Translate

6 Jul 2014

Ibadah Raya 6 Juli 2014. TUHANLAH PENOLONG SATU-SATUNYA




TUHANLAH PENOLONG SATU-SATUNYA.
Yes 31:1-5.
1 Celakalah orang-orang yang pergi ke Mesir minta pertolongan, yang mengandalkan kuda-kuda, yang percaya kepada keretanya yang begitu banyak, dan kepada pasukan berkuda yang begitu besar jumlahnya, tetapi tidak memandang kepada Yang Mahakudus, Allah Israel, dan tidak mencari TUHAN.
2 Akan tetapi Dia yang bijaksana akan mendatangkan malapetaka, dan tidak menarik firman-Nya; Ia akan bangkit melawan kaum penjahat, dan melawan bala bantuan orang-orang lalim.
3 Sebab orang Mesir adalah manusia, bukan allah, dan kuda-kuda mereka adalah makhluk yang lemah, bukan roh yang berkuasa. Apabila TUHAN mengacungkan tangan-Nya, tergelincirlah yang membantu dan jatuhlah yang dibantu, dan mereka sekaliannya habis binasa bersama-sama.
4 Sebab beginilah firman TUHAN kepadaku: Seperti seekor singa atau singa muda menggeram untuk mempertahankan mangsanya, dan tidak terkejut mendengar teriakan seluruh pasukan gembala yang dikerahkan melawan dia, dan tidak mengalah terhadap keributan mereka, demikianlah TUHAN semesta alam akan turun berperang untuk mempertahankan gunung Sion dan bukitnya.
5 Seperti burung yang berkepak-kepak melindungi sarangnya, demikianlah TUHAN semesta alam akan melindungi Yerusalem, ya, melindungi dan menyelamatkannya, memeliharanya dan menjauhkan celaka.

Ayat 1. bicara tentang orang yang berharap kepada dunia ini. Mesir gambarnya dunia ini. Minta pertolongan bukan kepada Tuhan tetapi kepada dunia. yang mengandalkan kuda-kuda yang percaya kepada keretanya yang begitu banyak. Kuda dan kereta: Pada zaman dahulu kuda merupakan kekuatan yang diandalkan oleh seorang raja.

Raja Salomo juga memiliki kuda dan kereta yang begitu banyak.
1 Raj 10:26 (1400 KERETA DAN 12000 ORANG BERKUDA)
Salomo mengumpulkan juga kereta dan orang berkuda, sehingga ia mempunyai seribu empat ratus kereta dan dua belas ribu orang berkuda, yang semuanya ditempatkan dalam kota-kota kereta dan dekat raja di Yerusalem.

Ini menggambarkan kekuatan angkatan perangnya.
Memang kuda adalah binatang yang tidak takut jika dibawa kemedan perang, sekalipun harus menghadapi pedang, tombak dan panah. Sebab memang kuda ini diciptakan allah menjadi binatang yang dipakai untuk berperang.
Ayub 39:22-28 (Bicara tentang kuda)
22  Engkaukah yang memberi tenaga kepada kuda? Engkaukah yang mengenakan surai pada tengkuknya? 23  Engkaukah yang membuat dia melompat seperti belalang? Ringkiknya yang dahsyat mengerikan.
24  Ia menggaruk tanah lembah dengan gembira, dengan kekuatan ia maju menghadapi senjata.
25  Kedahsyatan ditertawakannya, ia tidak pernah kecut hati, dan ia pantang mundur menghadapi pedang. 26  Di atas dia tabung panah gemerencing, tombak dan lembing gemerlapan;
27  dengan garang dan galak dilulurnya tanah, dan ia meronta-ronta kalau kedengaran bunyi sangkakala;
28  ia meringkik setiap kali sangkakala ditiup; dan dari jauh sudah diciumnya perang, gertak para panglima dan pekik.
 
ay 22 – Kuda terkenal dengan tenaganya. Itu sebabnya ada istilah dalam kecepatan kendaraan khususnya mobil. Jadi kuda ini menggambarkan kekuatan (kekuatan daging).
Selain tenaganya juga surainya. Surai pada tengkuknya = menggambarkan keindahan / kebanggaan yang dipunyai oleh seekor kuda. Jadi orang yang mengandalkan kuda-kudanya disini berarti orang yang suka mengandalkan kekuatannya, selain itu juga berbangga-bangga dengan apa yang dimilikinya.

