Translate

5 Jun 2013

Pendalaman Alkitab 4 juni 2013 : Keputusan menghukum Tirus


Pendalaman Alkitab 4 juni 2013 : Keputusan menghukum Tirus

Amos 1 :9-10
Beginilah firman TUHAN: "Karena tiga perbuatan jahat Tirus, bahkan empat, Aku tidak akan menarik kembali keputusan-Ku: Oleh karena mereka telah menyerahkan tertawan suatu bangsa seluruhnya kepada Edom dan tidak mengingat perjanjian persaudaraan,
Aku akan melepas api ke dalam tembok Tirus, sehingga purinya dimakan habis."


Setiap Tuhan hendak menghukum bangsa bangsa,Ia tunjukkan kesalahannya
Kesalahan fatal Tirus yaitu menyerahkan tawanan ibrani pada Edom dan tidak mengingat perjanjian persaudaran

Siapa Tirus?
Adalah kota pelabuhan yang kuat dan kaya, Tirus kemudian menjadi sombong dan menjadi musuh Allah

Yeh 28:5
Karena engkau sangat pandai berdagang engkau memperbanyak kekayaanmu, dan karena itu engkau jadi sombong.
nubuatan tentang kota Tirus yang pandai berdagang dan menjadi sombong

Yeh 26:3-5, 14
Oleh sebab itu beginilah firman Tuhan ALLAH: Lihat, Aku menjadi lawanmu, hai Tirus. Aku akan menyuruh bangkit banyak bangsa melawan engkau, seperti lautan menimbulkan gelombang-gelombangnya.
Mereka akan memusnahkan tembok-tembok Tirus dan meruntuhkan menara-menaranya, debu tanahnya akan Kubuang sampai bersih dari padanya dan akan Kujadikan dia gunung batu yang gundul.
Ia akan menjadi penjemuran pukat di tengah lautan, sebab Aku yang mengatakannya, demikianlah firman Tuhan ALLAH; ia akan menjadi jarahan bagi bangsa-bangsa.
.....Aku akan menjadikan engkau gunung batu yang gundul dan dengan demikian engkau akan menjadi penjemuran pukat, sehingga engkau tidak akan dibangun kembali, sebab Aku, Tuhanlah yang mengatakannya, demikianlah firman Tuhan ALLAH.


orang sombong menjadi musuh Allah
Allah bisa dengan sekejap memutarbalikkan keadaan, karena kesombongan Tirus

Asal mula dosa kesombongan adalah Lucifer yang ingin menyamai kedudukan Allah.
Yes 14:12-15
"Wah, engkau sudah jatuh dari langit, hai Bintang Timur, putera Fajar, engkau sudah dipecahkan dan jatuh ke bumi, hai yang mengalahkan bangsa-bangsa!
Engkau yang tadinya berkata dalam hatimu: Aku hendak naik ke langit, aku hendak mendirikan takhtaku mengatasi bintang-bintang Allah, dan aku hendak duduk di atas bukit pertemuan, jauh di sebelah utara.
Aku hendak naik mengatasi ketinggian awan-awan, hendak menyamai Yang Mahatinggi!Sebaliknya, ke dalam dunia orang mati engkau diturunkan, ke tempat yang paling dalam di liang kubur.



1 Ptr 5:5,6 Tuhan ingatkan agar kita jangan sombong
Demikian jugalah kamu, hai orang-orang muda, tunduklah kepada orang-orang yang tua. Dan kamu semua, rendahkanlah dirimu seorang terhadap yang lain, sebab: "Allah menentang orang yang congkak, tetapi mengasihani orang yang rendah hati."
Karena itu rendahkanlah dirimu di bawah tangan Tuhan yang kuat, supaya kamu ditinggikan-Nya pada waktunya
.


Akibat kesombongan Tirus:
Yeh 27:25-27
Kapal-kapal Tarsis membawa barang-barang dagangan ini bagimu. Penuh dengan muatan berat engkau di tengah lautan.
Ke lautan luas pendayungmu membawa engkau. Tetapi badai timur melandamu di tengah lautan.
Hartamu, barangmu, daganganmu, anak kapalmu dan pelaut-pelautmu, tukang-tukangmu dan pedagang-pedagangmu dengan semua prajurit-prajuritmu yang ada padamu, ya, bersama seluruh penumpang-penumpangmu, terbenam dalam lautan pada hari tenggelammu.


yeh 27: 32
Dalam meratap karena engkau mereka mengucapkan, menangiskan ratapan: Siapa seperti Tirus, yang sudah dimusnahkan di tengah lautan?

