Translate

14 Okt 2018

Ibadah Pendalamn Alkitab. 12 Oktober 2018. LAYAK MENJADI WARGA KERAJAAN ALLAH



Ibadah Pendalamn Alkitab. 12 Oktober 2018.
LAYAK MENJADI WARGA KERAJAAN ALLAH.
Bagaimana jalannya kita bisa disebut sebagai warga kerajaan Allah?
Ternyata jalannya adalah kita harus pikul salib dan menyangkal diri, seperti yang Tuhan Yesus firmankan:

Mat 10:38
10:38 Barangsiapa tidak memikul salibnya dan mengikut Aku, ia tidak layak bagi-Ku.

Didalam surat 2 Tes 3-12 ini kita akan mempelajari tentang layak menjadi warga kerajaan Sorga.

2 Tes 1:3-12
1:3 Kami wajib selalu mengucap syukur kepada Allah karena kamu, saudara-saudara. Dan memang patutlah demikian, karena imanmu makin bertambah dan kasihmu seorang akan yang lain makin kuat di antara kamu,
1:4 sehingga dalam jemaat-jemaat Allah kami sendiri bermegah tentang kamu karena ketabahanmu dan imanmu dalam segala penganiayaan dan penindasan yang kamu derita:
1:5 suatu bukti tentang adilnya penghakiman Allah, yang menyatakan bahwa kamu layak menjadi warga Kerajaan Allah, kamu yang sekarang menderita karena Kerajaan itu.
1:6 Sebab memang adil bagi Allah untuk membalaskan penindasan kepada mereka yang menindas kamu
1:7 dan untuk memberikan kelegaan kepada kamu yang ditindas, dan juga kepada kami, pada waktu Tuhan Yesus dari dalam sorga menyatakan diri-Nya bersama-sama dengan malaikat-malaikat-Nya, dalam kuasa-Nya, di dalam api yang bernyala-nyala,
1:8 dan mengadakan pembalasan terhadap mereka yang tidak mau mengenal Allah dan tidak mentaati Injil Yesus, Tuhan kita.
1:9 Mereka ini akan menjalani hukuman kebinasaan selama-lamanya, dijauhkan dari hadirat Tuhan dan dari kemuliaan kekuatan-Nya,
1:10 apabila Ia datang pada hari itu untuk dimuliakan di antara orang-orang kudus-Nya dan untuk dikagumi oleh semua orang yang percaya, sebab kesaksian yang kami bawa kepadamu telah kamu percayai.
1:11 Karena itu kami senantiasa berdoa juga untuk kamu, supaya Allah kita menganggap kamu layak bagi panggilan-Nya dan dengan kekuatan-Nya menyempurnakan kehendakmu untuk berbuat baik dan menyempurnakan segala pekerjaan imanmu,
1:12 sehingga nama Yesus, Tuhan kita, dimuliakan di dalam kamu dan kamu di dalam Dia, menurut kasih karunia Allah kita dan Tuhan Yesus Kristus.

Dalam ayat ke 5 dikatakan: Bawa untuk masuk kedalam kerajaan Allah jalannya adalah masuk dalam penderitaan, penderitaan disini artinya pikul salib.
Salib disini bukan salib Yesus, tapi salib kita. Salib bagi setiap pengikut Yesus.
Setiap orang salibnya berbeda, untuk itu kita disuruh memikul salib kita masing-masing.
Kalau kita tidak mau pikul salib, kita tidak layak dihadapanNya.
Sebagai calon warga Sorga, kita tidak boleh lari dari salib ini.

Jika Kristus sudah memberi contoh dalam penderitaan, maka teladan itu harus kita contoh. 1 Pet 2:21
2:21 Sebab untuk itulah kamu dipanggil, karena Kristus pun telah menderita untuk kamu dan telah meninggalkan teladan bagimu, supaya kamu mengikuti jejak-Nya.

Rasul Paul pernah menulis surat kepada Timotius, bahwa setiap orang yang mau beribadah didalam Kristus Yesus akan menderita aniaya. 2 Tim 3:12
3:12 Memang setiap orang yang mau hidup beribadah di dalam Kristus Yesus akan menderita aniaya,

Soal aniaya ini Tuhan Yesus pernah memberikan nasehat kepada murid-muridNya. Mat 24:9
24:9 Pada waktu itu kamu akan diserahkan supaya disiksa, dan kamu akan dibunuh dan akan dibenci semua bangsa oleh karena nama-Ku,

Mengapa orang-orang dunia ini membenci kita?
Sebab mereka lebih dahulu membenci Kristus. Kalau kita disebut sebagai pengikut Kristus, kita juga megalami apa yang dialami oleh Kristus.

