Translate

26 Jun 2013

Pendalaman Alkitab 25 Juni 2013, Amos 2:4-5 Hukuman atas Yehuda



Pendalamam Alkitab 25 Juni 2013

Amos 2:4-5 Hukuman atas Yehuda
Beginilah firman TUHAN: "Karena tiga perbuatan jahat Yehuda ,bahkan empat, Aku tidak akan menarik kembali keputusan-Ku: Oleh karena mereka telah menolak hukum TUHAN, dan tidak berpegang pada ketetapan-ketetapan-Nya,tetapi disesatkan oleh dewa-dewa kebohongannya , yang diikuti oleh nenek moyangnya, Aku akan melepas api ke dalam Yehuda, sehingga puri Yerusalem habis."

Yehuda adalah salah satu suku Israel, yang dipilih oleh Allah
Yehuda menolak hukum Tuhan ( tidak berpegang pada ketetapanNya)
Hukum Tuhan : Taurat / Torah ( bahasa Ibrani)
Menurut Mazmur :undang-undang ( lebih luas dari 10 hukum yaitu 2 loh batu / lebih luas dari Taurat Musa yaitu Kejadian sampai Ulangan)

Torah  artinya: pengajaran
Jadi Yehuda berkesalahan karena menolak pengajaran. Dan kesalahan mereka lebih berat, karena membelakangi Allah karena menyembah dewa-dewa

Dalam kisah Yosua 24: 14-28 saat itu Bangsa Israel dihadapkan oleh pilihan antara menyembah berhala atau Tuhan
Yosua dengan teguh tetap memilih beribadah kepada Tuhan.
24:15 Tetapi jika kamu anggap tidak baik untuk beribadah kepada TUHAN, pilihlah pada hari ini kepada siapa kamu akan beribadah; allah yang kepadanya nenek moyangmu beribadah di seberang sungai Efrat, atau allah orang Amori yang negerinya kamu diami ini. Tetapi aku dan seisi rumahku,kami akan beribadah kepada TUHAN  

24:17 Sebab TUHAN, Allah kita, Dialah yang telah menuntun kita dan nenek moyang kita dari tanah Mesir, dari rumah perbudakan, dan yang telah melakukan tanda-tanda mujizat yang besar ini di depan mata kita sendiri, dan yang telah melindungi kita sepanjang jalan yang kita tempuh, dan di antara semua bangsa yang kita lalui

Mesir adalah lambang dunia
Tuhan telah menuntun Bangsa Israel keluar dari Mesir ( kelepasan) , mengadakan mujizat-mujizat dan Tuhan pun melindungi . Seperti kehidupan kita yang dulu telah diperbudak oleh dosa, kemudian terjadi kelepasan ( pertobatan), mujizat dan pertolongan Tuhan serta perlindungan Tuhan senantiasa ada dalam kehidupan kita

Suatu waktu kita akan dihadapkan oleh keputusan untuk menyembah Tuhan atau Antikris
Jangan sampai meninggalkan Tuhan
24:20 Apabila kamu meninggalkan TUHAN dan beribadah kepada allah asing, maka Ia akan berbalik dari padamu dan melakukan yang tidak baik kepada kamu serta membinasakan kamu, setelah Ia melakukan yang baik kepada kamu dahulu.

Batu peringatan sebagai pengingat, bukan disembah
24: 27 Kata Yosua kepada seluruh bangsa itu: "Sesungguhnya batu inilah akan menjadi saksi terhadap kita, sebab telah didengarnya segala firman TUHAN yang diucapkan-Nya kepada kita. Sebab itu batu ini akan menjadi saksi terhadap kamu, supaya kamu jangan menyangkal Allahmu."

Menolak Taurat : menolak pengajaran
2 Tim 4: 2-5 akan datang waktunya orang tidak menerima ajaran sehat. Khotbah bukan dari perkataan Allah, tapi untuk menyenangkan hati / telinga, bukan untuk menegur atau menemplak.
Beritakanlah firman, siap sedialah baik atau tidak baik waktunya, nyatakanlah apa yang salah, tegorlah dan nasihatilah dengan segala kesabaran dan pengajaran. Karena akan datang waktunya, orang tidak dapat lagi menerima ajaran sehat, tetapi mereka akan mengumpulkan guru-guru menurut kehendaknya untuk memuaskan keinginan telinganya.
Mereka akan memalingkan telinganya dari kebenaran dan membukanya bagi dongeng. Tetapi kuasailah dirimu dalam segala hal, sabarlah menderita,lakukanlah pekerjaan pemberita Injil dan tunaikanlah tugas pelayananmu!