Yeh 27:34-36
Sekarang engkau dirusak dan dilenyapkan dari permukaan laut dan tenggelam di dasar lautan; daganganmu dan seluruh penumpangmu tenggelam dengan engkau.
Orang pesisir kaget semua melihatmu; raja-rajanya menggigil, mukanya berkerut.
Pedagang bangsa-bangsa bersuit-suit terhadapmu, akhir hidupmu mendahsyatkan, dan lenyap selamanya engkau."


Tuhan akan menenggelamkan dan menghancurkan Tirus

Dalam Yeh 28:1-9 Tirus menganggap dirinya sama seperi Allah

Sebelumnya Tirus adalah gambaran kesempurnaan seperti Lucifer ( bintang fajar)
Yeh 28 :11-15
Lalu datanglah firman TUHAN kepadaku:
"Hai anak manusia, ucapkanlah suatu ratapan mengenai raja Tirus dan katakanlah kepadanya: Beginilah firman Tuhan ALLAH: Gambar dari kesempurnaan engkau, penuh hikmat dan maha indah.
Engkau di taman Eden, yaitu taman Allah penuh segala batu permata yang berharga: yaspis merah, krisolit dan yaspis hijau, permata pirus, krisopras dan nefrit, lazurit, batu darah dan malakit. Tempat tatahannya diperbuat dari emas dan disediakan pada hari penciptaanmu.
Kuberikan tempatmu dekat kerub yang berjaga, di gunung kudus Allah engkau berada dan berjalan-jalan di tengah batu-batu yang bercahaya-cahaya.
Engkau tak bercela di dalam tingkah lakumu sejak hari penciptaanmu sampai terdapat kecurangan padamu.


Yeh 28:17 bangga karena kecantikan
Engkau sombong karena kecantikanmu, hikmatmu kaumusnahkan demi semarakmu. Ke bumi kau Kulempar, kepada raja-raja engkau Kuserahkan menjadi tontonan bagi matanya.

Cermin buat kita supaya kita berhati-hati akan pengangkatan Tuhan yang telah memberikan perhiasan kepada kita sebagai calon mempelai Tuhan

Yeh 28:18 Curang dalam perdagangan
Dengan banyaknya kesalahanmu dan kecurangan dalam dagangmu engkau melanggar kekudusan tempat kudusmu. Maka Aku menyalakan api dari tengahmu yang akan memakan habis engkau. Dan Kubiarkan engkau menjadi abu di atas bumi di hadapan semua yang melihatmu.

Perdagangan yang didagangkan oleh Tirus yaitu salah satunya adalah menukarkan budak ( manusia ) dengan barang - barang (yeh 27:12-24)
Tuhan tidak melarang perdagangan, tetapi yang tidak dikehendaki adalah kecurangan

Amos 8:4-7 kejahatan-kejahatan Tirus yang sudah menyimpang dalam perdagangan
Dengarlah ini, kamu yang menginjak-injak orang miskin, dan yang membinasakan orang sengsara di negeri ini
dan berpikir: "Bilakah bulan baru berlalu, supaya kita boleh menjual gandum dan bilakah hari Sabat berlalu, supaya kita boleh menawarkan terigu dengan mengecilkan efa, membesarkan syikal, berbuat curang dengan neraca palsu,
supaya kita membeli orang lemah karena uang dan orang yang miskin karena sepasang kasut; dan menjual terigu rosokan?"
TUHAN telah bersumpah demi kebanggaan Yakub: "Bahwasanya Aku tidak akan melupakan untuk seterusnya segala perbuatan mereka!



Yeh 27:13 menukarkan budak dengan tembaga
Yawan, Tubal dan Mesekh berdagang dengan engkau; mereka menukarkan budak-budak, barang-barang tembaga ganti barang-barang daganganmu


kesalahan fatal tirus : menyerahkan tertawan suatu bangsa pada Edom dan tidak mengingat perjanjian (amos 1:9-10)

Tuhan mencatat kesalahan Edom
Bil 20:17-20
Izinkanlah kiranya kami melalui negerimu; kami tidak akan berjalan melalui ladang-ladang dan kebun-kebun anggurmu dan kami tidak akan minum air sumurmu; jalan besar saja akan kami jalani dengan tidak menyimpang ke kanan atau ke kiri, sampai kami melalui batas daerahmu."
Tetapi orang Edom berkata kepada mereka: "Tidak boleh kamu melalui daerah kami, nanti kami keluar menjumpai kamu dengan pedang!"
Lalu berkatalah orang Israel kepadanya: "Kami akan berjalan melalui jalan raya, dan jika kami dan ternak kami minum airmu, maka kami akan membayar uangnya, asal kami diizinkan lalu dengan berjalan kaki, hanya itu saja."
Tetapi jawab mereka: "Tidak boleh kamu lalu." Maka keluarlah orang Edom menghadapi mereka dengan banyak rakyatnya dan dengan tentara yang kuat.


