Translate

27 Jul 2014

Ibadah Raya. 27 Juli 2014. "Aku akan pergi pulang ketempatKu"



“AKU AKAN PERGI PULANG KETEMPATKU”

Siapa yang mengatakan ini?
Tuhan yang mengatakannya; karena hati Tuhan dibuat jengkel &  kesal oleh umat-Nya.
Kapan hati Tuhan menjadi jengkel terhadap umat-Nya?
Berikut ini kita akan membahasnya.
Hos 5:15
15 Aku akan pergi pulang ke tempat-Ku, sampai mereka mengaku bersalah dan mencari wajah-Ku. Dalam kesesakannya mereka akan merindukan Aku:

Ayat ini mengungkapkan rasa kesal & jengkel hatinya Tuhan terhadap umat-Nya.
Dengan terpaksa Tuhan akan meninggalkan mereka sampai mereka mau mengaku kesalahan mereka dan mau mencari wajah Tuhan.
Tuhan mengijinkan umat-Nya mengalamai kesesakan, sampai satu saat mereka merindukan Tuhan.

Firman Tuhan kali ini akan membahas tentang orang yang ditinggalkan Tuhan.

Ayat 15 ini dibuka dengan kata: “Aku akan pergi pulang ke tempat-Ku”
Ini berarti Allah akan meninggalkan umat-Nya.
Apa alasan Allah meninggalkan umat-Nya?
Karena Israel telah berzinah rohani dengan jalan menyembah Baal.
Mereka telah meninggalkan Allah mereka.

Hos 2:4,11,14,15
 Sebab ibu mereka telah menjadi sundal; dia yang mengandung mereka telah berlaku tidak senonoh. Sebab dia berkata: Aku mau mengikuti para kekasihku, yang memberi roti dan air minumku, bulu domba dan kain lenanku, minyak dan minumanku.

11.-Aku akan memusnahkan pohon anggurnya dan pohon aranya, yang tentangnya dikatakannya: Ini semuanya pemberian kepadaku, yang dihadiahkan kepadaku oleh para kekasihku! Aku akan membuatnya menjadi hutan, dan binatang-binatang di padang akan memakannya habis.

14.- Aku akan memberikan kepadanya kebun anggurnya dari sana, dan membuat lembah Akhor menjadi pintu pengharapan. Maka dia akan merelakan diri di sana seperti pada masa mudanya, seperti pada waktu dia berangkat keluar dari tanah Mesir.
15.-  Maka pada waktu itu, demikianlah firman TUHAN, engkau akan memanggil Aku: Suamiku, dan tidak lagi memanggil Aku: Baalku!

Israel telah kehilangan 3 perkara:
Pertama: Kesetiaan.
Kedua   : Kasih.
Ketiga   : Pengenalan akan Allah.

Hos 4:1-3
1 Dengarlah firman TUHAN, hai orang Israel, sebab TUHAN mempunyai perkara dengan penduduk negeri ini, sebab tidak ada kesetiaan dan tidak ada kasih, dan tidak ada pengenalan akan Allah di negeri ini.
2  Hanya mengutuk, berbohong, membunuh, mencuri, berzinah, melakukan kekerasan dan penumpahan darah menyusul penumpahan darah.
3  Sebab itu negeri ini akan berkabung, dan seluruh penduduknya akan merana; juga binatang-binatang di padang dan burung-burung di udara, bahkan ikan-ikan di laut akan mati lenyap.

“AKU AKAN PERGI PULANG KETEMPATKU”

Ini berarti mereka telah ditinggalkan Tuhan.
Sejauh manakah kesalahan mereka terhadap Tuhan? Sehingga Tuhan bermaksud meninggalkannya?
Selain hal-hal yang sudah kita bahas diatas, ada lagi persoalan-persoalan yang tidak boleh dianggap enteng, sebab ini juga merupakan penyebab Allah menjadi murka.
Berikut ini kita akan melihatnya:

Mereka menyangka selama ini bahwa berkat-berkat itu datang dari Baal yang mereka sembah, bukan dari Tuhan datangnya.
Pada hal Tuhanlah yang sudah memberkati mereka.
Hos 2:3-6
3.- Tentang anak-anaknya, Aku tidak menyayangi mereka, sebab mereka adalah anak-anak sundal.
4.- Sebab ibu mereka telah menjadi sundal; dia yang mengandung mereka telah berlaku tidak senonoh. Sebab dia berkata: Aku mau mengikuti para kekasihku, yang memberi roti dan air minumku, bulu domba dan kain lenanku, minyak dan minumanku.
5.-Sebab itu, sesungguhnya, Aku akan menyekat jalannya dengan duri-duri, dan mendirikan pagar tembok mengurung dia, sehingga dia tidak dapat menemui jalannya.
6.- Dia akan mengejar para kekasihnya, tetapi tidak akan mencapai mereka; dia akan mencari mereka, tetapi tidak bertemu dengan mereka. Maka dia akan berkata: Aku akan pulang kembali kepada suamiku yang pertama, sebab waktu itu aku lebih berbahagia dari pada sekarang.

