Translate

13 Nov 2013

Pendalaman Alkitab, 12 Nov 2013. Penglihatan ke 3. Amos 7:7-9



Pendalaan Alkitab 12 Nov 2013

Penglihatan ke 3.
Amos 7:7-9
7 Inilah yang diperlihatkan-Nya kepadaku: Tampak Tuhan berdiri dekat sebuah tembok yang tegak lurus, dan di tangan-Nya ada tali sipat.
8 Lalu berfirmanlah TUHAN kepadaku: "Apakah yang kaulihat, Amos?" Jawabku: "Tali sipat!" Berfirmanlah Tuhan: "Sesungguhnya, Aku akan menaruh tali sipat di tengah-tengah umat-Ku Israel; Aku tidak akan memaafkannya lagi.
9 Bukit-bukit pengorbanan dari pada Ishak akan dilicintandaskan dan tempat-tempat kudus Israel akan diruntuhkan, dan Aku akan bangkit melawan keluarga Yerobeam dengan pedang."

Tali sipat adalah alat untuk mengukur tegaknya tembok. Umat Tuhan sedang diukur, dan ternyata keberadaannya sudah tidak lagi tegak lurus.
Sama seperti yang dikatakan oleh Yesaya:
Yes 2:1-5
1 Firman yang dinyatakan kepada Yesaya bin Amos tentang Yehuda dan Yerusalem.
2 Akan terjadi pada hari-hari yang terakhir: gunung tempat rumah TUHAN akan berdiri tegak di hulu gunung-gunung dan menjulang tinggi di atas bukit-bukit; segala bangsa akan berduyun-duyun ke sana,
3 dan banyak suku bangsa akan pergi serta berkata: "Mari, kita naik ke gunung TUHAN, ke rumah Allah Yakub, supaya Ia mengajar kita tentang jalan-jalan-Nya, dan supaya kita berjalan menempuhnya; sebab dari Sion akan keluar pengajaran dan firman TUHAN dari Yerusalem."
4 Ia akan menjadi hakim antara bangsa-bangsa dan akan menjadi wasit bagi banyak suku bangsa; maka mereka akan menempa pedang-pedangnya menjadi mata bajak dan tombak-tombaknya menjadi pisau pemangkas; bangsa tidak akan lagi mengangkat pedang terhadap bangsa, dan mereka tidak akan lagi belajar perang.
5 Hai kaum keturunan Yakub, mari kita berjalan di dalam terang TUHAN! Tuhan menghendaki keadaan umat-Nya itu berdiri tegak.

Jadi tidak goyah, seperti yang dikatakan oleh Rs. Paulus kepada jemaat di Korintus.
1 Kor 15:58
58 Karena itu, saudara-saudaraku yang kekasih, berdirilah teguh, jangan goyah, dan giatlah selalu dalam pekerjaan Tuhan! Sebab kamu tahu, bahwa dalam persekutuan dengan Tuhan jerih payahmu tidak sia-sia.

Orang yang goyah imannya ini gampang sekali diombang-ambingkan oleh bermacam-macam angin pengajaran.
Ef 4:14
14 sehingga kita bukan lagi anak-anak, yang diombang-ambingkan oleh rupa-rupa angin pengajaran, oleh permainan palsu manusia dalam kelicikan mereka yang menyesatkan,

Agar tidak mudah goyah, kita harus tumbuh menjadi dewasa rohani.
Dan untuk mencapai kedewasaan rohani ini kita harus makan makanan yang keras.
Ef 4:13
13 sampai kita semua telah mencapai kesatuan iman dan pengetahuan yang benar tentang Anak Allah, kedewasaan penuh, dan tingkat pertumbuhan yang sesuai dengan kepenuhan Kristus,

Ibr 5:11-14
11 Tentang hal itu banyak yang harus kami katakan, tetapi yang sukar untuk dijelaskan, karena kamu telah lamban dalam hal mendengarkan.
12 Sebab sekalipun kamu, ditinjau dari sudut waktu, sudah seharusnya menjadi pengajar, kamu masih perlu lagi diajarkan asas-asas pokok dari penyataan Allah, dan kamu masih memerlukan susu, bukan makanan keras.
13 Sebab barangsiapa masih memerlukan susu ia tidak memahami ajaran tentang kebenaran, sebab ia adalah anak kecil.
14 Tetapi makanan keras adalah untuk orang-orang dewasa, yang karena mempunyai pancaindera yang terlatih untuk membedakan yang baik dari pada yang jahat.

