Translate

6 Jul 2014

Ibadah Pendalaman Alkitab 4 Juli 2014. Papan-papan Tabernakel



Ibadah Pendalaman Alkitab 4 Juli 2014. Papan-papan Tabernakel
Papan-papan Tabernakel dibuat dari kayu penaga.
Kayu = daging. Dibungkus dengan emas. Ini menunjuk pada anak-anak Tuhan yang dipenuhkan dengan Roh Kudus. Sebab anak itu ada huubungannya dengan warisan.
Yang berhak menjadi pewaris itu adalah orang-orang yang dipenuhkan dengan Roh Kudus.
Rm 8:14, 16-17.
14 Semua orang, yang dipimpin Roh Allah, adalah anak Allah.
16 Roh itu bersaksi bersama-sama dengan roh kita, bahwa kita adalah anak-anak Allah.
17 Dan jika kita adalah anak, maka kita juga adalah ahli waris, maksudnya orang-orang yang berhak menerima janji-janji Allah, yang akan menerimanya bersama-sama dengan Kristus, yaitu jika kita menderita bersama-sama dengan Dia, supaya kita juga dipermuliakan bersama-sama dengan Dia.

Ciri-ciri dari Anak Allah yaitu dipenuhkan Roh Kudus.
Kalau kayu itu tidak dibungkus dengan emas, berarti dibungkus dengan tembaga, berarti dibawah hukuman.
Ukuran RS dan RMS ini diperoleh dari perpaduan papa-papan Tabernakel.
Ukuran papan-papan Tabernakel itu = Panjang 10 hasta, lebar 1 ½ hasta.
Fellowship yang baik adalah kepada sesama kehidupan yang disucikan. Sebab kalau papan-papan itu tidak sama ukurannya tidak dapat berdiri, akan rubuh.
1 Kor 5:9-13
9 Dalam suratku telah kutuliskan kepadamu, supaya kamu jangan bergaul dengan orang-orang cabul.
10 Yang aku maksudkan bukanlah dengan semua orang cabul pada umumnya dari dunia ini atau dengan semua orang kikir dan penipu atau dengan semua penyembah berhala, karena jika demikian kamu harus meninggalkan dunia ini.
11 Tetapi yang kutuliskan kepada kamu ialah, supaya kamu jangan bergaul dengan orang, yang sekalipun menyebut dirinya saudara, adalah orang cabul, kikir, penyembah berhala, pemfitnah, pemabuk atau penipu; dengan orang yang demikian janganlah kamu sekali-kali makan bersama-sama.
12 Sebab dengan wewenang apakah aku menghakimi mereka, yang berada di luar jemaat? Bukankah kamu hanya menghakimi mereka yang berada di dalam jemaat?
13 Mereka yang berada di luar jemaat akan dihakimi Allah. Usirlah orang yang melakukan kejahatan dari tengah-tengah kamu.

Banyaknya papan disebelah utara 20 batang, dan sebelah selatan 20 batang.
Jadi panjang RS dan RMS = 20 X 1 ½ hasta = 30 hasta. Lebarnya 6X 1 ½ hasta = 9 hasta + 2 papan yang disebelah pojok yang tidak disebut ukurannya.
Dan papan disebelah pojok ini berfungsi menutup lubang dari papan-papan itu, dan papan pojok ini ukurannya ½ hasta X 2 = 1 hasta.jadi seluruh lebar dari RS dan RMS = 10 hasta.

2 Kor 3:4-6 (pelayan PB yang tidak terdiri dari huruf yang tertulis, tapi dari Roh).
4 Demikianlah besarnya keyakinan kami kepada Allah oleh Kristus.
5 Dengan diri kami sendiri kami tidak sanggup untuk memperhitungkan sesuatu seolah-olah pekerjaan kami sendiri; tidak, kesanggupan kami adalah pekerjaan Allah.
6 Ialah membuat kami juga sanggup menjadi pelayan-pelayan dari suatu perjanjian baru, yang tidak terdiri dari hukum yang tertulis, tetapi dari Roh, sebab hukum yang tertulis mematikan, tetapi Roh menghidupkan.

Sistim PB itu menilai suatu ungkapan itu bukan tergantung pada huruf-huruf yang tertulis, tapi dengan Roh.
Jadi RS dan RMS = 30 X 10 X 10= 3000 hasta.
Zaman gereja 2000 tahun + 1000 tahun zaman damai.
Dari mana bisa melihat ukuran RS dan RMS? Pembagian dari ruangan itu terdiri dari pemisahan dari Pintu Tirai.
Jadi adanya Pintu Tirai itu terjadi 2 ruangan. Begitu juga untuk melihat pemisahan antara 2000 tahun zaman gereja dengan 1000 tahun damai itu dipisahkan oleh kedatangan Tuhan ke II.

Kel 26:33. (Tirai / Tabir)
33 Haruslah tabir itu kaugantungkan pada kaitan penyambung tenda itu dan haruslah kaubawa tabut hukum ke sana, ke belakang tabir itu, sehingga tabir itu menjadi pemisah bagimu antara tempat kudus dan tempat maha kudus.

