sosok-sosok dan menyambung tenda-tenda kemah itu, supaya menjadi satu.
12  Mengenai bagian yang berjuntai itu, yang berlebih pada tenda kemah itu, haruslah setengah dari tenda yang berlebih itu berjuntai di sebelah belakang Kemah Suci.
13  Sehasta di sebelah sini dan sehasta di sebelah sana pada bagian yang berlebih pada panjang tenda-tenda kemah itu haruslah berjuntai pada sisi-sisi Kemah Suci, di sebelah sini dan di sebelah sana untuk menudunginya.

Fungsi dari tenda yang ke 2 ini adalah untuk menudungi.
Tenda itu berasal dari bulu kambing.
Urutanya sedemikian rupa, tidak boleh terbalik, sebab itu urutan spiritual yang tidak dapat diobah.
Tudung 1 = bicara soal Iman.
Tudung 2 = bicara soal Harap.
Tudung 3 = bicara soal Kasih.
1 Kor 13:13
13  Demikianlah tinggal ketiga hal ini, yaitu iman, pengharapan dan kasih, dan yang paling besar di antaranya ialah kasih.

Susunan ini seperti sudah digambarkan dalam Tabernakel yaitu : Halaman – RS – RMS (Kebenaran – Kesucian dan Kesempurnaan)

Tudung bulu kambing ini terdiri dari 11 tenda; panjang setiap tenda = 30 hasta.
Kalau tenda itu bicara soal Tabernakel, maka tenda itu mengena pasir. Tapi tidak! Sebab iman itu bukan dari Iblis (pasir) = dunia dalam kekuasaan Iblis.
Tudung Bulu Kambing ini bukan bicara soal iman, tapi ditekankan soal penudungannya.
Penudungan secara menyeluruh, baik didepan maupun di belakang secara menjuntai itu.
Jadi panjangnya 30 hasta, lebarnya 4 hasta.

Tenda-tenda ini terbagi 2 bagian yaitu 5 dan 6.
Yang 6 itu menjadi satu kelompok, tapi yang satu itu dilipat dua disebelah depan.
Dua kelompok tenda itu di ikatkan dengan 50 pita kain, dan kemudian dipererat dengan 50 pengait yang dibuat dari tembaga.
Ayat 10-11.
Tudung bagian belakang itu menghubungi RMS.
Jadi Tudung Bulu Kambing itu menutup secara sempurna dari Tabernakel.
Fungsi dari penudung ini yang harus kita perhatikan.
Tudung ini bicara dari hal kesucian dan laku kesucian (perbuatan suci)

Dalam PB ; bulu yang menutup manusia itu adalah rambutnya, sebagai tanda kemuliaan.
Jadi rambut manusia ini tugasnya adalah menudungi.
Ini kena mengena dengan ibadah, sebab kalau wanita memotong rambutnya itu seperti laki-laki, maka itu adalah kehinaan.
Begitu juga dengan laki-laki yang membiarkan rambutnya panjang seperti wanita.Tanda dari wanita itu dari rambutnya.
1 Kor 11:5-6,15 Rambut diberi oleh Tuhan sebagai tanda.
5  Tetapi tiap-tiap perempuan yang berdoa atau bernubuat dengan kepala yang tidak bertudung, menghina kepalanya, sebab ia sama dengan perempuan yang dicukur rambutnya.
6  Sebab jika perempuan tidak mau menudungi kepalanya, maka haruslah ia juga menggunting rambutnya. Tetapi jika bagi perempuan adalah penghinaan, bahwa rambutnya digunting atau dicukur, maka haruslah ia menudungi kepalanya.  
15  tetapi bahwa adalah kehormatan bagi perempuan, jika ia berambut panjang? Sebab rambut diberikan kepada perempuan untuk menjadi penudung.

Bil 6:5 Seorang nazir tidak boleh mencukur rambutnya.
5  Selama waktu nazarnya sebagai orang nazir janganlah pisau cukur lalu di kepalanya; sampai genap waktunya ia mengkhususkan dirinya bagi TUHAN, haruslah ia tetap kudus dan membiarkan rambutnya tumbuh panjang.  

Rambut panjang seorang nazir itu sebagai tanda kesucian.
Jadi arti dari rambut panjang menurut Torat itu adalah kesucian, tapi untuk sekarang itu adalah kesucian didalam.
Hal itu bukan merombak Taurat, tapi menggenapinya.