Kesalahan Yehuda tidak ada di bangsa lain.Dan merupakan kesalahan fatal, yaitu penyembahan berhala

1 Tim 4: 16. anjuran untuk mengawasi diri kita sendiri serta pengajaran
Awasilah dirimu sendiri dan awasilah ajaranmu. Bertekunlah dalam semuanya itu, karena dengan berbuat demikian engkau akan menyelamatkan dirimu dan semua orang yang mendengar engkau

Sikap / pendirian terhadap orang yang tidak mau mendengar pengajaran:
2 Tes 3:14-15
Jika ada orang yang tidak mau mendengarkan apa yang kami katakan dalam surat ini, tandailah dia dan jangan bergaul dengan dia, supaya ia menjadi malu, tetapi janganlah anggap dia sebagai musuh, tetapi tegorlah dia sebagai seorang saudara

Pengajaran yang benar kaitannya dengan Imam
Yer 18:18  Imam tidak akan kehabisan pengajaran. Orang bijaksana tidak kehabisan nasehat ( Tuhan yang memberikan hikmat). Nabi tidak pernah kehabisan firman. Firman selalu mengalir  
Berkatalah mereka: "Marilah kita mengadakan persepakatan terhadap Yeremia, sebab imam tidak akan kehabisan pengajaran, orang bijaksana tidak akan kehabisan nasihat dan nabi tidak akan kehabisan firman. Marilah kita memukul dia dengan bahasanya sendiri dan jangan memperhatikan setiap perkataannya!"

Juga setiap orang Kristen bila dilimpahi Firman Allah, hati akan terus diisi

Imam : menunjuk pada Imam Besar Agung yaitu Yesus, pada dia ada kelimpahan firman/ nasehat.
Ibr 4: 14-16
Karena kita sekarang mempunyai Imam Besar Agung ,yang telah melintasi semua langit, yaitu Yesus, Anak Allah, baiklah kita teguh berpegang pada pengakuan iman kita. Sebab Imam Besar yang kita punya, bukanlah imam besar yang tidak dapat turut merasakan kelemahan-kelemahan kita, sebaliknya sama dengan kita, Ia telah dicobai, hanya tidak berbuat dosa. Sebab itu marilah kita dengan penuh keberanian menghampiri takhta kasih karunia , supaya kita menerima rahmat dan menemukan kasih karunia untuk mendapat pertolongan kita pada waktunya.

Surat Ibrani khusus unuk orang Ibrani yaitu gambaran orang Kristen yang sudah lama. Sebagai orang Kristen yang lama harus meninggalkan azas - azas pertama agar rohani berkembang
Ibr 6:1
Sebab itu marilah kita tinggalkan asas-asas pertama dari ajaran tentang Kristus dan beralih kepada perkembangannya yang penuh. Janganlah kita meletakkan lagi dasar pertobatan dari perbuatan-perbuatan yang sia-sia, dan dasar kepercayaan kepada Allah,

Untuk berkembang perlu makanan yang keras
Ibr 5:13,14
Sebab barangsiapa masih memerlukan susu ia tidak memahami ajaran tentang kebenaran, sebab ia adalah anak kecil.
Tetapi makanan keras adalah untuk orang-orang dewasa, yang karena mempunyai pancaindera yang terlatih untuk membedakan yang baik dari pada yang jahat.


Firman Allah yang keras diperlukan agar kita dapat menerima pengajaran Imam Besar
Ibr 5:10, 11
dan Ia dipanggil menjadi Imam Besar oleh Allah, menurut peraturan Melkisedek.
Tentang hal itu banyak yang harus kami katakan, tetapi yang sukar untuk dijelaskan, karena kamu telah lamban dalam hal mendengarkan.


Pribadi Yesus sebagai Firman Allah yang tidak pernah kehabisan pengajaran, nasehat, firman
Ibr 6:20
di mana Yesus telah masuk sebagai Perintis bagi kita, ketika Ia, menurut peraturan Melkisedek, menjadi Imam Besar sampai selama-lamanya.

Manfaat Firman Allah :
2 Tim 3:16
Segala tulisan yang diilhamkan Allah memang bermanfaat untuk mengajar, untuk menyatakan kesalahan, untuk memperbaiki kelakuan dan untuk mendidik orang dalam kebenaran.