Karena kondisi tidak tegak/miring ini, kemudian Tuhan berkata: “Aku tidak akan memaafkannya lagi!”

Mengapa Tuhan berkata tidak akan memaafkannya lagi?
Karena ini adalah kali yang ketiga. Peringatan itu biasanya diberikan satu dua kali dan kalau sampai tidak diperhatikan, maka peringatan yang ketiga itulah yang terakhir.

Dalam peringatan pertama dan kedua, Tuhan masih mau mendengarkan doa syafaatnya Amos, tapi untuk kali ketiga Tuhan mengatakan: “Aku tidak memaafkan lagi!”
Kesabaran Tuhan itu ada batasnya. Sama seperti kemurahan yang dianugerahkan kepada kita, jika kita mengabaikannya, kita akan tahu akibatnya.
Rm 2:4
Maukah engkau menganggap sepi kekayaan kemurahan-Nya, kesabaran-Nya dan kelapangan hati-Nya? Tidakkah engkau tahu, bahwa maksud kemurahan Allah ialah menuntun engkau kepada pertobatan?

Jika Tuhan masih belum menjatuhkan hukuman-Nya itu karena masih menunggu pertobatan dari umat-Nya. Itu sebabnya jangan kita bosan kalau diperingatkan oleh Tuhan.
Ams 3:11
11 Hai anakku, janganlah engkau menolak didikan TUHAN, dan janganlah engkau bosan akan peringatan-Nya.

Kita bandingkan dengan
Ibn 12:5-8
5 Dan sudah lupakah kamu akan nasihat yang berbicara kepada kamu seperti kepada anak-anak: "Hai anakku, janganlah anggap enteng didikan Tuhan, dan janganlah putus asa apabila engkau diperingatkan-Nya;
6 karena Tuhan menghajar orang yang dikasihi-Nya, dan Ia menyesah orang yang diakui-Nya sebagai anak."
7 Jika kamu harus menanggung ganjaran; Allah memperlakukan kamu seperti anak. Di manakah terdapat anak yang tidak dihajar oleh ayahnya?
8 Tetapi, jikalau kamu bebas dari ganjaran, yang harus diderita setiap orang, maka kamu bukanlah anak, tetapi anak-anak gampang.

Jadilah sama seperti penulis kitab Mazmur.
Maz 119:24
24 Ya, peringatan-peringatan-Mu menjadi kegemaranku, menjadi penasihat-penasihatku.

Maz 119:99
99 Aku lebih berakal budi dari pada semua pengajarku, sebab peringatan-peringatan-Mu kurenungkan.

Apa yang akan diperbuat oleh Tuhan terhadap Israel?
Am 7:9a “Bukit-bukit pengorbanan dari pada Ishak akan dilicin tandaskan.”

Bukit-bukit pengorbanan = Panggung-panggung (Terjemahan Lama). Tetenger (bhs Daerah) = tanda. The high places = tempat yang tinggi … akan dibuat sunyi.
Ini menunjuk mezbah.
Mezbah = altare = tempat yang tinggi. Yang disebut disini adalah mezbah Ishak.
Kej 26:25
25 Sesudah itu Ishak mendirikan mezbah di situ dan memanggil nama TUHAN. Ia memasang kemahnya di situ, lalu hamba-hambanya menggali sumur di situ.

Ishak mendirikan mezbah ini setelah berjumpa dengan Tuhan
Kej 26:23-24
23 Dari situ ia pergi ke Bersyeba.
24 Lalu pada malam itu TUHAN menampakkan diri kepadanya serta berfirman: "Akulah Allah ayahmu Abraham; janganlah takut, sebab Aku menyertai engkau; Aku akan memberkati engkau dan membuat banyak keturunanmu karena Abraham, hamba-Ku itu."

Ishak adalah orang yang diberkati Tuhan.
Kej 26:12-13
12 Maka menaburlah Ishak di tanah itu dan dalam tahun itu juga ia mendapat hasil seratus kali lipat; sebab ia diberkati TUHAN.
13 Dan orang itu menjadi kaya, bahkan kian lama kian kaya, sehingga ia menjadi sangat kaya.

Orang Filistin cemburu karena berkat yang diterima oleh Ishak.
Kej 26:14
Ia mempunyai kumpulan kambing domba dan lembu sapi serta banyak anak buah, sehingga orang Filistin itu cemburu kepadanya.

