Translate

19 Jul 2014

IBADAH PA 18 JULI 2014.TENDA TABERNAKEL

IBADAH PA 18 JULI 2014
TENDA TABERNAKEL.

Empat tudung tenda Tabernakel.
Kel 26:1,7,14.
1 "Kemah Suci itu haruslah kaubuat dari sepuluh tenda dari lenan halus yang dipintal benangnya dan dari kain ungu tua, kain ungu muda dan kain kirmizi; dengan ada kerubnya, buatan ahli tenun, haruslah kaubuat semuanya itu.
7 Juga haruslah engkau membuat tenda-tenda dari bulu kambing menjadi atap kemah yang menudungi Kemah Suci, sebelas tenda harus kaubuat.
14 Juga haruslah engkau membuat untuk kemah itu tudung dari kulit domba jantan yang diwarnai merah, dan tudung dari kulit lumba-lumba di atasnya lagi.

Tudung yang pertama: Tudung Tabernakel. Ini bicara dari hal iman dan perbuatan iman.
 Tubuh tanpa roh itu mati, begitupun juga dengan iman tanpa perbuatan itu mati. Kehidupan yang tidak terlindung dari ancaman pasif.
Sidang jemaat yang non aktif = zangkoor yang pasif, jumlah anggota yang pasif, karena tidak ada perbuatan iman (ini= rohnya tubuh)

Contoh iman dalam perbuatan:
Yak 2:25-26
25 Dan bukankah demikian juga Rahab, pelacur itu, dibenarkan karena perbuatan-perbuatannya, ketika ia menyembunyikan orang-orang yang disuruh itu di dalam rumahnya, lalu menolong mereka lolos melalui jalan yang lain?
26 Sebab seperti tubuh tanpa roh adalah mati, demikian jugalah iman tanpa perbuatan-perbuatan adalah mati.

Rahab yang telah melindungi 2 penilik/pengintai. Dua pengintai yang diutus oleh Yosua = ini gambarnya Firman dan Roh Kudus yang diutus Tuhan zaman akhir ini.
Yos 2:12-14,17-18,21
12 Maka sekarang, bersumpahlah kiranya demi TUHAN, bahwa karena aku telah berlaku ramah terhadapmu, kamu juga akan berlaku ramah terhadap kaum keluargaku; dan berikanlah kepadaku suatu tanda yang dapat dipercaya,
13 bahwa kamu akan membiarkan hidup ayah dan ibuku, saudara-saudaraku yang laki-laki dan yang perempuan dan semua orang-orang mereka dan bahwa kamu akan menyelamatkan nyawa kami dari maut."
14 Lalu jawab kedua orang itu kepadanya: "Nyawa kamilah jaminan bagi kamu, asal jangan kaukabarkan perkara kami ini; apabila TUHAN nanti memberikan negeri ini kepada kami, maka kami akan menunjukkan terima kasih dan setia kami kepadamu."
17 Kedua orang itu berkata kepadanya: "Kami akan bebas dari sumpah kami ini kepadamu, yang telah kausuruh kami ikrarkan —
18 sesungguhnya, apabila kami memasuki negeri ini, haruslah tali dari benang kirmizi ini kauikatkan pada jendela tempat engkau menurunkan kami, dan ayahmu serta ibumu, saudara-saudaramu serta seluruh kaum keluargamu kaukumpulkan di rumahmu.
21 Perempuan itupun berkata: "Seperti yang telah kamu katakan, demikianlah akan terjadi." Sesudah itu dilepasnyalah orang-orang itu pergi, maka berangkatlah mereka. Kemudian perempuan itu mengikatkan tali kirmizi itu pada jendela.

