Translate

9 Jun 2013

Ibadah Raya 9 juni 2013, Kebesaran Allah


Ibadah Raya 9 juni 2013, Kebesaran Allah

Yesaya 66 mewakili seluruh isi alkitab
Perjanjian Lama : 39 buku
Perjanjian Baru : 27 buku
Total 66

Yes 66: 1,2 Kebesaran Allah, tahta Allah di atas langit, tidak ada tempat di dunia ini yang dapat menampung kebesaran Allah

Beginilah firman TUHAN: Langit adalah takhta-Ku dan bumi adalah tumpuan kaki-Ku; rumah apakah yang akan kamu dirikan bagi-Ku, dan tempat apakah yang akan menjadi perhentian-Ku? Bukankah tangan-Ku yang membuat semuanya ini, sehingga semuanya ini terjadi? demikianlah firman TUHAN. Tetapi kepada orang inilah Aku memandang: kepada orang yang tertindas dan patah semangatnya dan yang gentar kepada firman-Ku.

Awalnya Daud yang ingin membangun rumah Allah . Dia yang merencanakan, karena pada awalnya Tabernakel yang Tuhan berikan pada Musa adalah dibuat semi permanen, berpindah dari satu tempat ke tempat lain, tetapi Salomo yang akhirnya membangunnya. Karena tangan Daud berlumuran darah

Tetapi dalam 1 Raj 8: 27-29 Salomo berkata, apakah Bait Allah tersebut dapat menampung kebesaran Allah ?

1 Raj 8: 27-29
Tetapi benarkah Allah hendak diam di atas bumi? Sesungguhnya langit, bahkan langit yang mengatasi segala langitpun tidak dapat memuat Engkau, terlebih lagi rumah yang kudirikan ini. Maka berpalinglah kepada doa dan permohonan hamba-Mu ini, ya TUHAN Allahku, dengarkanlah seruan dan doa yang hamba-Mu panjatkan di hadapan-Mu pada hari ini! kiranya mata-Mu terbuka terhadap rumah ini, siang dan malam, terhadap tempat yang Kaukatakan: nama-Ku akan tinggal di sana; dengarkanlah doa yang hamba-Mu panjatkan di tempat ini.
Allah tidak mendiami rumah buatan manusia, walupun bait Allah buatan Salomo yang sangat indah dan megah.

Im 1: 1
TUHAN memanggil Musa dan berfirman kepadanya dari dalam Kemah Pertemuan:
Kemah Pertemuan yaitu Tabernakel

Jadi Allah berfirman dari dalam Tabernakel
Kita dapat melihat letak ibadah kita melalui susunan Tabernakel
Dari halaman yaitu menerima Yesus, kemudian masuk ke Ruang Suci, yaitu bersekutu dengan Roh Kudus, kemudian nantinya dibawa masuk ke Ruang Maha Suci

1 Kor 3:16 Allah lebih suka tinggal dalam tubuh kita, yang sudah ditebus oleh Kristus
Tidak tahukah kamu, bahwa kamu adalah bait Allah dan bahwa Roh Allah diam di dalam kamu?

Begitu kita sudah dikuasai Roh Kudus, Allah yang memiliki hidup kita.
1 Kor 6:19-20
Atau tidak tahukah kamu, bahwa tubuhmu adalah bait Roh Kudus yang diam di dalam kamu, Roh Kudus yang kamu peroleh dari Allah, --dan bahwa kamu bukan milik kamu sendiri? Sebab kamu telah dibeli dan harganya telah lunas dibayar: Karena itu muliakanlah Allah dengan tubuhmu!
Tambahan ayat 20 dan rohmu, sebab itu milik Allah

2 Kor 7:1 ajakan Rasul Paulus untuk menyucikan diri
Saudara-saudaraku yang kekasih, karena kita sekarang memiliki janji-janji itu, marilah kita menyucikan diri kita dari semua pencemaran jasmani dan rohani, dan dengan demikian menyempurnakan kekudusan kita dalam takut akan Allah.

Tuhan ingin menjadikan kita RumahNya atau Tabernakel

1 Kor 6: 15- 18 yang dikehendaki Tuhan adalah menjadi satu denganNya. Dosa yang paling menonjol pada akhir jaman adalah Kejahatan dan Kenajisan.
Tidak tahukah kamu, bahwa tubuhmu adalah anggota Kristus? Akan kuambilkah anggota Kristus untuk menyerahkannya kepada percabulan? Sekali-kali tidak! Atau tidak tahukah kamu, bahwa siapa yang mengikatkan dirinya pada perempuan cabul, menjadi satu tubuh dengan dia? Sebab, demikianlah kata nas: "Keduanya akan menjadi satu daging." Tetapi siapa yang mengikatkan dirinya pada Tuhan, menjadi satu roh dengan dia. Jauhkanlah dirimu dari percabulan! Setiap dosa lain yang dilakukan manusia, terjadi di luar dirinya. Tetapi orang yang melakukan percabulan berdosa terhadap dirinya sendiri.