Bila kita benar- benar mencari Firman dan membuka hati, pasti kehidupan diubahkan
Ayub 12: 12,16, 22
12:12 Konon hikmat ada pada orang yang tua, dan pengertian pada orang yang lanjut umurnya.

12:16 Pada Dialah kuasa dan kemenangan, Dialah yang menguasai baik orang yang tersesat maupun orang yang menyesatkan.

12:22 Dia yang menyingkapkan rahasia kegelapan, dan mendatangkan kelam pekat pada terang.

Kembali ke Yehuda yang telah berpaling pada berhala ( dewa tuangan). Bentuk dari buatan tangan manusia
Im 19:4
Janganlah kamu berpaling kepada berhala-berhala dan janganlah kamu membuat bagimu dewa tuangan; Akulah TUHAN, Allahmu.

Mzm 135: 15-17
Berhala bangsa-bangsa adalah perak dan emas, buatan tangan manusia, mempunyai mulut, tetapi tidak dapat berkata-kata, mempunyai mata, tetapi tidak dapat melihat, mempunyai telinga, tetapi tidak dapat mendengar, juga nafas tidak ada dalam mulut mereka.

Allah sangat membenci orang yang menduakan Allah dengan menyembah berhala
Sikap Allah terhadap umatNya yang  menyembah berhala
Kel 20:3-6
Jangan ada padamu allah lain di hadapan-Ku.
Jangan membuat bagimu patung yang menyerupai apapun yang ada di langit di atas, atau yang ada di bumi di bawah, atau yang ada di dalam air di bawah bumi.
Jangan sujud menyembah kepadanya atau beribadah kepadanya, sebab Aku, TUHAN, Allahmu, adalah Allah yang cemburu, yang membalaskan kesalahan bapa kepada anak-anaknya, kepada keturunan yang ketiga dan keempat dari orang-orang yang membenci Aku,
tetapi Aku menunjukkan kasih setia kepada beribu-ribu orang, yaitu mereka yang mengasihi Aku dan yang berpegang pada perintah-perintah-Ku.


Dalam 2 Loh batu memuat hukum-hukum Allah
Loh 1: mengenai hubungan manusia dengan Allah
Loh 2: mengenai hubungan manusia dengan manusia


Pada Saat Tuhan meberikan 2 loh batu terhadap Musa, Bangsa Israel menyembah lembu emas
Hampir saja dimusnahkan oleh Allah, tapi Musa yang mencegah kemarahan Allah (Kel 32:7-14)

Emas untuk membuat patung lembu emas berasal dari anting- anting (telinga) artinya orang yang tidak dengar-dengaran (Kel 32:3)

Disini dapat dilihat pertanggung jawaban yang besar Musa sebagai seorang pemimpin.
Kel 32:31,32 .
Lalu kembalilah Musa menghadap TUHAN dan berkata: "Ah, bangsa ini telah berbuat dosa besar, sebab mereka telah membuat allah emas bagi mereka.
Tetapi sekarang, kiranya Engkau mengampuni dosa mereka itu--dan jika tidak, hapuskanlah kiranya namaku dari dalam kitab yang telah Kautulis."


Dihapus dari buku kehidupan berarti masuk neraka, tetapi Allah tidak melakukannya, tapi justru Yesus
Saat Yesus mati, Dia turun ke neraka untuk menginjili orang-orang yang mati jaman Nuh Merupakan kegenapan dari ucapan Musa
1 Ptr 3:18-20
Sebab juga Kristus telah mati sekali untuk segala dosa kita, Ia yang benar untuk orang-orang yang tidak benar, supaya Ia membawa kita kepada Allah; Ia, yang telah dibunuh dalam keadaan-Nya sebagai manusia, tetapi yang telah dibangkitkan menurut Roh,
dan di dalam Roh itu juga Ia pergi memberitakan Injil kepada roh-roh yang di dalam penjara,
yaitu kepada roh-roh mereka yang dahulu pada waktu Nuh tidak taat kepada Allah, ketika Allah tetap menanti dengan sabar waktu Nuh sedang mempersiapkan bahteranya, di mana hanya sedikit, yaitu delapan orang, yang diselamatkan oleh air bah itu.


Dan bagi yang namanya tidak ada dalam Kitab Kehidupan akan dilempar ke neraka (Why 20: 11-14)
Kita diingatkan untuk terus berpegang pada pengajaran

Tuhan Yesus memberkati!