Yos 6:21-26
21 Mereka menumpas dengan mata pedang segala sesuatu yang di dalam kota itu, baik laki-laki maupun perempuan, baik tua maupun muda, sampai kepada lembu, domba dan keledai.
22 Tetapi kepada kedua orang pengintai negeri itu Yosua berkata: "Masuklah ke dalam rumah perempuan sundal itu dan bawalah ke luar perempuan itu dan semua orang yang bersama-sama dengan dia, seperti yang telah kamu janjikan dengan bersumpah kepadanya."
23 Lalu masuklah kedua pengintai muda itu dan membawa ke luar Rahab dan ayahnya, ibunya, saudara-saudaranya dan semua orang yang bersama-sama dengan dia, bahkan seluruh kaumnya dibawa mereka ke luar, lalu mereka menunjukkan kepadanya tempat tinggal di luar perkemahan orang Israel.
24 Tetapi kota itu dan segala sesuatu yang ada di dalamnya dibakar mereka dengan api; hanya emas dan perak, barang-barang tembaga dan besi ditaruh mereka di dalam perbendaharaan rumah TUHAN.
25 Demikianlah Rahab, perempuan sundal itu dan keluarganya serta semua orang yang bersama-sama dengan dia dibiarkan hidup oleh Yosua. Maka diamlah perempuan itu di tengah-tengah orang Israel sampai sekarang, karena ia telah menyembunyikan orang suruhan yang disuruh Yosua mengintai Yerikho.
26 Pada waktu itu bersumpahlah Yosua, katanya: "Terkutuklah di hadapan TUHAN orang yang bangkit untuk membangun kembali kota Yerikho ini; dengan membayarkan nyawa anaknya yang sulung ia akan meletakkan dasar kota itu dan dengan membayarkan nyawa anaknya yang bungsu ia akan memasang pintu gerbangnya!"

Dua pengintai= Firman dan Roh Kudus: Kalau dengan dua perkara ini tidak kita manfaatkan, kemungkinan besar tidak akan tertolong. Rahab ini kemudian diperistri oleh Salmon. (Salmon ini adalah salah satu dari ke 2 pengintai ini.
Tudung itu menjadi pelindung bagi fellowship. Fellowship yang digambarkan seperti papan-papan Tabernakel.
Yak 2:14-20,25.
14 Apakah gunanya, saudara-saudaraku, jika seorang mengatakan, bahwa ia mempunyai iman, padahal ia tidak mempunyai perbuatan? Dapatkah iman itu menyelamatkan dia?
15 Jika seorang saudara atau saudari tidak mempunyai pakaian dan kekurangan makanan sehari-hari,
16 dan seorang dari antara kamu berkata: "Selamat jalan, kenakanlah kain panas dan makanlah sampai kenyang!," tetapi ia tidak memberikan kepadanya apa yang perlu bagi tubuhnya, apakah gunanya itu?
17 Demikian juga halnya dengan iman: Jika iman itu tidak disertai perbuatan, maka iman itu pada hakekatnya adalah mati.
18 Tetapi mungkin ada orang berkata: "Padamu ada iman dan padaku ada perbuatan," aku akan menjawab dia: "Tunjukkanlah kepadaku imanmu itu tanpa perbuatan, dan aku akan menunjukkan kepadamu imanku dari perbuatan-perbuatanku."
19 Engkau percaya, bahwa hanya ada satu Allah saja? Itu baik! Tetapi setan-setanpun juga percaya akan hal itu dan mereka gemetar.
20 Hai manusia yang bebal, maukah engkau mengakui sekarang, bahwa iman tanpa perbuatan adalah iman yang kosong?
25 Dan bukankah demikian juga Rahab, pelacur itu, dibenarkan karena perbuatan-perbuatannya, ketika ia menyembunyikan orang-orang yang disuruh itu di dalam rumahnya, lalu menolong mereka lolos melalui jalan yang lain?

Surat Yakub ini terkena tudung Tabernakel. Pelayanan Injil yang tidak sampai menghangatkan rohani sidang jemaat itu merupakan pelayanan yang mati.

Tubuh Kristus (papan-papan Tabernakel) itu perlu tudung Tabernakel = iman dan perbuatan iman. Surat Yakub yang bicara soal iman ini bukan bertentangan dengan surat Roma yang juga bicara soal iman, namun surat Yakub ini posisinya lain, berada pada wilayah RS dan RMS.