Orang yang cemburu ini bukan hanya cemburu saja, tapi hatinya jahat . sumur-sumur yang digali oleh Ishak ditutup.
Kej 26: 15
15 Segala sumur, yang digali dalam zaman Abraham, ayahnya, oleh hamba-hamba ayahnya itu, telah ditutup oleh orang Filistin dan ditimbun dengan tanah.

Ishak ini menggali sumur sampai 5 kali.
Ada 3 sumur yang diberi nama:
Sumur pertama: ESEK : artinya perselisihan
Sumur ke dua : SITNA : artinya suka bertengkar.
Sumur ke tiga : REHOBOT : artinya luas lapang.

Kembali pada persolana mezbah: Mezbah yang seharusnya didirikan sebagai tanda ucapan syukur kepada Tuhan, …..oleh Tuhan akan dilicintandaskan = dibuat sunyi.
Diatas mezbah yang seharusnya ada korban yang dipersembahkan, tapi sudah menjadi sunyi.

Amos 7:9b “Tempat-tempat kudus Israel akan diruntuhkan.”

Bukan Cuma mezbah dibuat sunyi, tapi juga tempat-tempat kudus diruntuhkan. Tempat kudus menunjuk tempat ibadah, ini artinya ibadah yang mengalami kemerosatan.
Tuhan Yesus pernah menegor orang-orang Yahudi yang membanggakan soal Kaabah yang pernah mereka dirikan selama 46 tahun itu, Tuhan suruh robohkan, nanti AKU akan membangunanya dalam tempo 3 hari.
Yoh 2:18-20
18 Orang-orang Yahudi menantang Yesus, katanya: "Tanda apakah dapat Engkau tunjukkan kepada kami, bahwa Engkau berhak bertindak demikian?"
19 Jawab Yesus kepada mereka: "Rombak Bait Allah ini, dan dalam tiga hari Aku akan mendirikannya kembali."
20 Lalu kata orang Yahudi kepada-Nya: "Empat puluh enam tahun orang mendirikan Bait Allah ini dan Engkau dapat membangunnya dalam tiga hari?"

46 adalah angka dari 50 dikurangi 4.
Sedangkan angka 50 adalah angka Pantekosta. Pantekosta = pencurahan Roh Kudus.
Ibadah yang disuruh merombak oleh Tuhan Yesus adalah ibadah dengan sistim lama, yaitu ibadah yang tidak menghargai hadirnya Roh Kudus.
Itu sebabnya banyak terjadi praktek-praktek yang tidak sehat.
Tuhan lewat pengajaran-Nya mau menyucikan ibadah kita.

Yang diancam oleh Tuhan akan diruntuhkan ini adalah ibadah yang bertahan dalam sistim tua. Dan apa yang sudah tua itu mendekati kemusnaan kata firman Tuhan.
Ibr 8:13
Oleh karena Ia berkata-kata tentang perjanjian yang baru, Ia menyatakan yang pertama sebagai perjanjian yang telah menjadi tua. Dan apa yang telah menjadi tua dan usang, telah dekat kepada kemusnahannya.

Hadirnya Yesus didalam Bait Allah waktu itu adalah untuk membaharui ibadah yang salah.

Amos 7:9c “Aku akan bangkit melawan keluarga Yerobiam dengan pedang!”

Siapa Yerobiam ini? Dia adalah raja Israel yang menyesatkan rakyatnya untuk menyembah patung lembu emas.
1 Raj 12:28-31
28 Sesudah menimbang-nimbang, maka raja membuat dua anak lembu jantan dari emas dan ia berkata kepada mereka: "Sudah cukup lamanya kamu pergi ke Yerusalem. Hai Israel, lihatlah sekarang allah-allahmu, yang telah menuntun engkau keluar dari tanah Mesir."
29 Lalu ia menaruh lembu yang satu di Betel dan yang lain ditempatkannya di Dan.
30 Maka hal itu menyebabkan orang berdosa, sebab rakyat pergi ke Betel menyembah patung yang satu dan ke Dan menyembah patung yang lain. 31 Ia membuat juga kuil-kuil di atas bukit-bukit pengorbanan, dan mengangkat imam-imam dari kalangan rakyat yang bukan dari bani Lewi.

Ini adalah bentuk penyimpangan dalam ibadah: Yerobiam ini sudah menyimpang jauh. Dia mendirikan kuil-kuil diatas bukit pengorbanan Mengangkat imam-imam yang bukan berasal dari suku Lewi. Kita musti berhati-hati dengan tahbisan kita.

Kiranya Roh Kudus memampukan kita untuk mengerti firman-Nya. Tuhan Yesus memberkati.