Tidak boleh lewat,walau memohon, dan tidak merusak apapun
Kesalahan fatal Edom yaitu menghalangi jalan umat Allah

Edom adalah keturunan Esau saudara Yakub

Yakub diganti nama Israel artinya bergumul sampai menang ( gambaran orang kristen),Kita lebih dari pemenang, bergumul dalam segala permasalahan. Kejadian itu saat Yakub bergumul melawan Allah,dan menang (Kej 32:24-28)

Kej 27:41 dendam Esau tergadap Yakub
Esau menaruh dendam kepada Yakub karena berkat yang telah diberikan oleh ayahnya kepadanya, lalu ia berkata kepada dirinya sendiri: "Hari-hari berkabung karena kematian ayahku itu tidak akan lama lagi; pada waktu itulah Yakub, adikku, akan kubunuh."

Dalam bersaudara tidak boleh menyimpan dendam
Yes 65:17b tidak boleh mengingat kesalahan masa lalu

Kol 3: 13
Sabarlah kamu seorang terhadap yang lain, dan ampunilah seorang akan yang lain apabila yang seorang menaruh dendam terhadap yang lain, sama seperti Tuhan telah mengampuni kamu, kamu perbuat jugalah demikian.

Keturunan Esau yaitu Edom yg tidak mengijinkan bangsa Israel lewat, karena ada dendam
Ternyata dendam itu diwariskan, dari Esau kepada generasi berikutnya

Im 19:17,18
Janganlah engkau membenci saudaramu di dalam hatimu, tetapi engkau harus berterus terang menegor orang sesamamu dan janganlah engkau mendatangkan dosa kepada dirimu karena dia.
Janganlah engkau menuntut balas, dan janganlah menaruh dendam terhadap orang-orang sebangsamu, melainkan kasihilah sesamamu manusia seperti dirimu sendiri; Akulah TUHAN
.

Dalam Roma 12:19-21 Kita tidak boleh menuntut dendam. Seharusnya Jangan kita sendiri yang mengadakan pembalasan.
Saudara-saudaraku yang kekasih, janganlah kamu sendiri menuntut pembalasan, tetapi berilah tempat kepada murka Allah, sebab ada tertulis: Pembalasan itu adalah hak-Ku. Akulah yang akan menuntut pembalasan, firman Tuhan.
Tetapi, jika seterumu lapar, berilah dia makan; jika ia haus, berilah dia minum! Dengan berbuat demikian kamu menumpukkan bara api di atas kepalanya.
Janganlah kamu kalah terhadap kejahatan, tetapi kalahkanlah kejahatan dengan kebaikan


Ul 32:35a Hak-Kulah dendam dan pembalasan..........

Akibat dendam adalah hilangnya damai sejahtera

Dalam Kej 32:7-12 Yakub sepertinya sudah hendak menyerah, kemudian Yakub mengklaim janji Tuhan padanya.
Seperti hal nya kehidupan kita, untuk selalu mengingat janji Tuhan

Yakub pasrah akan kenyataan yang akan terjadi bahwa ia akan dibunuh kakaknya, tetapi ternyata Esau menyambut baik kedatangan Yakub (Kej 33:1-4 )

Dimana hal tersebut merupakan akibat dari pergumulan yakub semalaman (melalui doa) ( Kej 32: 22-30 )

Apa yang kita takutkan dalam hidup? hadapi dengan kuasa doa

Ada perjanjian damai antara Esau dan Yakub tapi Edom melupakannya

Rm 3:17,18, jalan damai dilupakan
dan jalan damai tidak mereka kenal;
rasa takut kepada Allah tidak ada pada orang itu.


1 Tes 5:13b himbauan untuk hidup damai
.....Hiduplah selalu dalam damai seorang dengan yang lain.

Ibr 12:14 Tuhan menginginkan kita hidup damai dengan semua orang
Berusahalah hidup damai dengan semua orang dan kejarlah kekudusan, sebab tanpa kekudusan tidak seorangpun akan melihat Tuhan.

Tuhan Yesus memberkati!