Translate

19 Jun 2013

Pendalaman Alkitab 17 Juni 2013 : Keputusan Tuhan Untuk Menghukum Bani Amon & Moab


Pendalaman Alkitab 17 Juni 2013 : Keputusan Tuhan Untuk Menghukum Bani Amon & Moab


Amos 1:13-15 Keputusan menghukum Bani Amon
Beginilah firman TUHAN: "Karena tiga perbuatan jahat bani Amon, bahkan empat, Aku tidak akan menarik kembali keputusan-Ku: Oleh karena mereka membelah perut perempuan-perempuan hamil di Gilead dengan maksud meluaskan daerah mereka sendiri, Aku akan menyalakan api di dalam tembok Raba, sehingga purinya dimakan habis, diiringi sorak-sorai pada waktu pertempuran, diiringi angin badai pada waktu puting beliung; dan raja mereka harus pergi sebagai orang buangan, ia bersama-sama dengan pembesar-pembesarnya," firman TUHAN.

Amos 2:1-3 Keputusan menghukum Moab
Beginilah firman TUHAN: "Karena tiga perbuatan jahat Moab, bahkan empat, Aku tidak akan menarik kembali keputusan-Ku: Oleh karena ia telah membakar tulang-tulang raja Edom menjadi kapur, Aku akan melepas api ke dalam Moab, sehingga puri Keriot dimakan habis; Moab akan mati di dalam kegaduhan, diiringi sorak-sorai pada saat sangkakala berbunyi; Aku akan melenyapkan penguasa dari antaranya dan membunuh segala pembesarnya bersama-sama dengan dia," firman TUHAN.

Bangsa Moab dan Amon berasal dari perkawinan menyimpang, yaitu anak terhadap orangtuanya sendiri (Kej 19:30-38)


Dan bangsa tersebut tidak boleh masuk ke jemaat Tuhan sampai keturunan yang ke 10
Ul 23:3-6
Seorang Amon atau seorang Moab janganlah masuk jemaah TUHAN, bahkan keturunannya yang kesepuluhpun tidak boleh masuk jemaah TUHAN sampai selama-lamanya, karena mereka tidak menyongsong kamu dengan roti dan air pada waktu perjalananmu keluar dari Mesir, dan karena mereka mengupah Bileam bin Beor dari Petor di Aram-Mesopotamia melawan engkau, supaya dikutukinya engkau.
Tetapi TUHAN, Allahmu, tidak mau mendengarkan Bileam dan TUHAN, Allahmu, telah mengubah kutuk itu menjadi berkat bagimu, karena TUHAN, Allahmu, mengasihi engkau. Selama engkau hidup, janganlah engkau mengikhtiarkan kesejahteraan dan kebahagiaan mereka sampai selama-lamanya.


Kesalahan Bani Amon dan Moab :
1. Tidak menyongsong dengan air dan roti saat bangsa Israel keluar dari Mesir
2. engupah Bileam bin Beor dari Petor di Aram-Mesopotamia melawan bangsa Israel

Tuhan tidak mengijinkan bangsa Israel bersekutu dengan bangsa tersebut sampai selama- lamanya

Dalam jaman Nehemia terjadi pemisahan
Neh 13:1-3
Pada masa itu bagian-bagian dari pada kitab Musa dibacakan dengan didengar oleh rakyat. Didapati tertulis dalam kitab itu, bahwa orang Amon dan orang Moab tidak boleh masuk jemaah Allah untuk selamanya. Karena mereka tidak menyongsong orang Israel dengan roti dan air, malah mengupah Bileam melawan orang Israel supaya dikutukinya. Tetapi Allah kami mengubah kutuk itu menjadi berkat. Ketika mereka mendengar pembacaan Taurat itu mereka memisahkan semua peranakan dari orang Israel.

2 Kor 6:14-18
Janganlah kamu merupakan pasangan yang tidak seimbang dengan orang-orang yang tak percaya. Sebab persamaan apakah terdapat antara kebenaran dan kedurhakaan? Atau bagaimanakah terang dapat bersatu dengan gelap?
Persamaan apakah yang terdapat antara Kristus dan Belial? Apakah bagian bersama orang-orang percaya dengan orang-orang tak percaya?
Apakah hubungan bait Allah dengan berhala? Karena kita adalah bait dari Allah yang hidup menurut firman Allah ini: "Aku akan diam bersama-sama dengan mereka dan hidup di tengah-tengah mereka, dan Aku akan menjadi Allah mereka, dan mereka akan menjadi umat-Ku.
Sebab itu: Keluarlah kamu dari antara mereka, dan pisahkanlah dirimu dari mereka, firman Tuhan, dan janganlah menjamah apa yang najis, maka Aku akan menerima kamu.
Dan Aku akan menjadi Bapamu, dan kamu akan menjadi anak-anak-Ku laki-laki dan anak-anak-Ku perempuan demikianlah firman Tuhan, Yang Mahakuasa."