Yoh 15:18-20
15:18 "Jikalau dunia membenci kamu, ingatlah bahwa ia telah lebih dahulu membenci Aku dari pada kamu.
15:19 Sekiranya kamu dari dunia, tentulah dunia mengasihi kamu sebagai miliknya. Tetapi karena kamu bukan dari dunia, melainkan Aku telah memilih kamu dari dunia, sebab itulah dunia membenci kamu.
15:20 Ingatlah apa yang telah Kukatakan kepadamu: Seorang hamba tidaklah lebih tinggi dari pada tuannya. Jikalau mereka telah menganiaya Aku, mereka juga akan menganiaya kamu; jikalau mereka telah menuruti firman-Ku, mereka juga akan menuruti perkataanmu.

Kalau seorang itu menanggung penderitaan yang tidak harus ia tanggung, maka itu adalah kasih karunia Allah.

1 Pet 2:19
2:19 Sebab adalah kasih karunia, jika seorang karena sadar akan kehendak Allah menanggung penderitaan yang tidak harus ia tanggung.

Ini yang namanya pikul salib.
1 Pet 4:14
4:14 Berbahagialah kamu, jika kamu dinista karena nama Kristus, sebab Roh kemuliaan, yaitu Roh Allah ada padamu.
Jadi untuk menjadi warga kerajaan Allah, jalannya adalah menanggung penderitaan karena nama Kristus.

2 Tes 1:6-12 Menderita penderitaan karena Kristus.
Setelah kita mendengar penjelasan tentang warga kerajaan Sorga yang rela menderita untuk pikul salib, penderitaan karena teraniaya dalam penindasan (ayat 4), namun jika kita tahan uji, kita akan beroleh mahkota kehidupan.

Why 2:8-11
2:8 "Dan tuliskanlah kepada malaikat jemaat di Smirna: Inilah firman dari Yang Awal dan Yang Akhir, yang telah mati dan hidup kembali:
2:9 Aku tahu kesusahanmu dan kemiskinanmu -- namun engkau kaya -- dan fitnah mereka, yang menyebut dirinya orang Yahudi, tetapi yang sebenarnya tidak demikian: sebaliknya mereka adalah jemaah Iblis.
2:10 Jangan takut terhadap apa yang harus engkau derita! Sesungguhnya Iblis akan melemparkan beberapa orang dari antaramu ke dalam penjara supaya kamu dicobai dan kamu akan beroleh kesusahan selama sepuluh hari. Hendaklah engkau setia sampai mati, dan Aku akan mengaruniakan kepadamu mahkota kehidupan.
2:11 Siapa bertelinga, hendaklah ia mendengarkan apa yang dikatakan Roh kepada jemaat-jemaat: Barangsiapa menang, ia tidak akan menderita apa-apa oleh kematian yang kedua."

Jemaat Smirna adalah jemaat yang tahan menderita, untuk itu Tuhan sediakan mahkota kehidupan.
Barang siapa menang, ia tidak akan menderita apa-apa oleh kematian yang kedua.
Kematian yang kedua ini adalah kematian untuk selama-lamanya bagi jiwa manusia yang dibuang kedalam neraka.

Why 20:6, 14
20:6 Berbahagia dan kuduslah ia, yang mendapat bagian dalam kebangkitan pertama itu. Kematian yang kedua tidak berkuasa lagi atas mereka, tetapi mereka akan menjadi imam-imam Allah dan Kristus, dan mereka akan memerintah sebagai raja bersama-sama dengan Dia, seribu tahun lamanya.
20:14 Lalu maut dan kerajaan maut itu dilemparkanlah ke dalam lautan api. Itulah kematian yang kedua: lautan api.
Why 21:8
21:8 Tetapi orang-orang penakut, orang-orang yang tidak percaya, orang-orang keji, orang-orang pembunuh, orang-orang sundal, tukang-tukang sihir, penyembah-penyembah berhala dan semua pendusta, mereka akan mendapat bagian mereka di dalam lautan yang menyala-nyala oleh api dan belerang; inilah kematian yang kedua."