Kalau kita manfaatkan tudung-tudung ini menjadi perlindungan kita, maka kesucian kita menjadi jelas.
Kayu lintang yang jumlahnya 5 batang itu menunjuk pada korbannya Kristus. Ini berarti fellowship kita harus berdiri atas korban Kristus,

Kaki-kaki dari papan-papan Tabernakel.
Kel 26:19
19 Dan haruslah kaubuat empat puluh alas perak di bawah kedua puluh papan itu, dua alas di bawah satu papan untuk kedua pasaknya, dan seterusnya dua alas di bawah setiap papan untuk kedua pasaknya.

Kaki dari papan ini terbuat dari perak. Maksud diberi kaki ini agar bisa berdiri sendiri – punya pendirian. Fellowship itu berdiri dengan suatu pendirian.
Perak = ketebusan / perdamaian. Setiap orang Israel yang berumur 20 tahun keatas / dewasa harus mempersembahkan ½ syikal uang perak. (1/2 syikal = 1 beka. Kristen yang dewasa suka berkorban. Berkorban itu bertitik tolak dari kesadaran. Persyaratan untuk bisa berkorban adalah dewasa rohani. Orang yang kaya dan miskin harus membayar 1 beka. Ini berarti nilai dari persembahan itu harus perak (ketebusan).

Kel 30:11-16
11 TUHAN berfirman kepada Musa:
12 "Apabila engkau menghitung jumlah orang Israel pada waktu mereka didaftarkan, maka haruslah mereka masing-masing mempersembahkan kepada TUHAN uang pendamaian karena nyawanya, pada waktu orang mendaftarkan mereka, supaya jangan ada tulah di antara mereka pada waktu pendaftarannya itu.
13 Inilah yang harus dipersembahkan tiap-tiap orang yang akan termasuk orang-orang yang terdaftar itu: setengah syikal, ditimbang menurut syikal kudus — syikal ini dua puluh gera beratnya — ; setengah syikal itulah persembahan khusus kepada TUHAN.
14 Setiap orang yang akan termasuk orang-orang yang terdaftar itu, yang berumur dua puluh tahun ke atas, haruslah mempersembahkan persembahan khusus itu kepada TUHAN.
15 Orang kaya janganlah mempersembahkan lebih dan orang miskin janganlah mempersembahkan kurang dari setengah syikal itu pada waktu dipersembahkan persembahan khusus itu kepada TUHAN untuk mengadakan pendamaian bagi nyawa kamu sekalian.
16 Dan haruslah engkau memungut uang pendamaian itu dari orang Israel dan menggunakannya untuk ibadah dalam Kemah Pertemuan; supaya itu menjadi peringatan di hadapan TUHAN untuk mengingat kepada orang Israel dan untuk mengadakan pendamaian bagi nyawa kamu sekalian."

Gunanya pengumpulan persembahan wajibdari Tuhan itu adalah untuk terhindar dari tulah. Kalau dulu nilainya wajib, apalagi sekarang. Kalau kita bisa mempersembahkan dengan suka rela itu lebih dari sekedar wajib.

Yudas Iskariot itu sudah menjual Yesus dengan 30 keping perak, tapi dari jumlah itu dia tidak menikmati sepeserpun juga, dan pada akhirnya dia gantung diri dan jatuh terjerembab dan isi perutnya terburai keluar. Perut : dimana permulaan dari pekerjaan Roh Kudus, sebab Roh Kudus bekerja mulai dari perut, suatu tempat yang paling kotor dari manusia.

Yoh 7: 38-39
38 Barangsiapa percaya kepada-Ku, seperti yang dikatakan oleh Kitab Suci: Dari dalam hatinya akan mengalir aliran-aliran air hidup."
39 Yang dimaksudkan-Nya ialah Roh yang akan diterima oleh mereka yang percaya kepada-Nya; sebab Roh itu belum datang, karena Yesus belum dimuliakan.