Luk 12:20-21 (seperti yang diperbuat oleh orang kaya ini)
20 Tetapi firman Allah kepadanya: Hai engkau orang bodoh, pada malam ini juga jiwamu akan diambil dari padamu, dan apa yang telah kausediakan, untuk siapakah itu nanti?
21 Demikianlah jadinya dengan orang yang mengumpulkan harta bagi dirinya sendiri, jikalau ia tidak kaya di hadapan Allah."

Ayub 39:23 Kuda juga terkenal dengan lompatannya dan ringkikannya yang dasyat.

Lompat = lincah bisa kemana-mana. (inipun dicela oleh Tuhan) Lompatan kuda ini gambaran seorang yang bersandar pada akal kepandaiannya: dia pikir bisa lompat sana lompat sini, cari bantuan sana-sini. Tapi satu saat kepandaiannya tidak mampu menolong orang tersebut, sebab dia menemui jalan buntu.

Yer 17:5-8
5 Beginilah firman TUHAN: "Terkutuklah orang yang mengandalkan manusia, yang mengandalkan kekuatannya sendiri, dan yang hatinya menjauh dari pada TUHAN!
6 Ia akan seperti semak bulus di padang belantara, ia tidak akan mengalami datangnya keadaan baik; ia akan tinggal di tanah angus di padang gurun, di negeri padang asin yang tidak berpenduduk.
7 Diberkatilah orang yang mengandalkan TUHAN, yang menaruh harapannya pada TUHAN!
8 Ia akan seperti pohon yang ditanam di tepi air, yang merambatkan akar-akarnya ke tepi batang air, dan yang tidak mengalami datangnya panas terik, yang daunnya tetap hijau, yang tidak kuatir dalam tahun kering, dan yang tidak berhenti menghasilkan buah.

Ringkiknya yang dasyat: Ringkik : terdengar suara kuda; sama seperti kokok ayam jantan. Ini satu lagi yang sering diperbuat orang: yaitu berbangga-bangga dengan ucapannya = sombong – arogan.

Ayb 39:24 Menggaruk tanah lembah dengan gembira dengan kekuatan ia maju menghadai senjata.

Kuda ini seperti tidak punya takut! Tapi dia lupa bahaya sewaktu-waktu mengancamnya. Tidak sedikit kuda yang tewas dalam peperangan.

ay 25-28 Masih banyak lagi kelebihan yang dibicarakan Ayub tentang binatang kuda ini. Namun Yesaya menggambarkan binatang kuda ini adalah kekuatan daging. Tuhan tidak suka bila kita berharap pada kekuatan daging ini. Tuhan mau agar umat-Nya mau bersandar hanya kepada-Nya saja.
Tuhan sendiri yang akan menjadi lawan bagi orang-orang yang suka bersandar pada kekuatan dagingnya.

Yes 31:2
2 Akan tetapi Dia yang bijaksana akan mendatangkan malapetaka, dan tidak menarik firman-Nya; Ia akan bangkit melawan kaum penjahat, dan melawan bala bantuan orang-orang lalim.



Yes 31:3. Orang-orang Mesir adalah manusia bukan Allah. Ini berarti sekuat-kuatnya manusia berkuasa, tidak bisa melebihi kekuatan Allah.
Kuda-kuda mereka adalah mahluk yang lemah, bukan roh yang berkuasa. Kekuatan dunia dan penguasa dunia ini tidak sanggup menandingi kuasa Allah serwa sekalian alam.

Yes 31:3
3 Sebab orang Mesir adalah manusia, bukan allah, dan kuda-kuda mereka adalah makhluk yang lemah, bukan roh yang berkuasa. Apabila TUHAN mengacungkan tangan-Nya, tergelincirlah yang membantu dan jatuhlah yang dibantu, dan mereka sekaliannya habis binasa bersama-sama.

-Tergelincirlah yang membantu. -Jatuhlah yang dibantu. -Mereka sekaliannya habis binasa bersama-sama.
Jangan coba-coba melawan kekuasaan Allah.

Yes 23:11
11 TUHAN telah mengacungkan tangan-Nya terhadap laut dan membuat kerajaan-kerajaan gemetar; Ia telah memberi perintah mengenai Kanaan untuk memusnahkan benteng-bentengnya.