Tidak seimbang artinya yang satu percaya, yang satu tidak percaya


Neh 13:3
Ketika mereka mendengar pembacaan Taurat itu mereka memisahkan semua peranakan dari orang Israel.

Pemisahan antara keturunan yang tidak murni, hal yang tidak mudah, tapi harus dilakukan. Tuhan menghendaki kemurnian. Allah tidak menyetujui kawin campur antara bangsa Israel dengan Moab dan Amon ( mewakili bangsa Kafir)
Yang ditakutkan Allah adalah bangsa Israel akan melakukan penyembahan berhala bila bersekutu dengan bangsa Moab dan Amon

Padahal dalam Kel 20:1-6 . 2 Loh batu yang berisi hukum-hukum Tuhan adanya perintah untuk tidak menyembah berhala.
Lalu Allah mengucapkan segala firman ini:
"Akulah TUHAN, Allahmu, yang membawa engkau keluar dari tanah Mesir, dari tempat perbudakan.
Jangan ada padamu allah lain di hadapan-Ku.
Jangan membuat bagimu patung yang menyerupai apapun yang ada di langit di atas, atau yang ada di bumi di bawah, atau yang ada di dalam air di bawah bumi.
Jangan sujud menyembah kepadanya atau beribadah kepadanya, sebab Aku, TUHAN, Allahmu, adalah Allah yang cemburu, yang membalaskan kesalahan bapa kepada anak-anaknya, kepada keturunan yang ketiga dan keempat dari orang-orang yang membenci Aku,
tetapi Aku menunjukkan kasih setia kepada beribu-ribu orang, yaitu mereka yang mengasihi Aku dan yang berpegang pada perintah-perintah-Ku.


Allah adalah pencemburu, dan biasanya kecemburuan Allah diikuti dengan kemarahan Allah

Dalam kitab Hakim-Hakim ( kitab Hakim-Hakim adalah masa dimana hakim juga merupakan nabi dan pahlawan) terdapat salah satu contoh penyembahan berhala bangsa Israel terhadap berhala
Hak 10:6
Orang Israel itu melakukan pula apa yang jahat di mata TUHAN; mereka beribadah kepada para Baal dan para Asytoret, kepada para allah orang Aram, para allah orang Sidon, para allah orang Moab, para allah bani Amon dan para allah orang Filistin, tetapi TUHAN ditinggalkan mereka dan kepada Dia mereka tidak beribadah

Dalam hal ini Firman Tuhan mengingatkan kita untuk berhati-hati dalam hal pergaulan

Sebenarnya bangsa Amon dan Moab adalah saudara bangsa Israel , karena berasal dari Lot keponakan Abraham, tetapi kata Rasul Paulus sebagai orang beriman harus memisahkan diri dari pergaulan yang tidak baik, walaupun mengaku sebagai saudara seiman
1 Kor 5: 9-12 .
Dalam suratku telah kutuliskan kepadamu, supaya kamu jangan bergaul dengan orang-orang cabul.
Yang aku maksudkan bukanlah dengan semua orang cabul pada umumnya dari dunia ini atau dengan semua orang kikir dan penipu atau dengan semua penyembah berhala, karena jika demikian kamu harus meninggalkan dunia ini.Dalam suratku telah kutuliskan kepadamu, supaya kamu jangan bergaul dengan orang-orang cabul.
Yang aku maksudkan bukanlah dengan semua orang cabul pada umumnya dari dunia ini atau dengan semua orang kikir dan
Tetapi yang kutuliskan kepada kamu ialah, supaya kamu jangan bergaul dengan orang, yang sekalipun menyebut dirinya saudara, adalah orang cabul, kikir, penyembah berhala, pemfitnah, pemabuk atau penipu; dengan orang yang demikian janganlah kamu sekali-kali makan bersama-sama.
Sebab dengan wewenang apakah aku menghakimi mereka, yang berada di luar jemaat? Bukankah kamu hanya menghakimi mereka yang berada di dalam jemaat?

Terhadap pengajaran yang berbedapun juga harus waspada
2 Tes 3:6
Tetapi kami berpesan kepadamu, saudara-saudara, dalam nama Tuhan Yesus Kristus, supaya kamu menjauhkan diri dari setiap saudara yang tidak melakukan pekerjaannya dan yang tidak menurut ajaran yang telah kamu terima dari kami.