Fungsinya pemisah dua ruangan. Tirai = perobekan daging. Perobekan daging ini sudah dipelopori oleh Tuhan. Selama tidak terjadi perobekan daging, maka RMS itu tetap menjadi sesuatu yang rahasia atau tertutup.

Perobekan daging yang pertama sudah terjadi. Tapi perobekan daging ke dua yaitu pada kedatangan-Nya kedua yaitu perobekan daging habis-habisan bagi orang yang menolak Tuhan. Dari masa kedatangan I s/d ke II itu Tuhan menunggu begitu sabar, dan itu sudah cukup bagi Tuhan.
Why 19:11-16 (Kedatangan Tuhan yang ke II sebagai Raja dan Tuhan atas segala tuan)
11 Lalu aku melihat sorga terbuka: sesungguhnya, ada seekor kuda putih; dan Ia yang menungganginya bernama: "Yang Setia dan Yang Benar," Ia menghakimi dan berperang dengan adil.
12 Dan mata-Nya bagaikan nyala api dan di atas kepala-Nya terdapat banyak mahkota dan pada-Nya ada tertulis suatu nama yang tidak diketahui seorangpun, kecuali Ia sendiri.
13 Dan Ia memakai jubah yang telah dicelup dalam darah dan nama-Nya ialah: "Firman Allah."
14 Dan semua pasukan yang di sorga mengikuti Dia; mereka menunggang kuda putih dan memakai lenan halus yang putih bersih.
15 Dan dari mulut-Nya keluarlah sebilah pedang tajam yang akan memukul segala bangsa. Dan Ia akan menggembalakan mereka dengan gada besi dan Ia akan memeras anggur dalam kilangan anggur, yaitu kegeraman murka Allah, Yang Mahakuasa.
16 Dan pada jubah-Nya dan paha-Nya tertulis suatu nama, yaitu: "Raja segala raja dan Tuan di atas segala tuan."

Why 19:7 (Juga Ia datang sebagai Anak Domba Allah yang menikahi mempelai perempuan-Nya)
7 Marilah kita bersukacita dan bersorak-sorai, dan memuliakan Dia! Karena hari perkawinan Anak Domba telah tiba, dan pengantin-Nya telah siap sedia.

Why 19:20-21 (Nabi palsu dan antikris ditangkap dan dibuang ke neraka, dan orang lain itu dibunuh dengan pedang).
20 Maka tertangkaplah binatang itu dan bersama-sama dengan dia nabi palsu, yang telah mengadakan tanda-tanda di depan matanya, dan dengan demikian ia menyesatkan mereka yang telah menerima tanda dari binatang itu dan yang telah menyembah patungnya. Keduanya dilemparkan hidup-hidup ke dalam lautan api yang menyala-nyala oleh belerang.
21 Dan semua orang lain dibunuh dengan pedang, yang keluar dari mulut Penunggang kuda itu; dan semua burung kenyang oleh daging mereka.

Why 20:1-3 (Iblis ditahan selama 1000 tahun)
1 Lalu aku melihat seorang malaikat turun dari sorga memegang anak kunci jurang maut dan suatu rantai besar di tangannya;
2 ia menangkap naga, si ular tua itu, yaitu Iblis dan Satan. Dan ia mengikatnya seribu tahun lamanya,
3 lalu melemparkannya ke dalam jurang maut, dan menutup jurang maut itu dan memeteraikannya di atasnya, supaya ia jangan lagi menyesatkan bangsa-bangsa, sebelum berakhir masa seribu tahun itu; kemudian dari pada itu ia akan dilepaskan untuk sedikit waktu lamanya.

Why 20:10 (Setelah 1000 tahun Iblis dibuang ke neraka)
10 dan Iblis, yang menyesatkan mereka, dilemparkan ke dalam lautan api dan belerang, yaitu tempat binatang dan nabi palsu itu, dan mereka disiksa siang malam sampai selama-lamanya.

Zaman 1000 tahun damai itu kita mengenakan tubuh kemuliaan sama seperti Kristus.
Pil 3:21 (Tubuh kita akan diubahkan oleh Tuhan)
20 Karena kewargaan kita adalah di dalam sorga, dan dari situ juga kita menantikan Tuhan Yesus Kristus sebagai Juruselamat,
21 yang akan mengubah tubuh kita yang hina ini, sehingga serupa dengan tubuh-Nya yang mulia, menurut kuasa-Nya yang dapat menaklukkan segala sesuatu kepada diri-Nya.