Oleh karena itu kerohanian kita juga harus meningkat, seiring dengan berkembangnya dosa percabulan dan kenajisan yang juga semakn meningkat Semakin hari kita harus semakin kudus. Hidup yang selalu disucikan akan menjadikan kita mempelai Kristus dan sebaliknya bila kehidupan menjadi semakin jahat maka akan menjadi mempelai palsu. Perempuan Babel adalah mempelai palsu, ibu dari segala kenajisan

Why 22: 11 yang jahat semakin jahat, yang kudus semakin kudus
Barangsiapa yang berbuat jahat, biarlah ia terus berbuat jahat; barangsiapa yang cemar, biarlah ia terus cemar; dan barangsiapa yang benar, biarlah ia terus berbuat kebenaran; barangsiapa yang kudus, biarlah ia terus menguduskan dirinya!"

Ibr 13:4 dosa yang menonjol adalah percabulan, selalu ditawarkan oleh iblis. Kesucian dalam nikah harus benar-benar dijunjung tinggi
Hendaklah kamu semua penuh hormat terhadap perkawinan dan janganlah kamu mencemarkan tempat tidur, sebab orang-orang sundal dan pezinah akan dihakimi Allah.

Terutama kehidupan kaum muda untuk tidak mudah menyerahkan diri pada keinginan-keinginan duniawi.
Setiap kali kita datang ibadah, kita dimandikan firman.supaya kehidupan tak bercacat dan bercela
Ef 5:26-27
untuk menguduskannya, sesudah Ia menyucikannya dengan memandikannya dengan air dan firman, supaya dengan demikian Ia menempatkan jemaat di hadapan diri-Nya dengan cemerlang tanpa cacat atau kerut atau yang serupa itu, tetapi supaya jemaat kudus dan tidak bercela.

Berbicara mengenai Bait Allah, Orang Yahudi sangat bangga dengan Bait Allah yang dibangun selama 46 tahun, tetapi Yesus berkata bahwa Ia akan merombak dalam waktu 3 hari
Yoh 2 : 19-20
Jawab Yesus kepada mereka: "Rombak Bait Allah ini, dan dalam tiga hari Aku akan mendirikannya kembali." Lalu kata orang Yahudi kepada-Nya: "Empat puluh enam tahun orang mendirikan Bait Allah ini dan Engkau dapat membangunnya dalam tiga hari?

Membangun 3 hari artinya: Tuhan ada di perut bumi ( dikuburkan), kemudian 3 hari kemudian dia bangkit

Istilah rombak berarti Tuhan ingin mendirikan bangunan baru, yang sebelumnya di rombak dahulu. Seperti kehidupan kita, apabila ada hal yang kita banggakan, Tuhan ingin merombak setiap kebanggaan supaya dapat menjadi bangunan rumah rohani dimana Allah akan mendiaminya.
Juga berarti rombak kebiasaan, karena saat itu Bait Allah dijadikan tempat berjual beli. Rumah Allah disalah-gunakan


46 tahun adalah angka kebanggaan
Sering kita dilingkupi kebanggaan, seperti dalam kitab Amos, Tirus dengan kesombonganya yang akan membawa pada kejatuhan
Angka 50 adalah angka Pantekosta, angka 46 harus ditingkatkan menjadi 50, masih kurang 4
Yaitu 4 injil :injil yang menerangkan siapa Yesus sebenarnya. Baca dan resapi 4 injil, karena 4 orang tersebut menampilkan sisi Yesus dari sisi yng berbeda.

Matius: menampilkan Yesus sebagai Raja. Awal pembukaan adalah silsilah Yesus sebagai Anak Raja, orang Majus sebagai saksi, Putra Mahkota yang dilantik jadi Raja melalui pembaptisanNya di sungai Yordan
Markus : menampilkan Yesus sebagai hamba, yaitu bekerja
Lukas: menampilkan Yesus sebagai Anak Manusia, penuh dengan derita, dari kecil sampai dewasa adalah anak Yusuf
Yohanes : menampilkan Yesus sebagai Anak Allah, waktu di di baptis, ada suara " Inilah AnakKu....."
Pengenalan akan Kristus yang jelas akan membawa kita pada iman yang teguh

Yes 66:2
Bukankah tangan-Ku yang membuat semuanya ini, sehingga semuanya ini terjadi? demikianlah firman TUHAN. Tetapi kepada orang inilah Aku memandang: kepada orang yang tertindas dan patah semangatnya dan yang gentar kepada firman-Ku.

Orang yang dipandang Tuhan:
1. Orang tertindas, yaitu tertekan atau depresi seperti Daud, (Mzm 42:6, 12, Mzm 43:5)
2. Patah semangat, Seperti Ayub (Ay 17:1), Daud juga pernah patah semangat (Mzm 143:7). Orang yang patah semangat berharap akan kematian

Yes 40:29 Tuhan akan memberi kekuatan
Dia memberi kekuatan kepada yang lelah dan menambah semangat kepada yang tiada berdaya.

Yes 50 :4, murid Tuhan, hamba atau pelayan Tuhan jangan sampai patah semangat
Tuhan ALLAH telah memberikan kepadaku lidah seorang murid, supaya dengan perkataan aku dapat memberi semangat baru kepada orang yang letih lesu. Setiap pagi Ia mempertajam pendengaranku untuk mendengar seperti seorang murid.

3. Gentar terhadap firman
Yes 8:13
Tetapi TUHAN semesta alam, Dialah yang harus kamu akui sebagai Yang Kudus; kepada-Nyalah harus kamu takut dan terhadap Dialah harus kamu gentar.



Tuhan Yesus memberkati