Berbahasa asing tanda kepenuhan Roh Kudus. Gloso = bahasa. Glosolali = bahasa asing.

Yudas ini tidak termasuk doa imamat Tuhan.
Yoh 17:12
12 Selama Aku bersama mereka, Aku memelihara mereka dalam nama-Mu, yaitu nama-Mu yang telah Engkau berikan kepada-Ku; Aku telah menjaga mereka dan tidak ada seorangpun dari mereka yang binasa selain dari pada dia yang telah ditentukan untuk binasa, supaya genaplah yang tertulis dalam Kitab Suci.

Bagi Yudas tertutup kemungkinan untuk selamat, sebab perutnya terburai, sedangkan perut itu adalah tempat dimana Tuhan itu bekerja dalam kepenuhan Roh Kudus.
Kis 1:16-20
16 "Hai saudara-saudara, haruslah genap nas Kitab Suci, yang disampaikan Roh Kudus dengan perantaraan Daud tentang Yudas, pemimpin orang-orang yang menangkap Yesus itu.
17 Dahulu ia termasuk bilangan kami dan mengambil bagian di dalam pelayanan ini."
18 — Yudas ini telah membeli sebidang tanah dengan upah kejahatannya, lalu ia jatuh tertelungkup, dan perutnya terbelah sehingga semua isi perutnya tertumpah ke luar.
19 Hal itu diketahui oleh semua penduduk Yerusalem, sehingga tanah itu mereka sebut dalam bahasa mereka sendiri "Hakal-Dama," artinya Tanah Darah — .
20 "Sebab ada tertulis dalam kitab Mazmur: Biarlah perkemahannya menjadi sunyi, dan biarlah tidak ada penghuni di dalamnya: dan: Biarlah jabatannya diambil orang lain.

Doa penyahutan TuhanYesus ini merupakan bukti dari penggembalaan.
Mat 9:36-38
36 Melihat orang banyak itu, tergeraklah hati Yesus oleh belas kasihan kepada mereka, karena mereka lelah dan terlantar seperti domba yang tidak bergembala.
37 Maka kata-Nya kepada murid-murid-Nya: "Tuaian memang banyak, tetapi pekerja sedikit.
38 Karena itu mintalah kepada tuan yang empunya tuaian, supaya Ia mengirimkan pekerja-pekerja untuk tuaian itu."

Keberadaan kita sebagai umat Tuhan yang mau digembalakan. Jadi ketebusan itu merupakan kekayaan rohani. Jumlah orang dewasa Israel yang diketemukan pada waktu itu = 603.550 (600.000 + 3.550).
Bil 1:45
45 Jadi semua orang Israel yang dicatat menurut suku-suku mereka, yaitu orang-orang yang berumur dua puluh tahun ke atas dan yang sanggup berperang di antara orang Israel, 46 berjumlah enam ratus tiga ribu lima ratus lima puluh orang.

Kalau kita berdiri atas dunia ini = padang pasir, bukan pasir dunia ini menjadi pendirian / pandangan hidup kita, tapi kita harus punya kaki sendiri, yaitu berpendirian atas ketebusan Kristus, bukan pasir / dunia ini. Ini bermaksud supaya kiita tidak menghadapi kehancuran dari dunia ini.
Berdiri atas pasir = kehidupan yang mendengarkan firman Tuhan tapi tidak melaksanakannya. Bangunan rohani kita akan diuji dengan hujan – angin dan air bah.
Mat 7:24-27
24 "Setiap orang yang mendengar perkataan-Ku ini dan melakukannya, ia sama dengan orang yang bijaksana, yang mendirikan rumahnya di atas batu.
25 Kemudian turunlah hujan dan datanglah banjir, lalu angin melanda rumah itu, tetapi rumah itu tidak rubuh sebab didirikan di atas batu.

Posisi dari ayat ini ada dalam penutup dari hukum perjanjian baru.
Tuhan Yesus memberkati!
(bersambung)