Satu kisah yang tak mungkin terlupakan yaitu ketika Tuhan menyeberangkan umat-Nya dari kejaran Firaun lewat laut Kolsom.
Maz 136:10-15
10  Kepada Dia yang memukul mati anak-anak sulung Mesir; bahwasanya untuk selama-lamanya kasih setia-Nya.
11 Dan membawa Israel keluar dari tengah-tengah mereka; bahwasanya untuk selama-lamanya kasih setia-Nya.
12 Dengan tangan yang kuat dan dengan lengan yang teracung! Bahwasanya untuk selama-lamanya kasih setia-Nya.
13 Kepada Dia yang membelah Laut Teberau menjadi dua belahan; bahwasanya untuk selama-lamanya kasih setia-Nya.
14 Dan menyeberangkan Israel dari tengah-tengahnya; bahwasanya untuk selama-lamanya kasih setia-Nya.
15 Dan mencampakkan Firaun dengan tentaranya ke Laut Teberau! Bahwasanya untuk selama-lamanya kasih setia-Nya.

Mencampakan Firaun dengan tentaranya ke Laut Kolsom Penguasa Mesir telah dibinasakan oleh tangan Allah.
Yes 31:4 (Tuhan sendiri akan turun berperang untuk mempertahankan gunung Sion dan bukitnya).
 4 Sebab beginilah firman TUHAN kepadaku: Seperti seekor singa atau singa muda menggeram untuk mempertahankan mangsanya, dan tidak terkejut mendengar teriakan seluruh pasukan gembala yang dikerahkan melawan dia, dan tidak mengalah terhadap keributan mereka, demikianlah TUHAN semesta alam akan turun berperang untuk mempertahankan gunung Sion dan bukitnya.

Maz 126:1-6
1 Nyanyian ziarah. Ketika TUHAN memulihkan keadaan Sion, keadaan kita seperti orang-orang yang bermimpi.
2 Pada waktu itu mulut kita penuh dengan tertawa, dan lidah kita dengan sorak-sorai. Pada waktu itu berkatalah orang di antara bangsa-bangsa: "TUHAN telah melakukan perkara besar kepada orang-orang ini!"
3 TUHAN telah melakukan perkara besar kepada kita, maka kita bersukacita.
4 Pulihkanlah keadaan kami, ya TUHAN, seperti memulihkan batang air kering di Tanah Negeb!
5 Orang-orang yang menabur dengan mencucurkan air mata, akan menuai dengan bersorak-sorai.
6 Orang yang berjalan maju dengan menangis sambil menabur benih, pasti pulang dengan sorak-sorai sambil membawa berkas-berkasnya.

Mengapa Tuhan akan memulihkan Sion? Sebab Sion akan menjadi tempat kedudukan-Nya
Maz 132:13-18
13 Sebab TUHAN telah memilih Sion, mengingininya menjadi tempat kedudukan-Nya:
14 "Inilah tempat perhentian-Ku selama-lamanya, di sini Aku hendak diam, sebab Aku mengingininya.
15 Perbekalannya akan Kuberkati dengan limpahnya, orang-orangnya yang miskin akan Kukenyangkan dengan roti,
16 imam-imamnya akan Kukenakan pakaian keselamatan, dan orang-orangnya yang saleh akan bersorak-sorai dengan girang.
17 Di sanalah Aku akan menumbuhkan sebuah tanduk bagi Daud, Aku akan menyediakan sebuah pelita bagi orang yang Kuurapi.
18 Musuh-musuhnya akan Kukenakan pakaian penuh malu, tetapi di atas kepalanya akan bersemarak mahkotanya."
Tuhan akan melindungi Yerusalem sama seperti burung yang berkepak-kepak melindungi sarangnya.

Yes 31:5 Seperti burung yang berkepak-kepak melindungi sarangnya, demikianlah TUHAN semesta alam akan melindungi Yerusalem, ya, melindungi dan menyelamatkannya, memeliharanya dan menjauhkan celaka.
Melindungi dan menyelamatkan – memelihara dan menjauhkan celaka. Ini janji Tuhan bagi kehidupan yang mau dipulihkan.

Tuhan Yesus memberkati. Semoga Roh Kudus memberikan pencarahan kepada kita semua, sehingga dapat memahami firman Tuhan.