Apa arti penderitaan sekarang ini jika dibandingkan dengan kemulyaan yang akan datang. Roma 8:18
8:18 Sebab aku yakin, bahwa penderitaan zaman sekarang ini tidak dapat dibandingkan dengan kemuliaan yang akan dinyatakan kepada kita.
Selanjutnya kita akan membahas tentang pembalasan Allah bagi barang siapa yang menindas umatNya.

2 Tes 1:6-9
1:6 Sebab memang adil bagi Allah untuk membalaskan penindasan kepada mereka yang menindas kamu
1:7 dan untuk memberikan kelegaan kepada kamu yang ditindas, dan juga kepada kami, pada waktu Tuhan Yesus dari dalam sorga menyatakan diri-Nya bersama-sama dengan malaikat-malaikat-Nya, dalam kuasa-Nya, di dalam api yang bernyala-nyala,
1:8 dan mengadakan pembalasan terhadap mereka yang tidak mau mengenal Allah dan tidak mentaati Injil Yesus, Tuhan kita.
1:9 Mereka ini akan menjalani hukuman kebinasaan selama-lamanya, dijauhkan dari hadirat Tuhan dan dari kemuliaan kekuatan-Nya,

Pembalasan itu akan dilaksanakan oleh Allah saat Tuhan Yesus menyatakan diriNya dalam Sorga bersama-sama dengan para malaikatNya.

Siapa saja yang akan menerima pembalasan dari Allah nanti?
1.- Orang-orang yang menindas kamu.
2.- Orang-orang yang tidak mau megenal Allah.
3.- Orang-orang yang menolak Injil Yesus dan tidak mentaati Injil.

Yoh 3:16-18
3:16 Karena begitu besar kasih Allah akan dunia ini, sehingga Ia telah mengaruniakan Anak-Nya yang tunggal, supaya setiap orang yang percaya kepada-Nya tidak binasa, melainkan beroleh hidup yang kekal.
3:17 Sebab Allah mengutus Anak-Nya ke dalam dunia bukan untuk menghakimi dunia, melainkan untuk menyelamatkannya oleh Dia.
3:18 Barangsiapa percaya kepada-Nya, ia tidak akan dihukum; barangsiapa tidak percaya, ia telah berada di bawah hukuman, sebab ia tidak percaya dalam nama Anak Tunggal Allah.

Yang percaya tidak dihukumkan. Barang siapa yang tidak percaya ia telah berada dibawah hukuman.
Bagi kita sekarang ini kita mempunyai Pembela, Ia nanti yang akan membela kita pada saat hari penghakiman.

Roma 8:33-39
8:33 Siapakah yang akan menggugat orang-orang pilihan Allah? Allah, yang membenarkan mereka? Siapakah yang akan menghukum mereka?
8:34 Kristus Yesus, yang telah mati? Bahkan lebih lagi: yang telah bangkit, yang juga duduk di sebelah kanan Allah, yang malah menjadi Pembela bagi kita?
8:35 Siapakah yang akan memisahkan kita dari kasih Kristus? Penindasan atau kesesakan atau penganiayaan, atau kelaparan atau ketelanjangan, atau bahaya, atau pedang?
8:36 Seperti ada tertulis: "Oleh karena Engkau kami ada dalam bahaya maut sepanjang hari, kami telah dianggap sebagai domba-domba sembelihan."
8:37 Tetapi dalam semuanya itu kita lebih dari pada orang-orang yang menang, oleh Dia yang telah mengasihi kita.
8:38 Sebab aku yakin, bahwa baik maut, maupun hidup, baik malaikat-malaikat, maupun pemerintah-pemerintah, baik yang ada sekarang, maupun yang akan datang,
8:39 atau kuasa-kuasa, baik yang di atas, maupun yang di bawah, ataupun sesuatu makhluk lain, tidak akan dapat memisahkan kita dari kasih Allah, yang ada dalam Kristus Yesus, Tuhan kita.

Yesus datang dengan api yang menyala-nyala bagi orang yang menolak Injil Kristus.
Mereka ini akan menjalani hukuman selama-lamanya.
Jadi hari kedatangan Tuhan nanti akan merupakan kejadian yang dasyat yang menakutkan bagi orang-orang yang menolak Kristus, tapi itu merupakan hari yang bahagia bagi gerejaNya yang hidup seperti 5 anak dara yang bijaksana.

Tuhan Yesus memberkati kita semua.