Tuhan Yesus ingatkan mengenai ragi Farisi dan Saduki, yang dimaksud ragi adalah pengajaran( Mat 16:6-12)

Mat13:33 mengenai ragi ( pengajaran) yang merusak seluruh tepung
Dan Ia menceriterakan perumpamaan ini juga kepada mereka: "Hal Kerajaan Sorga itu seumpama ragi yang diambil seorang perempuan dan diadukkan ke dalam tepung terigu tiga sukat sampai khamir seluruhnya."


Dasar pengajaran gereja Tuhan yang benar adalah Allah Tritunggal (Allah Bapa, Allah Putra, dan Allah Roh Kudus)
Dalam akhir jaman ini harus berhati-hati dalam memilih ajaran, karena banyak ajaran bermunculan

2 Tes 2:15. Himbauan untuk berpegang pada ajaran yang benar
Sebab itu, berdirilah teguh dan berpeganglah pada ajaran-ajaran yang kamu terima dari kami, baik secara lisan, maupun secara tertulis.

Ibr 2:1. Jangan sampai terbawa arus,
Karena itu harus lebih teliti kita memperhatikan apa yang telah kita dengar, supaya kita jangan hanyut dibawa arus.

Kol 2:7 Tuhan ingin kita tumbuh dan berakar dalalm Dia. Berakar ke dalam , dan tumbuh ke atas
Hendaklah kamu berakar di dalam Dia dan dibangun di atas Dia, hendaklah kamu bertambah teguh dalam iman yang telah diajarkan kepadamu, dan hendaklah hatimu melimpah dengan syukur.

Orang yang sungguh-sungguh dalam memperhatikan Firman Tuhan akan bersyukur atas apapun yng terjadi dalam hidupnya terutama di saat susah. Menunjukkan bahwa dia memang tumbuh dan berakar dalam Tuhan

Dalam Neh 13:4-9. Pergaulan Imam yang salah, dimana ruang untuk menyimpan perkakas Allah diberikan kepada Tobia (orang Amon, Neh 2:19)
Tetapi sebelum masa itu imam Elyasib yang diangkat untuk mengawasi bilik-bilik rumah Allah kami, dan yang mempunyai hubungan erat dengan Tobia,
menyediakan sebuah bilik besar bagi Tobia itu. Sebelumnya orang membawa ke bilik itu korban sajian, kemenyan, perkakas-perkakas dan persembahan persepuluhan dari pada gandum, anggur dan minyak yang menjadi hak orang-orang Lewi, para penyanyi dan para penunggu pintu gerbang, dan persembahan khusus bagi para imam.
Ketika peristiwa itu terjadi aku tidak ada di Yerusalem, karena pada tahun ketiga puluh dua pemerintahan Artahsasta, raja Babel, aku pergi menghadap raja. Tetapi sesudah beberapa waktu aku minta izin dari raja untuk pergi.
Lalu aku tiba di Yerusalem dan melihat kejahatan yang dibuat Elyasib untuk keuntungan Tobia, sebab bagi Tobia ini telah disediakannya sebuah bilik di pelataran rumah Allah.
Aku menjadi sangat kesal, lalu kulempar semua perabot rumah Tobia ke luar bilik itu. Kemudian kusuruh tahirkan bilik itu, sesudah itu kubawa kembali ke sana perkakas-perkakas rumah Allah, korban sajian dan kemenyan.


Yang dilakukan oleh Nehemia adalah tindakan tegas.
Merupakan suatu peringatan bagi kita dalam bergaul


Moab Adalah gambaran orang yang gagal dalam ibadah Yes 16:12-14
Maka sekalipun Moab pergi beribadah dan bersusah payah di atas bukit pengorbanan dan masuk ke tempat kudusnya untuk berdoa, ia tidak akan mencapai apa-apa.
Itulah firman yang diucapkan TUHAN tentang Moab pada waktu yang lalu.
Maka sekarang TUHAN berfirman: "Dalam tiga tahun, menurut masa kerja prajurit upahan, maka kemuliaan Moab, serta dengan keramaiannya yang besar, akan menjadi kehinaan, dan orang yang tertinggal akan sangat sedikit dan tiada berkuasa."


Rasa gagal dalam ibadah karena:
1 Tim 6:6-10
Memang ibadah itu kalau disertai rasa cukup, memberi keuntungan besar.
Sebab kita tidak membawa sesuatu apa ke dalam dunia dan kitapun tidak dapat membawa apa-apa ke luar.
Asal ada makanan dan pakaian, cukuplah.
Tetapi mereka yang ingin kaya terjatuh ke dalam pencobaan, ke dalam jerat dan ke dalam berbagai-bagai nafsu yang hampa dan yang mencelakakan, yang menenggelamkan manusia ke dalam keruntuhan dan kebinasaan.
Karena akar segala kejahatan ialah cinta uang. Sebab oleh memburu uanglah beberapa orang telah menyimpang dari iman dan menyiksa dirinya dengan berbagai-bagai duka.