Kel 26:1-6 Tutup Tabernakel.
1 "Kemah Suci itu haruslah kaubuat dari sepuluh tenda dari lenan halus yang dipintal benangnya dan dari kain ungu tua, kain ungu muda dan kain kirmizi; dengan ada kerubnya, buatan ahli tenun, haruslah kaubuat semuanya itu.
2 Panjang tiap-tiap tenda haruslah dua puluh delapan hasta dan lebar tiap-tiap tenda empat hasta: segala tenda itu harus sama ukurannya.
3 Lima dari tenda itu haruslah dirangkap menjadi satu, dan yang lima lagi juga harus dirangkap menjadi satu.
4 Pada rangkapan yang pertama, di tepi satu tenda yang di ujung, haruslah engkau membuat sosok-sosok kain ungu tua dan demikian juga di tepi satu tenda yang paling ujung pada rangkapan yang kedua.
5 Lima puluh sosok harus kaubuat pada tenda yang satu dan lima puluh sosok pada tenda yang di ujung pada rangkapan yang kedua, sehingga sosok-sosok itu tepat berhadapan satu sama lain.
6 Dan haruslah engkau membuat lima puluh kaitan emas dan menyambung tenda-tenda Kemah Suci yang satu dengan yang lain dengan memakai kaitan itu, sehingga menjadi satu.

Atap yang terbawah =
- Tudung Tabernakel. Kemudian
- Tudung kulit bulu kambing.
- Tudung kulit bulu domba jantan yang diwarnai merah.
- Tudung kulit mina gajah.

Panjang tenda 28 hasta. Lebar tenda 4 hasta.
Ayat 3 = sepuluh tenda dibagi 2 bagian = 5 tenda + 5 tenda.
Tenda-tenda ini diikat dengan pita-pita dan dikait dengan kaitan emas.
Kel 26:33
33 Haruslah tabir itu kaugantungkan pada kaitan penyambung tenda itu dan haruslah kaubawa tabut hukum ke sana, ke belakang tabir itu, sehingga tabir itu menjadi pemisah bagimu antara tempat kudus dan tempat maha kudus.

Sambungan tenda itu persis pada tirai. Panjang tenda seluruhnya = 5 X 4 = 20 X 2 bagian. Jadi tenda itu sisa 10 hasta untuk menutup bagian belakang dari RMS.
Ibr 10:19-22 Tabir itu Kristus sendiri.
19 Jadi, saudara-saudara, oleh darah Yesus kita sekarang penuh keberanian dapat masuk ke dalam tempat kudus,
20 karena Ia telah membuka jalan yang baru dan yang hidup bagi kita melalui tabir, yaitu diri-Nya sendiri,
21 dan kita mempunyai seorang Imam Besar sebagai kepala Rumah Allah.
22 Karena itu marilah kita menghadap Allah dengan hati yang tulus ikhlas dan keyakinan iman yang teguh, oleh karena hati kita telah dibersihkan dari hati nurani yang jahat dan tubuh kita telah dibasuh dengan air yang murni.

1 Kor 15:51-52 Penghuni kerajaan 1000 tahun yaitu kehidupan yang dibangkitkan dan yang hidup akan diubah.
51 Sesungguhnya aku menyatakan kepadamu suatu rahasia: kita tidak akan mati semuanya, tetapi kita semuanya akan diubah,
52 dalam sekejap mata, pada waktu bunyi nafiri yang terakhir. Sebab nafiri akan berbunyi dan orang-orang mati akan dibangkitkan dalam keadaan yang tidak dapat binasa dan kita semua akan diubah
.
Penyucian itu bertahap sampai pada saatnya kita mengalami keubahan, menjadi sempurna.
2 Kor 7:1
1 Saudara-saudaraku yang kekasih, karena kita sekarang memiliki janji-janji itu, marilah kita menyucikan diri kita dari semua pencemaran jasmani dan rohani, dan dengan demikian menyempurnakan kekudusan kita dalam takut akan Allah.

1 Tes 4:13-17
13 Selanjutnya kami tidak mau, saudara-saudara, bahwa kamu tidak mengetahui tentang mereka yang meninggal, supaya kamu jangan berdukacita seperti orang-orang lain yang tidak mempunyai pengharapan.
14 Karena jikalau kita percaya, bahwa Yesus telah mati dan telah bangkit, maka kita percaya juga bahwa mereka yang telah meninggal dalam Yesus akan dikumpulkan Allah bersama-sama dengan Dia.
15 Ini kami katakan kepadamu dengan firman Tuhan: kita yang hidup, yang masih tinggal sampai kedatangan Tuhan, sekali-kali tidak akan mendahului mereka yang telah meninggal.
16 Sebab pada waktu tanda diberi, yaitu pada waktu penghulu malaikat berseru dan sangkakala Allah berbunyi, maka Tuhan sendiri akan turun dari sorga dan mereka yang mati dalam Kristus akan lebih dahulu bangkit;
17 sesudah itu, kita yang hidup, yang masih tinggal, akan diangkat bersama-sama dengan mereka dalam awan menyongsong Tuhan di angkasa.

Demikianlah kita akan selama-lamanya bersama-sama dengan Tuhan. Semoga Roh Kudus memberikan pencerahan dalam hati kita untuk bisa mengerti firman-Nya. Tuhan Yesus memberkati