“Aku mau mengikuti para kekasihku, yang memberi roti dan air minumku, bulu domba dan kain lenanku, minyak dan minumanku.”

Yang dimaksud dengan kekasihku disini adalah Baal, yang mereka anggap sudah memberkati mereka.

Mereka lupa bahwa Tuhanlah yang memberi berkat kepada mereka, seperti janji Tuhan dalam:
Kel 23:25
25  Tetapi kamu harus beribadah kepada TUHAN, Allahmu; maka Ia akan memberkati roti makananmu dan air minumanmu dan Aku akan menjauhkan penyakit dari tengah-tengahmu.

Berkat itu akan datang mengalir jika umat Tuhan tahu beribadah kepada-Nya.

Kalau umat Tuhan tidak tahu mengucap syukur kepada Tuhan, akhirnya berkat-berkat itu ditutup:
Hos 2:7-9
7.-  Tetapi dia tidak insaf bahwa Akulah yang memberi kepadanya gandum, anggur dan minyak, dan yang memperbanyak bagi dia perak dan emas yang dibuat mereka menjadi patung Baal.
8.- Sebab itu Aku akan mengambil kembali gandum-Ku pada masanya dan anggur-Ku pada musimnya, dan akan merampas kain bulu domba dan kain lenan-Ku yang harus menutupi auratnya.
9.- Dan sekarang, Aku akan menyingkapkan kemaluannya, di depan mata para kekasihnya, dan seorangpun tidak akan melepaskan dia dari tangan-Ku.

Bukan cuma ditinggalkan oleh Tuhan, tapi mereka juga dipermalukan.

Band :Yer 17:13
13 Ya Pengharapan Israel, TUHAN, semua orang yang meninggalkan Engkau akan menjadi malu; orang-orang yang menyimpang dari pada-Mu akan dilenyapkan di negeri, sebab mereka telah meninggalkan sumber air yang hidup, yakni TUHAN.

Hos 2:10-12
10.- Aku akan menghentikan segala kegirangannya, hari rayanya, bulan barunya dan hari Sabatnya dan segala perayaannya.
11.- Aku akan memusnahkan pohon anggurnya dan pohon aranya, yang tentangnya dikatakannya: Ini semuanya pemberian kepadaku, yang dihadiahkan kepadaku oleh para kekasihku! Aku akan membuatnya menjadi hutan, dan binatang-binatang di padang akan memakannya habis.
12.- Dan Aku akan menghukum dia karena hari-hari ketika dia membakar korban untuk para Baal, berhias dengan anting-antingnya dan kalungnya, dan mengikuti para kekasihnya dan melupakan Aku," demikianlah firman TUHAN.

Ay11 Orang yang ditinggalkan Tuhan tidak ada suka cita.

Band Yes 35:10
10 dan orang-orang yang dibebaskan TUHAN akan pulang dan masuk ke Sion dengan bersorak-sorai, sedang sukacita abadi meliputi mereka; kegirangan dan sukacita akan memenuhi mereka, kedukaan dan keluh kesah akan menjauh.

Hos 2:11 “Aku akan memusnakan pohon anggurnya dan pohon aranya”
Hasil mata pencaharian juga dihentikannya.

Band Mal 3:11-12
11  Aku akan menghardik bagimu belalang pelahap, supaya jangan dihabisinya hasil tanahmu dan supaya jangan pohon anggur di padang tidak berbuah bagimu, firman TUHAN semesta alam.
12  Maka segala bangsa akan menyebut kamu berbahagia, sebab kamu ini akan menjadi negeri kesukaan, firman TUHAN semesta alam.