Rasa cukup artinya tidak ada paksaan. Ibadah disertai keikhlasan atau kerinduan maka akan mendatangkan keuntungan

Yes 25:10-12 suasana di Moab, yaitu ibadah yang tidak berhasil.
Sebab tangan TUHAN akan melindungi gunung ini, tetapi Moab akan diinjak-injak di tempatnya sendiri, sebagai jerami diinjak-injak dalam lobang kotoran.
Apabila Moab mengembangkan tangannya di dalamnya seperti cara perenang mengembangkannya untuk berenang, maka TUHAN akan mematahkan kecongkakkan mereka dengan segala daya upaya mereka.
Maka kubu-kubu tembokmu yang tinggi akan ditumbangkan-Nya dan dirubuhkan-Nya, dan dicampakkan-Nya ke tanah dan debu.



Yes 25:6-9
TUHAN semesta alam akan menyediakan di gunung Sion ini bagi segala bangsa-bangsa suatu perjamuan dengan masakan yang bergemuk, suatu perjamuan dengan anggur yang tua benar, masakan yang bergemuk dan bersumsum, anggur yang tua yang disaring endapannya.
Dan di atas gunung ini TUHAN akan mengoyakkan kain perkabungan yang diselubungkan kepada segala suku bangsa dan tudung yang ditudungkan kepada segala bangsa-bangsa.
Ia akan meniadakan maut untuk seterusnya; dan Tuhan ALLAH akan menghapuskan air mata dari pada segala muka; dan aib umat-Nya akan dijauhkan-Nya dari seluruh bumi, sebab TUHAN telah mengatakannya.
Pada waktu itu orang akan berkata: "Sesungguhnya, inilah Allah kita, yang kita nanti-nantikan, supaya kita diselamatkan. Inilah TUHAN yang kita nanti-nantikan; marilah kita bersorak-sorak dan bersukacita oleh karena keselamatan yang diadakan-Nya!"


Gambaran orang yang ibadahnya berhasil, menunjuk ada susana pesta di Sion. Sion artinya diangkat
Putri Sion adalah gereja Tuhan yang dipersiapkan untiuk menyambut kedatangan Sang Raja

Mat 21:5
"Katakanlah kepada puteri Sion: Lihat, Rajamu datang kepadamu, Ia lemah lembut dan mengendarai seekor keledai, seekor keledai beban yang muda."

Menggenapi apa yang dinubuatkan oleh Zakharia
Zak 9:9
Bersorak-soraklah dengan nyaring, hai puteri Sion, bersorak-sorailah, hai puteri Yerusalem! Lihat, rajamu datang kepadamu; ia adil dan jaya. Ia lemah lembut dan mengendarai seekor keledai, seekor keledai beban yang muda.

Mat 21:2
dengan pesan: "Pergilah ke kampung yang di depanmu itu, dan di situ kamu akan segera menemukan seekor keledai betina tertambat dan anaknya ada dekatnya. Lepaskanlah keledai itu dan bawalah keduanya kepada-Ku.

Mengenai Keledai
Merupakan bayangan bangsa Kafir.
Yang tertambat artinya kehidupan yang terikat dan terbeban dan kehidupan yang tersebutlah yang dicari Tuhan untuk diselamatkan. Keledai dipakai untuk ditunggangi Tuhan untuk dipermuliakan

Bila keledai tidak mengalami ketebusan harus dipatahkan
Kel 34:20a
Tetapi anak yang lahir terdahulu dari keledai haruslah kautebus dengan seekor domba; jika tidak kautebus, haruslah kaupatahkan batang lehernya…

Berbicara mengenai leher:
Pelukan adalah tanda perdamaian , seperti Esau dan Yakub
Kej 33: 4
Tetapi Esau berlari mendapatkan dia, didekapnya dia, dipeluk lehernya dan diciumnya dia, lalu bertangis-tangisanlah mereka.
Karena ada perdamaian tidak jadi dipatahkan

Ada juga istilah bersitegang leher yaitu amarah
Ams 29:1
Siapa bersitegang leher, walaupun telah mendapat teguran, akan sekonyong-konyong diremukkan tanpa dapat dipulihkan lagi.

Tuhan jamah hati Esau melalui doa / pergumulan Yakub sehingga leher tidak jadi diremukan tapi dipeluk ( ada perdamaian)

Mzm 75:6 bertegang leher: sama- sama tidak mau mengalah
Jangan mengangkat tandukmu tinggi-tinggi, jangan berbicara dengan bertegang leher!"

Biar kehidupan kita diperdamaikan dengan Tuhan ataupun sesame.
Tuhan Yesus Memberkati!