Translate

10 Nov 2013

Ibadah Raya, 10 Nov 2013. Mengikut Tuhan Dengan Sepenuh Hati



Ibadah Raya. 10 Nov 2013
Mengikut Tuhan dengan sepenuh hati.

Yos. 14:9, 14.
9 Pada waktu itu Musa bersumpah, katanya: Sesungguhnya tanah yang diinjak oleh kakimu itu akan menjadi milik pusakamu dan anak-anakmu sampai selama-lamanya, sebab engkau tetap mengikuti TUHAN, Allahku, dengan sepenuh hati.
14 Itulah sebabnya Hebron menjadi milik pusaka Kaleb bin Yefune, orang Kenas itu, sampai sekarang ini, karena ia tetap mengikuti TUHAN, Allah Israel, dengan sepenuh hati.

Kali ini kita akan belajar mengenal orang yang bernama Kaleb bin Yefune, orang yang mengikut Tuhan dengan sepenuh hati.
Dia adalah salah satu dari 12 pengintai yang dikirim Musa untuk memata-matai tanah Kanaan.
Musa berkata kepada Kaleb: sesungguhnya tanah yang diinjak kakimu itu akan menjadi milik pusakamu dan anak-anakmu sampai selama-lamanya, sebab engkau tetap mengikuti Tuhan, Allah Israel, dengan sepenuh hati.

Warisan yang dijanjikan Tuhan kepada umat-Nya itu harus dibuktikan dengan kesetiaan dalam mengikut Tuhan.
Rs Paulus dalam suratannya yang ditujukan kepada orang Kristen di Roma mengatakan: Rom 8:15-17.
15 Sebab kamu tidak menerima roh perbudakan yang membuat kamu menjadi takut lagi, tetapi kamu telah menerima Roh yang menjadikan kamu anak Allah. Oleh Roh itu kita berseru: "ya Abba, ya Bapa!"
16 Roh itu bersaksi bersama-sama dengan roh kita, bahwa kita adalah anak-anak Allah.
17 Dan jika kita adalah anak, maka kita juga adalah ahli waris, maksudnya orang-orang yang berhak menerima janji-janji Allah, yang akan menerimanya bersama-sama dengan Kristus, yaitu jika kita menderita bersama-sama dengan Dia, supaya kita juga dipermuliakan bersama-sama dengan Dia.

Roh yang dikaruniakan Allah kepada kita bukan menjadikan kita takut, tapi sebaliknya yaitu roh yang membangkitkan kekuatan, kasih dan ketertiban.
2 Tim 1:7
Sebab Allah memberikan kepada kita bukan roh ketakutan, melainkan roh yang membangkitkan kekuatan, kasih dan ketertiban.

Roh yang ada pada Kaleb ini bukan seperti roh yang ada pada 10 pengintai yang lain, dimana mereka ketakutan setelah melihat penduduk asli Kanaan yang orangnya seperti raksaksa itu.
Bil 13:27-29.
27 Mereka menceritakan kepadanya: "Kami sudah masuk ke negeri, ke mana kausuruh kami, dan memang negeri itu berlimpah-limpah susu dan madunya, dan inilah hasilnya.
28 Hanya, bangsa yang diam di negeri itu kuat-kuat dan kota-kotanya berkubu dan sangat besar, juga keturunan Enak telah kami lihat di sana.
29 Orang Amalek diam di Tanah Negeb, orang Het, orang Yebus dan orang Amori diam di pegunungan, orang Kanaan diam sepanjang laut dan sepanjang tepi sungai Yordan."

Untuk menjadi pewaris kerajaan Sorga, kita harus belajar menderita bersama dengan Yesus. Rasul Paulus katakan bahwa kita tidak menerima roh perbudakan yang membuatkan kita takut!
Jadi jelas orang yang masih dihinggapi rasa takut ini adalah orang yang dikuasai roh perbudakan. Yang membedakan antara dua golongan ini adalah laporannya (kesaksiannya) Kita mau lihat bagaimana Kaleb memberikan laporan kepada Musa.
Bil 14:7-9
7 dan berkata kepada segenap umat Israel: "Negeri yang kami lalui untuk diintai itu adalah luar biasa baiknya.
8 Jika TUHAN berkenan kepada kita, maka Ia akan membawa kita masuk ke negeri itu dan akan memberikannya kepada kita, suatu negeri yang berlimpah-limpah susu dan madunya.
9 Hanya, janganlah memberontak kepada TUHAN, dan janganlah takut kepada bangsa negeri itu, sebab mereka akan kita telan habis. Yang melindungi mereka sudah meninggalkan mereka, sedang TUHAN menyertai kita; janganlah takut kepada mereka."