Hos 2:12 “Aku akan menghukum dia karena hari-hari ketika dia membakar korban untuk para Baal,……

Ini benar-benar Allah menjadi murka karena perbuatan umat-Nya yang menyakitkan hati Tuhan.
Allah tidak bisa dipermainkan:
Hos 5:4
4 Perbuatan-perbuatan mereka tidak mengizinkan mereka berbalik kepada Allah mereka, sebab roh perzinahan ada di antara mereka, dan mereka tidak mengenal TUHAN.

Karena perbuatan jahat mereka inilah kemudian Tuhan mengambil posisi sebagai lawan dari Israel.
Hos 5:12-14
12  Sebab itu Aku ini akan seperti ngengat bagi Efraim dan seperti belatung bagi kaum Yehuda.
13  Ketika Efraim melihat penyakitnya, dan Yehuda melihat bisulnya, maka pergilah Efraim ke Asyur dan mengutus orang kepada Raja ‘Agung’. Tetapi iapun tidak dapat menyembuhkan kamu dan tidak dapat melenyapkan bisul itu dari padamu.
14  Sebab Aku ini seperti singa bagi Efraim, dan seperti singa muda bagi kaum Yehuda. Aku, Aku ini akan menerkam, lalu pergi, Aku akan membawa lari dan tidak ada yang melepaskan.
Karena sudah separah itulah kondisi umat Allah, maka Allah mengambil keputusan akan meninggalkan mereka.
Tidak ada jalan keluar lain selain harus kembali kepada Tuhan dan mencari wajah-Nya.

Dalam fatsal 6 ada himbauan agar umat-Nya mau kembali kepada-Nya.
Hos 6:1-3
1  "Mari, kita akan berbalik kepada TUHAN, sebab Dialah yang telah menerkam dan yang akan menyembuhkan kita, yang telah memukul dan yang akan membalut kita.
2  Ia akan menghidupkan kita sesudah dua hari, pada hari yang ketiga Ia akan membangkitkan kita, dan kita akan hidup di hadapan-Nya.
3  Marilah kita mengenal dan berusaha sungguh-sungguh mengenal TUHAN; Ia pasti muncul seperti fajar, Ia akan datang kepada kita seperti hujan, seperti hujan pada akhir musim yang mengairi bumi."

Tuhan itu bukan Tuhan yang kejam, yang hanya bisa melukai kemudian dibiarkan luka itu, sebaliknya DIA akan membebatnya.

Band: Ayb 5:18
18 Karena Dialah yang melukai, tetapi juga yang membebat; Dia yang memukuli, tetapi yang tangan-Nya menyembuhkan pula.

Kita diajak untuk mengenal Tuhan dengan sungguh-sungguh, sebab Ia akan muncul seperti fajar, Ia akan datang seperti hujan.

Jika tadi Tuhan sudah mengambil keputusan untuk pergi pulang ketempat-Nya, tapi karena ada penyesalan dan pengakuan dosa dengan sungguh-sungguh maka pada akhirnya Dia akan muncul kembali seperti fajar.

Tuhan itu lebih menyukai umat-Nya mengenal Dia dengan benar, dari pada korban-korban bakaran.
Hos 6:1,3,6.
1  "Mari, kita akan berbalik kepada TUHAN, sebab Dialah yang telah menerkam dan yang akan menyembuhkan kita, yang telah memukul dan yang akan membalut kita.
3  Marilah kita mengenal dan berusaha sungguh-sungguh mengenal TUHAN; Ia pasti muncul seperti fajar, Ia akan datang kepada kita seperti hujan, seperti hujan pada akhir musim yang mengairi bumi."
6  Sebab Aku menyukai kasih setia, dan bukan korban sembelihan, dan menyukai pengenalan akan Allah, lebih dari pada korban-korban bakaran.

Lewat penjelasan firman Tuhan ini kita dibawa untuk mengerti hatinya Tuhan. Sekarang bagaimana dengan sikap kita?
Marilah kita merespon ajakan Tuhan:
Kita mau berbalik bertobat kepada Allah dengan sungguh-sungguh.
Tuhan berjanji segala luka-luka kita akan dibebat-Nya. (termasuk luka dihati) akan disembuhkan Tuhan.
Dia berjanji akan membangkitkan kita pada hari ke 3.
Hos 6:2
2 Ia akan menghidupkan kita sesudah dua hari, pada hari yang ketiga Ia akan membangkitkan kita, dan kita akan hidup di hadapan-Nya.

Hari yang ke 3 adalah hari kebangkitan setelah mengalami kematian.
Janji Tuhan akan membangkitkan kita kembali.

Tuhan Yesus memberkati.