Simson juga punya 7 jalin rambut, dan disitu letak kekuatannya.
Hak 16:15-21
15  Berkatalah perempuan itu kepadanya: "Bagaimana mungkin engkau berkata: Aku cinta kepadamu, padahal hatimu tidak tertuju kepadaku? Sekarang telah tiga kali engkau mempermain-mainkan aku dan tidak mau menceritakan kepadaku, karena apakah kekuatanmu demikian besar."
16  Lalu setelah perempuan itu berhari-hari merengek-rengek kepadanya dan terus mendesak-desak dia, ia tidak dapat lagi menahan hati, sehingga ia mau mati rasanya.
17  Maka diceritakannyalah kepadanya segala isi hatinya, katanya: "Kepalaku tidak pernah kena pisau cukur, sebab sejak dari kandungan ibuku aku ini seorang nazir Allah. Jika kepalaku dicukur, maka kekuatanku akan lenyap dari padaku, dan aku menjadi lemah dan sama seperti orang-orang lain."
18  Ketika dilihat Delila, bahwa segala isi hatinya telah diceritakannya kepadanya, disuruhnyalah memanggil raja-raja kota orang Filistin, katanya: "Sekali ini lagi datanglah ke mari, sebab ia telah menceritakan segala isi hatinya kepadaku." Lalu datanglah raja-raja kota orang Filistin itu kepadanya sambil membawa uang itu.
19  Sesudah itu dibujuknya Simson tidur di pangkuannya, lalu dipanggilnya seorang dan disuruhnya mencukur ketujuh rambut jalinnya, sehingga mulailah Simson ditundukkan oleh perempuan itu, sebab kekuatannya telah lenyap dari padanya.
20  Lalu berserulah perempuan itu: "Orang Filistin menyergap engkau, Simson!" Maka terjagalah ia dari tidurnya serta katanya: "Seperti yang sudah-sudah, aku akan bebas dan akan meronta lepas." Tetapi tidaklah diketahuinya, bahwa TUHAN telah meninggalkan dia.
21  Orang Filistin itu menangkap dia, mencungkil kedua matanya dan membawanya ke Gaza. Di situ ia dibelenggu dengan dua rantai tembaga dan pekerjaannya di penjara ialah menggiling.

Roh Allah itu di gambarkan seperti 7 Roh Allah dalam kitab Wahyu.
6  Maka aku melihat di tengah-tengah takhta dan keempat makhluk itu dan di tengah-tengah tua-tua itu berdiri seekor Anak Domba seperti telah disembelih, bertanduk tujuh dan bermata tujuh: itulah ketujuh Roh Allah yang diutus ke seluruh bumi.

Bicara soal angka 7 ini, kita tidak melupakan pada kekuatan Roh Allah. Baik itu karunia maupun jabatan.
Jabatan didahului dengan karunia, dan karunia didahului dengan baptisan Roh Kudus.

Rambut berfungsi sebagai penutup, tanda kesucian dari kuasa Roh.

Kesimpulannya:
Rambut itu bicara soal kesucian dari Roh Kudus.

Kalau orang Israel kena kusta harus dicukur rambutnya, itu bukan kenajisan lagi.
Im 14:8-9
8  Orang yang akan ditahirkan itu haruslah mencuci pakaiannya, mencukur seluruh rambutnya dan membasuh tubuhnya dengan air, maka ia menjadi tahir. Sesudah itu ia boleh masuk ke dalam perkemahan, tetapi harus tinggal di luar kemahnya sendiri tujuh hari lamanya.
9  Maka pada hari yang ketujuh ia harus mencukur seluruh rambutnya: rambut kepala, janggut, alis, bahkan segala bulunya harus dicukur, pakaiannya dicuci, dan tubuhnya dibasuh dengan air; maka ia menjadi tahir.

Sebagai tanda kalau ia kena kusta, dan sebagai bukti kalau ia sudah ditahirkan, maka harus lewat pencukuran ini.
Jadi cukur rambut disini bicara dari hal kena kusta.

Mengenai bulu kambing ini sangat ditekankan soal kesucian.
Kalau kita menjadi mempelai perempuan Tuhan, maka tanda kesucian itu harus jelas.
Seperti halnya rambut itu menjadi sasaran pertama dari pandangan orang.
Kid 4:1
1  Lihatlah, cantik engkau, manisku, sungguh cantik engkau! Bagaikan merpati matamu di balik telekungmu. Rambutmu bagaikan kawanan kambing yang bergelombang turun dari pegunungan Gilead.

Kid 6:5
5 Palingkanlah matamu dari padaku, sebab aku menjadi bingung karenanya. Rambutmu bagaikan kawanan kambing yang bergelombang turun dari Gilead.

Mempelai pria tertarik pada pandangan langsung, yaitu kesucian yang nampak jelas.

Bulu-bulu domba itu gambar dari anak-anak Tuhan yang mengalami penyucian.
1 Pet 1:22 Disucikan oleh firman Kebenaran dan Roh Kudus dan oleh Kasih.
22  Karena kamu telah menyucikan dirimu oleh ketaatan kepada kebenaran, sehingga kamu dapat mengamalkan kasih persaudaraan yang tulus ikhlas, hendaklah kamu bersungguh-sungguh saling mengasihi dengan segenap hatimu.

Kepala yang ditudungi oleh rambut.
Pada kepala ini ada 2 ruangan: Otak besar dan otak kecil.
Ini menunjuk : RS dan RMS.
Manusia ini terbangun menurut susunan Tabernakel.
Pada tubuh ada dua rongga: rongga dada (jantung) = ini menunjuk Peti Perjanjian.
Kemudian rongga perut = (disitu ada MRS tempat menampung makanan).
Sedangkan roh manusia itu bicara dari hal ukupan penyembahan.

Bersambung....
Tuhan