Orang yang takut ini akan kehilangan semangatnya, beda dengan Kaleb sampai hari tuanya dia tetap semangat.
Yos 14:6-15
6 Bani Yehuda datang menghadap Yosua di Gilgal. Pada waktu itu berkatalah Kaleb bin Yefune, orang Kenas itu, kepadanya: "Engkau tahu firman yang diucapkan TUHAN kepada Musa, abdi Allah itu, tentang aku dan tentang engkau di Kadesh-Barnea.
7 Aku berumur empat puluh tahun, ketika aku disuruh Musa, hamba TUHAN itu, dari Kadesh-Barnea untuk mengintai negeri ini; dan aku pulang membawa kabar kepadanya yang sejujur-jujurnya.
8 Sedang saudara-saudaraku, yang bersama-sama pergi ke sana dengan aku, membuat tawar hati bangsa itu, aku tetap mengikuti TUHAN, Allahku, dengan sepenuh hati.
9 Pada waktu itu Musa bersumpah, katanya: Sesungguhnya tanah yang diinjak oleh kakimu itu akan menjadi milik pusakamu dan anak-anakmu sampai selama-lamanya, sebab engkau tetap mengikuti TUHAN, Allahku, dengan sepenuh hati.
10 Jadi sekarang, sesungguhnya TUHAN telah memelihara hidupku, seperti yang dijanjikan-Nya. Kini sudah empat puluh lima tahun lamanya, sejak diucapkan TUHAN firman itu kepada Musa, dan selama itu orang Israel mengembara di padang gurun. Jadi sekarang, telah berumur delapan puluh lima tahun aku hari ini;
11 pada waktu ini aku masih sama kuat seperti pada waktu aku disuruh Musa; seperti kekuatanku pada waktu itu demikianlah kekuatanku sekarang untuk berperang dan untuk keluar masuk.
12 Oleh sebab itu, berikanlah kepadaku pegunungan, yang dijanjikan TUHAN pada waktu itu, sebab engkau sendiri mendengar pada waktu itu, bahwa di sana ada orang Enak dengan kota-kota yang besar dan berkubu. Mungkin TUHAN menyertai aku, sehingga aku menghalau mereka, seperti yang difirmankan TUHAN."
13 Lalu Yosua memberkati Kaleb bin Yefune, dan diberikannyalah Hebron kepadanya menjadi milik pusakanya.
14 Itulah sebabnya Hebron menjadi milik pusaka Kaleb bin Yefune, orang Kenas itu, sampai sekarang ini, karena ia tetap mengikuti TUHAN, Allah Israel, dengan sepenuh hati.
15 Nama Hebron dahulu ialah Kiryat-Arba; Arba ialah orang yang paling besar di antara orang Enak. Dan amanlah negeri itu, berhenti berperang.

Yang membuat Kaleb ini bisa bertahan sampai hari tuanya adalah roh yang ada didalam dirinya, ini adalah roh yang lain seperti yang ada pada kesepuluh pengintai yang lain. Dalam jiwanya ada Roh Kudus, ini yang membuat dia lain dengan kesepuluh temannya.

Kaleb ini adalah orang yang luar biasa, semangat tidak pernah kendor.
Yos 14:11
pada waktu ini aku masih sama kuat seperti pada waktu aku disuruh Musa; seperti kekuatanku pada waktu itu demikianlah kekuatanku sekarang untuk berperang dan untuk keluar masuk. Seperti kekuatanku pada waktu itu demikianlah kekuatanku sekarang untuk berperang dan keluar masuk.

Antara waktu ia disuruh Musa dengan ia mengucapkan kata-kata itu ada jelang waktu 45 tahun. Berarti selama 45 tahun ia membuktikan kesetiaannya.
Ibarat pohon ia tidak berhenti berbuah-buah.
Mazmur 92:13-16
13 Orang benar akan bertunas seperti pohon korma, akan tumbuh subur seperti pohon aras di Libanon;
14 mereka yang ditanam di bait TUHAN akan bertunas di pelataran Allah kita.
15 Pada masa tua pun mereka masih berbuah, menjadi gemuk dan segar,
16 untuk memberitakan, bahwa TUHAN itu benar, bahwa Ia gunung batuku dan tidak ada kecurangan pada-Nya.

Orang seperti Kaleb ini adalah orang yang tidak pernah patah semangatnya. Hal serupa pernah dikatakan Rs Paulus dalam
Roma 12:11
Janganlah hendaknya kerajinanmu kendor, biarlah rohmu menyala-nyala dan layanilah Tuhan.

Ada berapa banyakkah orang Kristen yang seperti Kaleb ini, mengikut Tuhan dengan sepenuh hati, mengiring Tuhan dengan setia.

Apa yang dihadapi Kaleb dihari tuanya? Dia menghadapi suku Enak (orang-orang yang besar), tapi dia tetap menunjukkan keperkasaannya.
Sebesar apakah pencobaan yang Anda hadapi saat ini? Percayakan peperangan Anda kepada Tuhan, Dia akan berperang ganti kamu.

Setia sampai hari tua, berarti setia sampai mati, sama seperti Jemaat di Smirna.
Why 2:10
10 Jangan takut terhadap apa yang harus engkau derita! Sesungguhnya Iblis akan melemparkan beberapa orang dari antaramu ke dalam penjara supaya kamu dicobai dan kamu akan beroleh kesusahan selama sepuluh hari. Hendaklah engkau setia sampai mati, dan Aku akan mengaruniakan kepadamu mahkota kehidupan.

Setia sampai mati, itu yang sudah diteladankan Yesus kepada kita.
2 Tim 2:13
jika kita tidak setia, Dia tetap setia, karena Dia tidak dapat menyangkal diri-Nya."

Mari kita merenungkan pengikutan kita kepada Tuhan, apakah kita sudah mengikut Tuhan dengan sepenuh hati? Kiranya Roh Kudus akan membantu kita untuk menjadi orang yang tetap setia sampai kedatangan-Nya nanti.

Tuhan Yesus memberkati.